You are on page 1of 6

TUGAS MATA KULIAH GEOFISIKA DEKAT PERMUKAAN

Disusun Oleh : YONATAN BAGUS ADI PUTRA 115.100.022

PROGRAM STUDI TEKNIK GEOFISIKA FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA 2012

Faculty of Mathematic and Natural Sciences Institut Teknologi Bandung.Pendahuluan dimana α. Metode ini dapat dikategorikan sebagai salah satu non-invasif metode seperti metode geofisika lainnya yang tidak memerlukan membosankan apapun. β adalah gelombang P dan kecepatan gelombang S masing dan c adalah gelombang Rayleigh kecepatan fase yang diasumsikan kurang dari kecepatan gelombang S dan P kecepatan gelombang.ac. Dalam medium setengah ruang homogen. iniFenomena ini disebabkan oleh dispersi geometris yangberbeda dari dispersi intrinsik karena materi. setiap panjang gelombang perjalanan dengan kecepatan fase Analisis spektral Gelombang Permukaan (SASW) metode adalah salah satu metode geofisika yang menggunakan permukaan gelombang (gelombang Rayleigh) untuk menentukan sifat tanah bawah permukaan. memperkirakan tanah bergetar selama gempa bumi dan mengevaluasi pencairan potensi lapisan tanah. propagasi gelombang Rayleigh menunjukkan perilaku dispersi. Namun gelombang permukaan seismik dikenakan sekitar 60% dari sumber energi yang membuatnya lebih mudah dibaca daripada tubuh gelombang gelombang yaitu P atau S. Untuk vertikal heterogen menengah. Rayleigh masalah gelombang menjadi sangat kompleks.Spectral Analisis Gelombang Permukaan (SASW) Pengukuran Karakteristik Tanah Gunawan Handayani Physics of Complex System Divison.Penyebaran geometris terjadi karena berbeda panjang gelombang bergetar kedalaman yang berbeda yang berbeda sifat mekanik yang terkait. Persamaan ini pada awalnya diperoleh Lord Rayleigh pada tahun 1885 yang menunjukkan bahwa fase kecepatan gelombang Rayleigh di setengah-ruang homogen menengah tidak tergantung pada frekuensi (nondispersive gelombang).itb. Dispersi berarti bahwa setiapfrekuensi perjalanan dengan kecepatan yang berbeda. informasi profil kecepatan gelombang geser seismik dari bawah permukaan sangat penting dalam menilai kekuatan lapisan tanah. Metode konvensional dalam menentukan profil kecepatan gelombang geser sedang melakukan seismik ke dalam lubang atau lubang lintas yang membutuhkan pengeboran beberapa lubang bor. Kata kunci : Permukaan gelombang metode SASW metode. Makalah ini melaporkan hasil dari salah satu metode gelombang permukaan yaitu Spectral Analisis Gelombang Permukaan (SASW) untuk karakterisasi tanah di Banda Aceh. karakteristik gelombang Rayleigh dapat dijelaskan oleh persamaan karakteristik: . Di masa lalu permukaan gelombang dianggap sebagai kebisingan di seismik refleksi metode. Jika media tidak homogen. Hasil survei dalam hal profil gelombang geser digunakan dalam memprediksi tanah bergetar selama gempa. Metode yang populer baru-baru ini untuk melaksanakan permukaan gelombang survei yang tidak memerlukan lubang bor.id SARI Dalam rekayasa teknik dan gempa geoteknik. Indonesia e-mail: gunawan@fi. 1. unwrapping Tahap. Prosedur lapangan dan data pengolahan termasuk proses unwrapping fase yang sangat penting untuk mendapatkan kurva dispersi bidang akurat yang dibahas.

Gambar 3. 2. Prosedur pengukuran dilapangan Bidang pengukuran SASW dirancang sedemikian rupa sehingga prosedur lapangan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Spektrum salib y2 (t) terhadap y1 (t) didefinisikan sebagai: dimana Y1 (ω) dan Y2 (ω) adalah Fast Fourier Transform dari y1 (t) dan y2 (t) masing-masing. Waktu tunda dapat ditentukan sebagai . Kurva ini dapat memainkan penting peran sebagai parameter pemodelan dalam menentukan mekanis properti dari tanah bawah permukaan. Isi frekuensi sumber energi tersebut sangat luas sehingga kecepatan fase komponen gelombang Rayleigh banyak dapat diukur secara bersamaan. Gambar 2. Situasi SASW pengukuran lapangan Gelombang Rayleigh fase kecepatan masing-masing frekuensi dapat ditentukan dengan menggunakan daya komputasi lintas spektrum gelombang Rayleigh diterima pada penerima jauh terhadap gelombang yang diterima pada penerima dekat. Penyebaran geometris vertikal heterogen media Kurva kecepatan fase gelombang Rayleigh dengan menghormati dengan panjang gelombang seperti terlihat pada Gambar 1 adalah disebut kurva dispersi. Prosedur bidang metode SASW dapat disajikan pada Gambar 2. Jika sinyal diterima di dekat menerima dilambangkan sebagai y1 (t) dan sinyal diterima pada penerima sejauh y2 (t). Itu sumber energi yang digunakan adalah sumber impulsif seperti palu pukulan atau penurunan berat badan. Diagram prosedur lapangan SASW Gambar 1.sebagai fungsi mekanik sifat-sifat lapisan yang terlibat dalam propagasi.

kemudian dapat ditentukan sebagai Jarak antara penerima bervariasi untuk sampel bawah permukaan tepat. peningkatan perbedaan fasa dengan frekuensi dapat ditindaklanjuti ke nilai lebih besar dari 2π. Hal ini dapat dilakukan dengan melapiskan dispersi kurva dari semua jarak. Konfigurasi ini menghasilkan Rayleigh lebih rendah gelombang frekuensi.Tahap Rayleigh kecepatan. Pembungkus perbedaan fase terjadi jika jarak penerima lebih besar dari panjang gelombang Kurva dispersi dari jarak dekat dapat digunakan sebagai referensi berkaitan dengan fase awal pengukuran. memiliki fase kecil perbedaan. Angka 5 sampai 8 hadir contoh kurva dispersi lapangan bersama dengan Seluruh kurva dispersi. waktu tunda frekuensi paling biasanya kurang dari periode gelombang permukaan dan fase tidak pembungkus terjadi. dengan panjang gelombang yang lebih besar. Untuk memperoleh target yang lebih dalam. penerima jarak bervariasi dari jarak kecil untuk jarak besar. baik orang harus memastikan bahwa panjang gelombang lebih besar dari jarak atau jumlah panjang gelombang tambahan seluruh harus diketahui. Gambar 4. Fase dari spektrum kekuasaan salib. dalam khas tanah. Sangat sering sulit untuk un-wrap perbedaan fasa akibat kebisingan interferensi. jika sinyal kualitas yang baik dan perbedaan fasa memiliki kontinyu perilaku. orang bisa membangun dispersi komposit kurva yang akan digunakan dalam pemodelan inversi untuk menentukan penyusunan profil kecepatan gelombang geser. Beberapa perbedaan fase yang tertutup oleh suara. satu bisa menggunakan sumber berat bersama dengan penerima besar jarak. dengan lebih singkat panjang gelombang. Sebagai aturan praktis penetrasi kedalaman optimum survei adalah sekitar setengah dari panjang survei (yangjarak dari sumber ke penerima terakhir) 1).Dengan konfigurasi geometris tunggal. dimana lapisan atas lebih lembut dari lapisan yang lebih rendah. Ketika menganalisis rentang frekuensi tertentu. Di jarak pendek. Umumnya semakin besar jarak penerima. semakin pembungkus fase terjadi seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5 dan Gambar 7. Untuk mengatasi masalah ini. memiliki perbedaan fasa yang besar. Kurva harus bertepatan dekat pada panjang gelombang yang sama. Dari ditumpangkan kurva. Jumlah pembungkus fase 8 m jarak . Jarak penerima besar juga digunakan untuk meminimalkan pengaruh gelombang tubuh (efek medan dekat). dari modulo 2π dapat membukanya untuk representasi fase penuh: setiap melompat dari fase sesuai dengan panjang gelombang. Seluruh fase kurva perbedaan menunjukkan bahwa rendah frekuensi. sedangkan frekuensi tinggi. Lebih besar penerima jarak biasanya mengalami pembungkus fase banyak dan membutuhkan awal fase referensi untuk un-membungkus melompat fase berikutnya. Satu masalah dengan pembangunan bidang dispersi menggunakan metode ini adalah pembungkus fase ketika saatnya keterlambatan melebihi periode gelombang permukaan atau ketika jarak penerima lebih besar dari panjang gelombang.

Kurva dispersi komposit Jika tanah lunak.lebih besar dari 4 m. Dapat dicatat banyaknya fase pembungkus dibandingkan dengan kurva dispersi dari Gambar 5. Vs fase dibungkus frekuensi kurva besar jarak (8 m jarak) Gambar 8. Gambar 9. Tahap Seluruh kurva frekuensi pendek jarak (4m jarak) Gambar 7. Kedua kurva yang dihasilkan dari penerima yaitu jarak yang sama 4m jarak. Vs fase dibungkus frekuensi kurva pendek jarak (4 m jarak). jumlah fase membungkus meningkat. Gambar 6. Hal ini karena kenyataan bahwa lagi jarak mengandung panjang gelombang lebih dari jarak lebih pendek. Gambar 10. Tahap Seluruh kurva frekuensi pendek jarak (jarak 8m) Gambar 11. Tahap dibungkus vs frekuensi kurva 4 m jarak dari survei pada tanah lunak . Gambar 11 menunjukkan kurva dispersi hasil survei pada sangat lembut tanah yaitu pada tailing deposit tambang tembaga di Indonesia. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa panjang gelombang adalah kecil karena untuk kecepatan fase rendah Rayleigh gelombang. Kurva lapangan ditumpangkan dispersi Gambar 5.

Nilainilai fase jarak kecil dapat digunakan sebagai referensi untuk fase pengukuran untuk jarak yang lebih besar. Media setiap lapisan diasumsikan menjadi homogen. Contoh hasil inversi komputasi pada kurva dispersi komposit dari Gambar 10 disajikan pada Gambar 11 dan Gambar 12. karena biasanya tidak mengandung pembungkus fase. Dalam situasi nyata di lapangan namun ada selalu adalah lateral penghalang yang dapat menyebabkan Model melintang isotropik tidak puas dengan sempurna. Data diperoleh dari survei yang dilakukan untuk gempa mikrozonasi di Banda Aceh. Untuk membangun sebuah bidang kurva dispersi akurat. Alasan dapat disebabkan oleh: • Suara ditumpangkan pada sinyal • The 2 D efek dan menengah lateral homogen Algoritma inversi mengasumsikan bahwa lapisan tanah adalah horisontal yang biasanya berlaku bagi relatif kecil penerima jarak. Pemodelan Gelombang Reyleight di penampang Media Algoritma inversi yang digunakan dalam survei ini adalah inversi simultan kecepatan fase Rayleigh dan attenuation3). Perbandingan antara dispersi bidang Dan dispersi teoritis Kurva . kita harus un-bungkus fase vs frekuensi kurva hati-hati. Proses inversi mencoba untuk meminimalkan kesalahan antara dispersi bidang kurva dispersi dan teoritis kurva yang diperoleh dari pemodelan maju. Gambar 13. Kecepatan gelombang geser profil sebagai hasil dari perhitungan inversi Gambar 14. Pada titik dari pengukuran. Situasi ini disebut sebagai melintang isotropik model. disarankan untuk melakukan banyak penerima jarak pengukuran. mulai dari jarak kecil untuk memastikan pengukuran fase yang benar. 4.Gambar 12. Metode SASW menunjukkan sebagai metode potensial untuk menentukan gelombang geser tanah karakterisasi cepat karena tidak memerlukan lubang bor. Sangat jarang bahwa kurva teoritis dapat benar-benar cocok dengan lapangan dispersi kurva. Kesimpulan Prosedur lapangan dan pengolahan data SASW metode telah didiskusikan. Tahap Seluruh vs frekuensi kurva dari 4 m jarak dari survei pada tanah lunak 3.