GERHANA

A. GERHANA MATAHARI
Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak ratarata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: gerhana Matahari total, gerhana Matahari sebagian, dan gerhana Matahari cincin.Sebuah gerhana Matahari dikatakan sebagai gerhana total apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan

Ketika posisi kita digeser maka kita akan berada di area yang disebut penumbra di mana kita dapat melihat sedikit porsi Matahari yang terhalangi Bulan. ukuran kedua benda langit tersebut berukuran hampir sama sehingga piringan Matahari dapat benar-benar tertutup oleh Bulan dan langit menjadi benar-benar gelap. di mana hanya sebagian piringan Matahari yang tampak ditutupi Bulan seperti yang akan tampak besok dari Jayapura. Terjadinya gerhana dapat dianalogikan seperti peristiwa ketika ada sebuah benda a melintas di depan benda b sehingga menutupi si benda a. Garis tengah Matahari kurang lebih 400 kali garis tengah Bulan. Ketika gerhana Matahari. umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana bulan (salat khusuf) . biasanya Bulan sedang berada pada fase Bulan Baru dan peristiwa tertutupnya cahaya Matahari oleh Bulan ini disebut Gerhana Matahari. . Tapi. perlu diingat kalau jarak Bumi-Bulan jauh lebih dekat dibanding jarak Bumi-Matahari. maka pada prinsipnya kita dapat sedikit “mengintip” Matahari yang terhalangi Bulan dengan cara menggeser sedikit posisi kita. tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan.berada di depan piringan Matahari. Gerhana Matahari tidak dapat berlangsung melebihi 7 menit 40 detik. tidak setiap Bulan Baru terjadi gerhana Matahari karena orbit Bulan memiliki kemiringan 5º terhadap orbit Bumi. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan. ukuran Matahari relatif terhadap Bulan memiliki perbandingan yang kurang lebih sama. kira-kira setiap tahun dapat terjadi 1 atau 2 kali Gerhana Matahari Total. orang dilarang melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan. namun tidak semua bagian Bumi yang mengalami siang hari dapat melihat Gerhana Matahari. Ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Ketika gerhana bulan sedang berlangsung. Peristiwa ini disebut Gerhana Matahari Total. berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya. Jarak Bumi menuju Matahari kurang lebih 400 kali jarak Bumi-Bulan.Dalam interaksi Matahari-Bumi-Bulan. Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan. Dengan demikian. Daerah ini melihat apa yang dinamakan Gerhana Matahari Sebagian. Dan berdasarkan perhitungan. apabila dilihat dari Bumi. ada saat-saat ketika Bulan berada dalam satu garis lurus di antara Bumi dan Matahari dan menghalangi cahaya Matahari yang jatuh ke Bumi. Tapi.

Tujuh bulan kemudian. tapi hal itu hanya terjadi sesekali. retina akan melepas luapan zat kimia komunikasi yang dapat merusak retina. pada saat gerhana matahari. Pasifik. yang terjadi ketika cahaya yang amat terang dari matahari membanjiri retina di belakang bola mata. Penelitian pada 1999. tapi cahaya gerhana memang dapat merusak mata. Retina adalah rumah sel-sel fotoreseptor yang membuat kita bisa melihat. Namun. 20 pasien melaporkan nyeri pada mata. Kondisi itu dinamai dengan solar retinopathy. Lima di antaranya mengalami perubahan pada retinanya dan 40 orang mengalami gejala solar retinopathy. Sekte pemuja matahari juga menjadi korban. misalnya. 45 pasien solar retinopathy datang ke klinik di Leicester. Ada beberapa orang yang dapat melakukannya cukup lama tanpa mengalami sakit. Pada 1988. Kerusakan ini kerap tidak menyakitkan sehingga orang tidak menyadari apa yang mereka lakukan terhadap penglihatannya. 12 orang yang mengalami masalah penglihatan dapat melihat secara normal meski masih melihat bayangan berbentuk sabit dalam cahaya redup. Peringatan untuk tidak melihat gerhana secara langsung karena dapat membuat mata buta mungkin terlalu berlebihan. lebih banyak orang yang berisiko terkena penyakit ini. Dari kelompok yang mengalami gejala gangguan itu. setelah melihat gerhana. setelah fenomena gerhana matahari di Eropa.Mengapa Gerhana Matahari Bisa Membutakan? Penduduk di Amerika Serikat sebelah barat. ophthalmologist Italia merawat 66 orang yang menderita solar retinopathy setelah melakukan ritual memandang matahari. Ketika mereka menerima stimulasi cahaya matahari secara berlebihan. orang yang dalam pengaruh obat dan memandang matahari terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan serius pada matanya. . Solar retinopathy terjadi karena memandang matahari secara langsung. Inggris. bintang itu cukup redup untuk dilihat secara langsung dan refleks pelindung. seperti mengedip dan kontraksi pupil mata. kemungkinan tidak bekerja sekeras pada hari biasa. dan sebagian kawasan Asia memperoleh kesempatan untuk menyaksikan gerhana matahari parsial pada Ahad waktu setempat. Jurnal medis mencatat. 20 lainnya mengalami masalah penglihatan. Ketika matahari setengah tertutup bayangan bulan.

umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana bulan (salat khusuf) . akan diikuti dengan gerhana Matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara Matahari dengan bumi. yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika. Ini dikarenakan masih adanya sinar Matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dengan penjelasan lain. gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Sebenarnya. jika terjadi gerhana bulan. sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Ketika gerhana bulan sedang berlangsung. pada peristiwa gerhana bulan. ataupun coklat. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node. Itulah sebabnya pada saat gerhana bulan. seringkali bulan masih dapat terlihat. bulan akan tampak berwarna gelap.B. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°. Maka seharusnya.53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. bisa berwarna merah tembaga.maka tidak setiap oposisi bulan dengan Matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. jingga. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah.Gerhana bulan dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. GERHANA BULAN bulan terjadi saat sebagian atau Gerhana keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Bulan membutuhkan waktu 29.

Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra.  Gerhana bulan penumbra Pada gerhana ini. tidak seluruh bagian bulan terhalangi dari Matahari oleh bumi. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan bulan. seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra.Jenis-jenis gerhana bulan  Gerhana bulan total Pada gerhana ini. . Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram. bulan akan tepat berada pada daerah umbra.  Gerhana bulan sebagian Pada gerhana ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful