PENCEMARAN AIR TANAH AKIBAT PEMBUANGAN LIMBAH DOMESTIK DI LINGKUNGAN KUMUH

I.

PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Dewasa ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Saat ini mendapatkan air bersih sangat sulit karena sudah banyak sumber air yang tercemar oleh limbah dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia.
Di daerah Banjar Ubung Sari Kelurahan Ubung, pola penyebaran penduduknya sangat tidak merata. Penyebaran penduduk yang tidak merata ini sangat mempengaruhi sistem pembuangan limbahnya yang sangat kurang baik karena dapat mengakibatkan pencemaran air tanah yang dapat mengancam kesehatan penduduk yang tinggal di daerah itu. Untuk itu sangat diperlukan sistem jaringan pembuangan domestik yang baik untuk mencegah adanya pencemaran air tanah sehingga penduduk dapat mendapatkan air bersih yang memiliki kwalitas baik.

B. TUJUAN
1. Mengetahui tingkat pencemaran air tanah akibat pembuangan limbah domestik yang terjadi pada lingkungan kumuh Banjar Ubung Sari,Kelurahan Ubung. 2. Mengetahui cara penanganan daerah yang mengalami pencemaran air tanah akibat pembuangan limbah domestik di lingkungan kumuh Banjur Ubung Sari, Kelurahan Ubung.

II.

RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana tingkat pencemaran air tanah akibat pembuangan limbah domestik di lingkungan kumuh Banjar Ubung Sari, Kelurahan Ubung? 2. Bagaimana cara menangani daerah yang mengalami pencemaran air tanah akibat pembuangan limbah domestik di lingkungan kumuh Banjar Ubung Sari, Kelurahan Ubung?

III.

PEMBAHASAN 1. Tingkat pencemaran air tanah akibat pembuangan limbah domestik di lingkungan kumuh Banjar Ubung Sari, Kelurahan Ubung.

sampel yang diambil yaitu sebanyak lima (5) dari lokasi yang sama jarak 50 – 200 m. Hasil penelitian didapatkan bahwa air sumur yang berasal dari air sumur bor tidak mengalami pencemaran oleh bakteri. Sampel ini diambil pada saat musim kemarau dengan kedalaman sumur yang berbeda. sehingga air sumur bor . Kecamatan Denpasar Barat. Jadi pencemaran air tanah adalah suatu keadaan air tersebut telah mengalami penyimpangan dari keadaan normalnya. Bali. Keadaan normal air masih tergantung pada faktor penentu. Luas wilayah Kelurahan Ubung adalah 173 Ha. Kondisi rumahnya sangat tidak layak huni. Berikut ini adalah beberapa gambar kondisi sumber air di lokasi Banjar Ubung Sari : Dalam penelitian ini. kondisi sumurnyapun juga sangat memprihatinkan.777 jiwa pada tahun 2004 dari 468 Kepala Keluarga (KK). sarana dan prasarana lingkungannya kurang baik bahkan saluran drainase tersumbat. Lokasi Banjar Ubung Sari berada di Desa/Kelurahan Ubung. Kota Denpasar. yaitu kegunaan air itu sendiri dan asal sumber air.Pencemaran adalah suatu penyimpangan dari keadaan normalnya. Kondisi pemukiman di daerah Banjar Ubung Sari ini sangat jauh dari kata sehat. Kelurahan Ubung. Disini akan dilakukan penelitian mengenai tingkat pencemaran air tanah akibat pembuangan limbah domestik di lingkungan kumuh Banjar Ubung Sari. Setelah diambil sampel tersebut langsung dibawa ke Laboratorium Analitik Universitas Udayana untuk diteliti apakah air sumur di daerah Banjar Ubung tersebut mengalami pencemaran atau tidak. dimana Banjar Ubung Sari merupakan bagian dari Kelurahan Ubung dengan jumlah penduduk 1.

Coli dan bakteri Coliforms. sumur gali sebagian besar tercemar oleh bakteri E. Cara menangani daerah yang mengalami pencemaran air tanah akibat pembuangan limbah domestik di lingkungan kumuh Banjar Ubung Sari. Selain itu. 2. yang diakibatkan oleh pembuangan tinja dan air seni di daerah tersebut direncanakan pembuatan tangki septik di halaman rumah. Di daerah Banjar Ubung Sari. perencanaan ini dilaksanakan karena lahan yang dikuasai oleh penduduk sekitar tidak cukup untuk merencanakan tangki septik di halaman rumah. Permasalahan pembuangan tinja dan air seni di daerah tersebut diatasi dengan direncanakan sebuah tangki septik yang terletak di gang/jalan.98 %) penduduk Banjar Ubung Sari memakai air dari PDAM untuk kebutuhan sehari-harinya.Untuk air yang berasal dari sumur gali sebagian besar tercemar oleh bakteri E. Apabila pembungan tinja dan limbah cair tidak ditangani sebagaimana mestinya maka dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran permukaan tanah serta air tanah. dan untuk meringankan beban/biaya pengurasaan tangki septik bagi penduduk sekitar.Coli dan bakteri Coliforms. . Tetapi sebagian besar (82. KESIMPULAN 1. masalah kesehatan penduduk sekitar. Untuk mengurangi adanya pencemaran air tanah di daerah Banjar Ubung Sari. IV. yang berpotensi menjadi penyebab timbulnya penularan berbagai macam penyakit saluran pencemaan. Kelurahan Ubung. hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah lingkungan hidup.dapat dikonsumsi menjadi air minum. sehingga air sumur yang berasal dari sumur gali sebagian tidak boleh dikonsumsi menjadi air minum. 2. Tinja dan limbah cair merupakan bahan buangan yang timbul karena adanya kehidupan manusia sebagai mahluk individu maupun mahluk sosial. sehingga air sumur yang berasal dari sumur gali sebagian tidak boleh dikonsumsi menjadi air minum.

Teknologi Penyediaan Air Bersih.EGC. Pencemarannyapun bukan hanya karena adanya bakteri E. PT Rineka Cipta. Pencemaran air tanah ini sangatlah membahayakan kehidupan manusia .. Air Untuk Masa Depan. DampakPencemaran Lingkungan. W. Jakarta. 2004. Wardhana. DAFTAR PUSTAKA Soeparman H. Prespektif dari Jurnal lain : Pencemaran air tanah bukan hanya dapat terjadi kerena limbah domestik dari pemukiman kumuh saja. melestarikan. VI. dan Suparmin. I W.M. 2004. limbah padat. Untuk itu sebaiknya kita sebagai orang yang peduli terhadap lingkungan harus menjaga. PENUTUP Pada saat ini masalah pencemaran air tanah mungkin salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh manusia. dan tidak membuang limbah di sembarang tempat yang dapat mengakibatkan pencemaran air tanah. Jakarta. 1995. limbah bahan makanan. 2001. Andi Offset Yogyakarta. PT Rineka Cipta. Pencemaran air tanah dapat terjadi karena air telah bercampur secara langsung dengan limbah hasil kegiatan manusia. Jakarta. hewan atau tumbuhan yang berada di daerah tersebut. Jakarta. Berbagai kegiatan manusia sangatlah mempengaruhi turunnya kwalitas air itu sendiri. limbah organik maupun limbah anorganik baik akibat kegiatan manusia.. Sutrisno. .Pembuangan Tinja dan Limbah Cair. T.A. Sudiarsa. Pencemaran air tanah juga dapat terjadi karena air tanah terkena langsung dengan limbah zat kimia.V..Coli dan bakteri Coliforms saja tetapi bahkan ada virus yang sangat membahayakan kehidupan mahluk hidup yang ada di sekitarnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful