INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Tahap Perencanaan Suatu Aplikasi Web

Disusun oleh: M. Fahmi Agustian Pradika Dwianto Agung Siwitomo Bayu Triyogo 07.01.2181 07.01.2176 07.01.21..

PROGRAM DIPLOMA III SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

STMIK AMIKOM
YOGYAKARTA 2008

Initial Checklist Date: 12 Desember 2008 Time: 15.00 WIB • Ide: Membuat sebuah web untuk informasi tentang dunia kuliner Indonesia.. • Permasalahan utama: Membuat suatu web yang mempunyai kemudahan akses dari user mulai dari mencari daftar menu kuliner dan resep masakan Indonesia, juga terdapat forum milis yang berisi tentang pertukaran informasi dunia kuliner Indonesia, juga forum tanya jawab dengan chef / koki ternama. • Cara memproses data dan metode yang digunakan: Data-data tentang menu kuliner ( jenis masakan / makanan / minuman ) berupa daftar resep atau tempat restoran yang menyediakan menu tersebut akan diinput oleh pengelola yang selanjutnya masuk pada sebuah database. Pencarian yang dilakukan oleh user akan tercatat pada database tersendiri, dimana tiap pencarian yang terjadi juga secara otomatis meng-update database menu kuliner. Untuk menangani event yang dilakukan oleh user pada halaman web, dan sebagai penghubung dengan database digunakan javascript. • Target yang dituju: Semua orang tanpa definisi umur atau pekerjaan, diperuntukan bagi mereka yang membutuhkan informasi dunia kuliner indonesia, juga bagi user yang ingin mngetahui daftar resep masakan atau mencari Rumah Makan atau Restoran yang menyediakan menu kuliner yang disukai oleh user. • Kebutuhan lain: Sebuah aplikasi database sebagai media penyimpanan informasi mulai dari daftar menu masakan, minuman, makanan, daftar resep, daftar Rumah Makan atau Restoran. • Hal-hal pendukung ide: Melengkapi halaman web dengan fitur multi bahasa.

• Daftar fitur: 1. Search Engine yang berfungsi untuk pencarian segala hal yang berkaitan dengan Dunia Kuliner Indonesia. 2. Galery, dimana user dapat melihat gambaran menu yang idi cari. 3. Forum Tanya jawab dengan chef terkenal. 4. Forum milis pertukaran informasi Dunia Kuliner Indonesia.

• Hal yang membuat ide berbeda atau lebih baik dari yang sudah ada: − Adanya sorting berdasar kategori dan adanya mesin pencari internal yang memudahkan user mencari data berupa informasi Dunia Kuliner Indonesia. − Tiap data disertai penjelasan terperinci tentang daftar resep kuliner tersebut serta gambar yang dapat menarik user, juga tempat dimana user dapat menjumpai menu kuliner yang di cari. Additions/Changes Checklist Date: 15 Desember 2008 Time: 20.00 WIB • Tambahan yang dibutuhkan: Tidak ada. • Pengaruh dari initial ide: Tidak ada. Requirements Date: 15 Desember 2008 Time: 20.00 WIB • Fungsi utama: Fungsi utama dari web ini adalah untuk sarana Informasi Dunia Kuliner Indonesia .

• Metode input: Input didapat melalui keyboard dan mouse yang berupa klik pada tombol maupun link yang ada oleh user. • Input: Input utama dalam transaksi adalah berupa pencarian data menu kuliner Indonesia, baik berupa makanan, minuman atau masakan yang terdapat di Indonesia. • Bentuk dari pengolahan data: Dari data-data yang didapat saat input oleh user akan disimpan dalam sebuah database. Selain itu data yang di inputkan oleh user akan digunakan untuk menampilkan pencarian yang dibutuhkan oleh user. • Interface: Sebuah halaman web dinamis dengan list daftar menu kuliner yang paling sering dicari dalam 1 minggu terakhir juga daftar kuliner terbaru, terdapat sebuah text area sebagai sarana mendapat input user tentang informasi kuliner yang dicari. Pada tiap halaman tentang informasi kuliner terdapat gambar dan penjelasan tentang daftar resep untuk membuatnya juga tempat / Rumah Makan dimana user dapat menjumpai kuliner yang di cari, yang ditampilkan dalam bentuk tabel. • Elemen interface yang digunakan: − Template untuk tampilan halaman web yang menarik, namun tetap cepat dalam proses load. − Internal link berupa kategori menu kuliner . − Image dari informasi kuliner yang terupdate dan yang paling sering dicari. − Tombol-tombol sebagai pemicu ke beberapa event, − Tabel untuk menampilkan informasi kuliner saat user menginginkan penjelasan detail.

• Tipe penyimpanan file: − Data-data informasi dunia kuliner akan disimpan dalam sebuah database yang terpisah. − File yang berupa gambar juga dipisahkan dan baru akan dipanggil sesuai kebutuhan. − File-file java baik berupa javascript atau jsp dan servlet disimpan bersama file html dengan penamaan yang spesifik untuk tiap relasi yang terjadi antar file-file tersebut. • Aplikasi pendukung: Sebuah aplikasi e-mail sebagai sarana mendapat feedback dari user. Error Documenting Date: 17 Desember 2008 Time: 21.40 WIB • Error yang mungkin terjadi dan dampaknya: − Adanya pencarian terhadap satu informasi kuliner yang sama pada saat bersamaan oleh beberapa user dapat menyebabkan data informasi terload cukup lama yang menyebabkan user akan meninggalkan web. • Solusi yang mungkin: − Membuat koneksi antara web page dan database yang memungkinkan update yang cepat terhadap data pada database.