RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi waktu/pertemuan Standar Kompetensi (SK) Kompetensi

Dasar (KD) Indikator : Administrasi Perkantoran : XI / Genap : 1- 6 : 18 jam pelajaran/ 6 kali pertemuan : Mengelola system kearsipan : Menentukan system kearsipan : 1. Pemilihan system kearsipan sesuai kebutuhan perusahaan 2. Peralatan kantor diidentifikasi untuk dipakai secara benar dalam memproses dokumen 3. Bahan-bahan yang dibutuhkan disiapkan disesuaikan TUJUAN PEMBELAJARAN:
Memahami macam-macam filing system

1. 2. 3. 4. 5.

Filing system abjad Filing system tanggal Filing system masalah Filing system wilayah Filing system nomor

MATERI PEMBELAJARAN
Macam-macam filing system

1. 2. 3. 4. 5.

Filing system abjad Filing system tanggal Filing system masalah Filing system wilayah Filing system nomor

DESAIN PEMBELAJARAN: 1.Pendekatan Pembelajaran a. Pendekatan Konseptual b. Pendekatan Kompetensi c. Cooperative

Mengadakan apersepsi dan memotivasi siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan semacam pretest tapi disampaikan dengan santai untuk menghubungkannya dengan kompetensi yang akan diajarkan.Teknik Pembelajaran   Pertemuan 1 dan 2 KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR: Langkah-langkah pembelajaran: Kegiatan Awal (10 menit): a. Modeling : pemusatan perhatian.Siswa menyimak penjelasan guru c.Meminta siswa untuk membaca modul dan memahami materi yang akan dipelajari yaitu filing system abjad b. c. Diskusi 3. penyampaian kompetensi tujuan pengarahan petunjuk. SK dan KD diajarkan serta kriteria yang akan digunakan dalam pembelajaran. pengamatan. Inquiry : ceramah. Bertegur sapa mengucapkan salam . Memberitahukan/menyampaikan silabus. Metode Pembelajaran a.Memberitahu materi yang akan diajarkan Kegiatan Inti (110 menit) EKSPLORASI:(45 menit) a.Siswa mencatat hal-hal yang dianggap penting yang tidak ada di modul. diskusi dan tanya jawab b. motivasi.2. b. Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti baik dari penjelasan guru maupun bacaan yang ada di modul. c. d. contoh. ELABORASI (45 menit): a. Teknik Latihan Teknik Penugasan .

Guru memberikan tugas kepada siswa berupa: mencari contoh-contoh dokumen yang ada di kantor secara kelompok (5 orang/kelompok) . Siswa diberi kesempatan untuk bertanya pada guru tentang uraian materi yang tidak dimengerti. a.Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompoknya yang dibimbing oleh guru b. Bertegur sapa mengucapkan salam . . b. Mengadakan apersepsi dan memotivasi siswa dengan mengajukan . Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Menumbuhkan kerja sama Memiliki rasa kebersamaan Menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab empati disiplin toleransi Kegiatan Akhir (15 menit): . tiap kelompok 5 orang tiap kelompok menyiapkan bahan diskusi tentang filing sistem abjad KONFIRMASI (20 menit): a. SK dan KD diajarkan serta kriteria yang akan digunakan dalam pembelajaran.Siswa memberikan kesimpulan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan. PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU:.Meminta perwakilan siswa untuk menjelaskan materi yang telah dibaca tentang filing system abjad dengan benar b. Memberitahukan/menyampaikan silabus. Guru menyimpulkan materi yang diberikan. Guru mengadakan post test . Berpamitan pada siswa dengan mengucapkan salam Pertemuan 3 KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR: Langkah-langkah pembelajaran: Kegiatan Awal (10 menit): a. c.

b.Memberitahu materi yang akan diajarkan Kegiatan Inti (110 menit) EKSPLORASI:(45 menit) a. b. tiap kelompok 5 orang tiap kelompok menyiapkan bahan diskusi tentang filing sistem tanggal KONFIRMASI (20 menit): a.Siswa memberikan kesimpulan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. c. Guru memberikan tugas kepada siswa berupa: mencari contoh-contoh dokumen yang ada di kantor secara kelompok (5 orang/kelompok) .beberapa pertanyaan semacam pretest tapi disampaikan dengan santai untuk menghubungkannya dengan kompetensi yang akan diajarkan. Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti baik dari penjelasan guru maupun bacaan yang ada di modul. . Berpamitan pada siswa dengan mengucapkan salam Menumbuhkan kerja sama Memiliki rasa kebersamaan Menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab empati disiplin toleransi . Meminta perwakilan siswa untuk menjelaskan materi yang telah dibaca tentang filing system tanggal dengan benar Siswa diberi kesempatan untuk bertanya pada guru tentang uraian materi yang tidak dimengerti. ELABORASI (45 menit): a. c. Guru mengadakan post test . b. PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU:. Guru menyimpulkan materi yang diberikan. d. Meminta siswa untuk membaca modul dan memahami materi yang akan dipelajari yaitu filing system tanggal Siswa menyimak penjelasan guru Siswa mencatat hal-hal yang dianggap penting yang tidak ada di modul.Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompoknya yang dibimbing oleh guru b. Kegiatan Akhir (15 menit): .

tiap kelompok 5 orang tiap kelompok menyiapkan bahan diskusi tentang filing sistem masalah KONFIRMASI (20 menit): a. d.Memberitahu materi yang akan diajarkan Kegiatan Inti (110 menit) EKSPLORASI:(45 menit) a. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya pada guru tentang uraian materi yang tidak dimengerti. SK dan KD diajarkan serta kriteria yang akan digunakan dalam pembelajaran.Siswa memberikan kesimpulan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan. Mengadakan apersepsi dan memotivasi siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan semacam pretest tapi disampaikan dengan santai untuk menghubungkannya dengan kompetensi yang akan diajarkan. c. Memberitahukan/menyampaikan silabus. ELABORASI (45 menit): a. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.Meminta siswa untuk membaca modul dan memahami materi yang akan dipelajari yaitu filing system masalah b. Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti baik dari penjelasan guru maupun bacaan yang ada di modul. d. . b.Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompoknya yang dibimbing oleh guru b.Siswa menyimak penjelasan guru c.Pertemuan 4 KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR: Langkah-langkah pembelajaran: Kegiatan Awal (10 menit): a.Siswa mencatat hal-hal yang dianggap penting yang tidak ada di modul. Meminta perwakilan siswa untuk menjelaskan materi yang telah dibaca tentang filing system masalah dengan benar b. Bertegur sapa mengucapkan salam .

Meminta siswa untuk membaca modul dan memahami materi yang akan dipelajari yaitu filing system wilayah b.Memberitahu materi yang akan diajarkan Kegiatan Inti (110 menit) EKSPLORASI:(45 menit) a. c. Guru menyimpulkan materi yang diberikan. Guru memberikan tugas kepada siswa berupa: mencari contoh-contoh dokumen yang ada di kantor secara kelompok (5 orang/kelompok) . . Bertegur sapa mengucapkan salam . Berpamitan pada siswa dengan mengucapkan salam Pertemuan 5 KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR: Langkah-langkah pembelajaran: Kegiatan Awal (10 menit): a. Memberitahukan/menyampaikan silabus. Menumbuhkan kerja sama Memiliki rasa kebersamaan Menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab empati disiplin toleransi Kegiatan Akhir (15 menit): . Guru mengadakan post test . SK dan KD diajarkan serta kriteria yang akan digunakan dalam pembelajaran. d.PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU:.Siswa menyimak penjelasan guru . Mengadakan apersepsi dan memotivasi siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan semacam pretest tapi disampaikan dengan santai untuk menghubungkannya dengan kompetensi yang akan diajarkan. b.

. Menumbuhkan kerja sama Memiliki rasa kebersamaan Menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab empati disiplin toleransi Kegiatan Akhir (15 menit): . e.c. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya pada guru tentang uraian materi yang tidak dimengerti.Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompoknya yang dibimbing oleh guru b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Guru memberikan tugas kepada siswa berupa: mencari contoh-contoh dokumen yang ada di kantor secara kelompok (5 orang/kelompok) . tiap kelompok 5 orang tiap kelompok menyiapkan bahan diskusi tentang filing sistem wilayah KONFIRMASI (20 menit): a. Guru mengadakan post test . Bertegur sapa mengucapkan salam .Siswa mencatat hal-hal yang dianggap penting yang tidak ada di modul. Berpamitan pada siswa dengan mengucapkan salam Pertemuan 6 KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR: Langkah-langkah pembelajaran: Kegiatan Awal (10 menit): a. Guru menyimpulkan materi yang diberikan. Meminta perwakilan siswa untuk menjelaskan materi yang telah dibaca tentang filing system wilayah dengan benar b. . Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti baik dari penjelasan guru maupun bacaan yang ada di modul.Siswa memberikan kesimpulan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan. ELABORASI (45 menit): a. PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU:.

Mengadakan apersepsi dan memotivasi siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan semacam pretest tapi disampaikan dengan santai untuk menghubungkannya dengan kompetensi yang akan diajarkan. SK dan KD diajarkan serta kriteria yang akan digunakan dalam pembelajaran.Siswa mencatat hal-hal yang dianggap penting yang tidak ada di modul.Memberitahu materi yang akan diajarkan Kegiatan Inti (110 menit) EKSPLORASI:(45 menit) a.Siswa memberikan kesimpulan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan.Meminta siswa untuk membaca modul dan memahami materi yang akan dipelajari yaitu filing system nomor b. Meminta perwakilan siswa untuk menjelaskan materi yang telah dibaca tentang filing system nomor dengan benar b. f. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya pada guru tentang uraian materi yang tidak dimengerti. tiap kelompok 5 orang tiap kelompok menyiapkan bahan diskusi tentang filing sistem nomor KONFIRMASI (20 menit): a.Siswa menyimak penjelasan guru c.b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. d. c.Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompoknya yang dibimbing oleh guru b. Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti baik dari penjelasan guru maupun bacaan yang ada di modul. Menumbuhkan kerja sama Memiliki rasa kebersamaan Menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab empati disiplin toleransi . PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU:. Memberitahukan/menyampaikan silabus. ELABORASI (45 menit): a.

Guru mengadakan post test . Syamsul Anwar 2. Guru menyimpulkan materi yang diberikan.Alat tulis lengkap 7. kearsipan.Internet EVALUASI DAN PENILAIAN: Evaluasi dilakukan setelah kegiatan belajar inti dilakukan yaitu dengan mengadakan post test secara tertulis dan hasil penugasan. Guru memberikan tugas kepada siswa berupa: mencari contoh-contoh dokumen yang ada di kantor secara kelompok (5 orang/kelompok) . Drs. Martono 6. Armico 3. Drs. SOAL TEORI: POST TEST Terlampir . . Berpamitan pada siswa dengan mengucapkan salam MEDIA PEMBELAJARAN (ALAT DAN SUMBER BELAJAR): 1. Dasar-dasar kesekretarisan dan kearsipan. Menejemen kearsipan modern. Armico 4. Membuat dan menjaga system kearsipan. Angkasa. Paket kearsipan. Gava modern 5.Kegiatan Akhir (15 menit): .

19690521 200701 2010 . . Mampu menjelaskan kembali macammacam filing sistem Skala Nilai 1–5 Nilai akhir post test: jumlah skor : jumlah soal x 10 5 x 2 = 10 x 10 = 10 Mengetahui: Kepala sekolah Cilegon. Pd NIP.FORMAT PENILAIAN POST TEST Sasaran Mengidentifikasi macam-macam filing sistem Aspek Ingatan dan pemahaman Kriteria . Juli 2012 Guru mata pelajaran ______________________ Tien Muljanti Tj.S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful