Peranan Agama dalam Kehidupan Manusia

Peranan Agama dalam Kehidupan Manusia

Allah menciptakan manusia dalam keadaan lemah, oleh karena itulah manusia diberi anugerah berupa petunjuk (hidayah). Allah memberikan manusia naluri yang dengan naluri tersebut ia bisa melangsungkan kehidupannya. Tetapi, dengan naluri saja manusia belum bisa menjalani kehidupannya dengan baik. Karena itu Allah anugerahkan “panca indera”. Dengan panca indera ini akan ajdi kekuatan manusia untuk berbuat dan bekerja. Tetapi, meski memberikan manfaat, ternyata panca indera pun belum mencukupi bagi manusia untuk hidup sesuai harapan. Maka, Allah melengkapi dengan akal pikiran, dimana manusia bisa membedakan antara yang baik dengan yang buruk. Dengan akal pulalah, manusia bisa memposisikan diri sebagai hayawan natiq yang berbeda dengan mahluk yang lain. Meski demikian, banyak orang yang masih tergelincir dalam menjalani kehidupanya, karena terpengaruh oleh hawa nafsu. Dalam rangka inilah, Manusia memerlukan agama untuk menjadikan manusia sebagai khoirunnnas.....

Al-Birru atau kebaikan itu adalah semua perbuatan yang apabila kita kerjakan akan membawa ”ketenangan” dalam jiwa.

.......‫الربّ هو ما اطمئنّ به نفس‬

Ada berbagai cara orang masuk syurga: Alkisah, ada seorang penjahat yang telah membunuh tidak kurang dari 99 orang, tetapi suatu saat, datanglah hidayah Allah untuk kembali ke jalan yang benar. Lantas ia mendatangi seorang guru dan menanyakan apakah Allah masih bisa mengampuni dosa-dosanya. Jawaban yang diberikan guru tersebut ternyata tidak menyenangkan si penjahat, setelah guru tersebut mengatakan bahwa Allah tidak mungkin mengampuni dosa-dosanya langsung supenjahat naik pitam dan akhirnya sang guru pun menjadi korbanya yang ke-100. Suatu saat datanglah ia kepada syaikh yang ’alim dan menanyakan persis seperti yang ia tanyakan kepada guru yang telah dibunuhnya. Alangkah senangnya si penjahat karena jawaban yang diberikan syaikh ternyata memberi kesempatan kepadanya untuk melakukan taubat. Akhirnya si pembunuh tersebut bertaubat setelah sebelumnya melakukan mandi taubat dan berdo’a minta diampuni dosa-dosanya. Akhirnya, pulanglah ia ke tempat asal, tetapi sayang belum sampai ke tempat tujuan ia keburu meninggal. Maka Allah mengampuni dosadosanya dan masuklah ia ke syurga. Ada lagi cerita seorang hamba, dikisahkan suatu saat ia sedang duduk-duduk di bawah pohon bersama rasulullah, lantas bertanya: ”Wahai Rasululah seandainya saya ikut berperang melawan orang-orang kafir itu apakah saya akan masuk syurga? Jawab Rasulullah, ya jika kamu berperang di jalan Allah, maka kau akan masuk syurga. Seketika itu, pergilah ia ke tengah medan perang dan matilah ia. Dari peristiwa itu masuklah ia ke syurga Allah lantaran niatnya untuk berperang dijalan Allah.

.com/2012/09/peranan-agama-dalam-kehidupan-manusia_26... alkisah..? Tanpa disangka...html . aku adalah seorang dermawan yang banyak membantu sesama... Tanpa banyak pikir lagi. Ketiga.. Setelah meninggal dunia. http://adhe-herie.. Lantaran kasih sayangnya terhadap anjing tersebut masuklah ia ke surga.. karena sungguh di dalam hatimu kamu berperang bukan karena Aku. Allah menyampaiakan kepada orang tersebut:” Tempatmu adalah di neraka! Karena kamu berdakwah dan mengajarkan ilmumu bukan karena Aku.. melainkan supaya dikatakan oleh hal layak bahwasanya kamu adalah seorang yang hebat memiliki ilmu.. Kedua.. banyak membantu orang lain. setelah diakhirat ia pun berkata: Wahai Allah. Pengorbanan dan perbuatan kita haruslah lillah..... ada seoarang pelacur yang dalam perjalananya ia melihat seekor anjing yang tampak sedang sekarat karena kehausan. adalah seorang dermawan yang dalam hidupnya suka membantu orang dan banyak menafkahkan hartanya untuk kepentingan sosial.blogspot. cerita seorang mujahid yang berperang dengan gagah berani.. meliankan supaya dianggap orang lain bahwa kamu adalah seorang pemberani yang hebat. dan berkata: wahai Allah..   Alkisah.. maka setelah ia meninggal. aku telah berdakwah di jalanMu.pahala apa yang akan Engkau berikan kepadaku. Maka dri itu peranan agama dalam kehidupan manusia sangat penting dan sangat berpengaruh dan mempengaruhi kehidupannya terlebih lagi agama islam memberikoan pedoman yang sangat berharga dan bisa di jadikan pegangan hidup yaitu Al-Quran dan Hadist yang mana jika manusia mengikuti ajaran yang ada di dalam keduanya maka kehidupannya akan lebih baik dan bermakna khususnya bagi dirinya umumnya bagi orang lain... Perbuatan yang tidak diniatkan karena Allah akan sangat berbahaya dan sia-sia... si ’alim mengadu kepada Allah. ia berujar: ”Wahai Allah. syurga yang mana yang akan Engkau berikan kepadaku.karena aku telah susah payah berperang melawan musuh? Maka Allah pun berfirman: ”Masukklah kamu ke neraka. maka Allah pun berkata kepada orang tersebut: ”Bukan syurga! tetapi neraka tempatmu! Kamu berderma bukan karenaku melainkan supaya dikatakan orang banyak bahwasanya kamu adalah seorang yang hebat.. mana syurga yang Engkau janjikan untukku dulu. ia lepas sepatunya untuk mengambil air dan diminumkan kepada anjing tersebut. seorang ’alim yang lama berdakwah di tengah masyarakat. ada dialog antara Allah dengan 3 type manusia yang berbeda: pertama. karena Engkau tahu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful