SANGGAHAN

GEOMETRI EUCLIDES & GEOMETRI LOBACHEVSKY
“Pada garis-garis yang sejajar dan sama jaraknya”
DISUSUN OLEH

KELOMPOK 6
SEMESTER VI A
MAULIDIA NUR (101114005) SITI HABSYAH (101114058) APRILIA SUSANTI (101114027) IRMA OKTI MULIANI (101114070) RIZKA SITORUS (101114088) ZULHIJJAH RAMBE (101114194) FEBRI RAHMA SARI (101114061) SAHAT HAMONANGAN (101114043)

F.K.I.P PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH MEDAN, SUMATRA UTARA

1

lalu menyimpulkan berbagai pendapat kedalam bentuk ilmu pengetahuan. Begitulah cara Tuhan menyampaikan ilmu pengetahuan melalui orang-orang yang terdahulu yang menggunakan akal sehatnya untuk berfikir kemudian menyimpulkan sebuah ilmu pengetahuan akan alam semesta ini.T yang telah memberikan hidayah dan anugrahnya kepada kita untuk berfikir dan mengetahui segala rahasia ilmu pengetahuan di alam semesta ini. Hal ini juga didasari oleh nafsu manusia besar dari rasa ingin tahu. Pembahasan pada makalah kali ini akan menujukkan bagaimana ilmu pengetahuan itu timbul dari pendapat seseorang yang mana setiap pendapat yang diberikan pasti sedikitnya memiliki kelemahan sehingga membuat sesorang untuk mencari kebenaran dari kelemahan suatu pendapat tersebut. dan untuk memperbaiki kesalahan tersebut kalian dapat mengeluarkan beberapa pendapat untuk mengurangi kesalahan yang ada serta menyempurnakan isi dari makalah ini. Begitulah ilmu pengetahuan yang telah diciptakan Allah melalui alam pikiran manusia. Melalui beliau Allah menyerukan kepadanya untuk membawa kita dari zaman kebodohan yang miskin akan ilmu pengetahuan ke zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan keimanan.KATA PENGANTAR Puji syukur Alhamdulillah kita panjatkan kepada Tuhan semesta alam yaitu Allah S. Bermula dari alam pikiran dan kemudian timbullah berbagai pendapat dari masing-masing manusia yang memiliki banyak perbedaan. karena tanpa ada rasa keingintahuan dari sesorang. Dan tak lupa pula kita hadiahkan shalawat dan salam kepada Nabi junjungan alam Muhammad S. Mohon maaf jika masih terdapat kesalahan disana-sini karena sebagai manusia kita pasti melakukan kesalahan. Semoga makalah ini sedikit menjadi obat dari rasa keingintahuan kalian mengenai maksud dan hal apa saja yang akan dibahas dalam judul “SANGGAHAN” kali ini.A. 2 .W.W yang telah membawa membawa kita dengan bahtera yang penuh dengan keimanan dan menuju ke sebuah tempat kebahagian abadi yaitu syurga. tidak aka nada manusia yang berfikir untuk mencari ilmu pengetahuan.

5 C...…………………………………… 4 A. KESIMPULAN…………………………………………………. 8 A. 5 BAB III ( PENUTUP )……………………………………………………. EUCLIDES vs GEO. PEMBUKTIAN ………………………………………………….. 9 3 .. …………………………………… 2 DAFTAR ISI……………………….... LATAR BELAKANG …….. PENUTUP ……………………………………………………….... 8 B.. 5 A.... PENGERTIAN……………… …………………………………… 5 B......DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ……. 8 DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….…………………………………… 3 BAB I ( PENDAHULUAN ) ………..... …………………………………… 4 BAB II ( PEMBAHASAN )……………………………………………… 5 SANGGAHAN …………………………………………………………. GEO. LOBACHEVSKY………………….

menyudut di sisi dalam kedua garis pada sisi yang sama dari pada dua sudut yang sejajar. oleh sebab itu geometri Lobachevsky digolongkan pada geometri netral karena juga memandang bahwa “pada jumlah sudut sebarang segitiga kurang atau sama dengan 180 ” dan menimbulkan teorema akibat yang berbunyi “jumlah sudut sebarang segiempat kurang atau sama dengan 360 ”. lahirlah teori geometri baru yang dinamakan geometri non-Euclides (Geometri Lobachevsky) dan menganggap aksioma ke empat salah total Geometri Lobachevsky dicetuskan oleh seorang perwira AD Hungaria. Bermula dari usaha ini.I Lobachevsky. Diantanya termasuk Sacceri yang meninggal tahun 1973. Teorema ini menimbulkan kemungkinan adanya persegi panjang atau kemungkinan tidak adanya “Persegi Panjang”. memandang bahwa setiap segitiga jumlah besar sudutnya kurang dari 180. para penggantinya sampai abad 19 terus mencoba membuktikan postulat kesejajaran euclides. masih ada saja kekurangannya. Inilah yang menjadi latar belakang masalah yang menimbulkan adanya sanggahan yang akan membuktikan bahwa pada geometri Lobachevsky juga ada kelemahan dan akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya. jika diteruskan sampai ke (titik) tak terhingga. Yang mana menurut para ahli matematikawan aksioma ini terlalu panjang dan sangat merisaukan mereka. 4 . Sehingga membuat para ahli matimatikawan berusaha untuk membuktikan kembali kebenaran aksioma kesejajaran Euclides. Seorang profesor matematika rusia pada Universitas Kazan. Hasil karyanya hanya sedikit mempengaruhi perkembangan geometri. tetapi tidak berhasil. N.BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Dikarenakan adanya kesalahan pada aksioma kesejajaran Euclides yang berbunyi: “Apabila garis lurus terpotong menjadi dua garis lurus. akan berpotongan pada sisi diman sudutnya lebih kecil dibandingkan sudut yang terbentuk dari dua garis”.

Dan hal ini tidak ada dalam geometri Lobachevsky. meksudnya adalah pada bagian ini akan diadu pendapat mana yang kuat berdasarkan pembuktian berikutnya mengenai konsep “garis-garis sejajar yang memiliki jarak yang sama dimanamana. LOBACHEVSKY Geometri Euclides vs Geometri Lobachevsky. PEMBUKTIAN Dalam geometri euclide dua garis yang sejajar memiliki jarak yang sama dimana-mana. sesuai dengan teorema berikut ini. Dalam geometri Euclides. EUCLIDE vs GEO. ciri penting dari dua garis yang sejajar adalah bahwa kedua garis itu jaraknya sama dimana-mana.” A B C L A’ B’ C’ L’ 5 . GEO. namun akan kami jelaskan apa yang menjadi topik sanggahan kali ini. kedua pernyataan ini akan dibuktikan mana yang benar dengan buktinya kuat dan mana yang lemah dengan bukti yang tidak kuat pada pembahasan berikutnya. jadi dalam geometri non-euclide (geometri lobachevsky) yaitu: “Tidak ada dua garis sejajar yang jaraknya sama di mana.BAB II PEMBAHASAN SANGGAHAN A.mana. C. PENGERTIAN Pada pembahasan ini kami tidak dapat mendefenisikan sanggahan secara rinci. Sanggahan akan membuktikan kebenaran pada aksioma kesejajaran Euclides (Geometri Euclides) dan juga akan membuktikan kesalahan pada postulat kesejajaran Lobachevsky (Gometri Non-Euclide). yaitu pada penjelasan “garis-garis yang sejajar dan sama jaraknya” B.

AB’B BA’A. Akan kita tunjukkan bahwa untuk sebarang dua garis L dan L’. dan yang benar adalah teorema ini. Sesuai bukti teorema di atas: jika dua garis sejajar. dan C adalah tiga titik berbeda pada L. yang masing.Untuk membuktikan mana yang benar dari kedua pendapat tersebut akan dibuktikan dari penjelasan berikut ini.. maka tidak ada tiga titik di L yang jaraknya sama dari titik di L’. 6 . B. Misalkan AA’ = BB’ = CC’ Dari AA’ = BB’. (2) Dengan menjumlahkan (1) dan (2) maka diperoleh < A’AB + < C’CB = < B’BA + < B’BC = 180 Jadi jumlah besar sudut dalam segiempat AA’C’C adalah mutlak 360 yang bertentangan dengan akibat dari teorema sebelumnya.masing memotong L’ di A’. Dengan cara dan alasan yang sama. Dengan demikian permisalan salah. Dari A. Misalkan A. B dan C tarik garis tegak lurus ke B’. maka Jadi : AA’B’ AA’B = < BB’A dan AB = A’B’ BB’A’ . Karena BB’ = AA’ dan AB = A’B’ maka Akibatnya < A’AB = < B’BA …. Ada dua titik pada garis yang satu yang jaraknya sama dari garis yang lain.B’ dan C’. maka hanya ada dua hal yang mungkin: 1. dapat pula diterapkan pada segiempat CC’B’B yang mengakibat kan <C’CB = < B’BC ……. (1) Yang berarti sudut – sudut atas ( summit ) segiempat AA’B’B adalah sama. dengan B di antara A dan C.. Akibatnya AB’ = BA’.

Dan perlu diperjelas bahwa makalah ini hanya menyanggah teorema Lobachevsky pada “garis-garis yang sejajar dan sama jaraknya”. yaitu garis lurus yang mendekati suatu kurva. 7 . Dalam hal ini kedua garis tersebut memancar ( divergen ) sampai tak berhingga baik di sebelah kiri maupun di sebelah kanan garis tegak lurus persekutuannya. tetapi tidak memotongnya pada jarak yang dekat. Tidak ada dua titik pada garis yang satu yang jaraknya sama dari garis yang lain. Sedangkan yang kedua terjadi jika salah satu garis tersebut merupakan asimptot dari garis yang lain. Masalah yang pertama terjadi jika dan hanya jika kedua garis itu punya garis tegak lurus persekutuan. Dari penjelasan yang telah dipaparkan dalam makalah ini terbukti bahwa geometri Lobachevsky salah dan geometri Euclides terbukti benar.2.

Untuk pernyataan dari geometri lochevsky yaitu “Tidak ada dua garis sejajar yang jaraknya sama di mana.mana” terbukti salah dan yang benar adalah geometri euclide yang menyatakan bahwa “ada dua garis sejajar yang jaraknya sama di mana. 2. 8 . Karena dengan membacanya anda dapat menulusuri alam pikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk ilmu pengetahuan. Hal ini terjadi jika dan hanya jik kedua garis itu asimtot dari garis yang lain. 3. meskipun masih terdapat banyak kesalahan dalam penjelasan dan pemaparannya. Hal ini terjadi jika dan hanya jika kedua garis itu punya garis tegak lurus persekutuan. Dan semoga makalah ini dapat menambah wawasan bagi kalian yang membaca dan memahami isinya. Tidak ada dua titik pada garis yang satu yang jaraknya sama dari garis yang lain.mana”. B. Karena setiap manusia tak luput dari kesalah. PENUTUP Demikianlah pemaparan makalah yang dapat kami sajikan. Ada dua titik pada garis yang satu yang jaraknya sama dari garis yang lain. KESIMPULAN Adapun kesimpulan yang dapat diambil yaitu: 1.BAB III PENUTUP A.

. cintaku berkhianat…... Aku tenggelam dalam lautan luka dalam Aku tersesat dan tak tau arah jalan pulang … aku tanpamu. Aku tersesat dan tak tau arah jalan pulang … Aku tanpamu..co. Menepi..@&//hhtblog.DAFTAR PUSTAKA www. menepilah… Menjauh… semua yang terjadi antara kita… Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi… Aku tenggelam dalam lautan luka dalam.. Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi. Ketika kita bersama berbagi rasa untuk selamanya namaku cinta … ketika kita bersama berbagi rasa sepanjang usia… hingga tiba saatnya akupun melihat cintaku yang hianat. butiran debu… 9 .basic Concept Of Geometry. butiran debu.id namaku cinta…..

10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful