Sejarah perkembangan keperawatan di indonesia - Presentation Transcript Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia Oleh Muhammad Riduansyah, S. Kep.

, Ns Sejarah dan perkembangan keperawatan di Indonesia dimulai pada masa penjajahan belanda sampai pada masa kemerdekaan Masa penjajahan belanda perkembangan keperawatan di indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi. Pada masa pemerintahan kolonial belanda perawat berasal dari penduduk pribumi disebut sebagai Velpeger dengan dibantu oleh Zieken Oppaser sebagai penjaga rumah sakit. 1799 rumah sakit di dirikan oleh Binen Hospital dijakarta untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda. Dendels mendirikan rumah sakit di jakarta, surabaya dan semarang tapi tidak di ikuti perkembangan profesi keperawatan karena hanya untuk kepentingan belanda. 2. Masa Penjajahan Inggris (1812-1816) gubernur jendral Inggris ketika VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Berangkat dari semboyan “ kesehatan adalah milik manusia “ Pada tahun 1819 di dirikan RS Stadverband di glodok jakarta dan pada tahun 1919 di pindahkan ke Salemba yaitu RSCM. Tahun 1816-1942 berdiri Rumah sakit yaitu : RS ST. Boromeus di Bandung, RS Elizabeth di semarang dan berdiri sekolah2 perawat. 3. Zaman Penjajahan Jepang (1942-1945) pada masa ini perkembangan keperawatan mengalami kemunduran dan dunia keperawatan di indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatn dilakukan oleh orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit di ambil alih oleh jepang, akhirnya terjadi kekurangan obat sehingga timbul wabah. 4. Zaman kemerdekaan 1949 rumah sakit dan balai pengobatan mulai di dirikan 1952 di dirikan sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SMP 1962 di dirikan Akper Depkes di Jakarta Fakultas ilmu keperawatan (FIK) mulai bermunculan, 1985 di dirikan PSIK yang merupakan momentum kebangkitan keperawatan di indonesia.

Pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara Jepang. Kedua. Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksankan di Universitas Indonesia dengan nama program studi ilmu keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan maka . perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memeliharea kesehatan staf dan tentara Belanda sehingga pada akhirnya masa Belanda terbentuklah Dinas kesehatan dan masyarakat.slideshare.net/MuhammadRiduansyah/sejarah-perkembangan-keperawatan-di-indonesia Nama : Siti.1995 PSIK FK UI berubah menjadi FIK UI. UNHAS dll. Dalam perkembangan di Indonesia dibagi menjadi dua masa diantaranya : Pertama. membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan. belanda dan Inggris. UGM. pada masa itu negara Indonesia masih dalam penjajahan Belanda. masa sebelum kemerdekaan. kemudian diikuti rumah sakit milik swasta. masa setelah kemerdekaan. Mirnawati Nim : 09045 Kelas : 1 A Tugas individu Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia ? Sejarah perkembangan keperawaytan di Indonesia telah banyak dipengaruhi oleh kolonial poenjajah diantaranya Jepang. didirikan rumah sakit Stadsverband. kemudian pada tahun 1962 telah dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan diploma. kemudian pada tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke Salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM ( Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo). mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan motto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memlihara kesehatan diantaranya usaha pengadaan dan pencacaran secara umum. pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat. Thank’s for attention http://www. Beberapa rumah sakit dibangun khususnya di jakarta yaitu pada tahun 1819. kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di Undip. Kemudian pada masa penjajahan Inggris yaitu Rafless.

menjadi sebuah fakultas keperawatan yang beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Universitas di Indonesia seperti di Bnadung. Surabaya. pada masa pemerintahan kolonial belanda. perawat berasal dari penduduk pri bumi yang disebut Verpleger dengan dibantu Zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit.masa penjajahan belanda . . inggris.a 1). a.perawat tersebut pertama kali bekerja dirumah sakit Binnen Hospital jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda..sejarah perkembangan keperawatan di indonesia pada zaman penjajahan. Nama :Erlinawati Dasnung Nim : 09012 Kelas : 1. dll. dan jepang.... 16 Oktober 2009 08:29 Fitriyani mengatakan. perkembangan keperawatan di indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu saat penjajahan kolonial belanda. Yogyakarta. Setelah lokakarya pada tahun 1983 proses menjadikan diri profesional sudah mulai dirasakan dengan adanya proses pengakuan dari profesi lainnya. Nama : Fitriyani Nim : 09136 Kelas: 1 C 16 Oktober 2009 20:07 erlhy mengatakan.

Daendels mendirikan rumah sakit dijakarta. berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia. karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara belanda.ST boromeus di bandung. . bersamaan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat. kemunduran ini terlihat pada: . memyebabakan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di indonesia. beberapa penduduk lebih maju.elizabeth di semarang. tahun 1816-1942 berdiri rumah sakit-rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS. gubernur jenderal inggris ketika VOC berkuasayaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat.RS.cara perawatan pasien dengan ganguan jiwa. RS. tetapi tidak diikuti perkembangan keperawatan. seterlah pemerintahan kolonial kembali ke tangan belanda.Cipto mangunkusomo (RSCM).masa penjajahan jepang. b. surabaya. . ia melakukan berbagai upaya memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain: .pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara jepang.usaha pemerintahn kolonial belanda pada masa ini adalah membentuk dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat.pencacaran umum. c.PGI cikini jakarta.Stadsverband di glodok jakarta dan pada tahun 1919 di pindahkan ke salemba yaitu RS.masa penjajahan inggris.kesehatan para tahanan. dan semarang. pada tahun 1819 didirikan RS.

16 Oktober 2009 23:03 ochien_mutz mengatakan. tahun 1995 PSIK FK ui berubah status menjadi FK UI. UGM. . UNHAS dll. 2).pimpinan RS di ambil alih oleh orang-orang jepang.. tahun 1952 didirikan sekolah perawat dan sekolah perawat setingkat SMP. sejarah perkembangan keperawatan pada zaman kemerdekaan. pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu akper milik Departemen kesehatan di jakarta untuk memghasilkan perawat profesional pemula. pendirian fakultas ilmu keperawatan (FIK) mulai bermunculan. kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di undip . ..obat-obatan sangat kekurangan. tahun 1985didirikan PSIK ( program studi ilmu keperawatan )yang merupakan momentum kebangkitan keperawatandi indonesia..wabah penyakit terjadi dimana-mana.pekerjaan perawatdikerjakan oleh oranr-orang yang terdidik. . NAMA : ERWIN HASRUL NIM : 09134 .. nama : mutmainnah latief nim : 09 158 klas : 1c 17 Oktober 2009 22:49 eirichzon3 mengatakan.. tahun 1949 mulai adanya pembangunan di bidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan.

sehingga akhirnya pada masa belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara(military gezond herds dients)dan dinas kesehatan rakyat(Burgerlijke gezandherds dienst). . Usaha-usahanya dibidang kesehatan : . 1. perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit binnen hospital yang terletak di Jakarta pda tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda. Masa sebelum kemerdekaan Masa penjajahan belanda pada masa itu Negara Indonesia masih dalam penjajahan belanda.Memperhatikan kesehatan pada para tawanan Zaman penjajahan Jepang Menyebabkan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia.Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa . maka tidak diikuti perkembangan keperawatan. belanda.KELAS : 1 C Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia dari Masa Penjajahan Sampai Sekarang Perkembangan keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi oleh colonial penjajah diantaranya jepang. Mengingat tujuan pendirian rumah sakit hanya untuk kepentingan belanda. serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka.Pencacaran secara umum . Belanda juga mendirikan rumah sakit II Butten Hospital Zaman penjajahan Inggris Gubernur jendral Rafles sangat memperhatikan rakyat semboyan :Kesehatan adalah milik manusia. Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada à pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik. dan inggris. Dalam perkembangannya di Indonesia dibagi menjadi masa yaitu masa sebelum kemerdekaan dan masa setelah kemerdekaan.

Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP tahun 1962 mulai didirikan pendidikan keperawatan professional. 2.. Name :Susianti Nim :09055 Kelas:1. 17 Oktober 2009 22:49 susianti mengatakan. à Obat-obatan sangat kurang à Wabah penyakit terjadi dimana-mana. pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.à Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang. pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat. Zaman kemerdekaan Usaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn.A .. v Tahun 1962-sekarang Keperawatan mulai berkembang dengan pesat Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988 Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan. v Tahun 1962-sekarang Keperawatan mulai berkembang dengan pesat Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988 Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan.

...A 18 Oktober 2009 04:45 susianti mengatakan....A 18 Oktober 2009 04:50 rustam mengatakan. KONSEP DASAR KEPERAWATAN “sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia mulai dari zaman penjajahan sampai sekarang” DISUSUN OLEH : RUSTAM PAMUNGKAS NIM : 09044 KELAS : 1A .18 Oktober 2009 04:39 susianti mengatakan. NAMA :susianti NIM :09055 KELAS:1. Nama :Dasriani Nim :09009 Kelas:1.

pada masa itu Indonesia masih dalam penjajahan belanda.dan lain-lain. 18 Oktober 2009 19:49 .sehingga akhirnya pada masa Belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat.pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat.Yogyakarta.kemudian pad tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo).mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan moto kesehatan adalah milik manusiadan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memelihara kesehatan diantaranya usaha pengadaan pencacaran secara umum.kemudian diikuti rumah sakit swasta.Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran. Beberapa rumah sakit di bangun khususnya di Jakarta yaitu pada tahun 1819.maka tidak diikuti perkembangan dalam keperawatan.mebenai cara perawatnan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan.AKPER MUHAMMADIAH Makassar 2009 SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA MULAI DARI SAMAN PENJAJAH SAMPAI SEKARANG Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia telah banyak dipengaruih oleh kolonial penjajah diantarnya jepang.didirikan rumah sakit stadsverband.Pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara jepang.dalam perkembangannya di Indonesia di bagi menjadi dua di antaranya : Pertama.Surabaya.Perawat berasal dari Indonesia di sebut sebagai verpleger dengan di bantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit.belanda dan inggris.Mengingat tujuan pendirian rumah sakit hanya untuk kepentingan Belanda. masa sebelum kemerdekaan.masa setelah kemerdekaan . maka menjadi sebuah fakultas ilmu keperawatan dan beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 di berbagai Universitas di Indonesia seperti bandung. perawat tersebut pertama kali bekerja dirumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang di tugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda. kedua .Kemudian masa penjajahan inggris yaitu Rafless. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan dengan program studi ilmu keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnnya ilmu keperawatan. kemudian pada tahun 1962 telah dibuka pendidikan keperawatan setara dengan diploma.

Beberapa rumah sakit dibangun khususnya di Jakarta yaitu pada tahun 1819. membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan.. -Masa Kemerdekaan : .Nurwahidah. Nama : Nurwahidah. didirikan rumah sakit Stadsverband. Kemudian pada masa penjajahn Inggris yaitu Rafless.. AR NIM : 09040 KELAS : 1A SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN INDONESIA -Masa Penjajahan : Pada masa penjajahan Belanda. perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang di tugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda. sehingga akhirnya pada masa Belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat. AR mengatakan. mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan moto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memelihara kesehatan diantaranya usaha pengasaan pencacaran secara umum. kemudian pada tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke Salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM. perawat berasal dari Indonesia disebut verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit.

proses menjadikan diri professional sudah bmulai dirasakan dengan adanya proses pengakuan dari profesi lain.html . Setelah lokakarya pada tahun 1983.com/2009/10/tugas-sejarah-keperawatan-indonesia. Tahun 1985 dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana d Universitas Indonesia. Surabaya. http://lensaprofesi.Pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat.blogspot. pada tahun 1962 dibuka pendidikan keperawatan setara dengan diploma. Dengan perkembangan Ilmu Keperawatan. Yogyakarta. maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai universitas di Indonesia seperti di Bandung.dll.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful