SILABUS

Nama sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester SK
KOMPETENSI DASAR 5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) 5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

: : : : :

SD UMM Malang IPA 4 1 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
MATERI PEMBELAJARAN Makhluk Hidup dan Lingkungannya 1. Hubungan antar Makhluk Hidup a. Rantai Makanan b. Hubungan Khas Makhluk Hidup 1) Simbiosis Mutualisme 2) Simbiosis Parasitisme 3) Simbiosis Komensalisme 2. Hubungan Makhluk Hidup dengan Lingkungannya a. Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem 1) Ekosistem Alami 2) Ekosistem Buatan b. Perubahan Lingkungan dalam Ekosistem KEGIATAN PEMBELAJARAN 1. Siswa bekerja berkelompok untuk mengamati berbagai makhluk hidup dan proses makan-dimakan yang terjadi di lingkungan sekolah. 2. Dengan kegiatan kelompok siswa bermain puzzle untuk menetapkan macam simbiosis dan membuat rantai makanan 3. Siswa bekerja berkelompok untuk mencari contoh ekosistem alami dan buatan untuk menetapkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. 4. Siswa secara berkelompok membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan pada setiap contoh ekosistem 5. Secara berpasangan siswa PENILAIAN 1. ALOKASI SUMBER WAKTU BELAJAR Tes 4 X 35 1. Buku: tertulis menit Haryanto, (objektif (2 kali 2004. tes, pilihan pertemuan) Sains. ganda) Sains Hasil observasi untuk SD Hasil kerja Kelas kelompok 4.Jakarta: Hasil kerja Erlangga individu 2. Handout Penilaian karakter 3. GambarPenilaian gambar keterampil komponen an sosial ekosistem, dan simbiosis 4. Lembar Kerja Siswa (LKS)

INDIKATOR Kognitif 1. Menganalisis komponenkomponen berbagai ekosistem 2. Menganalisis rantai makanan dari beberapa ekosistem 3. Membedakan simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme. 4. Mendeskripsikan hubungan antara makkhluk hidup dengan lingkungannya. 5. Menganalisis perubahan lingkungan dalam ekosistem

2. 3. 4. 5. 6.

34

bersahabat/komunika si.KOMPETENSI DASAR INDIKATOR Karakter Mandiri. jujur. hati-hati. Keterampilan Sosial Toleransi. dan objektif. MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN menganalisis terjadinya ketidakseimbangan ekosistem dan mencari penyebabnya PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR 35 . disiplin.

Menetapkan jaring-jaring makanan dari beberapa ekosistem d. 4. 3. Melalui kerja kelompok siswa membuat rantai makanan dan simbiosis dari gambar yang disiapkan oleh guru dengan disiplin. 2. f. dan hati-hati untuk mendapatkan data komponen ekosistem di lingkungan sekolah. D. disiplin. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya B. Melakukan diskusi tentang rantai makanan melalui potongan gambar dengan bersahabat dan toleransi. Standar Kompetensi 5. bersahabat/komunikasi. hati-hati. dan objektif. Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. e. Membedakan simbiosis mutualisme. jujur. 3. meliputi: Mandiri. Menganalisis komponen-komponen berbagai ekosistem b. disiplin. Melakukan observasi lapang dengan objektif. parasitisme. Kompetensi Dasar 5. Keterampilan Sosial Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial. jujur.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) 5. Kognitif Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu: a. Menganalisis perubahan lingkungan dalam ekosistem 2. Membuat rantai makanan suatu ekosistem secara individu yang mandiri. dan komensalisme.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya C.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Matapelajaran Kelas/Semester Tahun Pelajaran Alokasi Waktu : SD UMM Malang : IPA : IV/1 : 2010/2011 : 2 x pertemuan (4 x 35 menit) A. Menganalisis rantai makanan dari beberapa ekosistem c. 36 . meliputi: Toleransi. Karakter Menunjukkan perilaku berkarakter. Indikator 1. Tujuan Pembelajaran 1.

kerja individu. Selanjutnya siswa diminta menyampaikan pendapatnya tentang penyebab merebaknya penyakit ini. Kegiatan Awal (15’) a. Hubungan antar Makhluk Hidup a. Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem 1) Ekosistem Alami 2) Ekosistem Buatan b. Guru menjelaskan pentingnya memahami konsep hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya sebagai motivasi belajar bagi siswa 2. Mendiskusikan hubungan makhluk hidup dan lingkungannya pada suatu ekosistem tertentu dengan bersahabat. Kegiatan Inti (50’) a. E. b. Guru hendaknya mengarahkan jawaban siswa pada banyaknya jumlah nyamuk. c. Guru menyampaikan kasus merebaknya penyakit demam berdarah yang seringkali dialami masyarakat Indonesia. disiplin. Siswa bekerja berkelompok untuk mengamati ekosistem yang ada di lingkungan kelas untuk mengidentifikasi berbagai makhluk hidup dalam sebuah ekosistem dan mengamati proses makan-dimakan yang terjadi. Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan. Hubungan Makhluk Hidup dengan Lingkungannya a. bermain gambar. ceramah. b. Hubungan Khas Makhluk Hidup 1) Simbiosis Mutualisme 2) Simbiosis Parasitisme 3) Simbiosis Komensalisme 2. Guru selalu memotivasi supaya siswa objektif. Metode Pembelajaran Pendekatan : Kooperatif dan lingkungan Metode : Observasi. Materi Pokok Makhluk Hidup dan Lingkungannya 1. Perubahan Lingkungan dalam Ekosistem F. Hasil kerja dipamerkan di kelas dan hasil beberapa kelompok dipresentasikan serta ditanggapi siswa yang lain. Langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama 1. b. 6. 37 . Diharapkan siswa dapat menanggapi presentasi dengan toleransi. kerja berpasangan.5. diskusi. Menganalisis ekosistem alami dan buatan melalui diskusi kelompok untuk menetapkan komponen-komponen yang ada di dalamnya serta dibuat rantai makanannya dengan bersahabat. tanyajawab. G. jujur. dan hati-hati.

Pekerjaan dipamerkan dan saling mengunjungi pekerjaan kelompok lain. Siswa bekerja berkelompok untuk mencari contoh ekosistem alami dan buatan untuk menetapkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. dan memotivasi untuk mencari solusi pemecahan masalah. 3. Pekerjaan dipamerkan dan saling mengunjungi pekerjaan kelompok lain. siswa dapat menyimpulkan macam-macam ekosistem. Hasilnya dikerjakan minggu berikutnya. Kegiatan Inti (60’) a. 38 . Dengan kegiatan kelompok siswa diberi potongan kertas yang berisi gambargambar makhluk hidup dalam suatu ekosistem dan ada gambar-gambar hubungan khusus makhluk hidup (simbiosis). b. b. Pertemuan Kedua 1. e.c. Dengan dipandu guru. serta berbagai simbiosis dan contohnya. d. Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas. Diharapkan siswa menghormati pekerjaan kelompok lain (toleransi). serta diminta untuk membuat rantai makanan dari potongan gambar. 2. Kegiatan Awal (10’) a. Kegiatan Penutup (5’) a. Guru menanyakan tentang kesulitan dalam mengerjakan tugas di rumah. dan diminta untuk menetapkan simbiosis yang mana pada masing-masing gambar. Dengan tugas kelompok ini diharapkan siswa dapat menemukan contoh berbagai rantai makanan dan contoh berbagai simbiosis. Pada saat ini diharapkan melatih siswa dalam karakter bersahabat dan toleransi. c. c. Siswa secara bergantian diminta untuk menyebutkan ekosistem yang ditemukan di rumah. Guru menjelaskan (memberi penguatan) tentang pengertian rantai makanan. Siswa secara berkelompok membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan pada setiap contoh ekosistem dengan mengembangkan karakter disiplin f. Pada saat ini diharapkan melatih siswa dalam karakter bersahabat dan toleransi. b. Pada saat ini diharapkan melatih siswa dalam karakter bersahabat dan toleransi. Hasil kerja diletakkan di tengah-tengah kelas untuk diperbandingkan hasil kerja antar kelompok dalam rangka mencari kesimpulan. jaring-jaring makanan dan contoh-contohnya. Sebagai tindak lanjut siswa diminta untuk mengembangkan rantai makanan dan jaring-jaring makanan dari ekosistem yang berbeda di rumah.

Secara berpasangan siswa diminta untuk menganalisis ketidakseimbangan ekosistem dan mencari penyebabnya. Penilaian 1. pilihan ganda) 2. 2. 195909031987032001 39 . terjadinya 3. Sains untuk SD Kelas 4. M.d. Kegiatan Penutup (10’) a. Hasil kerja individu 5. Sumber Belajar 1. Fauzan. Penilaian keterampilan sosial Mengetahui Kepala Sekolah SD UMM. Bersama dengan guru siswa menyimpulkan macam-macam ekosistem dan menyebutkan contoh-contoh komponennya. Lise Chamisijatin. Guru selalu memotivasi untuk terbentuknya siswa yang mandiri. NIP. 2004.Pd. Handout yang dibuat guru (terlampir). M.Jakarta: Erlangga halaman 59-80. Penilaian karakter 6. Tes tertulis (objektif tes. Hasil kerja kelompok 4.Pd NIP/NIK 10488090077 Dra. Hasil observasi 3. b. Guru Mata Pelajaran. Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk observasi dan diskusi (terlampir) I. Sains. Buku: Haryanto. H. dan simbiosis (terlampir) 4. hasilnya dikumpulkan minggu berikutnya. Sebagai tindak lanjut siswa diminta untuk menganalisis terjadinya ketidakseimbangan ekosistem dan mencari penyebabnya di rumah secara individu. 3. Gambar-gambar komponen ekosistem. Drs.

Parasitisme Simb.T I Tanah tidak subur/tidak dapat di Tanami (tandus) tumbuhan hijau ukuran kecil (fitoplankton) Ikan-ikan kecil Ikan-ikan sedang dan besar 40 .Lampiran 1. Tingkat I Kons.T I memakan Kon. Tingkat II Kons. Tingkat III memakan Kon. Komensalisme Pencemaran Lingkungan Contoh Air Udara Kebakaran Hutan Akibat Akibat Produsen Tanaman Hijau Penghasil Konsumen Pengurai Pemakai Pohon2 akan mati Hewan Akan Punah Merusak Saluran Pernafasan Terdiri dari Merusak Kehidupan di Air Kons.T II Dimakan Kon. Peta Konsep MAKHLUK HIDUP Memp hubungan dg dinamakan MAKHLUK HIDUP dan LINGKUNGANNYA Makhluk Hidup dinamakan Lingkungannya dinamakan Ekosistem Alami Hub antar Makhluk Hidup Membentuk k Rantai Makanan Terbagi atas Terbagi atas Hub Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Darat Terganggu oleh Buatan Hubungan Khas Simb. Uraian Materi A. Mutualisme Simb.

beberapa jamur. yang memakan konsumen sekunder dinamakan konsumen tersier. bakteri saprofit. 1. udang. Hubungan antar Makhluk Hidup Ekosistem terdiri dari faktor biotik (makhluk hidup) dan abiotik (benda mati). 41 . misalnya. yang memakan belalang (herbivor) disebut konsumen sekunder. Sedangkan di air terdapat rantai makanan sebagai berikut: Plakton dimakan udang − udang dimakan berudu ikan − berudu ikan dimakan ikan kecil − ikan kecil dimakan ikan yang lebih besar − ikan besar. dan ganggang biru. Termasuk dalam komponen ini misalnya hewan. Termasuk dalam kelompok ini adalah tumbuhan hijau yang dapat berfotosintesis. Karnivor seperti ular. Uraian Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri. Mereka membutuhkan interaksi (hubungan) dengan makhluk hidup lain dan lingkungannya. Konsumen atau pemakai adalah mahluk hidup yang memakan makanan yang dihasilkan produsen. Dalam ekosistem terdapat hubungan antar makhluk hidup dan makhluk hidup dengan lingkungannya. artinya dapat membuat makanannya sendiri dan dapat menyediakan makanan untuk makhluk hidup lain. dan pengurai. Tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya dinamakan ekosistem. Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan Dalam suatu ekosistem. a. Rantai makanan terdiri dari produsen. Contoh rantai makanan di darat adalah sebagai berikut: padi dimakan tikus − tikus dimakan ular − ular. ikan kecil. Ilmu yang mempelajari tentang hubungan mahluk hidup dengan lingkungannya disebut ekologi. Pengurai adalah mahluk hidup yang berfungsi merombak bahan organik menjadi molekul sederhana. Hubungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem membentuk jarringjaring makanan yang terdiri dari rantai makanan. konsumen. Karnivor seperti katak. Setiap organisme misalnya sapi atau belalang yang memakan langsung tumbuhan disebut herbivor atau konsumen primer. berbagai komponen mahluk di alam membentuk suatu rantai makanan. padi. dan plankton mati diuraikan oleh bakteri pengurai. dan tikus mati diuraikan oleh bakteri pengurai.B. Dan hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama dinamkan simbiosis. dan seterusnya. Produsen adalah penghasil.

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua atau lebih mahluk hidup berbeda jenis yang saling menguntungkan dan bersifat erat dan tidak tergantikan. Adapun simbiosis komensalisme adalah hubungan antara mahluk hidup berbeda jenis yang satu diuntungkan dan yang lainnya tidak dirugikan. 42 . simbiosis komensalisme. Simbiosis Parasitisme. bunga raflesia yang hidup di tumbuhan inangnya. Jaring-jaring makanan terjadi karena setiap jenis makhluk hidup tidak hanya memakan satu jenis makhluk hidup lainnya. kutu yang hidup di tubuh hewan.org/wiki/ekosistem Gambar 1: Rantai makanan Gambar 2: Jaring-jaring makanan Jaring .wikipwedia. misalnya hubungan bakteri nitrogen dengan tumbuhan kacang-kacangan. Hubungan Khas Makhluk Hidup Simbiosis adalah hidup bersama antara dua mahluk hidup yang berbeda. dan simbiosis parasitisme. yaitu hubungan antara dua atau lebih mahluk hidup berbeda jenis yang saling menguntungkan dan bersifat erat dan tidak tergantikan. misalnya benalu yang hidup menempel pada pohon jambu. sedang pihak yang lain dirugikan. b. Sebagai contoh simbiosis parasitisme. 1. yaitu hubungan antara mahluk hidup yang berbeda jenisnya yang merugikan salah satu pihak. kupu-kupu dengan tanaman berbunga.org/wiki/ekosistem Sumber: http://id. Sebagai contoh simbiosis mutualisme. Ada tiga macam simbiosis yang terkenal yakni simbiosis mutualisme.wikipwedia. kerbau dan burung jalak. Simbiosis Mutualisme. yaitu rantai-rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain sedemikian rupa sehingga membentuk seperti jaring-jaring.Konsumen tingkat 3 Karnivora Konsumen tingkat 2 Karnivor Konsumen tingkat 1 Herbivora Produsen Sumber: http://id.jaring makanan.Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara mahluk hidup yang berbeda jenisnya yang merugikan salah satu pihak. 2.

3. kebun jeruk. maka komponen atau anggota ekosistem ini diawasi manusia. yakni hutan. air.  Ekosistem Sungai: Sungai adalah suatu badan air yang mengalir ke satu arah. juga tergantung dari pemilik kebun. Ekosistem alami. Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem 1) Ekosistem Alami Yang termasuk ekosistem alami antara lain hutan. kolam. a. akuarium. Hal ini dimaksudkan manusia untuk mengendalikan ekosistem untuk kepentingan manusia. dan pohon buah yang lainnya. maka komponen utama adalah padi. buaya. Tanaman yang mengganggu kehidupan tanaman juga aka dibuang oleh pemiliknya. Anggota ekosistem kebun. dan masih banyak lagi. danau. nangka. sungai.  Ekosisten Sawah: Karena sawah merukan ekosistem buatan. 2. Misalnya kebun mangga. batu. Ekosistem sungai dihuni oleh hewan seperti ikan. Dan kebun tersebut akan diberi nama sesuai dengan tanamanan yang ada.  Ekosistem Kebun. kolam. Komponen utama tidak hidup yang ada adalah air sungai dingin dan jernih. Simbiosis Komensalisme. yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. harimau. danau. Sebagai contoh simbiosis komensalisme. dan akuarium. Benda tidak hidup yang ada antara lain tanah. rotan. laut. sedangkan rumput dan belalang akan dibasmi untuk kepentingan kehidupan padi. semut. rumput dan lain sebaginya. pohon jati. kebun. ular. mangga. Hewan yang ada pada kebun biasanya 43 . Contohnya adalah sawah yang ditanami padi. Ekosistem dibedakan menjadi dua golongan. laut  Ekosistem Hutan: Makhluk hidup yang ada di hutan antara lain rumput. Adapun ekosistem buatan. kebun rambutan. burung. Misalnya kebun ada yang ditanami pohon-pohonan seperti pohon rambutan. jangkrik. sehingga jumlahnya tidak banyak. monyet. kura-kura. jeruk dan lain sebagainya. Hewan yang ada antara lain ular. dan sebagainya. 2) Ekosistem Buatan Yang termasuk ekosistem buatan antara lain sawah. yaitu hubungan antara mahluk hidup berbeda jenis yang satu diuntungkan dan yang lainnya tidak dirugikan. yaitu tanaman yang ditanam di swah terhindar dari musuhnya. yakni sawah. dan padang pasir. misalnya Barnacle yang hidup melekat pada kulit ikan paus. dan lumba-lumba. misalnya benalu. Hubungan Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Ekosistem merupakan tempat saling memberi dan menerima antara mahluk hidup dengan lingkungannya. kebun. anggrek dengan pohon tempat hidupnya. Benda tidak hidup yang ada di swah antara lain tanah dan air.

2004. biasanya akuarium dilengkapi dengan alat sirkulasi udara. kebakaran hutan. Tetapi apabila salah satu komponen itu berubah. jangkrik. tanaman paku-pakuan. enceng gondok. Biologi Umum. Jakarta: Setia Purnama inves 44 . Misalnya kolam hias terdiri dari ikan. Karena ini juga merupakan ekosistem buatan. Misalnya.  semut. sedangkan benda tak hidupnya ada batu hias. dan lain sebaginya. Perubahan Lingkungan dalam Ekosistem Ekosistem akan tetap baik apabila rantai makanan pada ekosistem itu terjaga atau tidak terputus. misalnya ulat bulu akan dibasmi oleh pemilik kebun. dan lain-lain. 2010. bermacam-macam tanaman air. katak. ekosistem hutan akan tetap baik apabila pohon-pohon yang ada selalu ada karena pohon itu digunakan untuk makanan ulat. ular.Jakarta: Erlangga 2. teratai. Gramedia 3. jembatan. Kalau komponen tersebut tidak dikehendaki pemilik kolam. Sumarwoto. Perubahan bisa terjadi karena hilangnya salah satu komponen yang disebabkan oleh beberapa hal. Komponen yang mestinya ada di kolam antara lain. Untuk menambah udara. Haryanto. maka ekosistem akan mengalami perubahan. patung. penebangan hutan. Sains untuk SD Kelas 4. Jilid I Jakarta: PT. misalnya pencemaran lingkungan. burung. Ekosistem Akuarium: Sama dengan kolam hias. Sains untuk SD Kelas 4. Idjah dkk. Ulat pengganggu tanaman. anggota ekosistem akuarium tergantung jenis akuarium dan pemilik akuarium. Ekosistem Kolam: Anggota ekosistem kolam tergantung jenis kolam. Contoh makhluk hidup yang ada di akuarium adalah ikan hias. Artinya proses makan dimakan akan selalu ada. b. batu-batu hias. ulat. dan ulat akan dimakan burung. tentu saja anggota ekosistem tergantung pada yang membuatnya. Sulaeman. 1) Pencemaran 2) Penebangan Hutan 3) Kebakaran Hutan Daftar Pustaka 1. 1985. Dan komponen yang tidak hidup misalnya air. dan hiasan seperti patung. Sains. maka komponen tersebut juga tidak ada di kolam tersebut. M. dan lain sebaginya. Lebih Dekat Dengan Alam.

Buatlah rantai makanan (proses makan dimakan) dari makhluk hidup yang kamu temukan di ekosistem sekitar sekolah. 45 . Dari hasil kegiatan di atas diskusikan dalam kelompokmu. Tujuan : Membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan pada ekosistem di sekitar sekolah : 30 menit Waktu Langkah Kerja dan Pengamatan : 1. b. sawah Catatlah apa yang ada di sana dan tuliskan pada tabel di bawah ini! Makhluk Hidup Produsen Komponen Konsumen Tingkat 1 Tingkat 2 Pengurai Tingkat 3 3. Misalnya: kebun sekolah. Kerjakan dalam Kelompokmu selama 15 menit 2. Pergilah ke ekosistem yang ada di sekitar sekolahmu. Pertanyaan Diskusi: a. Rantai-rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain sedemikian rupa akan membentuk jaringjaring makanan. Jaring-jaring makanan terjadi karena setiap jenis makhluk hidup tidak hanya memakan satu jenis makhluk hidup lainnya. kolam. Buatlah juga jaring-jaring makanannya.Lampiran 2. LKS LKS Pengantar: Rantai makanan adalah proses makan dimakan.

Penggunaan Media Pembelajaran Jenis Media : Gambar makhluk hidup Tujuan : 1. Tempelkan potongan-potongan gambar hewan dan tumbuhan. Buat pula jaring-jaring makanannya.Lampiran 3. sehingga menjadi rantai makanan! 2. 46 . Menentukan jenis simbiosis dalam ekosistem Contoh Gambar 1: Catatan: Masih dapat dikembangkan dengan gambar-gambar yang lain Tugas: 1. Membuat rantai makanan berbagai ekosistem 2.

termasuk macam simbiosis yang mana pada gambar tersebut. 47 . Tempelkan potongan-potongan gambar hewan dan tumbuhan! 2. Tuliskan di bawah gambar.Contoh Gambar 2 Catatan: Masih dapat dikembangkan dengan gambar-gambar yang lain Tugas : 1.

Kucing dan burung 4. Anggrek dan benalu 6. Kerbau dan kutu c. ikan. kuda laut b. Mutualisme b. Jaring-jaring makanan d.. a. Benalu dan tali putri d. Anggrek dan pohon besar b. Ular dan burung d. burung dimakan harimau. kuda laut c. Rantai makanan c. Anggrek dan benalu 5. Benalu dan tumbuhan inang c. Keseimbangan 48 . Kerbau dan kutu b. Simbiosis komensalisme terjadi antara a. Anggota ekosistem sawah adalah a. Benalu dan tumbuhan inang d. Soal 1. tanah. Komensalisme d. Gambar di bawah adalah simbiosis……. Siklus kehidupan 3. air. tanah. harimau mati dihancurkan bakteri. Kerbau dan kutu b. Simbiosis mutualisme terjadi antara a. Rantai kehidupan b. Ikan hiu dan ikan remora 8. Makhluk hidup di bawah ini yang bersaing mendapat makanan adalah…. Benalu dan tali putri d.Lampiran 4. Kerbau dan kutu d. Ikan. tikus dan elang b. Kerbau dan burung jalak b. atau d. air. Kerbau dan burung jalak c. Hubungan yang saling menguntungkan terjadi antara… a. Kura-kura. Padi dimakan burung. Kadal. Kerbau dan burung jalak 7. Ikan hiu dan ikan remora c. Ulat dan belalang c. Urutan ini disebut………. ikan mujair. d. Air. ulat 2. Parasitisme c. padi. ikan. air. c. rumput. Lembar Penilaian Kognitif Perintah: Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan melingkari huruf a. a. b. Simbiosis parasitisme terjadi antara a. a.

Pohon jambu b. Pohon jambu b. Perhatikan gambar di bawah ini! c. Burung d. Pohon jambu b. Perhatikan gambar di bawah ini! Tetapkan mana yang termasuk produsen a. Bacteri Tetapkan mana yang termasuk konsumen tingkat 2 a. Ulat 10. Burung d.9. Perhatikan gambar di bawah ini! c. Ulat c. Bacteri 49 . Bacteri Tetapkan mana yang termasuk konsumen tingkat 2 a. Burung d. Ulat 11.

Jamur b.. Manusia d. Tidak merusak tanaman dan hewan d. 1-2-3-4 b. 1 a. Berkurang d. 2-1-3-4 d. Alam b. Memusnahkan hewan dan tumbuhan b. Perhatikan bagan rantai makanan berikut: Jika burung elang banyak yang mati. Urutan rantai makanan pada gambar di bawah yang benar adalah…. Tetap c. tumbuhan yang bersifat parasit pada tumbuhan lainnya adalah…. Membiarkan tanah gundul c. a. a. a. 4-1-2-3 2 3 c. Keseimbangan dapat terganggu oleh… a. maka populasi kelinci…. Lulut b. Berburu bebas 15. Selain benalu. Hewan-hewan liar c. Anggrek c. Meningkat b. Tindakan yang perlu dilakukan agar keseimbangan alam terpelihara adalah….12. Tali putri 16. Tidak berpengaruh 13. 3-2-4-1 4 14. Cuaca 50 .

udang. b. harimau 20. Gambar 1 dan 2 d. bandeng. ulat. Pohon jati. air. Tidak ada pada gambar 1 2 19. Parasitisme c. air.17. a. Gambar 1 b. burung. burung. Mutualisme d. Pohon jati. yang rantai makanan ada pada…………. batu. Perhatikan gambar di bawah ini. ulat. rumput laut d. air. Pohon jati. Gambar 2 c. a. Gambar di bawah ini menunjukkan simbiosis…… c. Pohon jati. Keseimbangan 51 . batu. Gambar 2 c. ular. ulat c. Gambar 1 b. Perhatikan gambar di bawah ini. tanah. tanah. harimau. ulat. tanah. Di bawah ini adalah ekosistem hutan Komponen apa saja yang seharusnya ada di hutan itu? a. kerang. batu. Gambar 1 dan 2 d. Tidak ada pada gambar 1 2 18. air. tanah. Komensalisme d. yang jarring-jaring makanan ada pada………….

3. Lembar Penilaian Karakter Format Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = Sangat baik C = Menunjukkan kemajuan B = Memuaskan D = Memerlukan perbaikan No 1. 1. 2. 4. …………………2011 Pengamat Lampiran 6. …………………. 4. Lembar Penilaian Keterampilan Sosial Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk: Untuk setiap keterampilan sosial siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = Sangat baik C = Menunjukkan kemajuan B = Memuaskan D = Memerlukan perbaikan Nama Siswa NIS Mandiri Perilaku Berkarakter Disiplin Hatihati Objektif Jujur No.. 2. dst Nama Siswa NIS Keterampilan Sosial Toleransi Bersahabat/Komunikasi …….. dst …….. 2011 Pengamat 52 .Lampiran 5... 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful