Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Kangkung merupakan tanaman air, walau begitu kita dapat menanamnya di lahan kering seperti dihalaman rumah atau juga secara hidroponik. Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir1. Kangkung merupakan sejenis tumbuhan dan termasuk jenis sayur-sayuran serta di tanam sebagai makanan. Kangkung dapat dengan mudah didapat dipasar-pasar. Kangkung banyak dijumpai di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang bisa dijumpai hampir diseluruh kawasan terutama di kawasan berair.

Berikut ini adalah cara menanam kangkung hidroponik, menanam kangkung dengan cara hidroponik ini dapat anda lakukan di halaman rumah anda dan juga tidak memerlukan tanah yang luas. Bahan dan alat menanam kangkung hidroponik :
      

Bibit kangkung Sekam atau pasir Baskom atau pot 2 buah ( 1 pendek dan 1 tinggi ) Cutter untuk memotong styrofoam Pinset untuk mengambil bibit kangkung Air Styrofoam

Cara pembibitan kangkung untuk hidroponik : Siapkan satu buah baskom atau pot sebagai media tanam bibit. gunakan yang pendek Media tanam yang digunakan adalah sekam, biarkan sekam dalam keadaan basah dan tidak perlu dicuci. Bila anda ingin menggunakan pasir sebagai media tanam, maka pasir tersebut mesti dicuci terlebih dahulu seperti beras.

Gunakan yang tinggi.Buatlah baris baris pada sekam. Sumber Refferensi Wikipedia Photo Pelatihan Pertanian . Setelah 3 hari. buatlah lubang di styrofoam masing masing dengan ukuran diameter 1 cm untuk tempat menanam kangkung. jangan sampai bertumpuk tumpuk. Isikan baskom atau pot dengan air. beri jarak 2 cm dengan ukuran 1 cm. Jangan lupa selalu periksa ketersediaan air didalam baskom atau pot dan pastikan juga terbebas dari hama tanaman. Tutup kembali biji dengan sekam hingga semua biji tertutup dan tidak terlihat. jangan sempai penuh. pH air yang digunakan harus netral. Tebarkan biji kangkung kedalam baris baris pada sekam. Tanaman kangkung akan mulai terlihat dalam waktu 5 hari. jemur media tanam dibawah sinar matahari. Ambil styrofoam. Kangkung dapat di panen dalam waktu 25 hingga 30 hari sejak ditanam di media tanam kangkung Anda dapat menyiapkan media tanam sesuai dengan yang anda inginkan. Kangkung yang di hasilkan dapat anda jual sebagai usaha rumahan maupun anda sajikan pada keluarga tercinta sebagai sumber gizi. untuk media pembibitan cukup satu baskom atau pot saja. Masukan kedalam lubang styrofoam yang telah disediakan dalam baskom. Cara menanam kangkung hidroponik : Siapkan satu buah baskom atau pot sebagai media tanam kangkung. gunakanlah air sumur jangan air pam. potonglah sesuai ukuran baskom atau pot yang di gunakan. cuci terlebih dahulu akar kangkung dalam air dengan menggoyangkan secara perlahan akar dalam air. Letakan styrofoam diatas air dalam baskom atau pot Ambil bibit kangkung yang sudah berusia 5 hari dengan menggunakan pinset.

Imroatul Amaliyah (18) SMA NEGERI 16 SURABAYA TAHUN AJARAN 2011-2012 .Fajar Anisa Sakti (13) 2.Iklan by google http://www.com/pelatihan-pertanian/cara-menanam-kangkung-hidroponik TANAMAN HIDROPONIK KANGKUNG KELAS XI-IPA 2 Nama Kelompok : 1.ukmkecil.

Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar tanaman kangkung darat banyak ditanam penduduk untuk konsumsi keluarga maupun untuk dijual ke pasar. rawa atau parit-parit. karena banyak peminatnya. juga di Irian Jaya di Kecamatan Muting Kabupaten Merauke kangkung merupakan lumbung hidup sehari-hari. Sentra Penanaman Kangkung banyak ditanam di Pulau Jawa khususnya di Jawa Barat.Kangkung ( Ipomoea reptans ) 1. yaitu Kangkung Darat yang disebut Kangkung Cina dan Kangkung Air yang tumbuh secara alami di sawah. Cara Menanam Kangkung Hidroponik . Indonesia. Water convovulus. Kangkung disebut juga Swamp cabbage. Berasal dari India yang kemudian menyebar ke Malaysia. Burma. China Selatan Australia dan bagian negara Afrika. I. Sejarah Singkat Kangkung tergolong sayur yang sangat populer. Kedudukan tanaman kangkung dalam sistematika tumbuh-tumbuhan diklasifikasikan ke dalam: a) Divisio : Spermatophyta b) Sub-divisio : Angiospermae c) Kelas : Dicotyledonae d) Famili : Convolvulaceae e) Genus : Ipomoea f) Species : Ipomoea reptans Kangkung merupakan tanaman yang tumbuh cepat yang memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih. II. III. Kangkung yang dikenal dengan nama Latin Ipomoea reptans terdiri dari 2 (dua) varietas. 1. Water spinach. IV. 1. 1. Jenis Tanaman Kangkung termasuk suku Convolvulaceae (keluarga kangkung-kangkungan).

Untuk menanam kangkung hidroponik. dan styrofoam. dan tebarkan di atas sekam. sekam. Sesudah itu tutup kembali biji dengan sekam hingga biji tak terlihat. sumpitus. Kangkung darat atau kangkung cabut biasa ditanam dari biji dan setelah cukup umur akan dipanen dengan cara mencabut. V. cukup siapkan sekam dalam kondisi basah. buatlah garis-garis sebesar 1 cm pada sekam dengan jarak masing-masing garis sebesar 2 cm. anda bisa memotongnya dan kangkung akan tumbuh kembali untuk dipanen lagi saat sudah masa panen. pasir tersebut harus Anda cuci terlebih dulu. Sekam ini tak perlu dicuci. spons sesuai ukuran nampan. Yang penting diperhatikan lahan harus cukup gembur dan subur. Ambillah 5 batang kangkung dan usahakan agar akarnya tidak putus. Pertama-tama. sediakanlah bibit tanaman kangkung. air. Langkah selanjutnya. Selanjutnya. Tanaman hidroponik yang akan kita tanam adalah kangkung. tanamlah kangkung ke dalam lubang styrofoam. Tanaman kangkung darat dapat dibudidayakan pada areal persawahan atau lahan di pekarangan yang tidak terpakai. Anda pasti dapat melakukannya. Biji harus disebar sendiri-sendiri secara berbaris. tidak perlu khawatir. Seminggu kemudian tanaman kangkung yang mulai tumbuh. jangan sampai ada biji yang bertumpuk. Lalu ambil biji kangkung.Menanam tanaman hidroponik tidaklah susah. cutter. Untuk memulai budidaya kangkung darat yang perlu dipersiapkan adalah lahan untuk menanam. Karena dianggap hal yang biasa maka tidak banyak yang melirik potensi bisnis kangkung. media tanam yang dipakai adalah sekam. lakukanlah langkah-langkah berikut. Anda juga bisa menanam dengan media pasir. pinset. . karena proses penanaman dan perawatannya mudah. Cucilah pasir dengan cara yang sama seperti saat mencuci beras. Alat dan bahannya pun mudah didapat. Jika Anda ingin menggunakan pasir. Kangkung akan dapat dipanen setelah usianya 25–30 hari. jemurlah benih kangkung ini di bawah sinar matahari. Jadi tidak harus selalu invest membeli benih lagi. Berbagai masakan dari sayur yang satu ini kerap menghiasi hidangan di rumah makan atau di rumah-rumah. Setelah 3 hari. Segarnya Budidaya Kangkung Darat Tidak asing lagi kangkung telah menjadi sayuran yang sudah biasa menjadi santapan sehari-hari. Bersihkan akarnya dengan cara direndam dalam air. Kangkung yang kedua ini sering pula disebut dengan kangkung cabut. Pada dasarnya ada dua jenis sayuran kangkung yang saat ini diperjual belikan yaitu kangkung air dan kangkung darat. Meski namanya kangkung cabut namun anda tidak harus mencabut kangkung satu persatu. Jika semua alat dan bahan sudah tersedia. nampan plastik sebanyak 2 buah (pendek dan tinggi). anda bisa mencoba budidaya Kangkung darat atau kangkung cabut. Jika anda berminat dalam bisnis budidaya kangkung namun tidak memiliki lahan perairan.

spons sesuai ukuran nampan. Selain itu perlu diwaspadai hama yang sering menyerang tanaman kangkung yaitu belalang dan ulat. Pemanenan bisa dilakukan dengan mencabut atau memotong batang kangkung. pinset. Anda hanya perlu menyirami tanaman kangkung jika kurang air karena pada dasarnya tanaman kangkung memerlukan cukup banyak air. sekam. Jika tidak ada pupuk kandang bisa menggunakan pupuk kimia. Alat dan bahannya pun mudah didapat. Anda pasti dapat melakukannya. Biji Kangkung darat bisa anda dapatkan pada toko-toko pertanian. sediakanlah bibit tanaman kangkung. karena proses penanaman dan perawatannya mudah. Perawatan budidaya kangkung darat atau kangkung cabut ini relatif mudah. sumpitus. 06 Maret 2011 08:45 Hits : 8822 Menanam tanaman hidroponik tidaklah susah. air.net/artikel_detail-5407. Pertama-tama.siswa-indonesia. lebih baik lagi insektisida organik http://fajar_annisa_sakti. jika anda telaten bisa diatur agar pola penyebaran biji kangkung merata dan tidak saling berhimpitan. Yang penting diperhatikan adalah pemberian pupuk tambahan setelah masa panen karena akan menunjang pertumbuhan sayuran kangkung secara lebih baik. Setelah lahan siap tebarkan biji kangkung darat pada lahan.Tambahkan pupuk kandang pada lahan untuk menambah kesuburan tanah. nampan plastik sebanyak 2 buah (pendek dan tinggi). Setelah biji kangkung ditebarkan. dan styrofoam. tetapi pupuk kandang lebih baik dan ideal. Tunggu hingga potongan batang kangkung tumbuh kembai dan siap dipanen. Cara mengatasinya bisa disemprotkan insektisida. Hingga usia kurang lebih 25 hari kangkung darat sudah bisa dipanen dan dipasarkan. upayakan tanah dalam kondisi lembab dengan menyiram air secara berkala jika tidak sedang musim penghujan. cutter. Tanaman hidroponik yang akan kita tanam adalah kangkung. Pada usia 3-4 hari biji kangkung darat akan mulai tumbuh menjadi kecambah dan perlahan-lahan bertambah ukurannya.html Mudahnya Menanam Kangkung Hidroponik Minggu. .

Lalu ambil biji kangkung. Jadi.html erapa buget belanja sayuran Anda dalam sehari? Nah. Setelah 3 hari. Lalu. Bahkan. Kalimat. cukup siapkan sekam dalam kondisi basah. Ada cara menanam yang lebih praktis. Biji harus disebar sendiri-sendiri secara berbaris. jika ingin usaha skala besar. mari kita awali hidup sehat dari rumah. Anda juga bisa menanam dengan media pasir. Jika Anda ingin menggunakan pasir. Sekam ini tak perlu dicuci. bayam. tanamlah kangkung ke dalam lubang styrofoam. kualitasnya juga bagus karena bebas pestisida. caisim. dan yang penting bisa hemat. pasir tersebut harus Anda cuci terlebih dulu. jangan sampai ada biji yang bertumpuk. (*/Tabloidnova) http://www. Bersihkan akarnya dengan cara direndam dalam air. Banyak sekali kelebihan dari bertanam hidroponik. dan sumpit. spons. sudah seharusnya kita tidak mengonsumsi makanan yang tidak baik. bisa dibuat rancangan wadah plastik atau pralon bertingkat sehingga bisa menghasilkan lebih banyak sayuran yang ditanam. bisa menggunakan botol bekas air mineral dan pralon bisa dirancang untuk bertanam hidroponik. . bisa cabai. Bahkan jika Anda mau bisa dijadikan lahan binis. jemurlah benih kangkung ini di bawah sinar matahari. kenapa tidak mencoba menanam sendiri. sehat itu mahal. jemur di bawah sinar matahari selama seminggu untuk kemudian ditanam dalam styrofoam. untuk merangsang munculnya benih. Cukup siapkan nampan plastik. Seminggu kemudian tanaman kangkung yang mulai tumbuh. tak perlu halaman luas dan modal besar.com/bisnis/properti/6930-mudahnya-menanam-kangkunghidroponik. Tinggal pilih. pinset. Setelah bibit berupa biji ditanam. Sesudah itu tutup kembali biji dengan sekam hingga biji tak terlihat. Kangkung akan dapat dipanen setelah usianya 25–30 hari.ciputraentrepreneurship. lakukanlah langkah-langkah berikut. Jadi.Jika semua alat dan bahan sudah tersedia. memang benar adanya. Beragam sayuran pun bisa ditanam. Langkah selanjutnya. dan tebarkan di atas sekam. Modal yang diperlukan hanya nampan plstik. Dan mulailah mengonsumsi makanan sehat yang bisa berasal dari halaman sendiri. orang yang tinggal di apartemen pun bisa bercocok tanam dengan cara ini. kacang panjang. Untuk bertanam hidroponik. Ambillah 5 batang kangkung dan usahakan agar akarnya tidak putus. media tanam yang dipakai adalah sekam. Selanjutnya. buatlah garis-garis sebesar 1 cm pada sekam dengan jarak masing-masing garis sebesar 2 cm. Agar lebih hemat tempat. atau terung. diamkan selama 3 hari dalam kondisi gelap dan lembap. Nah. Untuk menanam kangkung hidroponik. Cucilah pasir dengan cara yang sama seperti saat mencuci beras. kangkung. Selain cepat tumbuh. “ Proses bertanam hidroponik sangat mudah dan bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga di rumah.

Sumber: http://www.Sayur ini bisa dipanen setelah 1 bulan. Setia memaparkan. gunakan benih yang tingkat germinasinya diatas 80%. untuk skala konsumsi keluarga. Rockwool sangat praktis karena memiliki daya serap air yang tinggi dan steril. Untuk kangkung malah bisa ditanam 2-3 kali. modal awalnya yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 50 ribu. Media semai yang baik dan umum digunakan adalah rockwool. Selamat mencoba.ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/nasional/wanita/9762-bisnissayuran-hidroponik-ibu-rumah-tangga. Penyemaian Benih Semai benih pada tray atau wadah semai. Jika benih telah cukup umur pindahan ke media tanam .html Tahapan Cara menanam hidroponik 1.

Tempatkan media tanam pada wadah yang diinginkan seperti pot atau kaleng bekas. Penyiapan media tanam Gunakan media tanam yang poros bisa campuran sekam bakar dan pasir kerikil. .2. atau campuran rockwool dan pasir kerikil.

Sumbu (bisa dari kapas.3. drum bekas. Pemberian nutrisi bisa dengan cara siram manual pagi dan sore hari. cocopeat. Sumber: http://carahidroponik.blogspot. pembersihan gulma dll. Cara menanam hidroponik dapat dilakukan dimana saja contohnya di halaman rumah anda. wadahnya pun bisa menggunakan apa saja pot.com/2012/06/cara-menanam-hidroponik-sederhanadi.html http://detikriau. Pemberian Nutrisi Gunakan nutrisi hidroponik yang tepat. Hidroponik merupakan cara atau teknik bercocok tanam dengan menggunakan media tanam non tanah atau selain tanah. Teknik wick ini adalah salah satu teknik hidroponik sederhana. kaleng bekas cat atau bahkan botol mineral bekas. pasir kerikil rockwool dan lan-lain.org/2013/01/05/menanam-sayuran-hidroponik-untuk-ibu-rumah-tangga/ Tulisan kali ini berisi informasi cara menanam hidroponik yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah anda. Anda bisa meracik sendiri atau membeli nutrisi hidroponik di pasaran. . pemberian nutrisi dalam cara menanam hidroponik sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. 4. sumbu kompor atau kain bekas) akan mengalirkan nutrisi ke seluruh bagian tanaman. atau jika anda ingin lebih praktis anda bisa mencoba cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu atau wick silahkan cek pada gambar. Perawatan Perawatan pada sistem hidropinik pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan pada penanaman sistem konvensional seperti pemangkasan. Media tanaman hidroponik dapat berupa sekam bakar.

Hal yang harus diperhatikan dalam cara menanam hidroponik adalah media tanam dan nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik. kangkung. Rockwool sangat praktis karena memiliki daya serap air yang tinggi dan steril. kemangi dan lain sebangainya. seledri. Pastikan media tanam cukup poros sehingga air dan nutrisi dapat di serap oleh akar tanaman tapi juga cukup kokoh untuk menopang tanaman hidroponik. karena banyak manfaatnya diantaranya hemat tempat dan ramah lingkungan. Jika benih telah cukup umur pindahan ke media tanam Media Semai Rockwool . Contoh tanaman hidroponik yang sangat mudah untuk di tanam dengan cara menanam hidroponik adalah jenis tanaman sayuran daun seperti sawi. Tahapan Cara menanam hidroponik 1. pakcoy. kailan. gunakan benih yang tingkat germinasinya diatas 80%. Media semai yang baik dan umum digunakan adalah rockwool. Penyemaian Benih Semai benih pada tray atau wadah semai.Cara Menanam Hidroponik Cara menanam hidroponik sebenarnya sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan atau daerah urban.

Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Penyiapan media tanam Gunakan media tanam yang poros bisa campuran sekam bakar dan pasir kerikil. pemberian nutrisi dalam cara menanam hidroponik sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Media tanam tersebut tidak mengandung unsur hara yang cukup oleh sebab itu kita harus memberikannya kepada tanaman melalui pupuk (dalam hidroponik istilah pupuk disebut juga nutrisi hidroponik).blogspot. 3. Anda bisa meracik sendiri atau membeli nutrisi hidroponik di pasaran. pembersihan gulma dll.com/2012/06/cara-menanam-hidroponik-sederhana-di. cocopeat atau material lainnya selain tanah. atau jika anda ingin lebih praktis anda bisa mencoba cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu atau wick silahkan cek pada gambar. tetapi diganti dengan media lain seperti arang sekam. Anda tidak usah repot dengan semua hitungan-hitungan tersebut karena Anda bisa menggunakan pupuk siap pakai yaitu pupuk NUTRISI HIDROPONIK A&B MIX. http://carahidroponik. Sumbu (bisa dari kapas. Teknik Wick Hidroponik Sederhana 4. Pemberian Nutrisi Gunakan nutrisi hidroponik yang tepat. sumbu kompor atau kain bekas) akan mengalirkan nutrisi ke seluruh bagian tanaman. atau campuran rockwool dan pasir kerikil. Teknik wick ini adalah salah satu teknik hidroponik sederhana.2. Pemberian nutrisi bisa dengan cara siram manual pagi dan sore hari. Perawatan Perawatan pada sistem hidropinik pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan pada penanaman sistem konvensional seperti pemangkasan. baik komersial maupun hanya sekedar hobi. Tempatkan media tanam pada wadah yang diinginkan seperti pot atau kaleng bekas. Kita harus menghitung secara cermat jumlah dari masing-masing unsur hara sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman.html Apa yang di maksud dengan nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik? Dalam sistem hidroponik tanah tidak digunakan sebagai media tumbuh. Bagi Anda yang menyukai sistem budidaya secara hidroponik. .

Komposisi Nutrisi Hidroponik Satu set nutrisi hidroponik terdiri dari 2 kantong yaitu kantong A dan kantong B.48% CaO. 16.013% B. terong.Nutrisi hidroponik ini adalah pupuk hidroponik lengkap yang mengadung semua unsur hara makro dan mikro yang diperlukan tanaman hidroponik. selada. http://carahidroponik.81% SO3.037% Fe. Adapun kandungannya adalah 9.015% Zn. tomat.html .48% NH4. timun. 4. anturium dan lain-lain. 0.003% Mo dan 0.025% Mn. 0. 3. krisan. setiap tanaman mempunya formulasi kandungan yang berbeda-beda. 0. Pupuk tersebut diformulasi secara khusus sesuai dengan jenis dan fase pertumbuhan tanaman. NUTRISI HIDROPONIK tersedia untuk berbagai jenis tanaman seperti paprika atau cabai.90% NO3. 2.com/p/nutrisi-hidroponik-pupuk-hidroponik. melon. atau tergantung dari jenis tanamannya.002% Cu. anggrek.83% MgO.83% P2O5.blogspot. 0. 0. mawar.50% K2O.11. 0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful