Pengelolaan Instalasi Komputer (1

)

Komputer pribadi atau biasa disebut PC alias (Personal Computer) untuk era saat ini bukanlah suatu alat elektronik baru dan dalam perkembangannya baik model , alat(tool) , software , semuanya mengalami perombakan atau pembaharuan baik dari segi kapasitasnya , fungsinya , keefektifan dan keefisienannya semakin hari semakin memudahkan kita dalam bekerja dan berbagai pilihan. Lalu bagaimana cara agar kita dapat memilih dan merakit PC kita sendiri. Berikut akan kami jabarkan

Peralatan penting komputer yaitu: • Processor • Mainboard / Mother Board • VGA Card • Hard Disk • Memory • IDE Cable / SATA Cable

Processor

Berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada computer. Satuan kecepatan pada Processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (Giga Hertz) 1GHz = 1000 MHz. Dimana semakin besar nilainya semakin cepat eksekusi pada computer.

Nb: Processor = CPU (Central Processing Unit) jadi yang dimaksud CPU adalah Processornya bukan 1 kotak/paket komputer keseluruhan yang berisi seluruh komponen PC, Gitu loch..(n_n).

Berikut jenis – jenis processor 1. Processor Cyrix

2. Processor AMD(Advanced Micro Devices)

Processor Intel (Pentium MMX . Processor Intel ( Pentium Celeron dan Pentium-II Xeon) . Pentium Pro dan Pentium-II) 4.3.

Processor AMD (AMD Athlon) 6. memory . harddisk .Processor Transmeta (Crusoe. slot-slot untuk ekspansi. Berikut gambar: .5. Efficeon) Mainboard / Mother Board Papan induk dimana semua device dipasang mulai dari processor .

Setiap Motherboard memiliki pasangan dengan processor tertentu. Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada Motherboard Semakin besar kapasitas memory yang disediakn semakin menguntungkan.1. Informasi tentang hal ini sangat penting untuk pembelian motherboard dengan pertimbangn untuk bisa di upgrade. 2. 3. . yaitu type socket atau slot yang tersedia untuk prosessor. Kemampuan Motherboard untuk bisa di Up-grade sampai dengan kecepatan Processor berapa. Umumnya motherboard mampu untuk di-upgrade dengan mengganti processor.

Speed Bus untuk memory sampai dengan kecepatan berapa ( 66.133. Setting Motherboard secara BIOS (software) atu secara jumper setting . misalnya berapa slot yang disediakan untuk EDO RAM. 7.4. . Jumlah slot untuk PCI dan ISA. Slot yang tersedia untuk setiap jenis RAM.100. support AGP akan lebih menguntungkan untuk persediaan apabila diinginkan peningkatan kemampuan grafis dari komputer dengan memasang AGP card. Apakah motherboard Support untuk AGP bagi VGA card.200. 6. SDRAM dll. 8.400 Mhz). Slot slot tersebut sangat bermanfaat untuk penmbahan peripheral seperti audio card. 5.

Socket 370 7. Slot A 5.9. Socket 8 8. Bebrapa jenis Slot atautu Socket untuk processor antara lain : 1. Slot 1 2. Socket 423 Slot1 Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan Celeron . Socket7 4. Semua informasi diatas dapat diketahui dari manual book yang ada pada motherboard. Power Supply untuk Mother Board AT atau ATX atau Baby AT. Apakah VGA card dan audio Card sudah onboard atau tidak. Slot 2 3. Socket A 6. 10.

Gambar Motherboard/Mainboard Socket 7 Slot A Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon. .Slot2 Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium II Xeon Socket 7 Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD K6-2. AMD K6-3 dan Cyrix M-II serta Pentium MMX.

Gambar Motherboard Slot 1 . Socket A Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon dan AMD Duron. Socket 370 Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Intel ® Pentium ® III (Tualatin and Coppermine) /Celeron TM Socket 8 Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium®II and Pentium® Pro .AMD Thunderbird. Socket 423 Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-4.

Persiapan : .Motherboard untuk Processor Pentium 4 Merakit Komputer I.

Persiapkan tools yang dibutuhkan seperti obeng(+) dan (-) 2. Jauhkan air dan cairan dari komputer dan komponennya. 4. Letakkan Heatsink diatas CPU dan pasang pengikatnya dengan benar. Ketika memasukkan CPU harus memperhatikan orientasi yang benar ada petunjuk khusus pada pocessor dan socket. Pastikan komputer dalam keadaan mati (power off) 3. 6.1. 5. Masukkan CPU kedalam socket dengan menjaga keadaan tangkai soket ketika memasukkan CPU 3. Sangat disarankan menginstall dengan disertai manual dari motherboard. Rangkaikan kabel fan (kipas) dengan supply. . Jauhkan segala magnet dari hardisk. 5. Dorong kebawah CPU dan kembalikan tangkai soket ke posisi semula. Lokasikan soket Zif dan buka dengan menarik tangkai soket keatas 2. II. 4. Menginstall Processor : (Jenis Socket) : 1.

III Memori Jumlah slot dari memori tergantung dari slot yang tersedia pada MotherBoard. Cara pemasangan DIMM (SDRAM) : .UNTUK TYPE SOCKET UNTUK TYPE SLOT Perhatian : Beberapa Motherboard masih memakai jumper setting atau Dip setting untuk mengatur kecepatan clock untuk processor. Sebagaian yang lainnya secara otomatis mendeteksi kecepatan processor atau setting secara BIOS.

Kunci/Tekan kembali kancing IV Kartu Grafis AGP Card / VGA Card 1. Periksa figure cetakan RAM 3. Pemasangan peralatan lainnya pada slot PCI atau ISA seperti VGA Card. Cari Lokasi AGP slot 2. 3.1. Pasang AGP Port dengan hati-hati. Masukkan modul SDRAM ke DIMM slot 4. Perbedaan hanya jenis Slot yang akan . Sound Card dll caranya sama dengan pemasangan AGP card. tekan tegak lurus dengan bidang motherboard. Buka kancing socket 2.

perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada IDE connector. V HardDisk : 1.dipasang. Pasang ujung kabel pada IDE connector. Cari Port IDE pada MotherBoard 2. .

Pasang ujung lainnya pada HardDisk 4.3. Pasang kabel supply HardDisk (perhatikan bentuk pasangan socket power supply) .

.VI Disk Drive : 1. Pasang ujung kabel pada FDD connector. perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada FDD connector. Cari Port FDD pada MotherBoard 2.

Menginstall Connector untuk Panel pada Chasing .3. Pasang kabel supply Disk Drive (perhatikan bentuk pasangan socket power supply) VII. Pasang ujung lainnya pada DiskDrive 4.

dengan cara menekanconnector. .1. 2. Posisi pin/kaki connector tergantung MotherBoard (lihat pada manual MB atau perhatikan data yang tertulis disekitar MotherBoard) VIII Power Suplly untuk MotherBoard Pasangkan kabel powersupply yang berwarna warni dari casing ke connector powersupply yang tersedia pada MotherBoard. Pasang dengan teliti dan connector untuk panel depan Chasing.

Monitor.IX. dll . Memasang Chasis panel Connector Hubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti KeyBoard. Mouse.

X. XI. Aktifkan Komputer Sebelum mengaktifkan komputer pasang terlebih dahulu supply untuk casing (220V) demikian juga untuk monitor. Setting BIOS Mensetting hal-hal yang diperlukam untuk mengoptimalkan peralatan yang terpasang pada Motherboard. Software BIOS tergantung pada pabrik pembuat MotherBoard. Troubleshooting Komputer .

Betulkan 5. Pemasangan Kabel data untuk HardDisk yang tidak pas atau terbalik. 2. Pemasangan Kabel Data Disk Drive yang tidak pas atau terbalik.Kesalahan atau ketidakberhasilan dalam merakit komputer umumnya disebabkan antara lain : 1. Pemasangan Card AGP atau VGA yang kurang kencang atau pas. Betulkan serta check pada jumper HardDisk untuk posisi Master/Slave dan check dengan autodetect HardDisk pada BIOS. Check dan pasang dengan benar. Check dan pasang dengan benar. Pemasangan panel connector yang tidak tepat sehingga lampu . Motherboard yang baik akan memberi sinyal suara peringatan bahwa pemasangan memori tidak benar. Atau pengaturan posisi Master atau Slavepada HardDisk yang tidak tepat. 3. 4. Motherboard yang baik akan memberikan sinyal suara peringatan. Pemasangan Memori yang tidak benar.

Betulkan .ndicator untuk HardDisk dan Power On tidak aktif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful