MAKALAH MPKT A PERBEDAAN INDIVIDUAL

Disusun oleh : Christian Yudhistira/ Haqqyana/ M. Asprizal Hirsyam/ Luthfan Fauzan/ Prayogo Hartono/ Sri Dwi Aryani/

dan bertindak terhadap orang lain yang dihadapinya. Pengenalan dianggap penting dan memang harus dilakukan oleh setiap orang agar ia mampu mengenali sifat unggul dan kekurangan yang ada didalam dirinya. maka seseorang dapat semakin memperkaya sinergi positif yang ada pada dirinya. manusia sudah dipersiapkan untuk selalu berinteraksi dengan ciptaan lain yang ada di dunia ini. (T) Thinking / Feeling (F). Perbedaan tanggapan tersebut dapat didasarkan kepada perbedaan kepribadian yang dimiliki oleh setiap individu sejak semula. Dalam berinteraksi dengan manusia lain. Interaksinya dengan sesama manusia lain menjadi suatu kebutuhan dasar bagi seseorang manusia untuk dapat mengembangkan sifat alaminya dan membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.BAB I Pendahuluan 1. Hal inilah yang membuat setiap orang dapat dikatakan sebagai pribadi yang unik dan tidak dapat disamakan dengan manusia lainnya di dunia ini. setiap orang pasti dapat memberikan tanggapan yang berbeda-beda atas apa yang terjadi didalam lingkungan pergaulannya. dengan model metode yang digunakan adalah MyersBriggs Type Indicator (MBTI®). yaitu : 1. 3. 4. Seseorang tidak dapat langsung disebut memiliki salah satu dari dimensi perilaku tersebut.1 Latar Belakang Sejak semula penciptaan manusia di dunia ini. sehinga ia dapat menentukan usaha yang dapat digunakan untuk mengembangkan sifatnya tersebut. (E) Ekstraversion / Introversion (I). Salah satu dari teori tersebut adalah teori Myers-Briggs. Dalam usaha mengenal kepribadian seseorang. manusia dapat menimbulkan dinamika kehidupan yang khas didalam setiap interaksinya dengan manusia lain. Menurut MBTI. (J) Judging / Perceiving (P). namun seseorang . 2. Untuk itu dibutuhkan pengenalan dan usaha untuk mengembangkan kepribadian seseorang agar didalam seseorang berinteraksi dengan manusia lain ia dapat memahami bagaimana cara bersikap. namun juga tidak dapat dihindari dengan adanya dinamika tersebut maka semakin mempermudah terjadinya konflik antar individu yang saling berlawanan kepribadian. khususnya adalah manusia. kecenderungan perilaku seseorang dapat dikategorikan kedalam 4 dimensi. (S) Sensing / Intuition (N). Karena keunikannya tersebut. Dengan dinamika yang terjadi dalam pergaulannya. terdapat beberapa teori kepribadian yang dapat digunakan untuk memahami keanekaragaman setiap invidu.

Keberagaman kepribadian seseorang didalam suatu pergaulan hidup bukan menjadi suatu penghalang yang harus dikhawatirkan.mempermudah interaksi dengan orang lain 1.4 Manfaat Penelitian .memiliki seifat yang cendering mendekati salah satu dari dimensu perilaku tersebut dengan tingkatan tertentu.3 Tujuan Penelitian .2 Rumusan Masalah .penjelasan mengenai keempat dimensi perilaku .mengetahui perilaku yang ada didalam diri seseorang . namun kita harus dapat menganggap hal tersebut sebagai suatu batu loncatan untuk dapat memaksimalkan potensi yang ada didalam diri kita. 1.usaha yang dapat digunakan untuk dapat mengembangkan perilaku dirinya 1.komibasi perilaku yang ada didalam diri seseorang .

reflektif. Sebaliknya tipe introvert adalah mereka yang senang menyendiri. . Sensing adalah concrete thinkers. judgment dan sikap yang digunakan oleh setiap tipe yang berbeda dari individu. kecakapan. Aspek-Aspek Atau Dimensi-Dimensi yang di Ungkap Tes MBTI 1. dan melihat data apa adanya. Sensing memproses data dengan cara bersandar pada fakta yang konkrit. jadi teori (Jung) harus dimengerti untuk memahami MBTI. minat. Judgment melibatkan berbagai cara untuk menyimpulkan apa yang telah dipersepsikan individu tersebut. Extrovert (E) vs. Orang introvert lebih suka mengerjakan aktivitas yang tidak banyak menutut interaksi semisal membaca. Skala ini memperhatikan fungsi dasar manusia yaitu persepsi dan judgment yang selalu ada di perilaku manusia. factual facts. dan berfokus pada the world outside the self. orang-orang dan ide-ide. MBTI dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya yang bernama Isabel Briggs Myers (dari merekalah kemudian nama MBTI berasal) pada era Perang Dunia II untuk membantu para pencari kerja menemukan tipe pekerjaan yang paling cocok untuk mereka. ketrampilan. 4. Berdasarkan teori. Tujuan Tes MBTI Tujuan MBTI adalah untuk mengungkap kepribadian: arah. yang kemudian akan mengantar penjelasan tentang 16 tipe karakteristik kepribadian. nilai-nilai serta reaksi mereka. Kalau orang berbeda satu sama lain ketika mempersepsikan sesuatu juga ketika melakukan judgment. menyenangi interaksi sosial dengan orang lain. ada dinamika hubungan yang khusus antar skala. 2. Intuitive (N). dan tidak begitu suka bergaul dengan banyak orang. ataupun gaya komunikasi.1 MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) MBTI ini berdasarkan pemikiran C. 2. Persepsi adalah kemampuan psikologis individu untuk sadar pada hal-hal. menulis. Ekstrovert artinya tipe pribadi yang suka bergaul.BAB II Teori 2. dan berpikir secara imajinatif. kemampuan. 3. sehingga sangat bermanfaat untuk digunakan dalam hidup sehari-hari. Introvert (I). Deskripsi tipe-tipe ini dan teorinya sebenarnya dapat dijelaskan dalam kerangka perkembangan manusia seumur hidupnya. maka perbedaan ini juga mempengaruhi minat. Dirancang untuk mengimplementasikan teori.G Jung (1921-1971) mengenai persepsi. Tipe dikotomi kedua ini melihat bagaimana seseorang memproses data. Perbedaan Tes MBTI dengan Tes Inventori yang lain MBTI berbeda dengan instrumen mengenali tipe kepribadian lain dalam hal: 1. Sensing (S) vs. gaya kerja.

Silahkan lihat dibawah tipe keperibadian pada bagian interpreasi alat tes MBTI. atau dari dalam diri (introvert/I). kita akan disodori sejumlah pertanyaan yang pada intinya akan mengarahkan kita pada sisi mana kita berada untuk keempat dimensi di atas. dst). Feeling (F). Intutive adalah abstract thinkers. Introvert (I) misalnya. apakah berdasarkan pemikiran (thinking/T) atau perasaan (feeling/F). Bimbingan Konseling MBTI sangat berguna di dunia pendidikan dan pengembangan karier. Bagaimana seseorang membuat keputusan. Perceiving (P). Thinking (T) vs. adaptif. Karena terdapat empat dimensi. .Sementara tipe intuitive memproses data dengan melihat pola dan impresi. serta senantiasa berpikir dan bertindak secara sekuensial (tidak melompatlompat). Judging disini diartikan sebagai tipe orang yang selalu bertumpu pada rencana yang sistematis. Tipe dikotomi yang ketiga ini melihat bagaimana orang berproses mengambil keputusan. apakah melalui panca indra (sensing/S) atau imajinasi (intuiting/N). ada 4 dikotomi mengenai aspek-aspek yang mempengaruhi perilaku seseorang. 3. MBTI bisa digunakan sebagai panduan untuk memilih jurusan kuliah sampai dengan profesi yang cocok dengan kepribadian. Dalam tes MBTI. 2. Manfaat Tes MBTI 1. Thinking adalah mereka yang selalu menggunakan logika dan kekuatan analisa untuk mengambil keputusan. Dalam MBTI. Judging (J) vs. 2. apakah dengan menilai (judging/J) atau dengan memahami (perceiving/P). Tipe dikotomi yang terakhir ini ingin melihat derajat fleksibilitas seseorang. 4. Demikian juga untuk dimensi lainnya. Bagaimana seseorang mendapatkan informasi. Sementara tipe perceiving adalah mereka yang bersikap fleksibel. apakah dari luar diri (extravert/E). apakah kita cenderung berada pada sisi E atau I. ENFP. Bagaimana orientasi kehidupan seseorang. Sementara feeling adalah mereka yang melibatkan perasaan. 3. Judging disini bukan berarti judgemental (atau menghakimi). Bagaimana/dari mana seseorang memperoleh energi. Untuk dimensi Extrovert (E) vs. dan bertindak secara random untuk melihat beragam peluang yang muncul. 4. Pengembangan Diri Dengan MBTI kita bisa memahami kelebihan (Strength) diri kita sekaligus kelemahan (Weakness) yang ada pada diri sendiri. serta melihat berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. empati serta nilai-nilai yang diyakini ketika hendak mengambil keputusan. Kita bisa lebih fokus mengembangkan kelebihan kita sekaligus mencari cara memperbaiki sisi negatif kita. ISTJ. diantaranya: 1. maka kemungkinan kombinasinya menjadi 16 tipe : (ENTJ.

menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaiki kesalahannya.ENFP (Optimis) 12.ESTJ (Konservatif – Disiplin) 14. Dan juga dia ini ibarat orang yang suka bekerja di balik layar. Sanguinis (Pembicara) Tipe orang Sanguinis merupakan pribadi yang menyenangkan jadi tidak salah jika banyak orang yang menyukainya. ISTJ (Bertanggungjawab) 2. 3. Kita bisa lebih memahami dan menerima perbedaan. INTJ (Independen) 7. Akan tetapi tipe ini merupakan seorang teman yang setia. Tidak semua orang berfikir.ENFJ (Meyakinkan) 16.3. Jadi terimalah perbedaan yang ada. tidak terlalu ingin dirinya menjadi pusat perhatian. ISFP (Artistik) 5. tidak suka menghianati teman.ESFP (Murah Hati) 11. ISTP (Pragmatis) 4. INTP (Konseptual) 9. ide-idenya gila tetapi kreatif dan inovatif seperti ide-ide orang sukses.ESFJ (Harmonis) 15. punya kemauan kuat untuk meraih sesuatu yang .ENTP (Inovatif – Kreatif) 13. ISFJ (Setia) 3. INFP (Idealis) 8. ingin dirinya menjadi trend setter agar orang lain mengikuti jejaknya. Melankolis (Pemikir) Tipe orang Melankolis merupakan pribadi yang cerdas karena dia selalu berpikir langkah yang akan dambil dalam memecahkan masalah. INFJ (Reflektif) 6.2 Tipe Kepribadian Manusia Terdapat empat tipe kepribadian manusia menurut Florence Litteaur dalam bukunya ―Personality Plus‖. bersikap dan berperilaku seperti cara kita berperilaku. Keempat tipe kepribadian tersebut adalah : 1. Perasaannya sensitif. ingin merasa dirinya dikenal banyak orang. Koleris (Kuat) Tipe Koleris adalah tipe orang yang berjiwa pemimpin. Memahami Orang Lain dengan lebih baik MBTI membantu memperbaiki hubungan dan cara pandang kita terhadap orang lain. Interpretasi Tes MBTI 1. 2. ESTP (Spontan) 10. Akan tetapi pribadi Melankolis ini terlalu lama dalam mengambil keputusan karena dia selalu memikirkannya matang-matang agar dia mendapatkan segala sesuatunya itu sempurna. jika dia disakiti dia tidak akan mudah melupakannya.ENTJ (Pemimpin Alami) 2.

mampu bekerja dalam tekanan. Phlegmatis (Pengamat) Tipe Phlegmatis merupakan pribadi yang sabar dan yenang dalam menghadapi masalah. orang sibuk. tidak suka pertengkaran. menargetkan apa yang akan dicapai. biasanya aktif dalam suatu kegiatan. menyenangkan. pendiam. hati-hati dalam berucap kepada orang lain. .diinginkan. 4. emosinya tidak meluap-luap ketika dia bahagia atau sedih.

Bung Karno memerintah dengan dekrit. akhirnya.BAB III Data 1. Presiden Soekarno mengeluarkan Surat Perintah 11 Maret 1966 kepada Jenderal Soeharto. Sejak 1959 sampai 1966. Semua anggota DPRGR dan MPRS diangkat untuk mendukung program pemerintahannya yang lebih fokus pada bidang politik. Pemerintahan parlementer yang berpegang pada UUD Sementara. Ia mengangkat Jenderal Soeharto selaku Panglima Komando Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib) yang bertugas mengembalikan keamanan dan ketertiban. Masa Kepemimpinan Soekarno Soekarno memulai karirnya sebagai pemimpin organisasi pada usia 26 tahun. pada tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno bersama Muhammad Hatta berhasil memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia menandai berdirinya negara yang berdaulat. Pada saat itu beliau memimpin sebuah partai politik yaitu Partai Nasional Indonesia (PNI) yang mempunyai arah perjuangan kemerdekaan bagi Indonesia. mengumumkan dekrit 5 Juli 1959. Setelah pemerintahan berjalan di tangan bangsa Indonesia. Agama dan Komunis. dan persaingan di antara partai-partai politik. Pada fase kedua kepemimpinannya. Bung Karno berusaha keras menggiring partai-partai politik ke dalam ideologisasi NASAKOM— Nasional. membubarkan Badan Konstituante dan kembali ke UUD 1945. Sementara pemerintahan dengan metode parlementer. Soekarno menerapkan demokrasi terpimpin. Kepemimpinan Soekarno terus menerus berada di bawah tekanan militer Belanda yang ingin mengembalikan penjajahannya. Melihat Negara yang dipimpinnya berada di ambang perpecahan. kemandirian sebagai sebuah bangsa dan anti pejajahan. Tragedi pembunuhan tujuh jenderal Angkatan Darat tersebut menimbulkan situasi kekacauan di seluruh negeri dan menyebabkan kondisi politik dan keamanan hampir tak terkendali. Soekarno memimpin pemerintahan dan mengalami berbagai fase dalam pemerintahannya. 1959-1967. Menyadari kondisi tersebut. menafikan Pemilu dan mengangkat dirinya sebagai presiden seumur hidup. Sikap Soekarno sebagai pemimpin bangsa pada saat itu sangat menekankan pentingnya persatuan dalam nasionalisme. tepatnya 14 Juli 1927. Isinya. pemberontakan-pemberontakan bersenjata. juga jatuh-bangun dan bermunculan mosi tidak percaya. yang sempat dipraktekkan di Indonesia. serta dipenuhi kemelut politik dan keamanan. Fase pertama pemerintahan Presiden Soekarno (1945-1959) diwarnai semangat revolusioner. mengalami jatuh-bangun. . Soekarno dengan dukungan Angkatan Darat. kondisi ekonomi semakin kacau. Akibatnya.

serta menurunnya kualitas birokrasi Indonesia dan kualitas tentara karena terlalu sibuk berpolitik. Berakhirnya pemerintahan Soeharto diawali dengan serangan krisis moneter Asia pada pertengahan 1997. Banyak juga terjadi pelanggaran HAM serta semakin bertambahnya kesenjangan sosial antara si kaya dan si miski. Sehingga nilai rupiah semakin jatuh sedangkan inflasi meningkat tajam. Salah satu kebijakan pertama yang dilakukan Soeharto adalah mendaftarkan Indonesia untuk kembali menjadi anggota PBB. Masa Kepemimpinan Soeharto Pada 1968. Indonesia juga mengalami perkembangan GDP per kapita hingga lebih dari US$ 1000 pada 1996. dan dia kemudian dilantik kembali secara berturut-turut pada tahun 1973. terdapat beberapa kelemahan yang nantinya menjadi unsur kemunduran pemerintahan Soeharto. disertai kemarau terburuk semenjak 50 tahun terakhir. 1978. Hal ini disebabkan karena keturunan Tionghoa dianggap sebagai pendukung komunis.Soekarno. Kemudian Soeharto diangkat selaku Pejabat Presiden dan dikukuhkan oleh MPRS menjadi Presiden RI yang Kedua. Meskipun begitu. Presiden Soeharto memulai Orde Baru dengan secara dramatis mengubah kebijakan luar negeri dan dalam negeri dari yang ditempuh Soekarno pada akhir masa jabatannya. Hal ini menyebabkan harga bahan pokok dan komoditas ekspor jatuh di pasar dunia. pemerintahan Orde Baru juga sukses melakukan REPELITA (Rencana Pembagunan Lima Tahun). Kolusi. Maret 1968. dimintai pertanggungjawaban di dalam sidang istimewa MPRS tahun 1967. KB. Pada masa Orde Baru. pembangunan Indonesia yang tidak merata sehingga timbul kesenjangan pembangunan. Kelebihan sistem pemerintahan Orde Baru pimpinan Soeharto antara lain adalah suksesnya pelaksanaan swasembada pangan. 1983. 2. yang antara lain adalah maraknya KKN (Korupsi. warga keturunan Tionghoa juga dilarang berekspresi. Anggotanya bahkan seringkali dipilih dari kalangan militer. dan transmigrasi. DPR dan MPR tidak berfungsi secara efektif. khususnya mereka yang dekat dengan Soeharto. dan 1998. Orde Baru memilih perbaikan dan perkembangan ekonomi sebagai tujuan utamanya dan menempuh kebijakannya melalui struktur administratif yang didominasi militer namun dengan nasehat dari ahli ekonomi didikan Barat. Pidato pertanggungjawabannya ditolak. Sehingga warga keturunan dianggap sebagai warga negara asing dan kedudukannya berada di bawah warga pribumi. Sebagian lagi memilih untuk menghindari dunia politik karena khawatir akan keselamatan mereka. Selain itu. Nepotisme). setelah tragedi berdarah tersebut. Para . 1988. MPR secara resmi melantik Soeharto untuk masa jabatan 5 tahun sebagai presiden. Orang Tionghoa dijauhkan dari kehidupan politik praktis. 1993.

Selain menjadi sumber inspirasi pergerakan kemerdekaan. bertempramen meledak-ledak. Soekarno berorientasi pada ideologi yang mendasari negara atau suatu partai. beliau pernah menjadi panutan dan sumber inspirasi pergerakan kemerdekaan. J. Soekarno juga menjadi pelopor pergerakan melepas ketergantungan dari negara-negara Barat (Amerika dan Eropa). Berbagai gejolak di tanah air yang terjadi selama kepemimpinan Presiden Soekarno merupakan akibat dari adanya kebhinekaan dan pluralitas masyarakat Indonesia. bukan hanya bagi negara Indonesia saja. meminta pengunduran diri Soeharto. B. Presiden Soekarno Soekarno adalah bapak proklamator dan seorang orator ulung yang bisa membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia. ekonomi. Ir. dan kenegaraan. namun tidak jarang juga menunjukkan kelembutannya dan beliau juga menyukai keindahan. Habibie. antara lain DI/TII. tiga bulan setelah MPR melantiknya untuk masa bakti ketujuh. . sehingga sangat konsisten dan sangat fanatik. kemudian ditunjuk untuk menjadi presiden ketiga Indonesia. penuh daya tarik. tapi juga bagi bangsa-bangsa di benua Asia dan benua Afrika. Permesta dan yang belum terselesaikan sampai dengan saat ini adalah Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Gerakan Papua Merdeka (GPM). Soekarno banyak mengambil pelajaran dari orang-orang yang dikaguminya. penuh inisiatif dan inovatif serta kaya akan ide dan gagasan baru. nasionalisme. yang awalnya dipimpin para mahasiswa. Soekarno adalah pemimpin yang kharismatik. Sehingga pada puncak kepemimpinannya.demonstran. memiliki semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi persatuan dan kesatuan serta kemerdekaan bangsanya. Sukarno menyerahkan hidup dan matinya demi kesejahteraan Nusantara. Begitu pula pasca kemerdekaan. Beliau memiliki gaya kepemimpinan yang sangat populis. Sukarno banyak belajar ilmu politik. BAB IV Analisis Data 1. Soekarno berjuang sampai titik darah penghabisan dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Ir. Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Ir. Di tengah gejolak kemarahan massa yang meluas. Wakil Presiden. Serta ketidakpuasan yang muncul di masyarakat memunculkan gerakan-gerakan yang mengarah kepada disintegrasi bangsa melalui pemberontakan-pemberontakan yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dari Gajah Mada. Ia juga belajar cara penyampaian ideologi dari metode dakwah Sunan Kalijaga. Gaya kepemimpinan ini cocok untuk diterapkan pada era tersebut. Soekarno adalah kepercayaan pada dirinya yang kuat. misalnya. Rakyat menjadi orientasi utama dalam setiap kebijakannya. Sifat kepemimpinan yang juga menonjol dari Ir.

Tokoh-tokoh nasionalis anti-kolonialisme seperti inilah pencipta Asia pasca-kolonial. ―Jika seorang meninggalkan warisan yang benarbenar abadi. Presiden Soeharto Soeharto adalah sosok pemimpin yang mempunyai visi dan misi yang terorganisasi dengan baik. dan lain-lainnya. Dalam perjuangannya. Yang paling penting dari gaya kepemimpinannya adalah sikap keberaniannya. Dia memperhatikan asal-usul daerah. Dia sangat ruthless memecat dan minyingkirkan orang yang dia pandang tidak berguna atau tampil sebagai rival. Vietnam. pakaian. dan merasa dipangku ibu pertiwi‖. Soeharto tidak kenal teman. meliputi negeri-negeri seperti India. Soekarno termasuk sebagai tokoh nasionalis dan anti-kolonialisme yang pertama. Pemimpin semacam ini hanya mau memmikirkan tentang usaha peningkatan efisiensi pelaksanaan kerja. suku. Sukarno mengakomodasi seluruh lapisan masyarakat. Ini khususnya ada dalam dasawarsa l920-an dan 1930-an pada masa kolonialisme kelihatan kokoh secara alamiah dan legal di dunia. Bahkan ia pernah berkata. Keberanian itu tampak pula saat pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda. atau sekutu lama. Konsep Berdikari. Cina. detailis dan pandai dalam menggunakan kesempatan. sehingga soeharto lebih cenderung mmemusatkan perhatiannya ke bidang produksi. ciri kepemimpinan yang demikian ternyata mengarah pada figur sentral dan kultur individu. Sistem otoriter yang dijalankan Soeharto dalam masa pemerintahannya menggambarkan bahwa pemerintahan bagai dimonopoli agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Soeharto. Namun berdasarkan perjalanan sejarah kepemimpinannya. dan juga parta 2. Pembawaaannya formal dan tidak hangat dalam bergaul. Bahkan Sukarno mengatakan ―rakyat harus cukup makan. Ideologi Marhaenisme dan penggantinya.terutama kaum-kaum marjinal. tidak mempunyai atau hanya sedikit rasa tanggung jawabnya . Seorang pemimpin disebut sebagai pemimpin yang menjalankan tugasnya secara otokratis. pejabat-rakyat. Keberaniannya terlihat ketika ia menyerukan ajakan ―Ganyang Malaysia‖. Demua di matanya tidak ada perbedaan. Prinsip politik mempersatukan elite gaya Soekarno adalah "alle leden van de familie aan een eet-tafel" (semua anggota keluarga duduk bersama di satu meja makan). golongan. pendukung. Malaysia bertindak semena-mena terhadap rakyat Indonesia di perbatasan. Gaya kepemimpinan soeharto dinilai sangat otoriter. dibuat dan diorientasikan guna mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Soekarno memimpin bangsa dengan segenap hati dan jiwanya. baik di dalam negeri maupun untuk lingkup Asia. Target jangka pendek dan jangka panjangnya sangat jelas. tanpa memperhatikan hubungan dengan bawahannya. Pada saat itu. Mahir dalam strategi. hal itu pastilah hasil dari keberanian‖. kaya-miskin. hidup sejahtera. mereka harus memiliki visi kemasyarakatan dan visi tentang negara merdeka.

eksekutif. Semua usaha keras selama memimpin tercoreng dengan semakin merajalelanya korupsi di zaman pemerintahannya. unsur manusia sangat menonjol. Maka kondisi ekonomi yang di ikuti oleh etatisme corporatisme dan kronitisme yang kuat di jajaran pemerintahan orde baru membuat semakin jauh jarak si miskin dan si kaya. Idealnya. Pemerintahan Soeharto pada waktu itu seperti tidak ada pilihan lain. yaitu gaya kepemimpinan yang mampu menangkap peluang dan melihat tantangan sebagai sesuatu yang berdampak positif serta mempunyal visi yang jauh ke depan dan sadar akan perlunya langkah-langkah penyesuaian. sehingga seluruh potensi bangsa dapat bergerak serempak ke arah kemajuan bersama. pengoprasian sistem chek and balences telah melandasi proses demokrasi di dalam kepemimpinan Soeharto. Pemerintahan Soeharto yang di sebut Orde Baru memang mengambil alih kekuasaan dalam keadaan politik yang kacau. di Indonesia pun bentuk kehidupan demokrasi atau keotoriteran pemimpin ditentukan oleh interaksi dari ekonomi. Dengan perkataan lain. Dan gaya kepemimpinanya lebih menonjol otokratisnya. Dalam hal ini Soeharto telah mampu mengelaborasikan kekuatan militer dan birokrasi sebagai modal awal memandu kepemimpinan negara. kecuali mengubah dengan ekstrem fokus pembangunan di bidang ekonomi dengan cara yang luar biasa untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Dalam gaya kepemimpinan Pak Harto. ternyata telah membangun konglomerat elite baik di dalam istana maupun di luar istana. Karena itu. politik.pada orang-orang yang bekerja dalam organisasinya. terjadinya kecemburuan sosial merebak di mana-mana selama proses transformasi ekonomi berlangsung. yang secara makro sangat dipengaruhi oleh dialektika internasioanal. Soeharto tetap memperhatikan nasib rakyat Indonesia. pada akhirnya mengakibatkan partisipasi masyarakat dalam sistem pemerintahan dianggap lebih mengganggu proses pembangunan. Pemenuhan pembatasan kekuasaan lewat pembagian dan pemisahan kekuasaan di antara ketiga cabang pemerintahan (legislatif. termasuk ketidakpastian ekonomi rakyat karena harga yang meningkat pesat dan tidak terjangkau oleh daya beli rata-rata masyarakat luas. Setelah pertumbuhan ekonomi terjadi selama tiga dekade pembanguan jangka panjang. . sampai beberapa tahun kekuasaan beralih masalah ekonomi masih menjadi persoalan yang pelik. dan yudikatif). Bapak Presiden memiliki kemampuan luar biasa dalam mengelola sumberdaya manusia Indonesia. Landasan pembangunan ekonomi Soeharto. Akibat ketidakmampuan Soeharto melakukan pemerataan ekonomi. Secara tidak sadar Soeharto telah mengemas dengan apik. manajemen gaya Soeharto adalah manajemen sumberdaya manusia yang sangat handal penuh dengan intrik dan kontoversi. Di sisi lain. Gaya kepemimpinan Presiden Soeharto merupakan gabungan dari gaya kepemimpinan Proaktif-Ekstraktif dengan Adaptif-Antisipatif. demokrasi yang dikembangkan pada waktu itu memenuhi bagian terbesar standar universal. dan transformasi menuju industrialisasi. dan sosial. seperti pengambil alihan kekuasaan dari soekarno yang sampai saat sekarang masih menimbulkan pro kontra. Sebagaimana masyarakat di dunia pada umumnya.

antek asing. Ada benang merah yang sangat kuat dari gaya kepemimpinan Soeharto. tapi ada juga kemiripan sejarah. Ia mewarisi sebuah tradisi politik yang diwarnai penyeragaman. Melalui pendidikan politik terhadap berbagai elemen bangsa. Kejatuhan Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998. terlibat dalam serangkaian operasi militer penting melawan agresi Belanda dan perebutan Irian Barat (sekarang Papua). Adapun Indonesia adalah pemimpin negara-negara baru melawan para musuh itu. Soekarno berjuang secara intelektual dan membangun pondasi bangsa. menjadi kekuatan demokrasi yang lemah polititical leverage-nya. Soeharto juga melenyapkan unsur-unsur perbedaan yang berpotensi menimbulkan konflik dengan garis politiknya. Ada keberhasilan. banyak kalangan masyarakat sudah terhipnotis dengan gaya kepemimpinan Soeharto yang gemar membangun. ego partisan adalah ancaman bagi revolusi. dan berhasil mengejawantahkannya pada saat-saat terakhir pendudukan Jepang. misalnya. tiga belas tahun yang silam. Sebaliknya. dan menjaga stabilitas keamanan negara. Kemudian Soekarno mengidentifikasi musuh-musuhnya sebagai kelompok kontrarevolusi. nekolim (neo kolonialis dan imperialis baru). pada saat kekuasaan Soekarno melemah. Karier politik Soekarno. ia bubarkan Dewan Konstituante dan menunjuk dirinya sebagai sang pemandu demokrasi yang bergotong royong. giliran Soeharto membersihkan parlemen dari para pendukung Soekarno. Soeharto bergabung dengan barisan laskar Peta (Pembela Tanah Air). telah membuka lembaran baru kehidupan bangsa Indonesia. Dengan begitu Soeharto berjaya mengekalkan dirinya sebagai penafsir tunggal demokrasi Pancasila secara legal. Soekarno kecewa dengan demokrasi liberal yang menguatkan ego partisan. sedangkan perkataanya adalah sabda politik yang tegas dan keras. Soekarno berjaya membangun konsep keindonesiaan yang pada era Hindia Belanda kedengaran absurd. meminggirkan faksi-faksi yang menentangnya. Soekarno mengajak negaranegara terjajah menggalang kekuatan perlawanan. Dia. ada kegagalan. Tidak jarang perannya bak dewa. Perbedaan berarti pembangkangan. Soeharto mampu mengelola konflik secara konsisten dan meletakan kekuatan lain di luar dirinya sebagai asesoris belaka. Ada perbedaan. dan subversif. Perbandingan Antara Soekarno dan Soeharto Soekarno menjadikan Indonesia sebagai kekuatan regional yang dihormati. Soeharto meredakan ketegangan Asia Tenggara yang saling bertikai menjadi akur dalam ASEAN. Dia semakin populer pada saat pemerintahan Jepang memanfaatkan kepiawaiannya berpidato sebagai propagandis yang mengampanyekan Asia Raya. Soekarno ketika membubarkan Dewan Konstituante pada tahun 1959 beranggapan ―revolusi belum usai‖.Namun disisi lain dari pemerintahannya. . dan menempatkan orang-orang yang menyokongnya di parlemen. berawal dari kegerahan dirinya menyaksikan imperialisme Hindia Belanda. meskipun faktanya sistem yang ia ciptakan adalah sebuah kediktatoran. Baginya. Lantas. Soeharto menceburkan diri ke dunia politik dengan bermodalkan pengetahuan militernya. Soeharto menjadikan Indonesia negara yang dipandang secara ekonomi. umpamanya. Adapun karier Soeharto berawal di militer.

sedangkan infrastruktur rusak berat. Sampai-sampai Federasi Malaysia dan Singapura– karena cemas –kemudian menjalin kerja sama pertahanan dengan Selandia Baru. Soeharto berhasil menciptakan periode stabilitas sosial-ekonomi-politik yang panjang. Soeharto berhasil menyingkirkan lawanlawannya di tubuh angkatan bersenjata dan menguasai kepolisian. stadion Senayan. Soeharto memilih bekerja sama dengan kaum teknokrat yang berorientasi kapitalistis. Australia. Soekarno akhirnya jatuh karena kemelaratan rakyat yang kurang pangan. perbaikan ekonomi berlangsung. TVRI. Faksi militer yang menang dalam perebutan kekuasaan bukanlah kelompok yang setia kepadanya sehingga ia terguling. Semua dilakukan ketika ekonomi nasional morat-marit. Lantas diselenggarakanlah Pesta Olahraga Negara-negara Kekuatan Baru (Ganefo/Games for new emerging forces) sebagai tandingan Olimpiade. subversi. Meskipun eksploitatif dan memberikan keuntungan luar biasa kepada segelintir kroni (kapitalisme kroni). Soeharto mampu mengendalikan aparat yang mampu mengendalikan semua bentuk penolakan dan mengekalkan posisi penguasa tertinggi. Sebuah kondisi yang tidak berhasil dicapai Soekarno dalam masa 7 tahun kekuasaannya yang singkat (1959-1966). Soeharto yang cara berpikirnya strategis-realis melihat retorika Soekarno tidak membumi. Lantas ia meminta bantuan keuangan kepada negara-negara yang dalam pandangan Soekarno imperialiskolonialis baru. Soeharto jatuh karena harga-harga kebutuhan pokok membumbung tinggi tak . atau sektarian. dan melakukan konfrontasi dengan Malaysia. Sebaliknya. Sedangkan musuh baru yang diciptakan Soeharto untuk mengidentifikasi elemen-elemen pembangkangan adalah organisasi tanpa bentuk (OTB). garis politik mercusuar ini berhasil memasukkan Irian Barat dalam peta nasional dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara kuat secara militer di Asia Timur. tidak sesuai dengan kondisi nyata rakyat yang melarat. Namun. Slogan baru pada era Soeharto adalah pembangunan lepas landas. mbalelo dan kiri baru. Dengan kendali media massa yang ketat. Juga terhadap tokoh-tokoh kritis dan pembungkaman keras terhadap aksi ketidakpuasan warga di pelbagai pelosok negeri. memerangi Belanda di Irian Barat. Dengan demikian. dan Monumen Nasional (Monas). kedaerahan. Kelas menengah baru tumbuh dan berkembang pada awal era ini seiring dengan tampilnya konglomerasi yang dekat dengan Istana. papan. Soekarno juga memerintahkan pembangunan simpang susun Semanggi. Meskipun begitu. Soekarno ingin mengelola kemajemukan secara ideologis sambil membubarkan Partai Murba dan PSI. Soeharto mengelola pluralisme politik dengan asas tunggal dan melebur puluhan partai menjadi dua. Soekarno membangun persenjataan militer yang tangguh. dan Inggris (Five power defense agreement). Dengan mengendalikan militer secara opresif. Sebaliknya. Modal asing pun mengalir deras dengan nyaman pada era Soeharto. Kelemahan Soekarno secara politik adalah ia tidak mengendalikan militer secara penuh. gerakan pengacau keamanan (GPK). sandang. slogan-slogan ini berhasil meredam simpati massa terhadap gerakan-gerakan kritis. Soeharto bertanggung jawab atas kebrutalan aparat terhadap simpatisan Soekarno pada awal kekuasannya.Untuk menunjukkan supremasi Indonesia.

terkendali. Keduanya tidak sempurna. Soekarno dan Soeharto. Soeharto dijatuhkan oleh kelas menengah yang dibangunnya. tetapi mereka sangat berjasa bagi eksistensi bangsa Indonesia sampai saat ini dan perjalanan selanjutnya. suka atau tidak. tapi juga dicaci-maki. adalah bagian dari sejarah kita. Soekarno terjungkal oleh orang-orang yang ia percaya. BAB V Kesimpulan . Keduanya dipuji.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful