Teori Keperawatan Keluarga

Teori Ilmu Sosial Keluarga yang Digunakan dalam Praktek Keperawatan Keluarga 1. Teori Fungsi Struktural

Fokusnya adalah pada keluarga sebagai sebuah institusi dan bagaimana mereka berfungsi untuk memelihara keluarga dan jaringan sosial. 1. Artinian (1994) 2. Friedman, Bowden, & Jones (2003) 3. Nye & Berado (1981) 2. Teori Interaksi Simbolis

Fokusnya adalah pada interaksi dalam keluarga dan komunikasi simbolis. 1. Hill and Hansen (1960) 2. Rose (1962) 3. Turner (1970) 4. Nye (1976) 3. Teori Perkembangan dan Teori Siklus Hidup Keluarga

Berfokus pada siklus hidup keluarga dan mewakili tahap normatif perkembangan keluarga. 1. Duvall (1977) 2. Duvall & Miller (1985) 3. Carter & McGoldrick (2005) 4. Teori Sistem Keluarga

Berfokus pada interaksi sirkuler antar anggota sistem keluarga, yang mana hasil dalam fungsional atau disfungsional outcomes.

Weakland. McCubbin & McCubbin (1993) 6. Maturana (1978) 2. 1. Teori Perkembangan Keluarga. White (2005) Teori Terapi Keluarga yang Digunakan dalam Praktek Keperawatan Keluarga 1. 1968) 5. McCubbin & Paterson (1983) 3. & Fisch (1974) 4. Teori Terapi Keluarga Struktural . White & Klein (2002) 2. 1. Watzlawick. Teori Stress Keluarga Berfokus pada analisis bagaimana pengalaman keluarga dan cara mengatasi (koping) keadaan yang menyebabkan stress. Wright & Watson (1988) 5. dan Teori Alur Kehidupan. 1965) 2. von Bertalanffy (1950. Wright & Leahey (2005) 7. 1. Teori Perubahan Berfokus pada bagaimana keluarga tetap stabil atau berubah ketika ada perubahan pada struktur keluarga atau dari pengaruh luar.1. Hill (1949. Maturana & Varela (1992) 3. Teori Transisi Berfokus pada pemahaman dan memperkirakan pengalaman keluarga transisi dengan mengkombinasikan Teori Peran.

Rosman. & Baker (1978) 3. Beavin. subsistemnya. maupun pola transaksional keluarga dan peran tersembunyi. 1. Anggota keluarga didukung untuk menguji proses mereka untuk memperoleh wawasan dan pemahaman kedalam masa lalu dan masa yang akan datang. baik dari dalam maupun dari luar keluarga. Minuchin & Fishman (1981) 4. Kerr & Bowen (1988) 3.Pendekatan sistem-orientasi ini melihat keluarga sebagai sebuah sistem sosio-kultural terbuka yang secara terus menerus behadapan dengan tuntutan perubahan. Teori Terapi Sistem Keluarga Pendekatan ini berfokus pada promosi perbedaan dirinya dari keluarga dan promosi perbedaan intelek dari emosi. Perhatiannya adalah pada “saat ini” dan “disini” bukan pada masa lalu. Watzlawick. Freeman (1992) . Terapi ini memerlukan komitmen jangka panjang. Satir (1982) 3. 1. dan persatuan. menjelaskan dan merubah peran keluarga. Fokusnya adalah pada keseluruhan sistem keluarga. & Jackson (1967) 3. Intervensi utama berfokus pada menetapkan kejelasan. komunikasi sejajar. batasanbatasan. 1. Minuchin (1974) 2. Jackson (1965) 2. Minuchin. Teori Terapi Keluarga Internasional Pendekatan ini melihat keluarga sebagai sebuah sistem interaktif atau memper-satukan kebiasaan (prilaku) atau proses komunikasi. Nichols (2004) 2. Toman (1961) 2.

1976. peran. yang mana termasuk peran seorang anggota keluarga yang sakit dan penyaluran fungsi pelayanan kesehatan keluarga. anggota keluraga belajar bagaimana bertindak ketika salah satu anggota keluarga sakit. 4. Kelurga dilihat sebagai sistem sosial dan intrapersonal.Model dan Teori Keperawatan yang Digunakan dalam Prakek Keperawatan Keluarga 1. Ini adalah suatu model air yang menggambarkan keluarga dalam gerakan dan bukan sebuah pandangan statis tentang keluarga dari satu perspektif. komunikasi. Model Sistem (Neuman. Teori Kurang Perawatan Diri/Self-Care Defisit Keluarga dilihat sebagai unit kondisi dasar dimana individu mempelajari kultur. Keluarga dilihat sebagai sebuah institusi suportif dalam keseluruhan rentang kehidupan bagi individu anggota keluarganya. 1983. Nightingale (1859) Keluarga dideskripsikan sebagai kepemilikan pengaruh positif maupun negatif pada hasil dari anggota keluarga. kontrol internal. Model Adaptasi (Roy. Tujuan utama keluarga adalah untuk men-jaga kestabilan keluarga dengan memelihara integritas struktur keluarga dengan cara membuka dan menutup batasan-batasan keluarga. 1987) Keluarga dilihat sebagai sarana untuk membawa/menyampaikan nilai dan norma prilaku sepanjang kehidupan. 3. Kebiasaan perawatan diri ke-luarga berkembang sampai hubungan intrapersonal. Teori Pencapaian Tujuan (King. . 1995) Keluarga dilihat sebagai sebuah sistem. Komponen utamanya adalah interaksi antara perawat dan keluarga sebagai klien. 2. Roy & Roberts. 1983. dan kultur yang unik untuk setiap keluarga. 1981) Keluarga dilihat sebagai sistem adaptif yang memiliki input. Secara spesifik. dan proses umpanbalik serta output. dan tanggung jawab. 1981. 5. Kelebihan model ini adalah bagaimana keluarga menyesuaikan diri terhadap masalah kesehatan.

Teori Kesatuan Manusia Keluarga dilihat sebagai sebuah medan energi dari sistem terbuka yang konstan. 1985) 2. Rodgers (1970. 1995) Keluarga dideskripsikan sebagai suatu sistem sosial yang memiliki tujuan jelas untuk menyalurkan kultur kepada anggota keluarganya. dan spiritual keluarga. Peran perawat adalah untuk menggunakan komunikasi terapeutik untuk mengajak anggota keluarga untuk menemukan arti dari pengalaman mereka. 1998) Konsep keluarga dan yang membentuk keluarga dilihat sebagai pengembangan dan pembentukan yang terus menerus. 10. 1992. Model Sistem Kebiasaan untuk Keperawatan (Johnson. 1990) 2. 1983b. Orem (1983a. 9. 1. untuk mempelajari apa arti dari pengalaman untuk satu sama lain. pertumbuhan keluarga. Kerangka Sistem Organisasi (Friedemann. Pusat elemen dari teori ini adalah stabilitas keluarga. Teori Menjadi Manusia (Parse. 2003) Kesehatan Keluarga dilihat sebagai sebuah proses dari waktu ke waktu pada interaksi anggota keluarga dan kesehatan yang terkait kebiasaan. Gray (1996) 6. 1980) Keluarga dilihat sebagai suatu sistem kebiasaan terdiri dari satu set interdependen interaktif terorganisasi dan mengintegrasikan subsistem yang mengatur dan menyesuaikan dengan kekuatan internal dan eksternal untuk menjaga stabilitas. 1986. kontrol keluarga. Casey (1996) 7. dan untuk mendiskusikan arti dari pengalaman untuk semua anggota keluarga.1. 8. Kesehatan keluarga dideskripsikan dalam . yang senantiasa berubah dalam interaksinya dengan lingkungan.Model Kesehatan Keluarga (Denham.

Teori/Model Keperawatan TEORI ILMU SOSIAL KRITERIA Tujuan Teori KELUARGA Deskriptif dan penjelasan (model akademik). P. untuk menjelaskan TEORI TERAPI KELUARGA TEORI KEPERAWATAN Deskriptif dan perspektif Deskriptif dan (model praktik). S. A. 2010. untuk memandu pengkajian keperawatan dan intervensi Pernikahan dan terapi Fokus keperawatan dinamika dan fungsi tindakan terapeutik keluarga Fokus Antar disiplin ilmu (meskipun utamanya keluarga. dan domain struktural. Family Health Care Nursing (4 ed. fungsional.hubungan dengan kontekstual. J. 12–19. kebiasaan kesehatan mental. dan pemberian perawatan keluarga. kepedulian terhadap penyakit. L. Rutinitas kesehatan keluarga yang dinamis adalah pola kebiasaan yang mencerminkan perawatan diri. 20(10). S. kesehatan sosiologi) mental keluarga.. & Dimond. Teori Terapi Keluarga. Davis Company .). untuk menjelaskan disfungsi keluarga dan memandu perspektif (model praktik). (1982). fokus pendekatan baru pada kekuatan keluarga Terget Populasi Terutama keluarga “normal” (orientasi normal) Terutama keluarga “bermasalah” (orientasi patologi) Terutama keluarga dengan masalah kesehatan dan penyakit Sumber : Jones. keamanan dan pencegahan. kepedulian keluarga. Teori Ilmu Sosial Keluarga. Referensi : DaCunha. United States of America: F. L. Journal of Psychiatric Nursing and Mental Health Services. Family theory and family therapy models: Comparative review with implications for nursing practice.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful