You are on page 1of 7

Komputer generasi pertama IAS

Filed under: Uncategorized — Leave a comment April 3, 2012 Sebelum kita melakukan perhitungan bagaimana cara kerja sebuah arsitektur komputer pada sebuah program sederhana komputer, Terlebih dahulu sedikit penjelasan mengenai Kompoter IAS harus kita pahami. Komputer generasi pertama ini dikembangkan di Princeton Institute for

Advance Studies(IAS). Komputer IAS sendiri merupakan komputer generasi pertama yang di
keluarkan pada tahun 1946, dimana komputer ini dirancang oleh Von Neumman yang menggunakan “STORED-PROGRAM” sebagai konsep operasinya. Stored program dapat diartikan yaitu untuk setiap operasi komputer dicontrol oleh program yang disimpan dalam memory. Program disimpan dalam memory bersama-sama dengan data, Komputer dapat mengambil instruksi dari memory dan nilai program dapat diatur didalam memory. Berikut Arsitektur Detail dari Komputer IAS

Berikut penjelasan dari Arsitektur Komputer IAS: Secara garis besar, Organisasi perangkat keras dari sebuah komputer terdiri atas Bus, Driver I/O, Memory Utama dan Processor. Sama halnya pada Komputer generasi pertama ini. Arsitektur Komputer IAS terdiri dari : A. Perangkat Input/Output : Koneksi sistem dengan perangkat luar. sebagai contoh sistem user input mouse dan keyboard. Display sebagai user output. B. CPU, yang terdiri atas Struktur ALU dan Program Control Unit. *Control Unit: 1. PC , Program Counter. merupakan alamat sebuah instruksi pada Processor pada rangkaian Control Unit. 2. IR, Instruction Register. berisi kode instruksi berukuran 8 bit yang hendak dieksekusi. 3. IBR, Instruction Buffer Register. adalah tempat menyimpan/buffer instruksi sementara. 4. MAR, Memory Address Register. Alamat memory register. 5. Rangkaian Control, Berfungsi untuk menterjemahkan instruksi dari memory untuk dieksekusi.

tempat data diterima dari memory dan berisi data yang nantinya akan disimpan pada memory. Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ). MBR. untuk menyimpan data maupun instruksi. ^_^ Struktur KOMPUTER IAS Di tulis oleh Ifan Prabowo pada Selasa.1 Struktur Komputer IAS . Memory Utama. 3.1. • Control Unit.*Aritmetic and Logic Unit 1. untuk mengolah data binner. C. Memory Buffer Register. operasi perhitungan ekseskusi sebuah program. ALU. Komputer ini terdiri : • Memori Utama. 2. untuk melakukan interpretasi instruksi – instruksi di dalam memori sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut. untuk berinteraksi dengan lingkungan luar. 07 Februari 2012 | 10. merupak tempat penyimpan sementara operand dan hasil operasi ALU.03 Tahun 1946 komputer dengan stored-program concept dipublikasikasikan. tempat penyimpanan sementara program dan data yang sedang digunakan ketika processor mengeksekusi program tersebut. • Arithmetic Logic Unit (ALU). • I/O. Struktur komputer IAS terlihat pada gambar 2. memory disusun sebagai urutan byte yang memiliki address masing-masing. Gambar 2. yang kemudian di kenal dengan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies).

Format memori terlihat pada gambar 2. berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori. digunakan untuk penyimpanan sementara operand dan hasil ALU. Gambar ini menjelaskan bahwa baik unit kontrol maupun ALU berisi lokasi – lokasi penyimpanan. berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori atau digunakan untuk menerima word dari memori.Memori IAS terdiri atas 1. Setiap bilangan terdiri atas sebuah bit tanda dan 39 bit nilai. yang disebut register. untuk menentukan alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca oleh MBR. • Instruction Register (IR). Word terdiri atas 40 binary digit (bit). Data maupun instruksi disimpan dalam memori ini. hasil perkalian 2 buah bilangan 40 bit adalah sebuah bilangan 80 bit. berisi instruksi 8 bit kode operasi yang akan dieksekusi. • Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ). sehingga data maupun instruksi harus dikodekan dalam bentuk biner.000 lokasi penyimpanan yang disebut word.3. • Memory Address Register (MAR).2 Format memori IAS Struktur detail komputer IAS disajikan dalam gambar 2. • Program Counter (PC).2. Gambar 2. Sebuah word terdiri atas 20 bit instruksi dengan masing – masing 8 bit kode operasi (op code) dan 12 bit alamat. Misalnya. digunakan untuk penyimpanan sementara instruksi sebelah kanan word di dalam memori. • Instruction Buffer Register (IBR). yaitu : • Memory Buffer Register (MBR). 40 bit yang paling berarti (most significant bit) disimpan dalam AC dan 40 bit .

lainnya (least significant bit) disimpan dalam MQ. kumpulan operasi – operasi yang dibentuk oleh ALU. perintah – perintah eksekusi percabangan yang memerlukan syarat tertentu agar dihasilkan suatu nilai dari percabangan tersebut. • Address Modify. 2011 . • Unconditional branch. instruksi – instruksi yang memungkinkan pengubahan alamat saat di komputasi sehingga memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program. IAS beroperasi secara berulang membentuk siklus instruksi. Gambar 2. • Arithmetic.3 STUKTUR DETAIL KOMPUTER IAS Diposkan oleh world connections di 8:23 PM Thursday. perintah – perintah eksekusi percabangan tanpa syarat tertentu. yang dapat dikelompokkan seperti berikut ini : • Data tranfer. Komputer IAS memiliki 21 instruksi. memindahkan data di antara memori dengan register – register ALU atau antara dua register ALU sendiri. October 6. • Conditional branch.

Struktur Umum Komputer IAS Secara detail Komputer IAS memiliki 1000 lokasi penyimpanan x 40 bit words. untuk berinteraksi dengan lingkungan luar Gambar 1. untuk menyimpan data dan intruksi. Secara umum. I/0. Arithmetic Logic Unit (ALU).instruksi di dalam memori sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut 4. Control Unit. untuk mengolah data binner 3. Memori utama. untuk melakukan interpretasi instruksi . struktur dari komputer IAS adalah sebagai berikut: 1.Label: KOMPUTER Komputer IAS pada tahun 1946 didesain oleh Von Neumann bersama koleganya dengan konsep pemrograman yang kemudian disebut dengan IAS Computer (Computer of Institute for Advanced Studies)karena dikembangkan di Computer of Institute for Advanced Studies. 2. dengan rincian: • Binary number • 2 x 20 bit instructions Dengan format memori sebagai berikut : .

digunakan untuk penyimpanan sementar operand dan hasil ALU. Struktur Detail Komputer IAS ALU-IAS(Computer of Institute for Advanced Studies) 1. 5. digunakan untuk penyimpanan sementara instruksi sebelah kanan word di dalam memori. Memory Address Register (MAR). berisi instruksi 8 bit kode operasi yang akan dieksekusi. perintah. Komputer IAS memiliki 21 instruksi.Gambar 2. memindahkan data di antara memori dengan register – register ALU atau antara dua register ALU sendiri. 2. ü Unconditional branch. IAS beroperasi secara berulang membentuk siklus instruksi. yang dapat dikelompokkan seperti berikut ini : ü Data tranfer. berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori. Instruction Register (IR). Memory Buffer Register (MBR). 7. 6.perintah eksekusi perca-bangan tanpa syarat tertentu. Program Counter (PC). Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ). hasil perkalian 2 buah bilangan 40 bit adalah sebuah bilangan 80 bit. berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori atau digunakan untuk menerima word dari memori. untuk menentukan alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca oleh MBR. 4. 40 bit yang paling berarti (most significant bit) disimpan dalam AC dan 40 bit lainnya (least significant bit) disimpan dalam MQ. Format Memori Struktur Komputer IAS Gambar 3. . Instruction Buffer Register (IBR). 3. Misalnya.

ü Conditional branch. . perintah. instruksi – instruksi yang memungkinkan pengubahan alamat saat di komputasi sehingga memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program.perintah eksekusi percabangan yang memerlukan syarat tertentu agar dihasilkan suatu nilai dari percabangan tersebut. kumpulan operasi – operasi yang dibentuk oleh ALU. ü Arithmetic. ü Address Modify.