You are on page 1of 8

SEJARAH BANK MANDIRI

PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), bergabung menjadi Bank Mandiri.

PROGRAM – PROGRAM CSR (corporate social responsibility)
• Mandiri peduli pendidikan Tingginya tingkat kemiskinan di indonesia mengakibatkan rendahnya kemampuan masyarakat dalam mengecap dunia pendidikan. Untuk alasan ini Bank mandiri memilih pendidikan sebagai dasar utama untuk memajukan bangsa. program mandiri peduli pendidikan merupakan bentuk tanggung jawab sosial Bank mandiri terhadap pendidikan kepada masyarakat tidak mampu yang putra putrinya memiliki prestasi di sekolah namun tidak dapat bersekolah karena ketiadaan biaya serta mahasiswa yang berprestasi. Selain itu Bank mandiri juga membantu pembangunan fasilitas gedung sekolah yang tidak memenuhi syarat, bahkan ada yang roboh sehingga tidak dapat digunakan secara maksimal.Untuk tahun 2006, Bank mandiri antara lain memberikan beasiswa kepada 31 pemenang Lomba karya ilmiah dan penghargaan kepada 231 guru teladan bekerjasama dengan Diknasdengan total dana rp 1,3 miliar. selain itu untuk mengembangkan sarana dan prasaranan sekolah, Bank mandiri memberikan bantuan 40 komputer dan printer untuk mendukung program osoL (One School One Computer Laboratory) melalui menko kesra dan menkominfo senilai lebih dari rp 500 juta. selain itu diberikan juga laptop dan desktop untuk

Contoh kegiatan : Renovasi Sekolah. Jakarta. Dana tersebut diperuntukkan untuk merenovasi Sekolah Menengah Pertama Badan Kerukunan Umat Islam (SMP BKUI) Panglima Polim. Pada saat ini status akreditasi B sudah diperoleh untuk SMP BKUI yang memiliki 73 siswa tersebut. “Kami berharap dengan bantuan ini dapat lebih meningkatkan semangat belajar siswa. Bank Mandiri Bantu Rp647.700 juta. Bantuan lainnya berupa penyediaan 36. Buruknya kondisi bangunan dan fasilitas yang ada.beberapa fakultas pada universitas negeri pilihan senilai totalrp 1 miliar. Bank mandiri juga aktif dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia indonesia melalui pelatihan seni kertas daur ulang Yayasan sekar. dan sekolah lainnya senilai rp 132 juta. 6 Desember 2007 Bank Mandiri melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). menyalurkan bantuan sebesar Rp 647. . Selain itu juga sebagai dukungan terhadap program pemerintah untuk meningkatkan pendidikan di tanah air. dengan menerima kunjungan mahasiswa tersebut di Bank mandiri. Bagi Bank Mandiri Program Mandiri Peduli Pendidikan – Bantuan Pembangunan Sekolah yang diluncurkan 2005 ini. SMP BKUI adalah sekolah ketiga di wilayah Kanwil V yang mendapatkan bantuan Program Mandiri Peduli Pendidikan. Bahkan. tidak hanya fasilitas dan bangunan yang menjadi lebih baik tetapi juga peningkatan status dari terdaftar menjadi akreditasi. pelatihan petani rumput laut. adalah sebagai bukti nyata kepedulian terhadap lingkungan sekitar terutama pendidikan. Ada 5 (lima) ruang dengan fondasi untuk bangunan 3 (tiga) tingkat yang direnovasi dengan luas lebih kurang 500 meter persegi. serta memberikan pengajaran tentang perbankan pada mahasiswa. dengan bantuan tersebut.000 buku tulis bagi 3000 anak di Banten. belum pernah direnovasi sejak pertama kali didirikan. penyelenggaraan workshop audio visual seni budaya.700 Juta Jakarta. hingga akan terlahir Generasi Muda Mandiri yang berkualitas untuk masa depan bangsa yang lebih baik. selain SDN 01 Cinere dan SMK Pemuda Depok. tidak hanya mempengaruhi proses belajar mengajar setiap harinya tetapi juga berdampak pada sedikitnya jumlah siswa yang mendaftar sebagai siswa baru.” jelasnya. Bangunan sekolah yang dibangun pada 1977 tersebut. Dijelaskan Bambang Setiawan Direktur Compliance and Human Capital Bank Mandiri saat peresmian bangunan SMP BKUI. 1600 paket perlengkapan sekolah juga telah disalurkan.

5 juta. 13. serta melakukan khitanan massal terhadap 16. Bank Mandiri telah menyalurkan Rp. anggarapn sebesar Rp. pelestarian alam. pembelian drinking machine. Bank mandiri ikut memperbaiki prasarana dan sarana beberapa balai pengobatan di kota malang.000 anak di seluruh indonesia.45 miliar telah disalurkan. Untuk membantu penanggulangan sampah. Sukoriyanto menambahkan kegiatan kepedulian sosial ini diharapkan semakin mendekatkan Bank Mandiri kepada para stkeholdernya sehingga masyarakat akan semakin percaya dan senantiasa mendukung Bank Mandiri dalam menajalankan kegiatan bisnisnya.• Mandiri peduli kesehatan Bank mandiri mendukung pemerintah dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat. antara lain untuk pengadaan ambulans dan penambahan fasilitas kesehatan di beberapa rumah sakit umum di daerah. sejalan dengan program pBB untuk menurunkan angka kematian anak. Contoh kegiatan : Pengobatan gratis dan donor darah yang digelar oleh Bank Mandiri Bank Mandiri kembali melaksanakan kegiatan Corporate Social Responbility berupa pemberian pengobatan gratis kepada masyarakat kurang mampu dan donor darah di enam kompleks perumahan Bank Mandiri di Jakarta. 261. Untuk sektor kesehatan. Sektor lain yang juga menjadi perhatian program CSR Bank Mandiri adalah pendidikan dan pelatihan prasarana dan sarana umum. sarana ibadah.46 miliar anggaran Bina Lingkungan pada berbagai kegiatan social. Bank mandiri telah memberikan hibah 3 truk sampah masing-masing untuk kota jambi dan Bandarlampung serta jakarta senilai rp 293. . Dalam kegiatan kali ini Bank Mandiri berharap dapat memberikan pengobatan gratis kepada hampir 2000 warga kurang mampu di wilayah sekitar kompleks dan mengumpulkan lebih dari 900 kantung darah bagi lantor Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat di Jakarta. olahraga serta bencana alam.

manajemen. Sadikin dalam siaran pers yang diretima detik finance. pembinaan yang dilakukan ditujukan untuk meningkatkan ketrampilan produksi. Bantuan kepada usaha mikro dan usaha kecil diberikan dalam bentuk bantuan modal maupun hibah. 422.77 miliar kepada lebih dari 33. selama tahun 2006. “Untuk program Bina Lingkungan Bank Mandiri telah memfokuskan kepada pengembangan kewirausahaan bagi generasi muda Indonesia melalui Program Wirausaha Muda Mandiri”. turnamen sepak Bola 4 Besar LiGinacorporate sociaL responsiBiLitY 137 2006. Rabu (23/7/2008) Program kemitraan ini merupakan bagian dari CSR Bank Mandiri pada pengembangan kewirausahaan dan UMKM Indonesia. dan pemasaran.4 miliar dan pinjaman sebesar lebih dari rp 56 miliar. Budi G. • Mandiri peduli usaha kecil Bank mandiri secara sendiri atau bekerjasama dengan lembaga atau instansi lain. kejuaraan Bola Basket “indonesia muda Bola Basket”. Langkah ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi di bidang olah raga. Contoh kegiatan : Bank Mandiri Kucurkan Dana CSR Rp 422. Bank mandiri ikut serta mensponsori kegiatan Lomba Lari tugu monas 10 k. melakukan pembinaan kepada kelompok Usaha mikro dan kecil (termasuk koperasi).77 Miliar ke UMKM Jakarta Bank Mandiri hingga 30 Juni 2008 sudah menyalurkan dana Program Kemitraan senilai total Rp. Bank mandiri mengharapkan agar kelompok Usaha mikro dan kecil (termasuk koperasi) dapat berkembang lebih baik lagi dan mampu bersaing menghadapi kondisi pasar yang berkembang pesat. Melalui program kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).000 pengusaha di seluruh Indonesia.tahun 2006 ini Bank mandiri sudah menyalurkan dana program kemitraan dalam bentuk hibah sebesar rp 5.• Mandiri peduli olah raga Dunia olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dipilih Bank mandiri dalam upaya melakukan kepedulian terhadap masyarakat. ujar Direktur Micro dan Retail Banking Bank Mandiri. Bank mandiri juga ikut dalam 19thAsian Tenpi Bowling Championship di jakarta. .

pembangunan instalasi air bersih. Secara nasional Bank Mandiri menarget penanaman pohon sebanyak 500 ribu pohon. dan fasilitas sosial dan umum lainnya senilai lebih dari rp 1.8 miliar. Yogyakarta. perguruan tinggi dan tempat representatif di Sumsel. Sementara di Sumsel . Untuk pembangunan fasilitas umum yang diwujudkan melalui pembuatan mck. Bank Mandiri. diharapkan menjadi stimulasi bagi masyarakat umum untuk lebih mencintai lingkungan. sementara untuk sarana & prasarana ibadah. Untuk itu diperlukan program pendampingan dalam berwirausaha oleh pihak yang kompeten dibidangnya.Sebagai institusi perbankan. pengadaan pompa air. Program pembinaan ini dilaksanakan di 4 kota yang merupakan sentra usaha kecil binaan Bank Mandiri yaitu Jakarta.Penanaman pohon ini merupakan program CSR PT. • Mandiri peduli lingkungan Mandiri peduli Lingkungan merupakan wujud perhatian terhadap lingkungan serta upaya mendukung program pemerintah dalam melestarikan lingkungan. Contoh kegiatan : Bank Mandiri Wilayah II Menanam 42 Ribu Pohon PALEMBANG – Bank Mandiri wilayah II melakukan penanaman pohon sebanyak 42 ribu pohon. tanggul penahan banjir. Bank mandiri telah menyalurkan dana sebesar rp 708 juta. Penanaman pohon ini menurut kepala wilayah II Djoko Warsito.2 miliar. rehabilitasi jembatan. TBK yang bertajuk “Program BUMN peduli”. program CSR Bank Mandiri diarahkan untuk membantu menciptakan wirausaha – wirausaha baru dan membina wirausaha yang sudah ada agar enjadi pengusaha yang tangguh dan mandiri. pesantren. rumah adat. perwujudan kegiatan ini di tahun 2006 antara lain penyaluran bantuan bagi korban bencana alam senilai total rp 1. Penanaman dilakukan disekolah-sekolah. Solo dan Surabaya.

.penaman berjumlah sekitar 27 ribu pohon dan secara simbolis penanaman dilakukan di asrama haji palembang • Mandiri peduli Budaya Pada program ini. Bank mandiri memberikan perhatiannya kepada anak yatim piatu yang dikemudian hari akan menjadi generasi penerus bangsa. ’’Kegiatan ini bentuk kepedulian kami. Bantuan Bank Mandiri ini dari dana program bina lingkungan tahun 2010. Bantuan untuk 1.Bantuan itu diserahkan Kepala Wilayah VII Bank Mandiri Semarang Budi J Siahaan di sesela buka bersama di kantor Jl Pemuda.000 anak yatim itu berupa paket perlengkapan sekolah senilai Rp 100 ribu serta uang saku Rp 150 ribu per anak. sarana dan prasarana seni budaya. Bank mandiri ikut memberikan dukungan bagi upaya pelestarian budaya indonesia. Bukit tinggi. seni musik dan tari. Bantuan Bank Mandiri ini dari dana program bina lingkungan tahun 2010. kegiatan lain yang dilakukan adalah pagelaran Busana Batik jawa Barat di sunaryo art Bandung. beserta peralatan adatnya sebesar rp 89 juta. rumah adat.500 anak yatim dan duafa. diserahkan pula santunan untuk dua panti asuhan.000 anak yatim dan duafa di wilayah kerja Bank Mandiri Semarang. bantuan yang diberikan senilai Rp 5. akhir pekan lalu. masing-masing sebesar Rp 50 juta. pakaian adat. • Mandiri peduli anak yatim piatu Pada program ini. Ditambahkan. Kemudian bantuan sarana dan prasarana 65 Yayasan Panti Asuhan Indonesia dikucurkan sebesar Rp 3. Selain itu. Secara nasional. dan lain-lain. kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2006 ini antara lain renovasi istana silinduang Bulan di tanah Datar.’’ jelas Budi.000 anak yatim itu berupa paket perlengkapan sekolah senilai Rp 100 ribu serta uang saku Rp 150 ribu per anak. bantuan untuk 1. Contoh kegiatan : Bank Mandiri Gelar Program CSR SEMARANG Bank Mandiri menggelar program Corporate Social Responsiliblity (CSR) dengan memberikan santunan kepada 1.625 miliar untuk santunan 10.250 miliar. Baik untuk pengembangan seni budaya indonesia.875 miliar terdiri atas Rp 2.

itu dapat membuat citra mandiri sebagai perusahaan yang peduli masyarakat semakin kuat serta mendukung posisi Bank Mandiri di tengah – tengah masyarakat. . Bagi pihak Bank Mandiri sendiri. bantuan yang diberikan senilai Rp 5. bagi masyarakat. karena usaha kecil seperti ini umumnya tersandung masalah permodalan yang lemah untuk mengembangkan usaha mereka. Kemudian bantuan sarana dan prasarana 65 Yayasan Panti Asuhan Indonesia dikucurkan sebesar Rp 3. Program pengenbangan usaha kecil ini memberi manfaat bagi pihak masyarakat maupun pihak Bank Mandiri itu sendiri.625 miliar untuk santunan 10.875 miliar terdiri atas Rp 2.500 anak yatim dan duafa. program pengembangan usaha kecil pun dapat membantu memandirikan masyarakat sehingga masyarakat mampu mendirikan usaha sendiri tanpa mengandalkan bantuan pemerintah.Secara nasional. program CSR yang paling memberikan pengaruh bagi masyarakat luas adalah program Mandiri peduli usaha kecil. oleh karena itu sangatlah dibutuhkan program seperti ini untuk memajukan usaha kecil terutama yang membantu mereka dalam bidang permodalan. (G2-52) PROGRAM CSR YANG PALING BERPENGARUH ATAU BERMANFAAT Menurut kelompok kami.250 miliar. karena sekarang usaha – usaha kecil masih belum diperhatikan sepenuhnya oleh Negara padahal usaha kecil seperti ini banyak yang berpotensi untuk menambah devisa negara.

• Abia T F Santi . H. R.TUGAS HUMAS CSR BANK MANDIRI KMN B/2 KELOMPOK 1 • Azka Novita S. • Jajang Jamaludin • Anida C. • Reyna Rachmayana • Khariza A.