SURAT PERJANJIAN

TENTANG SEWA MENYEWA LAHAN DI LOKASI DUSUN …………… DESA ………..……KECAMATAN ………….…

Pada

hari

ini,

………

tanggal,

………

bulan,

………

tahun,

………………….(………………….) bertempat di Sawangan, yang bertanda tangan di bawah ini : I. Nama Alamat : : ……………………… ………………………………………………………………..

Selaku pemilik atau pemegang hak atas lahan dan untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

II.

Nama Alamat

: :

EGA EFENDI Penggaron Lor, RT.03/RW.01, Gondowangi, Sawangan, Magelang

Selaku penyewa atas lahan dan untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA. …………………….... ……………………………………………………………….

III.

Nama Alamat

: :

Selaku saksi dari pihak pemilik atau pemegang hak atas lahan dan untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK KETIGA. ………………………….. ………………………………………………………………..

IV.

Nama Alamat

: :

Selaku saksi dari pihak penyewa atas lahan dan untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEEMPAT.

Bahwa PIHAK KETIGA dan PIHAK KEEMPAT menjadi saksi dari perjanjian sewa menyewa lahan ini serta mengetahui dan memahami secara jelas mengenai kesepakatan yang terjadi antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA. Sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas. dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut : Pasal 1 PENYEWAAN LAHAN (1) PIHAK PERTAMA bersedia menyewakan lahan yang dimiliki dengan disertai salinan bukti kepemilikan lahan atau sertifikat lahan.… DESA ………………... b. PIHAK KETIGA dan PIHAK KEEMPAT yang selanjutnya disebut PARA PIHAK dan masing-masing disebut sebagai PIHAK menerangkan hal-hal sebagai berikut : a. . Bahwa PARA PIHAK memberikan jaminan terhadap legalitas dan keabsahan Surat Perjanjian sewa menyewa ini. (2) PIHAK KEDUA bersedia menyewa lahan yang dimiliki PIHAK PERTAMA dengan kondisi lahan seperti keadaan saat Surat Perjanjian ini dibuat dan sesuai salinan bukti kepemilikan lahan atau sertifikat lahan. PARA PIHAK sepakat dan menyetujui terhadap SURAT PERJANJIAN TENTANG SEWA MENYEWA LAHAN DI LOKASI DUSUN ………………. Bahwa PIHAK PERTAMA menyewakan lahan kepada PIHAK KEDUA.…KECAMATAN ………………. c.PIHAK PERTAMA. Bahwa masa penyewaan lahan dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA berlaku sejak ditandatanganinya perjanjian ini sampai dengan jangka waktu yang disepakati dalam perjanjian ini. (3) PIHAK KETIGA dan PIHAK KEEMPAT bersedia menjadi saksi terkait kesepakatan sewa menyewa antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA dan menjamin kebenaran dari perjanjian sewa menyewa dimaksud. d. PIHAK KEDUA.

bersamaan dengan penandatanganan Surat Perjanjian dengan dilengkapi kuitansi pembayaran. Salinan Kartu Tanda Penduduk PARA PIHAK.. yang selanjutnya akan dikelola oleh PIHAK KEDUA. (2) PIHAK KEDUA secara tunai membayarkan uang sewa lahan kepada PIHAK PERTAMA yang disepakati sebesar Rp. b. (2) Berkas-berkas tersebut Pasal 1 (satu) di atas menjadi lampiran yang tidak terpisahkan dari Surat Perjanjian ini. NILAI DAN JANGKA WAKTU SEWA MENYEWA (1) Lahan yang disewakan oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA meliputi lahan seluas ± ……………. maka PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA diharapkan telah melakukan pembahasan untuk melanjutkan perjanjian sesuai kesepakatan perpanjangan sewa menyewa baru atau mengakhiri perjanjian sesuai kesepakatan yang ada dalam Surat Perjanjian ini.. (4) Sebelum masa sewa lahan berakhir yaitu paling tidak 1 (satu) bulan sebelum tanggal ………………. dengan disaksikan oleh PIHAK KETIGA dan PIHAK KEEMPAT. maka Surat Perjanjian ini dilengkapi dengan lampiran berkas-berkas sebagai berikut : a. (3) Sewa menyewa lahan antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA disepakati selama 20 (Dua Puluh) tahun.…….. Salinan Bukti Kepemilikan atau Sertifikat Lahan yang dimiliki oleh PIHAK PERTAMA. yang mulai berlaku sejak ditandatanganinya Surat Perjanjian ini dan berakhir pada tanggal ………. …………………. Kuitansi pembayaran sewa lahan oleh PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA dengan nilai yang telah disepakati. Termasuk aset di atas lahan khususnya tanaman di atas lahan tersebut.Pasal 2 LINGKUP. .….……. c. Pasal 3 DATA DUKUNG PERJANJIAN SEWA MENYEWA (1) Untuk menjamin legalitas dan keabsahan dari kesepakatan sewa menyewa yang dilakukan oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.

maka PIHAK KEDUA tidak akan menerima pengembalian uang sewa yang telah diberikan kepada PIHAK PERTAMA dan selanjutnya PIHAK KEDUA harus segera menghapuskan seluruh aset di atas lahan khususnya tanaman atau bentuk aset lainnya yang ada di lahan dimaksud ketika Surat Perjanjian ini dibatalkan PIHAK KEDUA. (3) Apabila dalam masa perjanjian sewa menyewa PIHAK KEDUA membatalkan perjanjian ini dengan alasan tertentu dan disetujui oleh PIHAK PERTAMA. (4) PIHAK PERTAMA atau PIHAK KEDUA yang melakukan pembatalan secara sepihak perjanjian ini tanpa persetujuan dari PARA PIHAK. . maka PIHAK KEDUA tetap berhak melanjutkan pengelolaan lahan tersebut sampai berakhirnya jangka waktu yang disepakati dalam perjanjian ini. harus memberikan uang kompensasi sebesar 2 (dua) kali lipat dari nilai perjanjian sewa menyewa sesuai Pasal 2 (dua) ayat 2 (dua). (2) Apabila dalam masa perjanjian sewa menyewa PIHAK PERTAMA membatalkan perjanjian ini dengan alasan tertentu yang tidak terkait Ayat 1 (satu) di atas dan disetujui oleh PIHAK KEDUA. baik itu perpindahan tangan kepemilikan.Pasal 4 PENYELESAIAN MASALAH DALAM SEWA MENYEWA (1) Apabila dalam masa perjanjian sewa menyewa terjadi permasalahan yang berkaitan dengan masalah kepemilikan lahan. maka PIHAK PERTAMA harus mengembalikan secara utuh uang sewa yang telah diberikan oleh PIHAK KEDUA dan selanjutnya PIHAK KEDUA berhak memiliki dan segera melakukan penghapusan seluruh aset di atas lahan khususnya tanaman atau bentuk aset lainnya yang ada di lahan dimaksud ketika Surat Perjanjian ini dibatalkan oleh PIHAK PERTAMA. atau segala hal yang menyebabkan adanya perubahan data PIHAK PERTAMA.

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA ………………………. bermaterai cukup. dalam rangkap 2 (Dua) asli masing-masing untuk PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA. dimana masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama. Demikian Surat Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh PARA PIHAK pada hari dan tanggal sebagaimana tersebut di atas. EGA EFENDI PIHAK KETIGA PIHAK KEEMPAT ……………………………. ……………………………… . serta salinan untuk PIHAK KETIGA dan KEEMPAT. (2) Perjanjian ini berlaku sejak ditandatangani oleh PARA PIHAK.Pasal 5 PENUTUP (1) Perjanjian sewa menyewa ini berlaku selama 20 (Dua Puluh Tahun) dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful