Tips dan Trik Jitu Lulus USM STIS Tahap-1

1. Tips dan Trik Menghadapi Ujian Matematika, English dan Pengetahuan Umum USM-STIS
Masuk STIS, merupakan idaman banyak pelajar Indonesia yang menginginkan masa depan yang baik (walau bukan hanya di STIS saja masa depan akan menjadi baik). Selain karena biaya kuliahnya yang gratis, juga akan diangkat sebagai CPNS (ikatan dinas) apabila sudah menyelesaikan studinya dengan baik di STIS. Agar tujuan ini tercapai, maka tidak sedikit pengorbanan yang harus diberikan untuk menggapainya. Adapun pengorbanan utama adalah waktu dan dana untuk melakukan persiapan USM STIS. Banyak siswa yang mengambil les tambahan di luar kegiatan sekolah untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USM STIS yang pesertanya adalah seluruh siswa di Indonesia. Pada tahun 2012 saja peserta USM STIS sekitar 28.000-an siswa dan yang diterima hanya tiga ratusan saja. Sungguh persaingan yang sangat ketat dan hebat. Berikut akan diberikan tips dan trik agar Anda dapat lulus dalam USM STIS, walaupun sebenarnya inti dari kelulusan adalah keseriusan dalam belajar dan berlatih (serta doa) dalam mengerjakan soalsoal USM STIS. USM-STIS terdiri dari 3 kategori seleksi, yaitu seleksi tahap pertama, yaitu tes bidang studi matematika, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum. Seleksi tahap kedua, yaitu tes psikotes dan wawancara, serta tes ketiga adalah tes kesehatan, yaitu dilakukannya pemeriksaan kesehatan untuk melihat apakah Anda sehat atau tidak. Berikut akan diberikan strategi jitu untuk dapat lulus pada tahap pertama, yaitu ujian mata pelajaran matematika, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum yang kesemuanya dikerjakan pada hari yang sama (1 hari) yang dimulai dari matematika, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum).

1.

Mata pelajaran matematika
Pada USM-STIS untuk pelajaran matematika, ada 26 jenis materi yang sering keluar dalam ujian, dan banyak soal yang muncul setiap materi sangat bervariasi. Tentang jumlah soal untuk setiap materi yang diujikan dapat Anda lihat pada buku “Buku Sakti” USM STIS yang sudah Anda miliki. Pada buku tersebut dapat Anda lihat materi apa soalnya yang paling banyak muncul setiap tahunnya. Trik yang harus Anda lakukan adalah membahas semua soal-soal matematika yang ada dengan terlebih dahulu menguasai teorinya dengan baik. Bahaslah soal latihan (USM-STIS tahun-tahun sebelumnya) yang Anda anggap yang paling mudah untuk dimengerti dan merupakan materi gampang (seperti persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, matriks, statistik, peluang, dan yang lainnya). Selain materi yang Anda rasa gampang, maka Anda juga sebaiknya harus benar-benar berusaha memahami soal-soal yang paling banyak dan sering muncul dalam USM-STIS matematika (misalnya materi: statistik, integral, turunan, matriks, dan yang lainnya). Jumlah soal matematika pada USMSTIS adalah 60 soal yang harus Anda kerjakan selama 90 menit (berarti 1 soal, Anda harus dapat menyelesaikannya dalam waktu 1,5 menit). Kerjakanlah soal-soal yang Anda yakin soal tersebut dapat mendatangkan nilai bagi Anda dan bukan mengurangi nilai. Setiap soal yang benar dikali tiga dan setiap soal yang salah dikurangi satu, sedangkan yang tidak dikerjakan mendapat nilai nol. Berikut total jumlah soal untuk setiap materi yang diujikan pada USM STIS mulai tahun 2007 hingga sekarang.

