6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesiurn, jajargenjang, belah ketupat dan layang- layang.

 Mengingat segi empat.

 Mengenal bentuk bangun datar seperti jajargenjang,persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang.  Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, Trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.

. Menjelasken • • pengertian jajargenjang, Togas Uraian persegi, individu. singkat. persegi panjang, belch ketupat, trapesiurn, dan layang-layang menurut sifatnya Menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.

1. Persegi merupakan belah 2 x 40 ketupat dengan sifat khusus. merit. Berdasarkan pemyataatt tersebut, buatlah pengertian persegi.

2. Tulislah name bangun deter yang sesuai dengan sifat berikut. Jawaban dapat lebih dari sate. a. Sisi yang berhadapan same panjang. b. Sudut-sudutyang berhadapan tidak same besar. c. Diagonaldiaganalnya membagi 2 lama panjang. I . Tentukan toes den kelilng 6 x 40 segi

1 Somber: • Buku paket hat. 271-274, 274-283. . Buku referensi lain, ]at: • Laptop • LCD , p}{p

 Mengidentif  Mendiskusikan sifatikasi sifatsifat segi empat sifat segi ditinjau dari empat. diagonal, sisi, dan 6.3. Menghitung + Menghitung • Menemukan • • • keliling dan toes rumus keliling bar;?un Menurunkan Togas Uraian segitigad, !r segi emput serfs menggunakan rya deism pemecahan keliling dan bangun segiuga dan segirumus individu. singkat. empat keliling loss segi dengan care mengukurdan toes panjang

Somber:

empat berikut.

merit.

• Buku paket ha1.300-307,

LCD . 312-3200 • Buku referensi lain. . Alat: . Tenntkan toes dan keIiling keliling dan panjang. • Laptop lugs segitiga dan menggunakan rya deism pemecaltan messiah. OHP . Menghitung sisinya. belch ketupat dengan menggunakan loss segitiga dan leas persegi also persegi panjang.4 cm S cm 4 cm . segitiga berikut. menggunakan petak-petak (satuan toes). h4enemukan hues segitiga dengan menggunakan toes persegi 8 cm 2. b. . • Menemukan luias trapesium. bangun S cm 307-312. Menemukan lmas persegisegitiga dan dan persegi panjangsegi empat.empatdan menggunakan rya deism pemecahan messiah. layang-layang.

sudut dan diagonalnya. B. 2. Materi Ajar 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian persegi panjang menurut sifat-sifat sxegi empat ditinjau dari sisi. sudut dan diagonalnya. Metode Metode Pembelajaran Pendekatan : Kooperatif : Model Student Facilitator and Explaining .RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : SMP Negeri 1 Cimalaka Matematika VII (tujuh) / 2 2 x 40 menit (1 kali pertemuan) Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang. Tujuan Pembelajaran 1. Mencari luas dan keliling persegi panjang. 2. sudut dan diagonalnya 2. A. Siswa dapat menghitung luas dan keliling persegi panjang. Menghitung luas dan keliling persegi panjang. C. Pengertian persegi panjang menurut sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi. 1. Menjelaskan pengertian persegi panjang menurut sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi.

pemberian tugas D. demonstrasi.  Memotivasi siswa apabila materi ini terkuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menentukan keliling dan luas bangun datar tersebut.  Siswa menyimak penjelasan dari guru  Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing siswa diharapkan dapat menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan tentang pengertian persegi panjang menurut sifatnya dan dapat menghitung luas dan keliling persegi panjang. Kegiatan Inti  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri atas 4–5 siswa.Meode : Diskusi kelompok. misalnya dengan meminta peserta didik memperhatikan kumpulan bendabenda yang berbentuk persegi panjang dan persegi yang ada di ruang kelas. Kegiatan Pembelajaran  Pertemuan Pertama 1. Kegiatan Pendahuluan  Siswa dikondisikan untuk siap belajar  Menguraikan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.  Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya untuk menjelaskan materi kepada peserta lain dengan cara peta konsep atau bagan sedangkan kelompok lain menanggapi.  Menginformasikan kompetensi yang ingin dicapai. 2.  Guru menyimpulkan pendapat dari siswa .

Selama mengerjakan guru menjadi fasilitator. Kegiatan Penutup  Deangan bimbingan Guru siswa diarahkan membuat rangkuman  Untuk pemantapan siswa diberi tugas di rumah dari buku paket. Dengan demonstrasi guru menjelaskan tentang pengertian persegi panjang menurut sifatnya dan menghitung luas dan keliling persegi panjang. Panjang dan lebar persegi panjang .  Siswa mengerjakan test formatif 3.  Guru melakukan refleksi E. Suatu persegi panjang kelilingnya 84 cm. Penilaian  Jenis tagihan : Test tulis  Bentuk tagihan : Uraian G. Contoh Instrumen 1.  Siswa mengerjakan LKS. maka hitunglah a. Sumber dan Alat  Sumber Belajar  Buku test Matematika kelas VII  LKS  Alat Belajar  Penggaris  Model persegi panjang persegi F.

b. Persegi panjang ABCD di atas sebutkan sudutnya dan tentukan besar sudutnya. . D O C A B a. b. luasnya 2. Tuliskan pasangan-pasangan sisi-sisi yang sama panjang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful