You are on page 1of 4

1. Misalkan dipunyai data nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur sebagai berikut. 80, 60, 70, 50, 70, 80, 70, 80, 70, 60, 60, 70, 80, 90, 40, 70, 90, 50, 90, 70.

Mean nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah ..... a. 70 b. 80 c. 75 d. 85 2. Dengan data pada soal nomor 1 Modus nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah ..... a. 70 b. 80 c. 75 d. 85 3. Dengan data pada soal nomor 1 Median nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah ..... a. 70 b. 80 c. 75 d. 85 4. Dengan data pada soal nomor 1 kuartil ke-3 nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah ..... a. 75,5 b. 77,5 c. 85,7 d. 87,5 5. Dengan data pada soal nomor 1 rentang nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah ..... a. 40 b. 50 c. 55 d. 60 6. Dengan data pada soal nomor 1 simpangan baku nilai ulangan harian matematika kelas VI SD Majumakmur adalah ..... a. 12,67 b. 12, 76 c. 13,76 d. 13,87 7. Dua puluh pelajar terdiri 12 puteri dan 8 putera. Rata-rata nilai matematika pelajar keseluruhan 80. Jika rata-rata nilai matematika pelajar puteri saja 75 , maka rata-rata nilai matematika pelajar putera adalah .... a. 67.5 b. 77,7 c. 87,5 d. 89,5 8. Nilai UAN matematika sebanyak 30 siswa mempunyai rata-rata 80, jika nilai seorang siswa tidak diikutkan maka nilai rata-rata menjadi 81, berapa nilai siswa tersebut. a. 47 b. 51 c. 63 d. 73 9. Rata-rata berat badan 50 anak 65 kg, jika ditambah dengan berat badan si Andi dan Narti maka ratarata berat badan tetap 65, jika perbandingan berat badan Andi dan Narti 6:4, berapa berat badan Andi? a. 67 b. 68 c. 77 d. 78 10. Berikut ini yang merupakan instrumen penelitian dalam PTK adalah .... a. kisi-kisi soal tes b. RPP c. kamera untuk merekam kegiatan belajar siswa d. LKS 11. Observasi terstruktur menggunakan instrumen observasi yang dengan aspek yang diamati .... a. menggunakan lembar kosong untuk mencatat hal-hal penting b. menggunakan alat perekam, misalnya kamera c. tertulis pada pokok-pokok masalahnya saja d. tertulis berdasar kerangka teoritis dan siap digunakan oleh pengamat 12. Dalam PTK keguanaan peneliti melakukan refleksi adalah .... a. untuk menetapkan taraf keberhasilan atau kegagalan alternative tindakan. b. dilaksanakan guna menentukan langkah lebih lanjut dalam rangka mencapai tujuan penelitian c. untuk menganalisis kinerja pengamat d. untuk memperbaiki hipotesis tindakan 13. Secara teknis refleksi dilakukan dengan pendekatan .... a. jenis penelitian dan olah data b. analitis, sintetis dan pendekatan berpikir induktif dan deduktif c. individual dan kerjasama

a. Berkaitan dengan analisis data. dan pembahasan 18. padat.. dan penarikan kesimpulan c. c.. pengamatan perilaku b. harus rileks b. taraf peluang keberhasilan alternatif tindakan yang dipilih untuk siklus lanjutan c. mengambil data. tidak perlu rencana wawancara d. dan rapat umpan balik 20. daftar hadir b.. melaksankan pembelajaran. a. dan eveluatif 14. narasi. a... tetapi mengandung pengertian luas. dan dokumentasi c. Tahapan dalam analsis data penelitian adalah . dan merekam data b. memeriksa hasil observasi. memberi memotivasi belajar siswa 16. wawancara. Yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan wawancara adalah . dan melakukan perbaikan c. sajian data yang telah dipaparkan ke dalam bentuk pertanyaan atau formula yang singkat. dilaksanakan di dalam kelas c.. merekam data 17. mencobakan. menyusun instrumen. bertemu siswa di kelas. Salah satu teknik mengumpulkan data adalah dengan teknik wawancara. skema. a. unjuk kerja 21. melaksanakan. daftar cek c.. pokok materi pelajaran yang dipilih harus sama dengan pokok materi pelajaran pada siklus sebelumnya 15. Teknik observasi klinis menggunakan tiga fase. Alat yang digunakan untuk mengamati unjuk kerja siswa adalah a. pelaksanaan observasi di kelas b. pertanyaan langsung . yaitu . Dalam rangka menetapkan langkah lanjutan untuk melaksanakan siklus berikutnya.. reduksi.. tabel.. Berikut adalah teknik yang yang digunakan untuk menilai sikap siswa kecuali . a. kondisi saat pelaksanaan tindakan terdahulu dengan segala hasilnya b. produk d.. meringkas. dukungan sarana dan prasarana yang diperlukan d. aplikatif.. pemaparan. refeksi terhadap apa yang telah dilakukan dan akan dilakukan d. grafik. rencana membuat instrumen. hendaknya beberapa hal berikut dipertimbangkan. rapat perencanaan. analisis data. observasi kelas.... rencana pembuatan RPP. dan merevisi d.Teknik penilaian yang cocok digunakan untuk menilai ranah psikomotor adalah a.. merencanakan. penyimpulan merupakan proses pengambilan intisari atas . tes b.. a. saran-saran yang akan diberikan 19. analisis.d.. instrumen. presentasi 22. kecuali . a. menyajikan data b. menganalis data d. dahtar nilai d. Paparan data dapat dilakukan dengan tampilan dalam bentuk . rekaman dan catatan harian b. kamera. proyek c.. dan matriks d.

2. Apa keterkaitan antara saran dan simpulan? Sumber: Buku Materi PLPG UNNES 208 . Ruas garis AB. Proyeksi garis lurus pada bidang datar merupakan garis lurus. Tulislah sistematika laporan penelitian 3. dan C( -3. Tulislah definisi obyek geometri berikut ini sebagai himpunan titik-titk pada suatu bidang datar. kemudian buktikan teorema tersebut. 1) 9x2 – 16y2 + 18x – 32y -151 = 0 2) x2 . penelitian sederhana mengenai banyaknya kendaraan yang lewat di jalan raya dalam suatu waktu c. pembuatan ringkasan matematika b. pembuatan alat peraga matematika c.c. 2. Buatlah contoh soal matematika SMA yang mengukur suatu indikator dari kompetensi dasar tertentu mengenai aspek pemecahan masalah lengkap dengan kunci jawaban dan pedoman penskoran. 4. Membuat karya ilmiah dipresentasikan d. B (0. Penilaian produk dalam pembelajaran matematika yang sangat mendukung pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika adalah a. b. 5).. Berikut adalah contoh-contoh kegiatan siswa dalam penilaian proyek matematika kecuali. Tentukanlah koordinat pusat dan puncak obyek geometri berikut ini..1).y2 – 4x = 0 3) x2 – 2xy + 4y2 + x + y = 0 1. 1. Buatlah contoh soal matematika SMA yang mengukur suatu indikator dari kompetensi dasar tertentu mengenai aspek pemecahan masalah lengkap dengan kunci jawaban dan pedoman penskoran 7. Tentukanlah jenis irisan kerucut yang memiliki persamaan berikut ini kemudian lukislah grafiknya. Tulislah teorema tentang garis tegak lurus bidang. Melakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan alat klinometer 24. 5.” a. tes lisan 23. 8). Buktikan. Apa keterkaitan antara masalah penelitian dan simpulan? b. Tindakan apa yang tersirat dalam judul di atas? Tulislah contoh hipotesis tindakannya. Sudut c. mengerjakan PR soal-soal yang ada di LKS b. Jelaskan operasi antara garis dan lingkaran. laporan pribadi d. a. pembuatan peta konsep matematika d. Segitiga 6. Misalnya judul penelitian: ”Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Peta Konsep pada Materi Pokok Fungsi Kuadrat di Kelas XI SMA Pepandaian Semarang. a. Apakah judul tersebut mencerminkan PTK? mengapa? b. a. x2 – 2y = 0 9. 3. Jelaskan relasi antara titik dan parabola. jika koordinat titik-titik sudutnya adalah A(2. i. 8. kemudian lukislah grafiknya. pembuatan diagram alur matematika 25. y2 = 16 + 4x2 ii. Tentukan panjang ketiga garis tinggi pada segitiga ABC.

Sumber: PTK Guru Soal Uji Kompetensi Guru Matematika SMA MA SMK http://ptkguru.com/index.php?darmajaya=index&daryono=base&action=listmenu&skins=1&id=769&tkt=3#ixzz2 NkUBQINS .