You are on page 1of 5

SOAL UKDI – IKM 1. Laki-laki 47 tahun lesu, nafsu makan turun, demam, batuk, semakin kurus.

Diagnosa Tb.Tindakan: (saran: baca tentang promosi kesehatan) a. Penyuluhan hidup sehat c. MRS d. Rujuk keSpP b. Pemeriksaan sputum d. Memeriksa seluruh keluarga 2. Kepala puskesmas kecamatan A gagal dalam melaksanakan suatu program kesehatan masyarakat setelah dilakukan evaluasi, diketahui salah satu penyebab adalah karena berkurangnya dukungan dari dinkes, camat dan lurah setempat. Strategi apa yang harus diambil pada keadaan ini…... a. Advokasi c. Pemberdayaan masyarakat e.Komunikasi b. Kemitraan d. Dukungan sosial 3. Pasien dirawat, pulang setelah 1 minggu dirujuk ke dokter keluarga, untuk kontrol. Tipe rujukan: a. kolateral c. silang e. tetap b. interval d. Terpilih 4. Berikut daftar penyakit infeksi dan noninfeksi pada Puskesmas A tahun 2007 Dalam menentukan prioritas masalah kesehatan menurut Pan American Health Organization berdasarkan “Severity of the problem” yang memiliki skor tertinggi adalah….. a. Hipertensi c. ISPA e. Demam berdarah b. TBC

d. Gizi buruk 5. Anda diminta membantu suatu organisasi menyusun perilaku hidup sehat. Kegiatan tersebut memberikan pendidikan tentang makanan sehat dan cara mempersiapkannya. Keterampilan menghitung kalori dan jenis olah raga apa yang baik untuk kardiovaskuler dan daya tahan. Strategi apakah yang digunakan dalam program tersebut? A. Edukasi D. Peningkatan kapabilitas B. Kemitraan E. Komunikasi.......... C. Pemberdayaan masyarakat 6. 12 anak sekolah dasar memiliki sekolah yang berdekatan dengan tempat sampah, sakit mual dan mata kuning. Tindakan kita.. A. Tutup sekolah D. Melakukan penelitian B. Isolasi 12 anak E. Lapor ke dinkes setempat C. Meneliti anak tersebut 7. Untuk menanggulangi wabah DBD, gubernur melakukan gerakan 3 M yang disosialisasikan melalui slogan dan radio spot. Cara ini termasuk kategori apa? A. Content D. Continuity B. Context E. Consistency C. Clarity 8. Dalam perencanaan suatu program perlu indikator proses dan masukan. Terkait program Depkes Indonesia Sehat 2010, indikator yang paling sesuai adalah A. Angka kesakitan malarai per 1000 penduduk B. Persentase penduduk yang memanfaatkan Puskesmas

.. TBC E. bermain peran 17. Persentase Posyandu Purnama dan Mandiri 9. Pasien dengan gejala DBD. Gizi buruk C. Target Cakupan Kesenjangan A. TBC E. Konseling E. Indikator Indonesia sehat 2010? a.pemberantasan sarang nyamuk 15. tindakan pencegahan berupa. Agar penyuluhan berhasil. malaria c. Wawancara D. posyandu terpadu b. Metode penyuluhan yang sebaiknya digunakan? a. Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan penyuluhan mengenai pemberian gizi yang baik.. B . saudara bermaksud mengundang kader RW 12 orang.. A b. Rumah sehat 18. menjaga kebersihan “sa-mi-ja-ga” 16. Role play 12.. penderita yang berobat ke puskesmas d. Persentase rumah sehat D... Penyuluhan yang dianjurkan? a. Kepala puskesmas kecamatan A gagal dalam melaksanakan suatu program kesehatan masyarakat setelah dilakukan evaluasi.Berdasarkan “Community dan Political Concern”? A.. A. Komuniasi C.. diketahui salah satu penyebab adalah karena berkurangnya dukungan dari dinkes. Ceramah e. Sebagai dokter puskesmas. Pasien HIV meninggal.. terdapat wabah diare di tempat anda bertugas.. maka kita harus menentukan sasaran penyuluhan.80 70 C. Strategi apa yang harus diambil pada keadaan ini A.80 90 E.. lokakarya d. Kemitraan E. ISPA B... Hipertensi D... Berikut daftar penyakit infeksi dan noninfeksi pada Puskesmas A tahun 2007 Dalam menentukan prioritas masalah kesehatan menurut Pan American Health Organization berdasarkan “Severity of the problem” yang memiliki skor tertinggi adalah…. menghangatkan air minum b.60 30 D. Diare 11. Gizi buruk C. Advokasi D. Apa metode penyuluhan paling tepat A. Demam berdarah 10.... Seminar C. camat dan lurah setempat. Ceramah B.lakukan universal precaution 14.90 60 B. Dukungan sosial B. konseling c. Pemberdayaan masyarakat 13.99 80 Mana yang masalah? a. ISPA B. Di puskesmas yang Anda pimpin akan dilaksanakan penyuluhan diare. Hipertensi D.C. seminar b. Persentase persalinan oleh tenaga kesehatan E.

KLB b. 34. b. Terdapat dalam konsep: a.Kholera 27.TBC (£ 395) c. Indikator partisipasi masyarakat dalam program perbaikan gizi dinilai dengan a. ceramah 21. Melalui posyandu dilakukan gerakan kadarzi agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesehatan masing-masing. Kejadian pada anak usia 5 th dimana ibunya belum pernah vaksinasi TT. hangatkan air minum e. Lapor kesiapa? a. Penyuluhan diare yang sesuai untuk mencapai sasaran yang tepat menggunakan metode a.epidemik c. netral dan tidak menyalahkan : . d. Pencegahan wabah diare yang terkait dengan masalah lingkungan adalah a.dinkes daerah tingkat II c.. Jumlah persalinan dan tenaga kesehatan yang menolong 29..pandemik e. konseling d. jumlah balita yang mengalami kenaikan BB / jumlah balita yang ditimbang c. role play e. C e. seminar b. e.50 % HT di daerah x pada tahun 2006 30. simpan makanan di lemari b.29. D d. Soal Jml posyandu? a. wawancara c. 37. jumlah balita yang mengalami kenaikan BB / jumlah seluruh balita d. Indikator penyuluhan tentang diare.puskesmas induk b. fungsi puskesmas 20. c. Perencanaan memerlukan tolak ukur yang baik. 40. upaya pengembangan masyarakat b. Proses & masukan untuk menjadi indikator Indonesia sehat 2010 c. jumlah balita yang mengalami kenaikan BB / jumlah balita yang mempunyai KMS 22. Di puskesmas pembantu ada kasus kolera. 28.Hipertensi (3200) d. E 19. mandi 2x/hari d. pelihara sarana sa-mi-ja-ga 23. pilih salah satu yang benar: a. Data dari Puskesmas No Jenis Penyakit Jumlah Kasus 1 Hipertensi Terbanyak ke 2 2 TBC 3 Demam berdarah 4 ISPA ( Infeksi Saluran Pernapasan Akut ) Terbanyak ke 1 5 Gizi buruk . Severe of the problem dari puskesmas? a. jumlah balita yang ditimbang / jumlah balita yang mempunyai KMS e.ISPA (£ 3975) b.dinkes propinsi 26. imunisasi diare massal c.c. jumlah balita yang ditimbang / jumlah seluruh balita b. 46 25.endemik d.wabah 24.

Promosi kesehatan E. Content. Demam Berdarah d. Pencegahan sekunder C. Berdasarkan PAN American Health Organization. Pandemi B.. Pencegahan primer B.. Asas dasar Puskemas. Dari rumah sakit tingkat C rujuk ke. Disability limitation Kunci jawaban : C 40. Seorang laki-laki umur 60 tahun datang kedokter membawa hasil Ro photo setelah 6 bln menjalani pemotretan dengan hasil bahwa penderita tersebut dinyatakan sembuh dari penyakitnya tetapi dokter menyuruh penderita control lagi dalam waktu 1 bulan sampai 3 bulan.. context..000 maka diagnosa ditegakkan adalah DBD. ISPA e. ISPA e. 33.◊Penelitian IKM 36. Demam Berdarah d. Case control. Dalam hal distribusi penyakit apakah artinya atau maknanya? Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini. Gizi buruk 31. Manakah masalah yang menjadi ”Severity of Problem” a.. Berdasarkan waktu E. Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari antara lain tentang frekuensi dan distribusi penyakit. 35. A. Fungsi Puskesmas... TBC c. Epidemi D. Dalam rencana kegiatan imunisasi Polio dokter Puskesmas sebagai koordinator diwilayah kerjanya.. nadi 90 x/mnt dan dokter melakukan pemeriksaan laboratorium dan didapat trombosit : 150. Deteksi dini E.SARANA AIR MINUM JAMBAN KELUARGA◊-Gerakan SAMIJAGA 37. Gizi buruk 32. Pencegahan tertier D. Experimental. Seorang ibu umur 30 tahun datang kedokter dengan gejala panas 4 hari tidak turun-turun dan hasil pemeriksaan : suhu tubuh 38°C. Tindakan dokter ini termasuk dalam kegiatan apa ? Pilihlah satu jawaban dibawah ini A. Berdasarkan analisis Kunci jawaban : D 41. A. Hipertensi b. Endemis C. clarity◊-Penyampaian pesan 3M oleh kepala daerah 34. Manakah masalah yang menjadi ”Community & Political concern” a. Apa saja.Berdasarkan PAN American Health Organization. namun ada beberapa hambatan . Tindakan dokter tersebut termasuk dalam kegiatan seperti dibawah ini. Kohort.. Perlindungan pribadi/spesific protection Kunci jawaban : B 38. Pencegahan primer B. Pimpinan Puskesmas dan stafnya bekerja keras agar sasaran dapat tercapai. Pencegahan tertier D. Pencegahan sekunder C. TBC c. Hipertensi b.

Planning B. Actuating D. Ini termasuk – Content/Clairy/Context/ … 43. Budgeting Kunci jawaban : A 42. termasuk asas? – continuity/holistik/… .karena beberapa karena ada beberapa posyandu yang tidak memenuhi target dalam pelaksanaannya karena kekurangan vaksin polio. Controlling E. A. Dari unsur pokok/fungsi manajemen unsur manakah yang kurang dilakukan oleh dokter Puskesmas sebagai koordinator sebelum pelaksanaan? Pilihlah salah satu jawaban yang benar dibawah ini. Paradigma sehat 2010 . Organizing C.… 45. Kadarzi (Keluarga sadar gizi) termasuk dalam? – fungsi puskesmas/program wajib puskesmas/program pengembangan puskesmas/… 44. Dokter menyembuhkan sakit fisiknya dulu baru psikososialnya. Gubernur masukkin 3M pada iklan layanan masyarakat.