PENCEMARAN UDARA BERUPA GAS (Sulfur Oksida = SOx

)

I.

PENDAHULUAN

Udara merupakan komponen terpenting bagi kehidupan makhluk hidup. Udara mengandung beberapa komponen diantaranya yaitu nitrogen (N2), oksigen (O2), argon (Ar), karbondioksida (CO2) dan uap air. Persediaan udara bebas di permukaan bumi tidak pernah mengalami kekurangan jumlahnya, namun semakin lama kondisinya semakin tercemar oleh berbagai polutan, diantaranya yaitu berupa gas. Pengertian pencemaran udara itu sendiri adalah adanya bahan atau zatzat asing di udara yang menyebabkan perubahan komposisi atmosfer dari keadaan normal. Pencemaran udara semakin hari semakin meningkat terutama pada daerah yang kepadatan lalu lintasnya cukup tinggi. Semakin tinggi penggunaan bahan bakar dari fosil, pencemaran udara akan semakin tinggi pula. Itulah mengapa pada saat ini, banyak sekali terjadi pencemaran udara karena penggunaan trasportasi yang berbahan bakar fosil semakin banyak, seiring pertambahan jumlah peduduk. Pencemaran udara dapat berupa gas atau partikel, namun secara umum pencemaran udara dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, dan pada makalah ini akan dibahas tentang pencemaran udara berupa gas yaitu pada golongan belerang- sulfur oksida (SOx). Gas golongan belerang terbentuk dari pembakaran, pemanasan dan industri yang pada saat ini telah banyak dilakukan sehingga sudah pasti banyak sekali udara yang tercemar oleh gas golongan belerang.

1

mempertahankan suhu tubuh dan sebagainya. oksigen (O2). Pencemaran udara secara umum diartikan sebagai masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. Bagaimana pembentukan pencemaran udara berupa gas golongan belerang.sulfur oksida (SOx) dan cara pencegahannya? III.II. Pada saat ini tidak ada udara yang tidak tercemar oleh berbagai jenis polutan. argon (Ar). Pengertian Pencemaran Udara berupa Gas dan Jenis-jenisnya. Bagaimana dampak pencemaran udara berupa gas golongan belerang. Udara mengandung beberapa komponen seperti nitrogen (N2). nitrogen. Pencemaran udara berupa gas pada dasarnya dibagi menjadi 4 golongan yaitu belerang. energi atau komponen lain ke udara atau berubahnya tatanan udara sehingga kualitas udara menurun yang menyebabkan udara tidak dapat berfungsi lagi sesuai pembentukannya. Sedangkan yang dimaksud pencemaran udara berupa gas adalah masuknya gas asing ke udara yang merubah kualitas udara itu sendiri atau dapat dikatakan bahwa sumber pencemaran udara bersumber dari adanya gas tersebut. PEMBAHASAN 1.sulfur oksida (SOx) ? 3. Udara adalah campuran gas yang menyelimuti bumi yang sangat dibutuhkan manusia dan hewan. zat. RUMUSAN MASALAH 1. Udara digunakan untuk pernapasan. Bagaimana pengertian pencemaran udara berupa gas dan jenisjenisnya? 2. karbon dioksida (CO2) dan uap air. karbon dan gas yang berbahaya yang masing –masing memiliki dampak tersendiri bagi lingkungan. 2 .

Ciri lainnya yaitu tidak berwarna. dalam hal ini yaitu sulfur oksida (SOx) merupakan salah satu gas penyebab timbulnya pencemaran udara. penggunaan batu bara pada kegiatan industri dan transportasi. Pencemaran sulfur oksida di udara berasal dari pembakaran bahan bakar. komponen yang normal terdapat di atmosfer bukan SO3 melainkan H2SO4. bau yang tajam. Adanya SO3 di udara dalam bentuk gas hanya mungkin jika konsentrasi uap air sangat rendah.Sulfur Oksida (SOx). Karakteristik SO2 mempunyai bau yang tajam dan tidak terbakar di udara. maka SO3 dan air akan segera membentuk H2SO4. 3 . Dengan demikian. Sulfur dioksida (SO2) merupakan ikatan yang tidak stabil dan sangat reaktif terhadap gas yang lain. jka uap air dalam jumlah banyak. Sumber emisi gas sulfur dioksida yang terbanyak berasal dari alam.2. Adapun sumber emisinya berupa:     Pembakaran yang tidak bergerak Proses dalam industri Limbah padat Pembakaran limbah pertanian Sulfur trioksida (SO3) dibentuk dari pembakaran bersama SO2. Polutan SO2 dan SO3 serta adanya uap air (H2O) dalam udara akan menyebabkan terjadinya reaksi asam sulfit (H2SO3) dan asam sulfat (H2SO4). sedangkan SO3 merupakan komponen yang tidak reaktif. Belerang atau sulfur (S). sangat mengiritasi. Pembentukan Pencemaran Udara Golongan Belerang . Ada dua macam gas sulfur oksida (SOx) yaitu sulfur dioksida (SO2) dan sulfur trioksida (SO3) yang keduanya mempunyai sifat yang berbeda. tidak terbakar dan tidak meledak. sulfur trioksida mudah bereaksi dengan uap air yang ada di udara untuk membentuk asam sulfat yang bersifat korosif.

Terhadap manusia.sulfur memberi dampak buruk bagi lingkungan. yang ditandai daun menjadi kuning karena terhambatnya mekanisme pembentukan klorofil. kering dan akhirnya mati. Gas belerang. Gejala yang ditimbulkan adalah daun memucat.  Penghilangan sulfur dari bahan bakar sebelum pembakaran 4 . sehingga penggunaan bahan bakar bersulfur rendah dapat mengurangi emisi SOx. energi listrik dan sebagainya. Gas SO2 juga dapat menyebabkan pendarahan hidung (epistaksis).  Substitusi sumber energi lain untuk bahan bakar Sumber energi bahan bakar tidak hanya berasal dari fosil.Sulfur Oksida (SOx) dan Pencegahannya Pada dasarnya semua pencemaran udara memberi dampak buruk bagi lingkungan. misal saja dari energi surya. Kerusakan kronis dapat terjadi bila terjadi kontak dengan sulfur oksida terlalu lama. Sulfur oksida dapat merusak tanaman pada daun karena adanya uap asam sulfat di udara. Selain itu. perlu dilakukan inovasi baru pemanfaatan energi lain untuk bahan bakar. sulfur oksida menyebabkan iritasi sistem pernapasan ditandai dengan berkurangnya jumlah dahak (sputum) serta berbahaya bagi penderita penyakit paru-paru tertentu. baja dan seng. oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan.3. Untuk mengendalikan dan mengurangi emisi gas sulfur oksida dapat dilakukan dengan cara:  Penggunaan bahan bakar yang mengandung sulfur rendah Pembakaran minyak menyebabkan timbulnya emisi sulfur oksida. Dampak Pencemaran Udara berupa Gas Belerang. namun penggunaan bahan bakar bersulfur rendah cenderung lebih mahal. kondisi lingkungna yang tercemar SO2 mengakibatkan korosi pada logam terutama besi.

3. Sulfat Pada umumnya terdapat dalam jumlah kecil dan tidak menimbulkan masalah. 2. sehingga kandungan sulfur pirit berkurang. Sulfur piritik Terdapat sebagai partikel terpisah. Sulfur organik Terikat pada molekul dari batu arang dan tidak dapat dihilangkan tanpa reaksi kimia seperi karbonisasi. Pencemaran udara berupa gas pada dasarnya dibagi menjadi 4 golongan yaitu belerang. KESIMPULAN 1.  Penghilangan SOx dari gas buangan IV.sulfur oksida berasal dari pembakaran bahan bakar fosil terutama batu bara. Pembentukan gas belerang. Pencemaran udara berupa gas secara umum diartikan sebagai masuknya atau dimasukkannya gas asing tertentu ke udara atau berubahnya tatanan udara karena adanya gas berbahaya sehingga kualitas udara menurun yang menyebabkan udara tidak dapat berfungsi lagi sesuai pembentukannya. karbon dan gas yang berbahaya. Sulfur ada 3 bentuk yaitu: 1. 2. liquifikasi atau gasifikasi. sedangkan emisi SO2 dan 5 . nitrogen. dan dapat dipisahkan dengan cara fisik misalnya penggilingan dan pencucian.Penghilangan sulfur dari bahan bakar sebelum pembakaran tergantung dari bahan bakar dan bentuk sulfurnya.

Melindungi Lingkungan. pencemaran udara terjadi dimana-mana yang menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan. PENUTUP Pada saat ini. Korosi logam c. Oleh karena itu untuk mengurangi pencemaran udara tersebut. VI. 2001. Selain itu. kita harus berusaha mengurangi penggunaan bahan bakar yang mengandung sulfur. Iritasi sistem pernapasan b. 6 . sehingga pencemaran udara dapat berkurang. Merusak tanaman Cara pengendalian dan pengurangan emisi sulfur oksida: a. Timbulnya gas belerang di udara meningkat seiring bertambahnya penggunaan transportasi berbahan bakar fosil terutama batu bara. DAFTAR PUSTAKA Sunu. Salah satu penyebab pencemaran udara adalah adanya gas belerang-sulfur di udara yang memberi dampak buruk bagi lingkungan.SO3 berasal dari pembakaran bahan organik atau anorganik yang mengandung belerang. Substitusi sumber energi lain untuk bahan bakar c. Penghilangan SOx dari gas buangan V.Gramedia Widiasarana Indonesia. 3. Penghilangan sulfur dari bahan bakar sebelum pembakaran d. Dampak gas belerang-sulfur oksida: a. Pramudya. emisi SO2 terbentuk dari industri peleburan logam. Penggunaan bahan bakar yang mengandung sulfur rendah b. Jakarta: PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful