You are on page 1of 3

Tujuan : Mengamati

perbedaan dari penggunaan cairan alcohol dan spiritus pada lampu teplok serta kesimpulannya.

Alat dan Bahan
1. Lampu teplok dengan ukuran sama terbuat dari kaleng sarden bekas. 2. Cairan Spiritus 83%-85% 3. Cairan Alkohol 95% 4. Korek api 5. Sumbu kompor ukuran kecil 6. Jam dinding

Cara Kerja
1. Pastikan sumbu sudah terpasang dengan benar di lampu teplok. 2. Masukkan masing-masing cairan ke dalam lampu teplok. (bedakan kedua lampu teplok untuk mempermudah pengamantan Anda)

Lampu teplok berwarna pink terisi cairan spiritus 83%-85%, sedangkan lampu teplok berwarna biru terisi cairan alcohol 95%.

3. Hidupkan api pada sumbu dengan korek api.

4. Hitung waktu sejak awal api menyala. Lihatlah dengan seksama, pengamatan apa yang dapat Anda simpulkan.

Hasil Pengamatan Kelompok kami :
LAPORAN HASIL PENGAMATAN LAMPU TEPLOK, dengan volume masing-masing bahan bakar sebanyak 50 miliiter.

Bahan Bakar
Alkohol 95%

Durasi waktu
1 jam 30 menit

Kekurangan
Durasi waktunya lebih singkat. Lebih cepat menguap.

Kelebihan
Nyala api lebih besar, lebih cepat diserap sumbu sehingga sangat mudah dihidupkan. Bau yang dihasilkan tidak terlalu menyengat. Durasi waktu lebih lama. Tidak menghasilkan asap hitam. Tidak cepat menguap.

Spiritus 83%85%

1 jam 50 menit

Nyala api tidak seterang lampu dengan bahan bakar alcohol. Bau yang dihasilkan lebih menyengat daripada alcohol (hanya sedikit). Kurang cepat diserap sumbu , sehingga perlu beberapa kali untuk menghidupkannya ( sekitar 2-3 kali saja ).

Catatan : Berdasarkan hasil pengamatan, lampu teplok dengan bahan spiritus lebih efisien daripada lampu teplok dengan bahan bakar alcohol. Bukti lain yaitu menurut saudara Rohmat yang menciptakan kompor dengan bahan bakar spiritus, menyebutkan, spiritus ini selain lebih efisien juga lebih hemat karena masih dapat ditambah air sebanyak 30%. Terobosan baru dibanding menggunakan minyak tanah yang selain boros tapi juga menghasilkan asap hitam yang sangat mengganggu ketenangan sekaligus penampilan.

CREATED BY GROUP IV GEXIDA PUTRI ANGGREYNI IKA SAFITRI RAHMAH KHAIRUNISA JHOSUA ADRIEL SMA NEGERI 2 PALANGKARAYA