BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pembelajaran matematika di SD bertujuan agar prestasi didik memiliki kemampuan untuk memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep secara luas, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah, menumbuhkan dan

mengembangkan keterampilan berhitung sebagai latihan dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan kemampuan dasar matematika sebagai bekal belajar lebih lanjut. Secara umum matematika merupakan pelajaran yang di anggap sulit dan tidak disukai peserta didik, oleh karena itu hasil pembelajaran matematika tidak sesuai dengan yang di harapkan, nilai matematika berada pada posisi yang paling bawah sehingga tidak heran kalau nilai matematika dipakai sebagai tolak ukur dari kecerdasan peserta didik. Karakteristik pembelajaran matematika di SD adalah Matematika sebagai suatu ilmu memiliki objek dasar yang berupa fakta, konsep operasi dan prinsip, menurut Sudjadi (1994.1) pendapat tentang matematika tampak adanya kelainan antara satu dengan lainnya, namun tetap dapat ditarik matematika adalah berjenjang atau bertahap, dalam pembelajaran dimulai dari konsep yang sederhana menuju konsep yang lebih sukar. Pembelajaran Matematika di mulai dari yang konkret ke semi konkret dan berakhir pada yang abstrak (Karso, 2005, 2-6).

4. hal tersebut tampak dari gejala yang penulis identifikasi sebagai berikut: 1. Analisis masalah pada dasarnya merupakan tinjauan lebih dalam terhadap masalah yang akan menjadi fokus dalam penulisan ini. 3. akan tetapi pada pelajaran Matematika khususnya pada pembelajaran melakukan Pengurangan bersusun masih belum memuaskan. Penggunaan metode pembelajaran oleh guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Analisis Masalah Proses analisis dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Peserta didik kurang bersemangat dalam melakukan latihan mengerjakan soal latihan. Peserta didik kurang memahami cara Pengurangan bersusun. Pada proses pembelajaran berlangsung hanya 30% siswa yang mau bertanya. 2. 1. Identifikasi Masalah Prestasi belajar siswa di sekolah sangat ditentukan oleh kemampuan dan keahlian dari guru kelas.1. Adapun faktor-faktor penyebab munculnya masalah pada mata pelajaran Matematika sebagai berikut. Berdasarkan hasil tes formatif menunjukkan rata-rata kelas pada Pengurangan bersusun hanya mencapai 50% dari KKM yang ditetapkan 75%. 2. . prestasi belajar siswa kelas II di SD Cintawargi I pada umumnya sudah baik.

Alternatif dan proritas pemecahan masalah Rendahnya penguasaan kemampuan berhitung Pengurangan dengan cara bersusun di kelas II SDN Cintawargi I kemungkinan besar di karena kan guru kurang tepat menggunakan metode pembelajaran. . Kurangnya penguasaan materi oleh guru 3. 4. Guru dalam menyampaikan materi ajar kurang dipahami peserta didik. penulis mengajukan solusi dalam mengatasi lemahnya peseta didik tentang Pengurangan dengan cara bersusun di SDN Cintawargi I dengan menggunakan metode drill. untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di kelas II SDN Cintawargi I” 3. dengan menerapkan metode drill. dengan menggunakan metode drill diharapkan peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berhitung Pengurangan dengan cara bersusun. Dari analisis masalah diatas.2. Kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru untuk berlatih mengajarkan sola pada peserta didik. Berdasarkan diatas peneliti akan berusaha meningkatkan kemampuan berhitung Pengurangan dengan cara bersusun peserta didik. 5. dengan penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode drill. Kurangnya penguasaan kelas oleh guru.

Manfaat penelitian Perbaikan Pembelajaran Adapun manfaat penelitian yang dilakukan adalah: 1. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran Sesuai dengan pernyatan peneliti yang telah dirumuskan. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas maka peneliti ini ditekankan pada peningkatan kemampuan berhitung Pengurangan bersusun dengan menggunakan metode drill pada pelajaran Matematika di kelas II SDN Cintawargi I Dengan demikian dapat dirumuskan permasalahan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana cara metode drill untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Pengurangan bersusun pada materi pembelajaran Matematika di kelas II SDN Cintawargi I? 2. Menganalisis di kelas II SDN Cintawargi I pada topik Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di Kelas II SDN Cintawargi I. D. Bagi peserta didik Meningkatkan kemampuan berhitung Pengurangan . Mendeskripsikan cara penerapan metode drill untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di kelas II SDN Cintawargi I 2. tujuan yang ingin di capai adalah.B.? C. Bagaimana dampak penerapan metode drill pada topik Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di Kelas II SDN Cintawargi I. 1.

2. Bagi Guru Meningkatkan kepropesionalisme. . Mendorong guru untuk melakukan penelitian serupa lebih lanjut 3. Bagi Sekolah Meningkatkan prestasi peserta didik di lingkungan sekolah Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah Menunjang keberanian sekolah untuk akreditasi.- Meningkatkan aktIIitas belajar Mempermudah peserta didik dalam mengerjakan soal-soal latihan Pengurangan bersusun.

Karena dengan menggunkan metode drill akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal Pengurangan dengan cara bersusun. Alternatif dan Menerapkan metode drill. Nilai rata-rata pesera didik di bawah KKM Peserta didik kurang memahami cara mengerjakan Pengurangan berhitung Peserta didik kurang berkonsentrasi Peserta didik kurang bertanya Peserta didik kurang berlatih dalam mengerjakan sola Pengurangan bersusun Analisis Masalah Selama proses belajar ada siswa yang bermain-main Penggunaan metode pembelajaran oleh guru kurang sesuai Guru kurang menguasai materi Guru kurang memberi kesempatan berlatih mengerjakan soal Guru kurang menguasai kelas Guru dalam menyampaikan materi ajar kurang di pahami peserta didik.FORMAT PERNCANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA Fakta pembelajaran terjadi Identifikasi Masalah dan yang 30% dari peserta didik belum bisa mengerjakan sola latihan cara Pengurangan berhitung. prioritas pemecahan masalah .

Bagi peserta didik Meningkatkan Pengurangan Meningkatkan aktIIitas belajar Mempermudah peserta didik dalam kemampuan berhitung mengerjakan soal-soal latihan Pengurangan bersusun. 2. .Rumusan masalah - Bagaiamana cara menerapkan metode latihan drill untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di Kelas II SD? Bagaimana dampak penerapan metode drill pada topik Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di Kelas II SD Cintawargi I? Tujuan Penelitian Mendeskripsikan cara penerapan metode drill untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di Kelas II SDN Cintawargi I. Bagi Guru Meningkatkan kepropesionalisme. - Menganalisis dampak penerapan metode duill pada topik Pengurangan bersusun pada mata pelajaran Matematika di Kelas II SDN Cintawargi I Manfaat Penelitian 1.

Meningkatkan terhadap sekolah SDN Cintawargi I senantiasa terus menerus melakukan inopasi ke arah yang lebih baik.- Mendorong guru untuk melakukan penelitian serupa lebih lanjut 3. Bagi Sekolah Meningkatkan prestasi sekolah melalui adanya peningkatan kemajuan hasil belajar siswa kelas II sekolah SDN Cintawargi I. keberanian sekolah untuk kepercayaan masyarakat . Menunjang akreditasi.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK PENGURANGAN DENGAN CARA BERSUSUN MELALUI PENERAPAN METODE DRILL DI KELAS II SDN CINTAWARGI I Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Propesional (PDGK 4501) Disusun Oleh : Nama NIM Program Studi Pokjar Masa Registrasi : JUJU JUBAEDAH : 817705181 : PGSD – S1 : Karawang : 2013.1 UNIIERSITAS TERBUKA UPBJJ JAKARTA 2013 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful