A.

PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth); pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi. Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional [1]. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi. TEORI DAN MODEL PERTUMBUHAN EKONOMI Dalam zaman ahli ekonomi klasik, seperti Adam Smith dalam buku karangannya yang berjudul An Inguiry into the Nature and Causes of the Wealt Nations, menganalisis sebab berlakunya pertumbuhan ekonomidan factor yang menentukan pertumbuhan ekonomi. Setelah Adam Smith, beberapa ahli ekonomi klasik lainnya seperti Ricardo, Malthus, Stuart Mill, juga membahas masalah perkembangan ekonomi . Teori Inovasi Schum Peter Pada teori ini menekankan pada faktor inovasi enterpreneur sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi kapitalilstik.Dinamika persaingan akan mendorong hal ini. Model Pertumbuhan Harrot-Domar Teori ini menekankan konsep tingkat pertumbuhan natural.Selain kuantitas faktor produksi tenaga kerja diperhitungkan juga kenaikan efisiensi karena pendidikan dan latihan.Model ini dapat menentukan berapa besarnya tabungan atau investasi yang diperlukan untuk memelihar tingkat laju pertumbuhan ekonomi natural yaitu angka laju pertumbuhan ekonomi natural dikalikan dengan nisbah kapital-output. Model Input-Output Leontief. Model ini merupakan gambaran menyeluruh tentang aliran dan hubungan antarindustri. Dengan menggunakan tabel ini maka perencanaan pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan secara konsisten karena dapat diketahui gambaran hubungan aliran input-output antarindustri.

bukan hanya pertambahan produksi. sangat dibutuhkan peran serta masyarakat.  Pembangunan sebagai suatu proses Pembangunan sebagai suatu proses. dan semua elemen yang terdapat dalam . pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita. tahap lepas landas. dan sejahtera. Demikian pula. Model Pertumbuhan Ekonomi Rostow Model ini menekankan tinjauannya pada sejarah tahp-tahap pertumbuhan ekonomi serta ciri dan syarat masing-masing. Di sini terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi. sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif. tetapi untuk menjadi dewasa harus melalui tahapan-tahapan pertumbuhan. artinya bahwapembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani olehsetiap masyarakat atau bangsa. setiap bangsa harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil. Sebagai contoh. tahap prasyarat lepas landas. manusia mulai lahir. Dengan demikian. yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan. Model Pertumbuhan Lewis Model ini merupakan model yang khusus menerangkan kasus negar sedang berkembang banyak(padat)penduduknya. Tahap-tahap tersebut adalah tahap masyarakat tradisional. Perbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif. pemerintah.  Pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita Sebagai suatu usaha. dan akhirnya tahap konsimsi tinggi. pengetahuan. Selanjutnya pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. tidak langsung menjadi dewasa. tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga. ahap gerakan ke arah kedewasaan. sosial dan teknik.Hubungan tersebut diukur dengan koefisien input-output dan dalam jangka pendek/menengah dianggap konstan tak berubah . makmur.Tekanannya adalah pada perpindahan kelebihan penduduk disektor pertanian ke sektor modern kapitalis industri yang dibiayai dari surplus keuntungan.

 Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalam jangka panjang Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Tidak memperhatikan pertambahan penduduk Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi Pertumbuhan ekonomi       Merupakan proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang. . kondisi tersebut hanyalah bersifat sementara yang terpenting bagi negara tersebut kegiatan ekonominya secara ratarata meningkat dari tahun ke tahun. Namun. Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak Pembangunan ekonomi       Merupakan proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita. Setiap input selain menghasilkan output yang lebih banyak juga terjadi perubahan – perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat. Misalnya. Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasilhasilnya. suatu negara terjadi musibah bencana alam ataupunkekacauan politik.suatu negara untuk berpartisipasiaktif dalam proses pembangunan. maka mengakibatkan perekonomian negara tersebut mengalami kemunduran. Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan. Meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikanterus menerus. Memperhatikan pertambahan penduduk. Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.

2 per orang per tahun. Padahal.177 triliun. Hal ini disampaikan oleh Deputi Neraca dan Bidang Analisis Statistik Slamet Sutomo. tetapi sebagai pasar yang besar dan menarik.271.590. Pendapatan Perkapita Indonesia Tahun 2009 Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2009 yang mencapai 4.964. sedangkan pada tahun 2008 dan 2007 masing-masing sebesar Rp 2.3 juta (US$ 2.000 pada 2020. BPS menggunakan kurs realisasi ekpor dan impor. Pada tahun 2009 angka PDB per kapita diperkirakan mencapai Rp24. Di Indonesia.9).942.B. PENDAPATAN PERKAPITA INDONESIA 1.1. 4. 3.6 persen jika dibandingkan tahun 2007 sebesar Rp 17. tahun ini pendapatan per kapita orang Indonesia diperkirakan mencapai USD3.7 juta (US$ 2.3 juta (US$ 2. jumlah penduduk yang besar tidak lagi dilihat sebagai ”hantu” perekonomian. perekonomian Indonesia masih dapat tumbuh positif.3 triliun dan Rp 1.1) dengan laju peningkatan sebesar 12.269. maka nilai PDB Indonesia secara keseluruhan pada tahun 2009 mencapai Rp 2. bahkan hingga 4. Orang asing berdatangan ke Indonesia untuk menanam modal dan menjual barang dan jasa ke Indonesia. Pendapatan Perkapita Indonesia Tahun 2011 . Badan Pusat Statistik mencatat sebesar Rp 21.3 triliun. tahun itu banyak negara mengalami kemerosotan dalam perekonomian. China ternyata telah mencapainya pada 2008-2009. PDB per kapita merupakan PDB (atas dasar harga berlaku) dibagi dengan jumlah penduduk pertengahan tahun. Pencapaian angka ini sangat penting.5% membuat pendapatan per kapita Indonesia pada tahun 2009 naik menjadi Rp 24. bukan kurs yang ditetapkan Bank Indonesia. 2. Pendapatan Per kapita Indonesia Tahun 2008 Pendapatan per kapita Indonesia pada 2008 mengalami peningkatan dibanding 2007 lalu.7 juta atau setara dengan US$ 2.590. Presiden China pernah menargetkan pencapaian pendapatan per kapita sebesar USD3. Lebih menggembirakan lagi. Ketika dunia dilanda krisis. Pendapatan Perkapita Indonesia tahun 2010 Perekonomian Indonesia memang sedang naik daun. Dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi sebesar 4.0 persen dibandingkan dengan PDB per kapita tahun 2008 yang sebesar Rp21.1) dibandingkan tahun 2008 yang sebesar Rp 21. Kepala BPS.269. Angka ini merupakan PDB total dibagi dengan jumlah penduduk dibagi rata-rata kurs tahun 2008.5% di 2009.000.7 juta (US$ 2. Dalam penghitungan PDB per kapita tersebut.9).082.5 juta atau setara US$ 1.5 persen pada 2009. Rusman Heriawan mengatakan bahwa ini merupakan peningkatan yang cukup besar 23.

1 juta. Pada triwulan II-2011. Inilah satu bukti pertama kalinya Indonesia akan menembus 100 Negara dengan pendapatan perkapita terbesar di dunia. mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia selama kuartal IV-2011 masih banyak terkonsentrasi di tiga provinsi utama yaitu DKI Jakarta. Pendapatan perkapita kita 3. Target ini disesuaikan dengan berbagai program pemerintah terkait peningkatan perekonomian rakyat seperti program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).500-3. kegiatan ekonomi sektor primer lebih banyak diperankan oleh daerah-daerah di luar Jawa. maka pada akhir 2013 yang akan datang Indonesia di-prediksikan mencapai pendapatan perkapita USD 5. Dan pada 2015 mendatang. 5. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menargetkan pendapatan per-kapita Indonesia tahun 2015 mencapai 5.8 juta atau sekitar US$3.600 USD pada tahun 2011 lalu.542. Pemerintah RI harus sudah mampu meningkatkan perekonomian rakyat yang signifikan.600. Ini merupakan satu prestasi yang sangat membanggakan bagi kita. katanya. .500 USD. Pelaksana Tugas Kepala BPS. Pendapatan Perkapita Indonesia Tahun 2012 Pada tahun 2012. Angka ini naik sekitar Rp3. Kegiatan ekonomi di sektor sekunder dan tersier juga masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Perkiraan itu didasarkan pada kinerja pertumbuhan ekonomi yang konsisten saat ini. Jika kondisi politik dan ekonomi relatif stabil.500 USD atau meningkat hampir dua kali lipat dari tahun 2011 lalu yang masih bekisar 3. Satu pekerjaan memang tidak gampang.Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pendapatan per kapita masyarakat Indonesia sepanjang 2011 mencapai Rp30.5%.500-3. dan Jawa Barat. Suryamin.600 USD. Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pendapatan per kapita Indonesia akhir tahun ini mencapai US$ 3.005.7 juta dibandingkan setahun sebelumnya sebesar Rp27. Sementara itu. sedangkan dibandingkan triwulan sama 2010 tumbuh 6.9% dibandingkan triwulan sebelumnya.000. dalam keterangan pers di kantornya. Jawa Timur. lebih tinggi dari tahun lalu US$ 3. pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 2.9. pendapatan per-kapita Indonesia diharapkan bisa mencapai 5. ekonomi Indonesia diperkirakan akan mengalahkan belanda yang notabene telah menjajah Negara Indonesia selama 350 tahun. tetapi bisa dicapai. Dalam tiga tahun kedepan.500 hingga 3.

dan kontrak lainnya. upah. yaitu harga rata-rata bahan mentah yang dibutuhkan produsen untuk membuat produknya. CPI ( Indeks Harga Konsumen ) Indeks harga konsumen (bahasa Inggris: consumer price index) adalah nomor indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga (household). ekonom menggunakan indeks harga produsen.C. Untuk memperkirakan nilai IHK di masa depan. GDP 2. IHK sering digunakan untuk mengukur tingkat inflasi suatu negara dan juga sebagai pertimbangan untuk penyesuaian gaji. . uang pensiun. GDP dan CPI di INDONESIA 1.

. korban perang dan wabah.363 jiwa yang tersebar dari sabang sampai merauke dengan tingkat kepadatan 124/km2.KEMISKINAN Untuk memahami lebih jauh persoalan kemiskinan ada baiknya memunculkan beberapa kosakata standar dalam kajian kemiskinan (Friedmann. mau menerima pekerjaan apa saja demi memperoleh upah yang ditawarkan. ketimpangan distribusi pendapatan. B. kemiskinan. pengangguran. populasi sasaran adalah kelompok orang tertentu yang dijadikan sebagai objek dan kebijakan serta program pemerintah. Powerty line (garis kemiskinan). Deserving poor adalah kaum miskin yang mau peduli dengan harapan orang-orang non-miskin. 1992: 89) sebagai berikut : A. C.masalah pembangunan dimaksudkan untuk mempercepat upaya pembangunan di negara-negara berkembang.167 jiwa. D.556. Yaitu tingkat konsumsi rumah tangga minimum yang dapat diterima secara sosial. keterbelakangan dan beban ketergantungan. bertanggungjawab. Mereka dapat berupa rumah tangga yang dikepalai perempuan. Masalah-masalah yang teridentifikasi adalah faktor-faktor penentu pertumbuhan ekonomi. serta penghuni kampung kumuh perkotaan. 1. bersih. buruh tani yang tak punya lahan. petani tradisional kecil. Target population.569 km2 dan saat ini jumlah penduduk Indonesia 2012 diperkirakan sekitar 257. Absolute and relative poverty (kemiskinan absolut dan relatif).516. anak-anak.904.Jumlah Penduduk di Indonesia Pada awal tahun 2010. Negara Republik Indonesia yang memiliki luas kurang lebih 1. pemerintah telah melakukan sensus penduduk dan diperoleh jumlah penduduk Indonesia saat itu adalah 237. Yaitu kemiskinan yang jatuh dibawah standar konsumsi minimum dan karenanya tergantung pada kebaikan. Masalah dan Hambatan pembangunan ekonomi di Indonesia Identifikasi masalah . Sedangkan relatif adalah kemiskinan yang eksis di atas garis kemiskinan absolut yang sering dianggap sebagai kesenjangan antara kelompok miskin dan kelompok non miskin berdasarkan income relatif.

kenaikan harga umum yang terjadi sekali waktu saja. pertumbuhan ekonomi melambat dan tingkat kesejahteraan masyarakat turun. hal ini dikarenakan pelaku ekonomi kesulitan dalam mengambil keputusan ekonominya. 4. yaitu merupakan gabungan antara Neraca Perdagangan (ekspor – impor) dan Neraca Jasa yang mencakup jasa faktor produksi dan jasa non faktor produksi. dan meningkatnya kriminalitas. PERTUMBUHAN EKONOMI Dapat diartikan suatu keadaan perekonomian yang menunjukkan adanya kenaikan (pertumbuhan) PDB (Produk Domestik Bruto). Berdasarkan definisi tersebut.2. KURS ( Nilai Tukar Mata Uang ). Bila tingkat ketergantungan semakin besar akan berdampak persoalan sosial. 6. NERACA PEMBAYARAN INTERNASIONAL (NPI) Yang menjadi sorotan dalam NPI adalah ‘Neraca Transaksi Berjalan’ (current account).INFLASI Inflasi (inflation) adalah suatu gejala dimana tingkat harga mengalami kenaikan terus menerus. kestabilan kurs sangat penting Jika kurs tidak stabil akan mengganggu roda perekonomian negara. Seperti halnya inflasi. . politik. Pemerintah berusaha menciptakan iklim perekonomian yang prospektif untuk memacu pertumbuhan perekonomian. Neraca Pembayaran dapat DEFISIT jika IMPOR > EKSPOR Neraca Pembayaran dapat SURPLUS jika EKSPOR > IMPOR 5. tetapi banyak masalah yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi tidak optimal. tidaklah dapat dikatakan sebagai inflasi. Misalnya ingin menciptakan swa-sembada beras tetapi tidak didukung dengan produksi komoditas pengganti beras. Pengangguran menjadi beban tenaga kerja produktif. 3. Di satu sisi kelebihan angkatan kerja dan di sisi lain kesulitan mencari tenaga kerja yang trampil dan produktif. diantaranya kombinasi produksi yang terbatas. Tingkat produksi menurun. akibatnya selalu kekurangan produksi.PENGANGGURAN Ketenagakerjaan di Indonesia merupakan masalah klasik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful