GEOLOGI TEKNIK

SUSUNAN BUMI

OLEH NIM SEMESTER

: : :

I WAYAN DEDI ARTAWAN 12.04.01.151 II

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS HINDU INDONESIA DENPASAR 2013

Denpasar. Tetapi walaupun demikian kami berusaha sebisa mungkin menyelesaikan karya tulis meskipun tersusun sangat sederhana. karena berkat rahmatNya Makalah ini dapat diselesaikan. kami telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan.KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Kami juga sangat berterima kasih atas pengetahuan yang diberikan sehingga karya tulis ini dapat bermanfaat untuk digunakan baik sebagai pembelajaran untuk menambah wawasan kita dalam bidang geotek khususnya tentang Susunan Bumi. 04 Maret 2013 I Wayan Dedi Artawan . namun sebagai manusia biasa kami tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa. Dalam penyusunan karya ini.

1 Teori-teori Susunan Bumi 2.2 Saran DAFTAR PUSTAKA .3 Rumusan Masalah BAB II : PEMBAHASAN 2.2 Tinjauan umum tentang Susunan Bumi BAB III : PENUTUP 3.DAFTAR ISI KATA PENGHANTAR DAFTAR ISI BAB I : PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Tujuan Penulisan 1.1 Kesimpulan 3.

Ternyata Bumi tidak hanya berbentuk bulatan saja.BAB I PENDAHULUAN I. . I.teori yang diungkapkan oleh para ilmuan mengenai proses terbentuknya bumi dan susunan / karakteristik daripada bumi. kami juga ingin mengetahui lebih jauh tentang teori. Ada berbagai teori yang menyebutkan sejarah terbentuknya bumi juga perkembangan bentuk permukaan bumi.2 Tujuan Penulisan Selain untuk memenuhi tugas dari Dosen Geotek. Bumi tempat kita tinggal saat ini merupakan salah satu anggota tata surya dengan matahari sebagai pusatnya. Selain itu bumi memiliki beberapa lapisan (susunan) dan berbagai karakteristik. Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh berbagai jenis mahluk hidup. permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan. Pada mulanya. I.1 Latar Belakang Bumi yang kita huni ini pada umumnya sudah tua. Selanjutnya secara bertahap.3 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana susunan struktur bumi dan teori-teori dari para ilmuan tentang susunan bumi. tetapi juga tersusun atas beberapa lapisan. pertama kali bumi ini terbentuk 4. dan banyak ilmuan yang mengungkapkan mengenai teori-teori susunan lapisan bumi ini.6 milyar tahun yang lalu dan mengalami perubahan dari masa ke masa. Bumi merupakan sebuah bola besar yang tersusun atas batuan lebur yang sangat panas. batuan yang ada di permukaan Bumi menjadi dingin.

tetapi pada dasarnya memiliki permukaan yang tidak rata. inti bumi seperti yg terdapat pada matahari zat-zatnya adalah zat H yg berupa gas dan akibat tekanan yg besar sehingga atom-atom H bersifat seperti benda padat. . Ada beberapa pendapat dari para ilmuan mengenai teori-teori Susunan Bumi. Bumi terdiri dari : a. berat jenis 3. bj ± 2.4-4. d. Bagian tengah : tebal ± 25 km. berat jenis 9. berat jenis 6. ketebalan 30-70 km. Bumi berbentuk bulat. merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh berbagai jenis mahluk hidup. c. c. Williamson. ada juga beberapa teori mengenai Kerak Bumi. Tipe magma basaltis (basa). diantaranya :  Menurut Holmes kerak bumi terdiri dari : 1. Ketebalan ± 1200 km. Bagian bawah : tebal ± 20 km. Selubung Bumi (mantle / sisik Silikat) . antara lain :  Menurut Plato (seorang ahli Filsafat) mengungkapkan bahwa Bumi terdiri dari massa cair pijar yang dikelilingi oleh lapisan batuan atau kerak/kulit bumi. jari-jari 3500 km. sisik oksida dan sulfida ketebalan 1700 km. Bagian atas : tebal ± 15 km. Si Ma (Silisium Magnesium) b. Sedangkan inti bumi mempunyai jari-jari 3500 km.  Menurut Kuhn & Rittman : Bumi berasal dari matahari. LapisanAntara (Chalcoster).6 milyar tahun yang lalu. Tipe magma peridotit dan eklogit (ultrabasa) .  Menurut Suess & Wienchert. 2.  Dari Penyelidikan dengan Seismologi (ilmu Gempa) : Dijumpai lapisan yg tidak bersambung (bidang diskontinyu) pada kedalaman ± 60 km.Inti Luar (Outer Core) adalah inti bumi yang ada di bagian luar .Inti Dalam (Inner Core) adalah inti bumi yang ada di lapisan dalam  Menurut Adams. Bumi selama bermilyar tahun dilepas dari matahari dalam bentuk bola gas yg pijar hingga lambat laun mendingin dan membentuk kerak batuan (kerak bumi).7.7. bj ± 3.1 Teori-teori Susunan Bumi Bumi telah terbentuk sekitar 4.  Dari Teori Kant-La Place yang menyatakan. Tipe magma granitis (asam).6. Kerak Bumi. bidang diskontinyu mohorovicis dijumpai pada kedalaman ± 1200 km. Selain itu. Si Al (Silisium Aluminium) a. berat jenis ±2.BAB II PEMBAHASAN II.4. b.5. bj ± 3.5. tersusun atas beberapa lapisan yang terdiri dari daratan dan lautan. sifat batuannya asam dan basa. Inti besi nikel (Barisfer).Washington : Pada hakikatnya tidak terdapat batasbatas yg nyata antara kerak bumi dan lapisan-lapisan dibawahnya.

 Berdasarkan kedalaman hiposentrum.  Lempeng samudera masuk di bawah lempeng benua.  Magma diperut bumi (lempeng benua) mendapatkan jalan keluar lewat retakretak /patah sehingga muncul sebagai gunung api. skala MMI mempunyai I-XII).  Pergerakan magma keluar sering terhambat dan setelah energi terkumpul dapat menerobos hambatan menjadikan gempa vulkanik maupun meletus. Teori Tektonik Lempeng (Plate Tectonics). (sedangkan kerusakan akibat gempa diukur dengan skala MMI. Gambar Lapisan / Struktur Bumi . gempa dalam apabila hiposentrumnya terletak pada kedalaman > 300 km.  Intensitas gempa diukur pada hiposentrum denganmenggunakan skala Richter. Lempeng benua mempunyai BJ lebih kecil dari lempeng samudera. Pusat gempa (Hiposentrum) terletak di perut bumi pada tumbukan lempeng. gempa bumi dibagi menjadi gempa dangkal apabila kedalaman hiposentrum < 60 km. disebutkan :  Bahwa kulit bumi terdiri dari lempeng-lempeng yang bergerak saling menjauhi dan saling mendekat. apabila lempeng benua bertemu dengan lempeng samudera maka akan terjadi tumbukan lempeng. Pada lempeng benua (lebih ringan) akan terjadi retak-retak patah akibat tekanan (P) yg tinggi.  Pergerakan lempeng-lempeng tersebut sampai sekarang masih terjadi walaupun relatif kecil dan terasa sebagai gempa tektonik. gempa sedang terletak pada kedalaman 60-300 km.

200 °C. Inti bumi (core). seperti laut. yang berupa batuan asam dan basa setebal 15–60 km. misalnya dalam siklus biogeokimia dari berbagai unsure kimia yang ada di bumi.II. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2. Lapisan mantel merupakan lapisan yang paling tebal. Suhu di bagian bawah kerak bumi mencapai 1. 3. Bagian cair (hidrosfer) yang terdiri dari berbagai bentuk ekosistem perairan. Dasar samudra terbentuk dari kerak samudra. nikel (8%).500 °C Berdasarkan susunan kimianya. Mantel terletak di antara lapisan inti luar dengan kerak.700 km. batuan telah mengalami pelapukan membentuk tanah. Kerak bumi (crush) merupakan kulit bumi bagian luar (permukaan bumi). Daratan terbentuk dari kerak benua. Lapisan kerak bumi dan bagian di bawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer. danau dan sungai 3. Inti terdiri atas inti luar dan inti dalam. 2. 1. sebagian besar kerak benua terbentuk dari batuan yang disebut granit. bumi dapat dibagi menjadi empat bagian.500°C.900 kilometer. Keadaan ketiga lapisan Bumi tersebut dijelaskan dalam uraian berikut. dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2. Selimut atau selubung (mantle) merupakan lapisan di bawah kerak yang tebalnya mencapai 2. Bagian udara (atmosfer) yang menyelimuti seluruh permukaan bumi 2.2 Tinjauan Umum Tentang Susunan Bumi Terlepas dari teori-teori tersebut di atas. Lapisan ini terdiri atas magma kental yang bersuhu 1. Di permukaan lapisan kerak inilah makhluk hidup tinggal dan menjalani hidupnya. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4. Lapisan Bumi mulai dari lapisan terluar sampai terdalam yaitu kerak. dengan penyusun utama logam besi (90%). Lapisan ini menjadi tempat tinggal bagi seluruh mahluk hidup. Bagian padat (lithosfer) yang terdiri dari tanah dan batuan 4. yakni : 1. .400°C–2. Pada lapisan kerak bagian atas. selubung. dan inti. Kerak samudra sebagian terbentuk dari batuan yang disebut basal. secara umum menurut komposisi (jenis dari materialnya) Bumi tersusun atas tiga lapisan. Bagian yang ditempati oleh berbagai jenis organisme (biosfer) Keempat komponen tersebut berinteraksi secara aktif satu sama lain.100 derajat Celcius. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2. yang terdiri dari material cair. proses transfer panas dan perpindahan materi padat.

hujan es dan lain-lain. atmosfer bumi dapat dibagi menjadi lima lapisan. jatuhnya hujan. 0. xenon (Xe). ozon (O3).95%. kripton (Kr).93% argon. Keberadaan atmosfer yang menyelimuti seluruh permukaan bumi memiliki arti yang sangat penting bagi kelangsungan hidup berbagai organisme di muka bumi. Berbagai jenis gas lainnya juga terkandung dalam atmosfer. 0. Setiap kenaikan 100 meter temperaturnya turun turun 0.000005% xenon.99 oksigen. serta karena sebagain besar dinamika iklim berlangsung pada lapisan troposfer. karena berhubungan langsung dengan permukaan bumi yang merupakan habitat dari berbagai jenis mahluk hidup termasuk manusia. serta 0.5 °C. 0. oksigen (O2) sebanyak 20. hidrogen (H2). Sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi. Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi 3. Susunan kimia udara troposfer terdiri dari 78. helium (He).A. 4. serta karbon dioksida (CO2) sebanyak 0.03% nitrogrn. yaitu : a. argon sebanyak 0. Pada lapisan ini suhu udara akan menurun dengan bertambahnya ketinggian. tetapi dalam konsentrasi yang jauh lebih rendah. karbon dioksida dan uap air terkandung dalam konsentrasi yang bervariasi dari tempat ke tempat. ATMOSFER Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km.08%. . Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari. berada antara permukaan bumi sampai pada ketinggian 8 km pada posisi kutub dan 18 – 19 km pada daerah ekuator. 20.0015% nenon. Troposfer Lapisan ini merupakan lapisan yang paling bawah. Berdasarkan volumenya. jenis gas yang paling banyak terkandung berturut-turut adalah nitrogen (N2) sebanyak 78. Berdasarkan perbedaan suhu vertikal. salju. Pada lapisan atmosfer terkandung berbagai macam gas. 0.00005% hidrogen. Menyediakan okisgen dan karbon dioksida.00015% helium.93%. 0. serta dari waktu ke waktu untuk uap air. Perputaran bumi ini akan mengakibatkan bergeraknya masa udara. Lapisan ini dianggap sebagai bagian atmosfer yang paling penting. misalnya neon (Ne). 2. Di dalam lapisan ini berlangsung semua hal yang berhubungan dengan iklim seperti terbentuknya awan. Fungsi atmosfer antara lain : 1. sehingga terjadilah perbedaan tekanan udara di berbagai tempat di dalam atmosfer yang dapat menimbulkan arus angin. 0.03%. Di antara gas-gas yang terkandung di dalam atmosfer tersebut. Gerakan udara dalam atmosfer terjadi terutama karena adanya pengaruh pemanasan sinar matahari serta perputaran bumi. metan dan uap air.03% asam arang.0001% kripton.

Ciri penting dari lapisan stratosfer adalah keberadaan lapisan ozon yang berguna untuk menyerap radiasi ultraviolet. Pada lapisan ini terdapat derajat panas yang paling rendah. planetary boundary layer). hingga kadarnya akan meningkat dari 5 menjadi 9 x 10-2 cc di dalam 1 m3. 2. dengan suhu . Suhu pada bagian atas stratosfer hampir sama dengan suhu pada permukaan bumi.57 °C sampai . Hawa panas dan dingin yang beradu di sini mengakibatkan kondisi suhu yang berubah-ubah. Lapisan udara isoterm. Lapisan stratosfer dibagi dalam tiga bagian yaitu : 1. dengan suhu antara +50°C sampai -70°C. karena uap air segera mengalami kondensasi sebelum mancapai tropopouse dan kemudian jatuh kembali ke bumi dalam bentuk cair (hujan) dan padat (salju. 3. ketinggian dari permukaan laut dan lainnya. Stratosfer Merupakan bagian atmosfer yang berada di atas lapisan troposfer sampai pada ketinggian 50 – 60 km.50°C sampai + 50°C. Batas lapisan stratosfer disebut stratopouse. hujan es). dari jenis tanaman.Troposfer terbagi lagi ke dalam empat lapisan. Tebal lapisan ini 1 – 2 km.46 °C sampai . Lapisan Udara Tropopouse : merupakan lapisan transisi antara lapisan troposfer dan stratosfer terletak antara 8 – 12 km di atas permukaan laut . Suhu yang sangat rendah pada tropopouse inilah yang menyebabkan uap air tidak dapat menembus ke lapisan atmosfer yang lebih tinggi. Lapisan Udara Bawa : lapisan udara ini dinamakan juga lapisan batasan planiter (planetaire grenslag. dengan suhu udara 50°C sampai -55°C. Lapisan udara panas. sehingga sebagian besar tidak akan mencapai permukaan bumi. Lapisan Udara Adveksi (Gerakan Mendatar) : lapisan ini disebut juga lapisan udara konveksi atau lapisan awan. terletak antara 12 – 35 km dpl. yaitu : 1.83 °C pada musim dingin. yakni antara . 4. b. 2. yang memperngaruhi kehidupan tanaman dan juga jasad hidup di dalam tanah. 3. yang tebalnya 2 – 8 km. Di sini berlangsung berbagai perubahan suhu udara dan juga menentukan iklim. Lapisan Udara Dasar : tebal lapisan udara ini adalah 1 – 2 meter di atas permukaan bumi.80°C pada musim panas dan antara . suhu akan semakin meningkat dengan meningkatnya ketinggian. Keadaan udara dalam lapisan inilah yang disebut sebagai iklim mikro. Keadaan di dalam lapisan udara ini tergantung dari keadaan fisik muka bumi. terletak antara 35 – 50 km dpl. Lapisan udara campuran teratas. Pada lapisan stratosfer. . pada ketinggian 30 km oksigen diubah menjadi ozon. terletak antara 50 – 80 km dpl. karena pengaruh sinar ultraviolet. atau lebih tepatnya lapisan ini terletak di antara lapisan troposfer dan ionosfer.

3. Garis imajiner yang membatasi ekosfer dengan angkasa luar disebut magnetopause. Suhu udara di sini berkisar . Pada lapisan ini.c. Lapisan Udara E Terletak antara 80 – 150 km dengan rata-rata 100 km dpl. yang akan menyebabkan meningkatnya suhu pada lapisan ini. e. Pada lapisan ini. benda-benda berada dalam bentuk atom. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara APPLETON. gas-gas akan terionisasi. Suhu di lapisan ini akan menurun seiring dengan meningkatnya ketinggian.70°C sampai +50°C.110°C. yakni lapisan termosfer. Proses pemecahan molekul oksigen dan gas-gas atmosfer lainnya akan menghasilkan panas. tetapi kemudian turun dan mencapai -72 °C di ketinggian 75 km. Lapisan udara F Terletak antara 150 – 400 km. Suhu terendah terukur pada ketinggian antara 80– 100 km yang merupakan batas dengan lapisan atmosfer berikutnya. dan diduga suhunya mencapai 1200°C . Molekul oksigen akan terpecah menjadi oksegen atomik di sini. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara KENNELY dan HEAVISIDE dan mempunyai sifat memantulkan gelombang radio. Lapisan Termosfer Berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Mesosfer Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 50 – 70 km. Lapisan ini menerima panas langsung dari matahari. Letaknya lapisan ini antara 400 – 800 km. Lapisan udara atom Pada lapisan ini. Lapisan ini tempat terjadinya proses ionisasi tertinggi. Daerah yang masih termasuk ekosfer adalah daerah yang masih dapat dipengaruhi daya gravitasi bumi. . oleh karenanya lapisan ini sering juda disebut lapisan ionosfer. yaitu : 1. 2. Suhunya mula-mula naik. kandungan gasgas atmosfer sangat rendah. Batas antara ekosfer (yang pada dasarnya juga adalah batas atmosfer) dengan angkasa luar tidak jelas. Ekosfer atau atmosfer luar Merupakan lapisan atmosfer yang paling tinggi. d. Daerah transisi antara lapisan mesosfer dan termosfer disebut mesopouse dengan suhu terendah . Ionosfer dibagi menjadi tiga lapisan lagi. Suhu pada lapisan ini akan meningkat dengan meningkaknya ketinggian.

Gambar Lapisan Atmosfer .

Lithosfer tersusun dalam dua lapisan. Akibatnya. Magma akan mengalami beberapa proses perubahan sampai menjadi batuan beku. Adanya arus vertikal ini juga mengakibatkan perbedaan tekanan teanan air laut antara daerah tropis dengan daerah kutub. laut. sungai. Dalam wujud aslinya. C. senyawanya dalam bentuk SiO2 dan Al2O3. danau. . Lithosfer memegang peranan penting dalam kehidupan tumbuhan. timbul arus vertikal ke arah permukaan laut di daerah tropis serta arus ke arah dasar laut di daerah kutub. gletser. batuan sedimen dan batuan metamorf.B. yaitu batuan cair pijar yang bersuhu sangat tinggi dan terdapat di bawah kerak bumi. Lapisan air yang menyelimuti permukaan bumi disebut hidrosfer. Perbedaan ini bersamaan dengan perputaran bumi serta arus angin akan menimbulkan arus air di permukaan air laut yang membantu distribusi organisme-organisme di laut. Melalui proses erosi mineral-mineral yang menjadi sumber makanan mahluk hidup ini seringkali terbawa oleh aliran sungai ke laut dan terdeposit di dasar laut. LITHOSFER Lithosfer berasal dari bahasa yunani yaitu lithos artinya batuan. Lapisan sial yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium. Induk batuan pembentuk litosfer adalah magma. Sekitar 71% permukaan bumi merupakan wilayah perairan. Pemanasan oleh sinar matahari menyebabkan suhu air laut di darah tropis lebih panas dibandingkan suhu air laut yang terletak di belahan bumi lainnya. yaitu kerak dan selubung. Lithosfer terdiri dari dua bagian utama. dan sphera artinya lapisan. Tanah merupakan sumber berbagai jenis mineral bagi mahluk hidup. air tanah. erosi maupun proses fisika lainnya menjadi batuan kecil sampai pasir. Lithosfer merupakan lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. salju. HIDROSFER Air adalah senyawa gabungan dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen menjadi H2O. Kemudian di atmosfer uap air ini mengalami kondensasi dan selanjutnya akan jatuh sebagai hujan. Tanah terbentuk apabila batu-batuan di permukaan litosfer mengalami degradasi. Penyusun utama lapisan lithosfer adalah batuan yang terdiri dari campuran antara mineral sejenis atau tidak sejenis yang saling terikat secara gembur atau padat. Lithosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat. yang tebalnya 50 – 100 km. serta uap air di atmosfer. Energi matahari yang datang di permukaan bumi menyebabkan penguapan air ke bagian atmosfer. yaitu : 1. Lithosfer merupakan lempeng yang bergerak sehingga dapat menimbulkan persegeran benua. Hidrosfer meliputi samudera. Selanjutnya bagian ini bercampur dengan hasil pemasukan komponen organis mahluk hidup yang kemudian membentuk tanah yang dapat digunakan sebagai tempat hidup organisme. mineral-mineral ini berupa batu-batuan yang terletak berlapis di permukaan bumi.

Semua batuan pada mulanya dari magma yang keluar melalui puncak gunung berapi. hujan. Magmayang sudah mencapai permukaan bumi akan membeku. Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak. kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit. Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu : a. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf. b. . angin atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan. granit andesit jenis-jenis batuan metamor. Kerak benua. Batuan Beku Dalam . Batuan Beku Luar. adalah batuan beku yang terbentuk di permukaan bumi. bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35km. Lapisan sima (silisium magnesium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. Hancuran batuan yang diendapkan disebut batuan endapan atau batuan sedimen. Contohnya riolit dan basalt. serta aktifitas tumbuhan dan hewan. pada kedalaman 15 – 50 km. adalah batuan beku yang terbentuk jauh di bawah permukaan bumi. Magma yang membeku kemudian menjadi batuan beku. tidak ada pelapisan. Magma yang keluar dari bumi mengalami proses pendinginan dan pembekuan Sangat cepat sehingga tidak menghasilkan cristal batuan. Kerak samudera. batuan beku dibagi menjadi : 1. 3. merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas. dan umumnya tidak mengandung fosil. merupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya.Pada lapisan sial (silisium dan alumunium) ini antara lain terdapat batuan sedimen. Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air. 2. sebelum sampai ke permukaan bumi. terbentuk di bagian celah/gang dari kerak bumi. Berdasarkan tempat pembekuannya. Secara umum batuan beku mempunyai ciri-ciri homogen dan kompak. Baik batuan sedimen atau beku dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. Batuan Beku Gang. Karena tempat pembekuannya dekat dengan astenofer. Batuan Pembentuk Lithosfer :  Batuan beku Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. yang dalam ribuan tahun dapat hancur terurai selama terkena panas. Proses pembekuan magma ini agak cepat sehingga membentuk batuan yang mempunyai cristal yang kurang sempurna. pendinginan magmanya sangat lambat. dan batuan lain yang terdapat di daratan benua. Kerak ini menempati dasar samudra 2. Lapisan ini merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km . Kerak ini yang merupakan benua.

Secara entimologi. Batuan Sedimen Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses pengendapan. Gambut terletak di antara atosfer dan litosfer. Contohnya: batu kapur dan batu giok. Organisme hidup tersusun oleh berbagai unsur yang berasal dari biosfer. Batuan sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewan dan tumbuhan laut. konglomerat dan batu pasir. tekanan yang kuat serta waktu yang lama. BIOSFER Biosfer merupakan sistem kehidupan paling besar karena terdiri dari gabungan ekosistem yang ada di planet bumi. Salah satu bentuk dari lingkungan hidrosfer adalah terbentuknya gambut. mineral maupun komponen-komponen penyusun atmosfer. . Batuan sedimen klastik. pada lain pihak tumbuh juga dalam hidrosfer. Pemahaman mengenai biosfer sangat penting untuk pengelolaan sumberdaya hayati. Sistem ini mencakup semua mahluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya sebagai kesatuan utuh. Gambut merupakan suatu bentuk organis sebagai asal mula pembentukan batu bara. yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. 3. Batuan sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan. Termasuk semua bisofer adalah semua bagian permukaan bumi yang dapat dihuni oleh mahluk hidup. Contohnya adalah batu kapur (kalsit) yang berubah menjadi marmer. berupa campuran hancuran batuan beku. baik air. Ada beberapa macam batuan sedimen. Secara fisik biosfer ini terbagi tiga. Batir-butir batuan sedimen berasal dari berbagai macam batuan melalui proses pelapukan. biosfer berasal dari dua kata. Contohnya: breksi. hidrosfer dan atmosfer. Contohnya: batu gamping dan koral Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan baik secara fisik maupun kimiawi sehingga menjadi batuan yang berbeda dari batuan induknya. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya degradasi hutan akibat kebakaran ataupun pembukaan hutan untuk pemukiman. yaitu litosfer. 2. sedangkan umur jasad-jasad tersebut sangat pendek dan ketika mati akan terendap dalam rawa. atau batuan kuarsa menjadi kuarsit  D. baik oleh angin maupun air. terutama karena perkembangan flora dan fauna yang semakin berkurang. Proses pembentukan batuan sedimen disebut diagenesis yang menyatakan perubahan bentuk dari bahan deposit menjadi batuan endapan. yaitu : 1. Faktor yang mempengaruhi perubahannya adalah suhu yang tinggi. Di dalamnya hidup beraneka ragam mikro-plankton yang amat cepat pertumbuhannya. Dengan demikian dapat diartikan biosfer adalah lapisan tempat tinggal mahluk hidup.

2. Gambut topogin. Gambar Lapisan / Struktur Bumi . Gambut ombrogin. sebagai gambut pantai. terdapat di dataran tanah Sumatera. terdapat pada tanah dataran Jawa (Pangandaran) dan Sumatera serta di tanah pegunungan Jawa dan Sulawesi. Gambut dibagi menjadi beberapa daerah.Lapisan gambut mengandung semua macam garam makanan tanaman yang terlarut dalam air tanah. Kalimantan dan Irian. yaitu : 1.

tumbuhan yang beraneka ragam. mantel bumi.  Berdasarkan susunan kimianya (sifat dari materialnya). yaitu kerak bumi. . dan Bagian yang ditempati oleh berbagai jenis organisme (biosfer) Bumi merupakan satu-satunya planet yang tak terlalu dekat dan tak terlalu jauh dari matahari. namun pada dasarnya memiliki permukaan yang tidak rata yang tersusun atas beberapa lapisan. Oleh karena itu pelestarian planet bumi harus kita jaga untuk mendukung keseimbangan alam dan siklus hidup di bumi. cipta dan karsa sudah seharusnya kita ikut menjaga dan melestarikan bumi. udara untuk bernafas. Oleh sebab itu. konsep Tri Hita Karana di Bali harus dipertahankan guna menjaga keseimbangan alam yang berujung pada pelestarian planet bumi. dan inti bumi.BAB III PENUTUP III. dan ke semuanya itu dapat di nikmati oleh penghuninya. seperti naiknya permukaan laut dan perubahan suhu / iklim karena rusaknya prilaku manusia. yang tanpa kita sadari telah terjadi banyak perubahan di bumi. bumi dapat dibagi menjadi empat bagian. Bagian padat (lithosfer). III.2 Saran Sebagai makhluk hidup (umumnya) yang hidup di bumi yang memiliki daya rasa. dan Sebagai masyarakat Bali (khususnya). Bagian cair (hidrosfer).1 Kesimpulan Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh mahluk hidup dan segala ekosistem yang terdapat terdapat di dalamnya. Di bumi ini terdapat tanah yang subur. Mulai dari yang terluar sampai pada lapisan inti dalam. yakni : Bagian udara (atmosfer).  Secara umum menurut komposisi (jenis dari materialnya) Bumi tersusun atas tiga lapisan.lautan luas. Dimana Inti bumi itu terdiri atas inti luar dan inti dalam. suhu di bumi tak terlalu panas dan tak terlalu dingin. Bumi berbentuk bulat seperti bola padat.

2.com/2012/11/susunan-bumi.com .blogspot. 4.html http://id.com/2010/10/susunan-bumi_19.html http://mastugino.blogspot. http://www.google.wikipedia.com http://penambang007.scribd.org/wiki/Bumi http://id. 5. 3.DAFTAR PUSTAKA 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful