You are on page 1of 5

RXQual RxQual adalah tingkat kualitas level penerima di ms (rentang 0-7)makin besar nilainya makin jelek kualitas sinyalnya

. Rx Qual merupakan standard kualitas suara pada saat melakukan panggilan pada jaringan 2G. Diperkirakan jumlah kesalahan bit dalam sejumlah ledakan. Nilai RxQual disajikan dalam TEMS dihitung dengan cara yang sama seperti nilai yang dilaporkan dalam laporan pengukuran dikirim pada saluran uplink ke Jaringan GSM. Setiap nilai RxQual sesuai dengan bit rate-kesalahan estimasi sesuai dengan tabel berikut, yang diambil dari spesifikasi teknis GSM 05.08

Tabel 1. BER untuk konversi RxQual Nilai BER dihitung lebih dari empat 26-multiframes (satu SACCH multiframe), pada setiap blok TCH (8/2 = 4 TCH semburan) dan pada SACCH blok (empat SACCH semburan). Untuk setiap blok TCH, yang 378 kelas 1 bit yang digunakan untuk perhitungan BER dan untuk blok SACCH, semua 456 bit yang digunakan. Jika blok TCH telah digantikan oleh FACCH pesan, 456 bukan 378 bit dapat digunakan. Jumlah TCH bit = (jumlah 26 multiframes) * (jumlah blok per TCH 26 multiframe) * (jumlah bit per blok TCH) = (4 * 6 * 378) Hal ini memberikan (4 * 6 * 378) + 456 = 9528 bit pada setiap multiframe SACCH jika itu adalah TCH channel, dan 3 * 456 = 1.368 bit jika saluran merupakan SDCCH.
Tambahan Tugas Praktikum Jaringan Telekomunikasi 1

empat dari frame TDMA digunakan untuk pengukuran. Biasanya BER dirata-ratakan selama durasi satu frame SACCH berlangsung 0. Tambahan Tugas Praktikum Jaringan Telekomunikasi 2 . karena dalam hal semacam jaringan situasi gangguan mungkin sangat berbeda dari meledak meledak. Distribusi kualitas sub lebih lebar dari distribusi kualitas penuh. sehingga hanya 100 semburan yang benar-benar dikirim dan diterima.48 detik dan terdiri dari 104 frame TDMA. BER diperkirakan lebih dari hanya semburan membawa bingkai keheningan deskriptor dan SACCH tersebut. Beberapa semburan sangat mengganggu dapat menyebabkan kualitas yang sangat buruk bagi sampel kualitas sub ketika mereka terjadi terjadi di set dari 12 ledakan di mana kualitas sub ditentukan. Perbedaan antara distribusi kualitas penuh dan sub dapat dilihat pada Gambar. Perbedaan antara distribusi kualitas penuh dan sub terbesar dalam jaringan frekuensi hopping menggunakan reuse alokasi frekuensi rendah. hanya semburan transmisi descriptor keheningan frame (SID-frame) dan SACCH yang dikirimkan. Ini hanya mencakup 12 semburan di mana BER dirata-ratakan (kualitas sub). Namun. Ketika DTX sedang digunakan dan tidak ada aktivitas pidato.DTX memiliki beberapa efek pada distribusi RXQual. yang berarti bahwa sampel kualitas yang lebih baik dan buruk yang dialami. Sampel kualitas penuh periode waktu yang sama mungkin hanya memiliki penurunan kualitas moderat karena rata-rata yang lebih baik dari BER lebih dari 100 semburan. Ini berarti bahwa BER mendapat rata-rata jauh lebih efektif ketika DTX tidak digunakan untuk menghasilkan distribusi kualitas di mana proporsi nilai moderat kualitas ditingkatkan. Bila ada periode tidak ada aktivitas pidato.

Pada intinya adalah perbandingan antara kuat sinyal yang dikehendaki terhadap kuat sinyal yang tidak dikehendaki. Proporsi sampel penuh dan sub tergantung pada faktor aktivitas pidato juga dikenal sebagai faktor DTX. Energy chip per Noise (Ec/No) Ec/No adalah kualitas data atau suara di jaringan operator 3G/UMTS yang juga dikenal dengan istilah Energy chip per Noise (Ec/No) yang merupakan perbandingan antara energy setiap chip sinyal informasi terhadap sinyal interferensi atau sinyal derau (noise) yang menyertainya. Ec/No menunjukkan kualitas sinyal yang diterima oleh UE. -6 dBm sangat baik.11 s. Ec/No merupakan parameter skala Rx Qual 0-8. .d -11 dBm baik. Perbedaan ini harus diperhitungkan ketika distribusi RXQUAL jaringan memanfaatkan dan tidak memanfaatkan DTX dibandingkan. semakin besar nilainya maka semakin buruk kualitasnya. Tambahan Tugas Praktikum Jaringan Telekomunikasi 3 . Skala 0 s. -6 s.d -16 dBm buruk dan <-16 dBm sangat buruk.Dalam sebuah jaringan yang nyata memanfaatkan DTX distribusi kualitas adalah campuran sampel kualitas penuh dan sub. Fungsinya sama dengan RxQual di jaringan 2G. Skala yang digunakan pada Ec/No adalah 0 sampai -25. Perbedaan dalam proses BER rata-rata menyebabkan perbedaan yang signifikan dalam distribusi RXQUAL.d.

Access failure.tiap sel itulah yang disebut dengan CPICH (Common Pilot Indicator Channel). yang apabila nilainya semakin kecil berarti tingkat interferensinya tinggi. Ec/No mengindikasikan kualitas jaringan. hanya saja 3GPP tidak mau menggunakan istilah sama dengan IS-95. pilot sebenarnya adalah sebuah sinyal yang menandakan tiap. CPICH diukur oleh node B berdasarkan 2 yaitu --> RSCP (Received Signal Code Power) dan Ec/No (energy chip per noise). Jangan sampai terdapat banyak pilot yang dominan karena inilah yang disebut dengan pilot pollution. Tambahan Tugas Praktikum Jaringan Telekomunikasi 4 . kehilangan pesan paging. Sebenarnya Ec/No sama dengan Ec/Io. ataupun juga tidak terdapat pilot yang dominan (no pilot dominant). Di suatu sel atau daerah terdapat banyak CPICH. Pada 3G / CDMA apa yang disebut dengan pilot. ataupun karena tidak adanya pilot yang bersifat dominan.Ec/No menjadi perbandingan dalam dB dari Energi chip dengan daya noise total yang diukur pada pilot channel yang utama. Mumpung ingat bila terjadi pilot pollution salah satu caranya adalah dengan downtilt agar layanan sel satu dengan sel lainnya tidak saling tumpang tindih. Penyebab Bad coverage adalah terdapatnya area blank spot (coverage holes). call drop. Pilot Pollution. namun hanya ada satu atau dua pilot yang bersifat dominan di dalam satu sel.

Kemudian setelah itu baru deh kita lihat Channel Element Capacity nya (ini segi hardware) dan setelah itu channel element occupancynya.com/litweb/pdf/5980-2828EN.Sedangkan kapasitas yang kurang (Lack of Capacity) disebabkan karena kapasitas udara tidak tersedia lagi.literature.ac.html www. Call Block yang tinggi.com/2010/08/rssi-vs-rscp.undip.id/25247/1/ML2F005513.agilent.eepis-its. Namun hal yang paling pertama diperiksa bila terjadi call block (panggilan tidak dapat terjadi) adalah periksa dahulu kapasitas udaranya (air interface capacity) tersedia atau tidak.pdf http://doni1984.com/cn/measurements-in-investigation-2.php?id=1102 http://telecommunicationforall. ataupun Channel Element (CE) yang sudah penuh).html Tambahan Tugas Praktikum Jaringan Telekomunikasi 5 . teknik lain untuk menambah kapasitas suatu node B tanpa mengubah tilting yaitu second carrier.pdf http://cp.wordpress. Call drop yang terjadi karena handover blocking. pemancar power Node B yang sudah penuh terpakai sementara trafiknya rendah.ascom.com/2011/12/05/basic-drive-test-engineer/ http://www.com/2010_02_01_archive.pdf http://membacagratis.blogspot. Air Interface Capacity menentukan berapa jumlah channel elemen yang sebaiknya diinstal / dipasang pada node B (sebutannya dari BTS pada 2G).blogspot.edu/uploadta/downloadmk.cn. DAFTAR PUSTAKA eprints.