LAPORAN MAKALAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER “Penerapan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer pada Website Forum

Kesahatan Masyarakat”

Oleh : Annisa Sukma Putri 120411100040

Dosen Pembimbing : Sri Wahyuni, S.Kom., M.T.

FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2013
1

penulis mengucapkan terima kasih kepada ibu Sri Wahyuni S. setiap manusia mempunyai kelemahan atau pernah melakukan kesalahan [1]. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang dapat membangun bagi perkembangan laporan makalah ini menjadi lebih baik.. Oleh karena itu. M.T. Tak ada gading yang tak retak. Penulis menyadari atas segala keterbatasan kemampuan tanpa bantuan pihakpihak yang terkait dalam pembuatan laporan makalah ini. 13 April 2013 Penulis 2 . puji syukur atas kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena berkat rahmat serta karuniaNya. serta kedua orang tua dan teman-teman yang selalu memberi dukungan kepada penulis. selaku dosen mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Begitu juga dalam penyusunan laporan makalah ini masih terdapat kekurangan.Kom. Bangkalan. Adapun judul laporan makalah ini adalah Penerapan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer pada Website Forum Kesehatan Masyarakat. Semoga laporan makalah ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. penulis dapat menyelesaikan laporan makalah ini yang dibuat dalam rangka memenuhi tugas take home pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer dengan tepat waktu.Kata Pengantar Alhamdulillah.

.......................................................................................................................................................................1 Kesimpulan ............. 1 Kata pengantar ..................................................2 Saran .....................Daftar Isi Halaman Judul ........... 3...................................................................... 4 Bab II Pembahasan ......................................................................................................................... 2 Daftar isi ....... 5 Bab III Penutupan .......... 3 Bab I Pendahuluan ........................................................................................................................................... 3................. 3 ............................................................................ Daftar Pustaka .....................................................................................................................................................................

Apa 1.4 Manfaat 4 .BAB I PENDAHULUAN 1. 1. Definisi interaksi manusia dan computer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interfa ce). dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.2 Rumusan Masalah 1. Siapa saja user (aktor) dalam sistem Anda? 3.1 Latar Belakang Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain.3 Tujuan 1. jika salah satu tidak bisa. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Pengertian Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan. Apa saja metode yang Anda lakukan untuk mendapatkan informasi mengenai user requirement? 2. mengevaluasi.

Yaitu hubungan antara user dalam hal ini sebagai faktor manusia pengguna sistem dengan pilihan desain warna. memori (ingatan). Bahkan internet bisa dijadikan solusi atas problematika yang mereka alami. meniru dan memodifikasi tampilan sesuai user requirement yang akan di targetkan.BAB II PEMBAHASAN Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan metode untuk mendapatkan informasi mengenai user requirement dalam sistem yang akan dibuat. akan lebih cenderung mencari solusi lewat internet dan mencari referensi di internet akan lebih mengeluarkan sedikit dana. Sedangkan masyarakat sebagai pengunjung dapat mencari informasi tentang kesehatan. Metode yang dilakukan yaitu dengan browsing di intenet. Dalam menjalankan website ini tentu akan dimainkan oleh para pengguna yang memiliki peran tersendiri dalam sistem. kecerahan. dan masyarakat. Dengan browsing di internet. Dengan melihat fenomena kehidupan sehari-hari. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain antarmuka yang baik dengan memperhatikan karakteristik manusia dan komputer [1]. Misalnya dalam sistem yang saya buat. Admin dapat melakukan pengelolaan situs web. kontras. melihat fenomena kehidupan sehari-hari. kita dapat menemukan beberapa contoh dari tampilan situs web yang akan dibuat. bagi masyarakat yang cerdas dalam mencari solusi pada keadaan medis dirinya. serta survey fakta di lapangan. dokter. Dengan melakukan survey di lapangan. Pengguna tersebut diantaranya adalah admin. Dengan demikian kita dapat mengamati. dan faktor psikologis manusia yang lainnya. daripada pergi ke dokter yang biasanya memakan biaya yang mahal. Dokter memiliki peran sebagai pemberi solusi dari setiap diskusi dan konsultasi dari pengunjung. dimana masyarakat sudah tidak asing dengan penggunaan internet. Metode untuk mendapatkan informasi mengenai user requirement 5 . memanfaatkan layanan diskusi maupun konsultasi dan dapat menjadi anggota dari situs tersebut. Sistem yang saya buat disini adalah website forum kesehatan masyarakat.

memori (ingatan). kontras dan faktor psikologis manusia lainnya User akan menilai dari kontak antarmuka interface tersebut apakah menarik atau tidak User akan merasa nyaman dengan desain warna yang tidak terlalu mencolok. maka dari itu di sistem ini dibuat warna biru dan hijau User akan merasa mudah dengan tampilan desain yang simple dan sederhana dalam penggunaannya Input dan output dari sistem yang anda bangun dan sarana input/output yang digunakan F Ragam dialog yang digunakan dan mengapa memilih ragam dialog tersebut Karena Prinsip desain yang anda jadikan pedoman dan alasannya Apa Penggunaan prototyping dalam desain sistem anda. mendapat informasi. apakah cukup membantu ? jelaskan kemudahan dan kesulitannya Kelebihan project 6 . kecerahan.- Browsing internet Fenomena kehidupan sehari-hari Survey fakta di lapangan Siapa saja user dalam sistem anda? Admin = mengelola situs web Dokter = menjawab konsultasi Masyarakat = mencari informasi. berdiskusi. berkonsultasi Kaitan user sebagai faktor manusia pengguna sistem dengan pilihan desain warna.

org/wiki/Tak_ada_gading_yang_tak_retak 7 .wikiquote.Kelemahan project Kesimpulan dan saran - Daftar Pustaka [1] http://id.