No.
1 PERSAMAAN KUADRAT

MATERI

TOTAL JUMLAH SOAL
12

statistik. jadi tugas Anda adalah hanya mengulang-ulang kembali semua materi yang ada secara terus-menerus. Untuk pelajaran matematika. Ini berarti untuk setiap soal Bahasa Inggris. matriks. maka yakinlah Anda akan mampu menyelesaikan semua soal dengan baik.2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 FUNGSI KUADRAT PERTIDAKSAMAAN GRADIEN PERSAMAAN GARIS LURUS (GPGL) PROGRAM LINIER FUNGSI KOMPOSISI FUNGSI INVERS (FKFI) PERSAMAAN BENTUK AKAR DAN FUNGSI EKSPONEN FUNGSI LOGARITMA MATRIKS TRIGONOMETRI LIMITS TURUNANAN (DIFFERENSIAL) BARISAN DAN DERET SUKU BANYAK DAN TEOREMA SISA (SBTS) LINGKARAN STATISTIK HIMPUNAN PELUANG LOGIKA BANGUN DATAR KECEPATAN DAN PERSEN BANGUN RUANG DIMENSI INTEGRAL VEKTOR TRANSFORMASI 3 11 16 10 10 19 23 20 4 21 10 22 23 12 8 4 25 12 24 5 6 7 6 31 6 5 Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa soal yang dominan keluar dan yang paling banyak adalah materi integral. Jangan pernah terlena (berlamalama) dalam mengerjakan sebuah soal. Anda diharapkan dari sekarang harus rajin membaca wacana/berita dan mengikuti informasi-informasi terbaru yang lagi trand di masa sekarang ini dan Anda harus mengerti dengan artinya dengan baik. Anda harus dapat menyelesaikannya dalam waktu 1 menit. Materi di “Buku Sakti” USM STIS yang sudah Anda miliki ini berisi semua materi yang sering diujikan dalam USM STIS. peluang. jika Anda benar-benar dapat menerapkan dan berlatih dengan ilmu yang Anda sudah kuasai. sehingga soal yang lain tidak sempat Anda kerjakan. Terkhusus materi wacana (reading) dan kosa kata (vocabulary). Materi yang diujikan dalam tes Bahasa Inggris ini adalah semua jenis materi yang sudah pernah Anda pelajari di sekolah dan bukan materi yang baru. limits. karena yang namanya ujian pastilah selain berpacu dengan penguasaan materi ilmu juga berpacu dengan waktu. 2. Dan demikian juga dengan soal-soal yang lain. yaitu Anda harus benar-benar dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Anda memang harus sering berlatih dan berlatih sehingga semua soal yang nantinya muncul dapat dengan cepat Anda menyelesaikannya. Anda harus benar-benar mempersiapkan diri untuk memahami dan mampu mengegerjakan soal-soal tersebut dengan baik. Jadi. Jadi. . persamaan. dan bentuk akar dan fungsi eksponen yaitu dua pulahan soal. turunan. Memang hal yang wajar. Mata Pelajaran Bahasa Inggris Selesai sesi mengerjakan soal matematika selama 90 menit. maka mata pelajaran berikutnya yang diujikan pada hari yang sama adalah pelajaran Bahasa Inggris yang juga terdiri dari 60 soal dengan waktu pengerjaan selama 60 menit.

Pancasila. Secara umum.3. bidang IPS (ekonomi. Jika dilihat dari soal-soal Pengetahuan Umum yang sudah pernah diujikan pada USM STIS. asal negara dari pesepak bola yang lagi terkenal di masa sekarang. Hal ini wajar saja. tes pengetahuan umum adalah tes yang menguji sejauh mana pengetahuan umum Anda terhadap sebuah bidang atau perkembangan ilmu teknologi. Materi tentang istilah-istilah dalam dunia komputer dan dunia internet serta pengertian dan perkembangannya. 4. hubungan Internasional) beserta pengertiannya. UUD. maka solusi yang dapat Anda lakukan adalah harus banyak “membaca dan mengikuti” semua perkembangan yang terjadi pada masa sekarang ini dan yang lalu. Jika kebetulan hal yang ditanyakan pernah Anda tahu dan sering Anda dengar. Materi tentang istilah-istilah pada bidang IPA (biologi. 5 detik sajapun bisa Anda jawab dengan mudah. untuk mengantisipasi soal-soal pengetahuan umum yang tidak jelas bentuk soalnya karena sangat acak. yaitu sejarah nasional bangsa dan kebudayaan. maka bisa saja Anda berspekulasi karena persen benarnya 50%. maka dapat disimpulkan materi yang harus Anda kuasai adalah sebagai berikut. kerjakanlah soal-soal yang Anda rasa paling mudah dan Anda yakini kebenarannya jika Anda kerjakan. maka tes terakhir yang dihadapi pada hari yang sama tersebut adalah tes Pengetahuan Umum. Dan banyak lagi macam-macam soal-soal pengetahuan umum yang mungkin saja diujikan pada saat USM STIS nantinya. Materi tentang perkembangan dunia olah raga. yang berarti Anda hanya mempunyai waktu untuk mengerjakan sebuah soal selama 0. Anda harus tahu nama pemain. maka jangankan 0. karena namanya pengetahuan umum tentunya pengetahuan yang sudah ada atau tidak ada yang tersimpan di dalam otak Anda. 2. 3. Sebagai contoh. Jadi. baik dalam negeri maupun luar negeri. fisika. Materi Pengetahuan Umum Selesai sesi ujian pelajaran Bahasa Inggris. 1. Jangan pernah berspekulasi dalam menjawab soal karena nantinya bisa mengurangi nilai Anda terkhusus pelajaran matematika.75 menit. jika keragu-raguan Anda hanya untuk dua pilihan. . 5. yaitu Anda harus membaca-baca kembali buku sejarah yang dulunya pernah Anda pelajari ketika di SMP atau SMA. geografi). Jadi. Untuk materi pengetahuan umum.75 menit. Tes Pengetahuan umum ini juga berjumlah 60 soal dengan waktu ujian 45 menit. kependudukan. Materi tentang sejarah. Sukses tidak akan dapat diraih jika tanpa usaha Soal tidak akan dapat dijawab jika tidak pernah dilatih Berlatih diiringi keyakinan akan mendatangkan sukses tiada henti Kita berhenti setelah tidak bisa lagi melakukan apapun.