You are on page 1of 7

Judul Tujuan

:

Penyepuhan/Pelapisan Pada Emas

: Untuk mengetahui proses penyepuhan pada logam dengan emas : Gold plating atau penyepuhan emas adalah metode memberikan lapisan tipis emas ke permukaan logam lain, biasanya tembaga atau perak, dengan menggunakan bahan kimia. Gold Plating adalah proses elektrik (elektrokimia) yang merupakan proses perubahan energi listrik menjadi energi kimia. Proses ini melibatkan elektroda (logam-logam yang dihubungkan dengan sumber listrik) dan elektrolit (cairan tempat logam-logam tadi dicelupkan).

Teori

Bahan

:

- Logam yang akan disepuh (tembaga/kuningan) - Air suling/air hujan - Portas putih/kuning - Pengkilap - Perekat - Obat epuh - Pelapis kuning dan merah - Air keras kaleng (emas/perak)

Alat

: - Tang, sumpit (pinset), gunting, palu, amplas, sangringan, solder

Wadah plastik (untuk penyepuhan) .Mas putih (sebagai platina) . portas putih/kuning. Campurkan air suling/air hujan dengan campuran 1 setengah botol.Kawat . Diamkan beberapa menit hingga campuran emas/perak dan air kaleng berubah warna menjadi kekuningan (campuran 1) 4.Panci .. pengkilap. dan perekat (campuran akhir)  Proses ke-dua : . Menyiapkan alat dan bahan 2.Kompor .Aliran listrik (kabel) .Tabung Langkah Kerja :  Proses pertama : 1. Perak dan air keras kaleng(emas/perak) dicampur menjadi satu dengan perbandingan 1 : 2 (air keras dan emas/perak) 3.

Disangling mentah. solder hingga rata 6. Bakar logam atau perhiasan mamakai genjas. sangling ini berfungsi agar lebih halus lagi dan terlihat mengkilat 9.lalu disikat kembali tanpa penyanglingan sampai keluar warna asal (bahan dasar) 10.5. Diangkat dan di sangling matang (agar lebih mengkilat) 13. Lalu dipatri yang berfungsi untuk menguatkan perekatan emas sehingga meminimalkan iritasi terhadap pemakai . Setelah di sangling. Rendam logam atau perhiasan yang digantungkan pada tembaga yang telah dialiri listrik (dengan kabel) tersebut selama 2 jam dibantu dengan platina/mas putih sebagai penghantarnya 12. Masukan logam atau perhiasan ke dalam wadah yang telah diisi dengan campuran akhir yang telah dibuat pada proses pertama 11. Bila sudah rata celupkan ke dalam air raksa 7. Bersihkan logam atau perhiasan yang akan disepuh menggunakan mesin pembersih 8.

Lamanya proses penyepuhan mempengaruhi ketebalan lapisan logam penyepuh pada logam yang disepuh. Berapa lama proses penyepuhan berlangsung hingga hasilnya maksimal? 2. Bagaimana cara membersihkan emas? 3. Pertannyaan : 1. Berapa lamakah waktu bertahannya barang yang disepuh? . Larutan elektrolit dari penyepuh seperti pada penyepuhan tembaga adalah CuSO4 dan pada penyepuh perak adalah Ag(CN)-2. Bahan apakah yang paling bagus untuk proses penyepuhan? 4. Benda yang akan disepuh dijadikan katode (Fe) dan logam penyepuh sebagai anode (Cu).Hasil Penyepuhan : Kesimpulan : Penyepuhan adalah pelapisan dengan logam menggunakan sel elektrolisis untuk memperindah penampilan dan pencegahan korosi. (Ag).

Barang yang disepuh dapat tahan lama tergantung bahan yang digunakan dan pemakaiannya dalam sehari hari 5. Adakah kecelakaan selama proses penyepuhan berlangsung? 7. Pada bagian mana proses penyepuhan yang paling sulit dilakukan?dan apakah dapat menyebabkan kecekakaan? 9. dan perak? 8. Mengapa pada proses penyepuhan tembaga menggunakan accu dan tidak menggunakan aliran listrik? 6. Karna voltase accu lebih kecil dibandingkan voltase aliran listrik . Tembaga atau kuningan 4. Apakah perbedaan sel volta dengan sel elektrolisis? Jawaban : 1. Bahan apa saja yang dapat digunakan untuk penyepuhan selain tembaga. kuningan. Proses penyepuhan berlangsung selama 2-3 jam 2. Bagaimanakah cara menentukan harga barang (emas) yang sudah disepuh? 10. Cara membersihkan emas ada dua cara:  Manual dengan menggunakan sikat  Dengan menggunakan alat pencuci yang didalamnya terdapat jarum yang berfungsi untuk membersihkan disela sela emas yang tidak dapat dibersihkan dengan sikat 3.5.

Sedangkan pada sel volta katoda bersifat negatif dan anoda bersifat positif. Bahan yang digunakan bahan-bahan logam. dan nikel 8. anoda negatif. Penentuan harga dapat dilakukan berdasarkan tingkat kesulitan dalam pembuatannya 10.6. penggunaan air raksa 9. krom. Pada sel volta katoda positif. . Ketika proses pembakaran. karena biasanya oarng tersebut belum mahir dalam melakukan penyepuhan (human eror) 7. Ada.

LAPORAN KIMIA Penyepuhan/Pelapisan Pada Emas  Nur Kholis  Reno  Rindu Wahyu Paramita  Anti Rahmasari  Yeyen Novitasari XII SCIENCE 2 SMAN 1 Sindang Indramayu 2010/2011 .