Bubut Eksentrik Membubut Eksentrik adalah suatu proses penyayatan logam yang

dikerjakan pada mesin bubut dengan sumbu putar benda kerja lebih dari satu .Eksentrik berfungsi untuk mengubah gerak berputar menjadi gerak lurus atau sebaliknya , Contoh: pada mesin sekrap, cranksaft mesin

Metode Pembuatan Eksentrik 1.Between center (bubut antar dua senter) 2.Chuck rahang empat 3.Collet & Face plate 4.Chuck rahang tiga 5.Face Plate

Pada proses pemesinan pekerjaan bubut eksentrik banyak sekali diaplikasi pada pembuatan komponen-kompoenen pemesinan yang hampir mirip dengan poros engkol.

Gbr. Pemasangan benda kerja bubut eksentrik

Pergeseran senter - Tentukan putaran mesin - Persiapkan pahat kasar, muka, dan pahat finishing - Kotak kunci (tool box) - Pemasangan benda kerja - Pemasangan dan penyetelan pahat bubut. Langkah Kerja: - Bubut permukaan benda kerja dengan pahat kasar mendekati diameter terbesar dan panjang yang diinginkan.
1

Kotak kunci (tool box) .Buat pergeseran senternya pada dua sisi penampang benda kerja 3) Membubut Eksentrik Membubut eksentrik tirus dapat dilaksanakan dengan beberapa cara.. .Pemasangan benda kerja .Persiapkan pahat kasar. dan pahat finishing .Bubut bagian muka benda kerja (dua muka) untuk menentukan sisi penandaan pergeseran senter. bubut eksentrik Langkah Kerja . muka.Tentukan putaran mesin . Gambar Gambar 14: Pemasangan benda kerja.Pemasangan dan penyetelan pahat bubut. .Buat pergeseran senternya pada dua sisi penampang benda Kerja Pemberian tanda untuk pergeseran senternya pada kedua sisi penampangnya 2 . Pergeseran senter Kerja persiapan. .Bubut bagian muka benda kerja (dua muka) untuk menentukan sisi penandaan pergeseran senter.Bubut permukaan benda kerja dengan pahat kasar mendekati diameter terbesar dan panjang yang diinginkan. .

Pemasangan dan penyetelan pahat bubut. muka.Pemasangan benda kerja .Tempatkan benda kerja dengan penjepitan dua senter .Periksa kebenaran dimensi poros eksentrik yang dibuat  Chuck empat (independent chuck) Kerja persiapan.Kotak kunci (tool box) .Ganti penjepitan benda kerja dengan senter yang kedua . Gambar 3 .Tentukan putaran mesin .Posisi senter A untuk pembubutan pertama Posisi senter B untuk pembubutan kedua . .Bubut diameter luar sampai dengan ukuran diameter terbesar yang diinginkan .Persiapkan pahat kasar.Bubut bagian eksentriknya . dan pahat finishing .

Gambar 15: Chuck kepala empat dan pemasangan benda kerja Langkah Kerja . atur sesuai posisi senter utama . gunakan pointer untuk membantu pergeserannya. .Bubut permukaan benda kerja dengan pahat kasar mendekati diameter terbesar dan panjang yang diinginkan.Atur benda kerja dengan merubah posisi penjepitan sesuai sumbu eksentriknya.Bubut benda kerja sesuai dimensi yang diinginkan .Buat pergeseran senternya pada satu sisi penampang benda kerja . Bubut bagian muka benda kerja (dua muka) untuk menentukan sisi penandaan pergeseran senter. .Tempatkan benda kerja pada chuck empat.Bubut bagian eksentriknya .Periksa kebenaran dimensi poros eksentrik yang dibuat 4 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful