You are on page 1of 20

I

Nama
No Peserta

C321
: ':Ivo"
: ,-.-..•.•• ','.. :-

BAHASA INDONESIA SMP/MTs .
>~"':_J
'<

1;~~~~
~ .•...._...J

.. -.-.,
-----...'~

~:JJIANNASIONAL
" TAHUN PELAJARAN 2011/2012.

SMP/MTs
BAHASA INDONESIA
Senin, 23 April 2012 (08.00 - 10.00)

II:It:Np.,
Badan Standar Nasional Pendidikan .

2
. 1. '.

BAHASA INDONESIASMPIMTs

""I

C321
"

Downloaded from http://pak-anang.blogspot.com

,

Mata Pelajaran Jenjang

: Bahasa Indonesia : SMP/MTs \

---

-----------"""""----""'"-""----

--.-------,--"""'

..

,---""'"

t

HarilTanggal Jam
"-_
..

: Senin, 23 April 2012 : 08.00 - 10.00

,---------,-,,_.--'

_

.. ~,,,"----"

--,.,--,------,--,,--,-"'."-

t

1.

, ,2. 3. 4. 5. 6. 7.

Isilah Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) Anda sebagai berikut: I a. Nama Peserta pada kotak yang disediakan, lalu hitamkan bulatan I di bawahnya sesuai dengan huruf di atasnya. ' b. Nomor Peserta, Tanggal Lahir" dan Paket Soal (lihat kanan atas sampul naskah) pada kolom yang disediakan, lalu hitamkan bulatan di bawahnya sesuai dengan angklllhuruf di atasnya. c. Hitamkan bulatan pada kolom Nama Mata Ujian yang sedang diujikan. d. Nama Sekolah, Tanggal Ujian, dan Bubuhkan Tanda Tangan Anda pada kotak yang disediakan. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan Paket Soal tersebut. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (e!llpat) pilihan jawaban. _ Periksa dan laporkan ,kepada pengawas ujian apabila, terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap. ' Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. Lembar soal boleh dicoret-coret.

SELAMAT MENGERJAKAN

P-BIN-ZF-MI5-20II/2012

°Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pcndidikan-BALITBANG-KEMDlKBUD

(4) 2. B. (4) Anda tidak perlu mengeluarkan. Simpulan A. selesai. C.' B. tetapi mitra atau subjek program pembangunan bangsa. .. Diajak menggunakan listrik dengan bijak.3 Downloaded from http://pak-anang. Keluarga kurang berperan bagi pembangunan bangsa.. Dianjurkan lampu hanya dihidupkan pada malam hari. C. D. A.com I C321 BAHASA INDONESIA SMP/MTs 1. Keluarga merupakan tempat utama mewariskan adab dan budaya. . I 3. Selain' itu juga di keluarga dipraktikkan kesalingpahaman hak dan kewajiban sesama sebagai anggota kelompok. (2) Cara mudah dan murah untnk mendapatkannya adalah bahwa An!ia bisa mengunduh di salah satu web dengan membuka googie lalu ketik Buku Siswa Elektronik. (3) D. Diharapkan selalu berusaha menghemat pemakaian listrik. Keluarga menanamkan nilai dasar hubungan antarmanusia.. Manusia sebagai anggota keluarga wajib membangun bangsa. Dengan demikian. Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandai nomor . isi paragraf tersebut adalah . P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 "Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALJTBANG-KEMDIKBUD . Dianjurkan menyalakan lampu yang diperlukan saja. Dalam keluarga dibentuk dan dipraktikkan nilai dasar hubungan antarmanusia. Bacalah paragraf berikut! Keluarga menjadi wahana utama pewarisan peradaban dan budaya.. keluarga bukan hanya objek. banyak uang.blogspot.. eukup download dan print. D. A. (3) Pilih buku yang Anda inginkan. (I) B.. Perhatikan iklan berikut! Hemat listrik perilaku bijak! (I) Matikan lampu di siang hari! (2) Nyalakan lampu seperlunya! (3) Gunakan listrik dengan hemat (4) MaKsud isi kalimat (3) dari iklan tersebut adalah . (2) C. Perhatikan iklan berikut! (I) Salah satu sumber belajar adalah Buku Siswa Elektronik (BSE) yang telah mendapat rekomendasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)..

00 12. Setelah Januari pasokan bawang merahterus turun. Bacalah paragraf berikut! . Pada bulan Agustus harga minyak goreng tidak mengalami kenaikan. B..BAUTBANG-KEMDIKBUD . perbedaan bunga glabrata C.BJN.500.00 11. R R R R 10. D. Pada April pasokan bawang merah sama dengan Januari. D. . Kantong ketakungnya terlihat berbeda dengan. perbedaan kembang bunga glabrata P..000.. kelopaknya yang sangat tipis sehingga seperti transparan. Kembang bunga glabrata memang unik. nephentes Gagasan utama paragraf tersebut adalah . keunikan bunga glabrata B. Bulan Oktober 2011 harga minyak sangat stabil.00 isi tabel tersebut adalah . 6..000.blogspot.Mar Apr Mei Bulan Penjelasan A. Pada bulan September 20 II harga minyak goreng tetap.M 15-201112012 CHnk Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikall. Perhatikan grafik berikut! Pasokan Bawang Merah Bulan Januari. C...4 4.ZF. Perhatikan tabel berikut! 25 Juli 2011 27A ustus 2011 ' 29 Se tember 2011 30 Oktober 2011 Simpulan A.00 11. C. Kelmikan lain kantong glabrata adalah. Mei 2010 Ton I C32 SMPIMTs BAHASA INDONESIA Downloaded from http://pak-anang.. 5. Dari bulan Juli sampai dengan Oktober 2011 harga minyak goreng naik.000. Dengan kantong itulah sang ketakung memerangkap' mangsa' dari golongan artlupoda.com I 5000 4000 3000 2000 LODO Jan Feb. keunikan kembang bunga glabrata D. Dari Januari sampai dengan Mei pasokan bawang merah stabil. yang lain karena memiliki dua sayap memanjang di bagian depannya. Pasokan bawaiJg merah terendah terjadi pada Maret. A. B. yang sesuai dengan grafik tersebut adalah .

mulai 20 cm hingga 1. (26/1 0) hujan deras mengakibatkan sejumlah perumahan di kota Tangerang terendam banjir. J. terlahir di Pare-pare. mengerjakan sesuatu bersama-sama dan gemar menulis mengerjakan sesuatu dan gemar membaca tidak berbuat apa-apa tetapi gemar berbicara gemar berbicara dan mengeJjakan sesatu dengan teman 10. Teks berita I diawali dengan kapan teks berita II diawali apa Teks berita I diawali dengan apa teks berita II diawali bagaimana Teks berita I diawali dengan bagaimana teks berita II diawali di mana Teks berita I diawali dengan di mana teks berita II diawali mengapa 8. Banjir itu ketinggiannya bervariasi. C. Tangerang. pegawai Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar. akibat ban' ir te utus se'ak dini hari kemarin. baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah . Jerman Barat D.235 dan N . BJ Habibie antara lain mendapat kehormatan dari Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar. Sulawesi Selatan Sifat yang A. Jalan Raya Hasyim Ashari. D. 7..250 . B.. 9.. C. A. B. D... turun hujan mengakibatkan Kali An ke melua .5 Downloaded from http://pak-anang. Ciledug yang merupakan jalan penghubung Tangerang dengan Jakarta. D. Sejak semalam.. pencipta pesawat terbang CN . Habibie. waktu banjir korban banjir wilayah banjir penyebab banjir penyajian kutipan kedua berita tersebut adalah .235 dan N . Kegiatannya mengerjakan sesuatu dan gemar membaca.. B. lahir tanggal 25 Juni 1936 di Pate-pare. Kesamaan A. Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 dan 10! B.. Teks berita II Banjir selain memutuskan arus transportasi juga merendam ratusan rumah di Kompleks Ciledug Indah I dan Ciledug Indah II. Perbedaan A. Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adillah .blogspot. Jerman Barat tahun 1983. informasi teks berita tersebut adalah ... Sulawesi Selatan. bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) C. P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 °Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG-KEMDlKBUD ..5 meter.. C.com I C321 BAHASA INDONESIA SMPIMTs Bacalah kutipan berikut kemudian kerjakan soal nomor 7 dan 8! Teks berita I Selasa.250. B. Air lua an itu kemudian men ebabkan banjir di Ciledug. Habibie dan putra-putra Indonesia yang bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) menciptakan CN .

"Aku ingin menjual beberapa perhiasan peninggalan ayah dan ibu untuk laskar.Koordinasi WAKASEK Ur. digudang meseu pada siang hari P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 °Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALlTBANG-KEMDiKBUD . Di samping membutuhkan dana. A. Dalam melaksanakan tugas.. KURIKULUM WAKASEK Ur... di rumah pada malam hari C. C.. Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah .. B. di medan perang pada senja hari D.6 Downloaded from http://pak-anang. Kalau ada gudang makanan milik Jepang kena rampok. Laskar Elang akhir-akhir ini kehilangan banyak sekali anggota. Kartono langsung men an uk. Kepala sekolah hanya membawahi Tata Usaha. 12. Kesiswaan (Humas) saling berkoordinasi. orang segera yakin bahwa pelakunya adalah Laskar Elang.. Kartono yang terkejut jadi gembira melihat kakaknya pulang. Kurikulum dan Wakasek Ur. Perhatikan bagan berikut! KEPALA SEKOLAH TATAUSAHA Keterangan: ---Komando .." begitu kata Subroto. Kalau ada gudang mesiu tiba-tiba meledak. meskipun tidak dapat disangkal bahwa setiap keberhasilan aksi selalu disertai hilangnya anggota terbaik mereka.com I BAHASA INDONESIA C321 SMPIMTs 11.blogspot. di toko perhiasan pada pagi B.uirencana kakak satu-satun a ini. A. antardewan tidak perlu berkoordinasi. D. Berkali-kali mereka berhasil menyusup ke daerah pertahanan lawan.. dia juga ditugasi mencari tenaga-tenaga baru. KESISWAAN (HUMAS) WALI KELAS GURU LABORA TORIUM DEWAN GURU Pernyataan yang sesuai isi bagan tersebut adalah . Kurikulum dan Wakasek Ur. dewan guru berkoordinasi dengan Tata Usaha. Wakasek Ur. Kesiswaan. Bacalah kutipan cerpen. berikut nomor 12 sampai dengan 14! dengan saksama kemudian kerjakan soal Malam itu tiba-tiba Subroto muncul.. Wakasek Ur. Aksi mereka yang berani bahkan kadang-kadang nekad memang sangat merepotkan pihak Jepang. Berkali-kali pula mereka berhasil membuat banyak kerusakan. Dalam melaksanakan kegiatan.. Nama Laskar Elang selama ini menjadi buah bibir penduduk kawasan itu. siapa lagi pelakunya kalim bukan Laskar Elang. men etu.

." Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah . Aku. A. Jangan mudah terpancing siasat orang lain! C. 16." angguk Eko. baik... Aku gagal menulis riwayat hidup nenek tercinta. semua itu nenek lakukan atas persetujuan seluruh keluarga." "Tentu saja Papa punya! Memangnya aku pembohong?" kata Vera melotot. A. Perlu mempengaruhi teman yang sombong! D. merasa lari dari tanggungjawab dan sangat rindu pada keluarga karenajaub dari mereka.. P-BlN-ZF-M 15-2011/2012 "Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG-KEMDlKBUD . yang sayang kepada neneknya. Nenek merasa bersalah karena telah meninggalkan keluarga. siapa tahu. Buktinya mana?" Dipanaspanasi begitu.7 Downloaded from http://pak-anang. D. sebagai seorang ibu. Jangan berani meminjam milik orang tua! B.." kata Linda. Akan aku buktikan. "Yah. Kekayaan harus ditunjukkan kepada orang lain! watak tokoh Subroto pemberani dalam kutipan cerpen . Nenek. kalimat pertama paragraf kedua D. Hanya perasaan nenek tak bisa dibohongi. A. Bacalah kutipan cerita berikut! "Benar. Lihat saja nanti!" katanya. paragraf pertama kalimat keempat C. "Papamu benar punya telepon genggam? Jangan-jangan itu hanya karanganmu saja. "Aku jadi ragu..blogspot. Dia senang sekali siasatnya berhasil. Vera menjadi tersinggung juga.. 15." kata Vera. nih. Betul. tindakan tokoh B.. paragraf pertama kalimat ketiga B. diceritakan tokoh lain D." "Menurut aku. "He-eh. "Seharijuga tidak akan diizinkan.com I C321 BAHASA INDONESIA SMPIMTs 13. "Baik. nenek seorang ibu yang bertanggungjawab. kan teman-teman?" Mita memandang yang lainnya. C. "Jangan cuma omong saja." kata Mita. "Begitu dong!" senyum Mia. Nenek pergi jauh demi tanggung jawabnya kepada keluarga... kan cuma sehari! Papamu tentu tidak akan keberatan. Dikerdipkannya sebelah matanya. 14. diceritakan pengarang Bacalah kutipan cerpen berikut! . A. Bukti yang menunjukkan watak tokoh Subroto seorang dermawan adalah .. ." "Itulah sebabn a nenek kuran setuju kau tulis riwa at nenek. "Ah. Kita kan belum lihat buktinya. Amanat cerita anak tersebut adalah . dialog antartokoh C. kalimat pertama paragraf ketiga Cara pengarang menggambarkan tersebut adalah . seorang cucu. B.

Bacalah kedua kutipan novel berikut! "Bu.. Pada setiap Jarak tertentu selalu ada bangkai-bangkai burung sahabatku... dasar kayak nggak pernah ingat.. Latarn a tidak tam ak." I C321 SMPIMTs Di tengah jalan tergeletak bangkai burung. cuma merasa. Nenek : Ya . waktu dulu kau jadi juru tulis. Latam a tam ak. Kupacu lagi kudaku.30." "Kok tahu?" "Tidak tahu juga. Cuma duduk-duduk saja sambil membaca koran. Aku tahu. sudah pikun! Pekerjaannya tak ada lain cuma bersolek. C. saya termasuk yang kena PHK. B. hebat sekali memang. A. Alurnya tidak runtut. siang hari di rumah C. Suasana yang tergambar pada kutipan naskah drama tersebut adalah . Di tempat lain tampak bangkai burung lagi.1 19.. empat puluh tahun lampau . P-B1N-ZF-M15-2011/2012 °Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALlTBANG. tenang B. Bu.- Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut ialah . Nenek : Mengapa membaca koran pakai kopiah segala? Kakek : Agar komplit. Semua ini adalah perbuatan jahat Matropik BAHASA INDONESIA Downloaded from http://pak-anang. pagi hari di kamar B. Bacalah kutipan naskah drama berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19! Hari telah menunjukkan pukul 18. malam hari di kamar .. Tapi sekarang." "Feeling to.. D. Rasanya sore ini kamu lain saja.blogspot. Kakek (masuk) Bagaimana kalau aku pakai pakaian ini. Kakek dan nenek berada di dalam rumah.. kopiah hanya bernilai tambah penghambat belaka... Alurnya runtut. Hem . Watak disajikan melalui dialog tokoh. (mengambil cangkir lalu minum)." "Entah.com .. Nenek : (bicara sendiri) Ah. Bu? (tetap bercermin membiarkqnnenek masuk ke kamar) Nenek : Astaga! Tuan rumah mau pesiar ke mana menjelang malam begini? Kakek : Tidak ke mana-mana.. haru D. A. risau Latar pada kutipan naskah drama tersebut adalah .. sore hari di dapur D... Dikiranya masih ada gadis-gadis yang suka memandang.. akrab C .8 17.. Watak dijelaskan langsung oleh penulis. (mendekati dan berdiri di sebelah kakek hingga berdiri sejajar) Kakek: 18. Ada tokoh protagonis dan antagonis." "Saya sudah merasa. Tokoh-tokohnya tidakjelas.KEMDIKBUD . A.

. (4) D. Komp.9 Downloaded from http://pak-anang. P-BlN-ZF-MI5-2011/2012 "Hak Cipta pada Pusat Penilaianl'endidikan-BALlTBANG-KEMDlKBllD . .~ila.. A. •• _ Ir. Mengapa takdir ini begitu menyesakkan? Tapi aku tak dapat berbuat apa-apa Akuhan a bisa men' alani kesendirian Tema puisi tersebut adalah . Jalan WR Supratman. (5). Jalan Ciputat Raya. paling dekat ke lokasi Palm Residence dari Kampus DIN Jakarta adalah ... Jalan Raya Cendrawasih.. kekecewaan pada keadaan Kalimat bermajas terdapat pada larik . kampus DIN. Semua teljadi begitu indah Sekarang semua hanya khayalan belaka Apakah ini semua takdir-Mu? . Nuri Bintara f!MJ!IJl . Jalan KH Dewantara. Jalan Musyawarah kampus DIN. kerinduan pada keindahan C.blogspot. Perhatikan denah berikut! g ~ StasiunKA ilI:I~_ - ~or Lura . (3) C.. C. (2) B. kepasrahan pada takdir D.. eR. Jalan Ciputat Raya.-1Itl Komplek Pertamina Dar .. Jalan Raya Menjangan. •• Perjalanan A. Jalan Raya Menjangan. Jalan KH Dewantara. kemauan untuk bertahan B. B. D.com I C32 ] BAHASA INDONESIA SMP/MTs tasIUn ~R~ 20.. Jalan Musyawarah Bacalah puisi berikut dan kerjakan nomor 50al21 dan 221 (1) (2) (3) (4) (5) 6 21. Jalan Cendrawasih kampus DIN. A. Jalan KH Dewarltara kampus DIN.. 22.

D.. Hari ini. Melihat hal itu.". Pak Rino.:~)~~t~1\:.10 Downloaded from http://pak-anang. Lusi kelihatannya sangat kecewa. karena aku mendapat nilai yang sempurna.. sahabatku langsung memberiku ucapan selamat dan memberi semangat kepadaku. Perhatikan ilustrasi berikut! Jumat pagi.com I C32 I BAHASA INDONESIA SMP/MTs 23.i~f. Lusi sahabatnya mendapat nilai sebaliknya. Ia kurang puas dengan penilaian dari Pak Rino.~~"~ ._. Pak Rino dan Lusi..~= ". A.. Lusi. guru kami... B. guru bahasa Indonesiaku sangat bangga. Untungnya dia mau mendengarku. P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 "Hak Cipta pada Pusat PenHahill I'cndidikan-BALlTBi\NG-KEMDlKBUD . sahabatku mendapat nilai buruk. Pak Rino baru saja membagikan hasil ulangan harian pelajaran bahasa Indonesia.~". aku senang sekali karena nilai ulangan bahasa lndonesiaku bagus. Akan tetapi.L_~.~'. Nadva berusaha menghibur dan kelihatannya berhasil. ' .'~{ ~.• ~J)11~tlIuisltt1~ti~~{. Ia kesal karena nilainya tidak berbeda jauh dariku. langsung marah-marah kepadaku saat aku menerima hasil ulanganku hari ini. Lusi. ••. Aku tclah belajar habishabisan malam sebelumnya. temanku sangat bangga karenanya.. C. _. Hatiku bukan untuk kau nilai Hati-hati dengan hatiku Karena hatimu bisa melukai hatiku Hatiku sangat hati-hati dengan hatimu Karena hatiku ingin menilai hatimu Seorang ibu berpakaian hitam Berdiri di tepi sebuah makam Perlahan air mata menetes di pipi Tangisi kepergian buah hati Namun sesal tak perlu lagi Han a ada di bibir tak pernah berhenti Jan an ceroboh! Hati-hati menilai seseorang! Jan an melukai hati teman! Nilailah oran lain! 24. Lusi. tt\':i • ".. Aku berusaha menghiburnya.. Nadya yang sudah belajar sungguh-sungguh mendapat nilai yang sempurna. Aku sangat senang. Bacalah kedua kutipan puisi berikut! ~f~ l -k . Aku mendapat nilai ulangan yang bagus sekali hari ini.blogspot.{{~if. Penulisan catatan harian Nadya sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . sahabatku.'L. J.

irne 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfullgsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus walau tidak dilengkapi glosarium. Kumohon kamu sudah lebih besar sekarang. Bacalah kutipan surat pribadi berikut! Anita yang terkasih. : Tidak dilengkapi dengan glosarium. Arman Yuri Saldi S. B. B.blogspot. Kuingin kamu mau membalas suratku ini.11 Downloaded from http://pak-anang.com . D. Buku karya dr.. . Kuyakin saat surat ini datang kamu masih di sekolah. Yuli Kalimat pembuka surat yang tepat adalah . P-BIN-ZF-MI5-2011/20.. A. Arman Yuri Saldi S. ya. judul buku ini sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya dimulai dari penjelasan anatomi otak secara menyeluruh sampai pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif. dr.. C.] Aku dan keluarga juga sehat selalu di sini. Di mulai dari penjelasan anatomi otak secara menyeluruh sampai pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif. ya. Akan tetapi buku ini tidak dilengkapi glosarium. judul buku ini karya dr.. Kuharap surat ini sebagai penyambung komunikasi kita. Aku selalu ingat akan masamasa indah persahabatan kita.. [.. Arman Yuri Saldi S. Mengungkap Misteri Otak Tengah. C. Arman Yuri Saldi S. 100 halaman 15 bab Isi buku sangat bagus. judul buku ini karya dr. Mengungkap Misteri Otak Tengah. Mengungkap Misteri Otak Tengah. tidak berkirim surat. judul buku ini karya dr. dengan voh. Kukira kita sudah lama. 26. Perhatikan data buku berikut! Judul Buku Penulis Volume Keunggulan : Mengungkap Misteri Otak Tengah.' Manibahas tentang otak manusia dari sisi anatomi samapaimembentuk generasi yang cerdas. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Kuharap kamu saat ini baik-baik saja. Mengungkap Misteri Otak Tengah. Arman Yuri Saldi S.12 °Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG-KEMDlKBUD . Kelemahan Paragraf resensi yang tepat adalah . D. A. Pembahasan juga sangat mudah dipahami karena ditunjang dengan gambar.IC321 BAHASA INDONESIA SMPIMTs 25. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya.

Mohon Bapak/Ibu. Pihak sekolah mohon segera mencari solusi terbaik terhadap waktu berkunjung para alumni pada jam-jam sekolah.] Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah A. B. (3) Tanggal IS Agustus 2011 buka bersama di sekolah. Para alumni dihimbau kesadarannya tidak perlu berkunjung ke sekolah saat pelajaran. Pihak sekolah membuat larangan para alumni yang berkunjung di sekolah pada jam-jam istirahat. Sebagai orang tua siswa saya sangat khawatir dengan kondisi ini. [oo. kami ucapkan terima kasih. ] Kalimat penutup surat untuk melengkapi bagian rumpang dalam surat dinas tersebut adalah A. VIII. Demikan pemberitahuan kami. B. Para alumni dilarang masuk ke halaman sekolah saat proses belajar mengajar berlangsung. orang tuai wali siswa memahami seluruh isi dan kegiatannya terima kasih. oO' P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 °HaI< Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALlTBANG-KEMDlKBUD . (l) Tanggal 31 Juli Dzikir bersama di halaman sekolah. Orang tualwali siswa Kelas VU. Kehadiran para alumni tersebut tentu sangat mengganggu para siswa yang sedang belaiar.d.blogspot. oO. Bacalah kutipan surat pembaca berikut! Alumni SMP Citra Nusantara sering berkunjung di sekolah saat proses belajar mengajar berlangsung. C. Atas kerja sama yang baik. Bacalah kutipan surat berikut! yth. [oO. Demikian informasi ini kami sampaikan. D. 3 Agustus 2011 pesantren kilat bagi siswa. Mohon menjadikan perhatian bersama-sama terima kasih.12 Downloaded from http://pak-anang. C. BAHASA INDONESIA C321 SMPIMTs 27. Kami informasikan beberapa kegiatan sekolah selama bulan Ramadhan tahun 20 II. Bagi siswa nonmuslim melaksanakan kegiatan sesuai agamanya. Semoga orang tua murid paham isinya. dan IX SMP Negeri Pamona Selatan di Pamona Selatan Dengan hormat. 28. D. (2) Tanggal I s.com I.

Pak Wiro. B. Selanjutnya. tolong gantikan saya memimpin rapat program semester di sekolah.. (4).blogspot. Saya tidak dapat datang ke sekolah hari ini karena harus mengikuti rapat dengan Kepala Dinas Pendidikan. (I). Saya mengikuti rapat MKKS dengan Kepala Dinas Pendidikan. (4) B. Pesan singkat yang tepat ditulis Kepala Sekolah kepada Pak Wiro adalah . I C32 I BAHASA INDONESIA SMP/MTs 29. Bapak menggantikan saya.00 WIB rombongan kami tiba di Istana Kepresidenan. saya tidak dapat datang memimpin rapat di sekolah hari ini. (2). ya? 30.13 Downloaded from http://pak-anang... Istana Negara menghadap ke Jalan Veteran. Pukul 09.. Maaf ya Pak Wiro. Tiba-tiba tanggal 31 Juli ia menerima surat supaya mengikuti rapat MKKS dengan Kepala Dinas Pendidikan. (5). (5). (5) P-BIN-ZF-M15-2011/2012 "Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALlTBANG-KEMDIKBlJD . Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan . (3). (2). (I). A. Ia menulis pesan singkat untuk Pak Wiro. Perhatikan kalimat-kalimat berikut! (I) (2) (3) (4) 5 Kompleks Istana Kepresidenan terdiri atas Istana Merdeka dan Istana Negara. (I). (4) D. (5). Pak Wiro. kami mulai menjelajahi seisi kompleks Istana Kepresidenan. (3). (1). Bapak harus mengganti saya memimpin rapat di sekolah. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum su a amen antin a memim in ra at di sekolah. Kepala SMP Budi Mulia memimpin rapat dengan dewan guru untuk membicarakan program semester.. (3). (2). Saya ada keperluan penting. (3) C. Istana Merdeka men hada ke Taman Monumen Nasional (Monas. C. (4). Bacalah ilustrasi berikut! Berdasarkan program kerja tanggal I Agustus ini. (2). A. Hari ini saya rapat dengan Kepala DinaS Pendidikan.com . D.

selesai Ujian Nasional siswa-siswi kelas IX akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk/Sinka Island. dan serahkan biaya transportasi sebesar Rp60. A.. D.00. Isi formulir.14 31. Bacalah kutipan bacaan berikut! Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional pada namanya wajib melepaskan embel-embel tersebut. formulir harap diserahkan kepada" Bapak Mansyur dengan menyertakan biaya transportasi sebesar Rp60. C. Siswa kelas IX yang akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk/Sinka Island diharap mengambil formulir pada wali kelas: Setelah diisi. . BAHASA INDONESIA Downloaded from http://pak-anang. Siswa yang berminat supaya mengisi' formulir yang ada pada wali kelas masing-masing. . Kewajiban melepaskan kata internasional pada nama rumah sakit dimaksudkan untuk menghindari kesesatan interpretasi oleh pasien.000. C. B. Setelah diisi. Pelepasan kata internasional pada sejumlah rumah sakit penting karena kelangsungan hidup pasien ada pada rumah sakit. daftarkan diri. Isi pengumuman yang tepat adalah ..00 kepada Pak Mansyur secepatnya.:. D.00 kepada Pak Mansyur. serahkan beserta biaya transportasi Rp60.. Daftarkan diri Anda sekarang juga.000. Teluk Mak Jantuk/Sinka Island? Siapa takut? Ke situ kita berekreasi.000. Daftarkan segera diri Anda dengan menyerahkan formulir yang telah diisi beserta biaya transportasi Rp60.00 paling lambat tan ga13 A ril 2011. Kita akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk/Sinka Island. Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien rumah sakit berlabel internasional.000. Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan asien. form~lir diserahkan kepada Pak Mansyur beserta biaya sebesar Rp60. Bacalah ilustrasi berikut! I C32L SMP/MTs.blogspot. 32. Peraturan yang mewajibkan hal itu berlaku mulai Agustus 2010.com Wakil kepala sekolah bagian kesiswaan mengatakan. Padahal kelan sungan hidu mereka bergantung ada rumah sakit.00 kepada Pak Mansyur. P-BlN-ZF-MI5-2011f2012 °Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALlTBANG-KEMDIKBUD . Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional wajib melepaskan embel-embel tersebut. A.000. Siswa-siswi kelas IX yang akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk supaya segera isi formulir. B. Penyerahan formulir paling lambat tanggal 3 April 2012. Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah .

Cari karyawan pengalaman. B.. Datang ke PT Askra JI Angkasa 6. D. berpengalaman minimal 3 tahun. Angkasa 6. Jl Angkasa 6. B. PT Askra bth karyawan pria. A. Sinopsis dilombakan membaca dibudayakan. Pelamar agar datang ke PT Askra Jl.. Angkasa 6. sekolah mengadakan lomba membuat sinopsis buku fiksi dan membuat rangkuman buku nonfiksi. Jakarta Utara. u/maks 30. umur maksimal 30 tahun.blogspot. Syarat : sarjana teknik otomotif. Ijzh SI teknik otomotif. Membaca itu sangat penting. A. D. Berpengalaman. teknik otomotif. panitia membuat slogan. Jakarta Utara C. Segera datang ke JI Angkasa 6. pengalaman min 3 thn. Membaca untuk mengisi waktu. Jakarta Utara. 30 thn. Dicari: karyawan. Dbthkan: kary. Bacalah ilustrasi berikut! Sebuah perusahaan otomotif membutuhkan karyawan dengan syarat berijazah sarjana (S 1) teknik otomotif. Datang lngsng ke PT Askra. S1. Slogan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah . Pengetahuan diperolah dari membaca.. Jakarta Utara 34.com I C32 I BAHASA INDONESIA SMPIMTs 33. berpengalaman. Jl. Agar memacu motivasi peserta.. Jakarta Utara. Lamaran PT Askra. P-BlN-ZF-M 15-20 11/20 12 "Hak Cipla pada Pusal Penilaian Pendidikan-BALJTBANG-KEMDIKBUD . U130 thn. Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . S1 teknik otomotif maks 30 thn.15 Downloaded from http://pak-anang. C. Bacalah ilustrasi berikut! Untuk membudayakan gemar membaca.

Pembantu rumah menyaksikan perampok berjumlah 3 orang. Barang yang dibawa perampok berupa TV. Jangan menyantap buah-buahan dan sayur-sayuran karena beresiko paling kecil terhadap penyakit apa pun. Suwarto sendiri belum bisa dihubungi karena ia sedang berada di luar negeri. Mereka terpaksa merampok karena sulit mendapatkan pekerjaan.aru. Apa penyebab kelangkaan pupuk urea? Kapan terjadi kelangkaan pupuk urea? Bagaimana mengatasi kelangkaan pupuk urea? Mengapa kelangkaan pupuk urea harus cepat diatasi? karya ilmiah berikut! Rumusan A. HP. C. Suwarto (50) menuturkan kerugian yang dialaminya cukup banyak. Perhatikan ilustrasi berikutl Sebuah rumah mewah dirampok pada Minggu.. P-flJN-ZF-MI5-20] 112012 "Hak Cipta pada Pu. Minggu (417)..16 Downloaded from http://pak-anang. A. B. Setelah diteliti beberapa benda elektronik (TV..60 ersen. Minggu (417). B. dan sejumlah perhiasan. B. 37. tersebut hanya ada pembantu rumah tangga karena pemilik rumah. Perampokan terjadi di salah satu rumah mewah. C. Pembantu yang menjaga rumah disekap di gudang oleh perampok yang berjumlah 3 orang dan bersenjata tajam. HP. laptop) dan sejumlah perhiasan telah raib dibawa kabur perampok.com I C32J . BAHASA INDONESIA SMPIMTs 35. Perampokan terjadi di salah satu rumah mewah milik Suwarto (50). Baealah simpulan Hasil riset Lembaga Kesehatan Masyarakat di Finlandia menyebutkan penduduk yang paling banyak menyantap buah-buahan dan sayur-sayuran segar berisiko paling kecil terhadap penyakit apa pun. sedang berada di luar negeri. Saran berdasarkan simpulan karya ilmiah adalah . pemilik rumah belum bisa datang karena masih di luar negeri. 4 Juli 2011. Penduduk yang menghabiskan banyak buah apel risiko mengida en akit kronis se erti kanker aru. C. Hendaknya kita mengonsumsi satu buah apel per hari untuk mengurangi risiko terhadap penyakit.blogspot. Perampokan di salah satu rumah mewah telah terjadi. Suwarto. Teks berita yang tepat sesuai ilustrasi adalah . laptop. Beberapa benda elektronik dan sejumlah perhiasan berhasil dibawa kabur perampok. Minggu (417). Beberapa benda elektronik dan sejumlah perhiasan berhasil dibawa oleh 3 perampok..at Penilaian Pendidikan-BALlTBANO-KEMDlKI3UD . merosot 20 . Suwarto. D. Perampok yang bersenjata tajam berjumlah 3 orang. Perampok beriumlah 3 orang dan membawa seniata tajam. Buah apel telah banyak disantap oleh masyarakat Finlandia selama 25 tahun... D. Menghabiskan lebih banyak buah apel risikonya mengidap penyakit kronis seperti kanker paru-paru. A. D. 36. Perhatikan tema berikut! I Tema : Upaya mengatasi kelangkaan pupuk urea masalah berdasarkan tema tersebut adalah . Pembantu rumah tangga sempat melihat sebelum dia disekap di gudang. Di dalam rumah. Perampokan terjadi di salah satu rumah mewah milik Suwarto (50) Minggu (417).

(I). ratu Atut Chosiyah. banjir sudah menjadi langganan di daerah kita. Cermatilab penulisan kalimat berikut! Tubagus Chasan Sochib. kalimat tersebut adalah . Tubagus Chasan Sochib. madu dan garam y. D. (5) C...o. Nokia. D. banjir sudah menjadi langganan di daerah kita. Di toko C. A. . Cermatilah kalimat berikut! I Di toko Sabrina dijual tiga jenis Penggunaan tanda A. Perbaikan penulisan yang tepat dari kalimat tersebut adalah . Ratu Atut Chosiyah. Di toko B.. C. Nokia. campur dengan beras giling secukupnya. perasan jeruk nipis.. Sabrina dijual tiga: jenis ponsel Nokia. (I). (4) Kemudian.blogspot. C. (5). meninggal dunia di Rumah Sakit Sari Asih. (4). (5). (3). Bacalah kalimat-kalimat berikut! Petunjuk mengatasi batuk dan pilek (I) Masukkan I gelas air panas. Serang. . meninggal dunia di rumah sakit Sari Asih. meninggal dunia di rumah sakit Sari Asih. (4) P-BIN-ZF-M15-2011/20 12 "Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALlTBANG-KEMDIKBUD . (I). Para hadirin sekalian. Samsung. 39. (3). Tubagus Chasan Sochib. banjir sudah menjadi langganan di daerah kita. Di toko ponsel Nokia Samsung dan Black Berry baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah . Ratu Atut Chosiyah meninggal dunia di rumah sakit Sari Asih. (I). Serang. Cermatilah kalimat berikut! I C32 I SMP/MTs BAHASA INDONESIA Downloaded from http://pak-anang. Hadirin. Perbaikan A. 41.com I Para hadirin. Serang. ayahanda Gubernur Banten. A. (4) B. Samsung. banjir sudah menjadi langganan di daerah kita. aduklah hingga rata. Serang.. banjir sudah menjadi langganan di daerah kita. TubagusChasan Sochib.. (2). Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah . Serang. sendok teh. (2). dan Black Berry. dan Black Berry. meninggal dunia di Rumah Sakit Sari Asih. Hadirin dan hadirat. Sabrina dijual tiga jenis ponsel. (2) Tumbuklah y2 jari rimpang kencur hingga halus. ayahanda gubernur Banten. ayahanda Gubernur Banten.. lalu minumlah pada pagi hari. Ayahanda Gubernur Banten.17 38. (2). ratu Atut Chosiyah. (5) D. dan Black Berry. (2). (4). Ratu Atut Chosiyah. Di toko D. 40.. Tubagus Chasan Sochib. (5) Saringlah. Samsung. Hadirin sekalian. Samsung Sabrina dijual tiga jenis ponsel: Nokia. dan Black Berry. ayahanda gubernur Banten. Sabrina dijual tiga jenis ponsel. (3) Selanjutnya. (3). (3). B. B.

Sebagai ketua OSIS. D. 44. D. (2) Hidupkan blendernya! (5) Beri air matang dingi sebanyak-banyaknya! 43. C. (2) Tambahkan butiran es batu lagi! (5) Siapkan lima gelas yang sudah dicuci! D. undangan. pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita. Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah. oo. (2) Beri air matang dingin secukupnya! (5) Masukkan dalam blender! C. P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 '"~HakCipta pada Pusat Penilaian PcndidikanwBALITBANCi-KEMDIKBUD . (l) Kupas buah mangga yang sudah masak dan lepaskan daging buahnya dari bijinya! (2) [ (3) Tambahkan batu es! (4) Tambahkan gula pasir dan susu secukupnya! (5)[ (6) Hidupkan blender selama tiga menit! (7) Tuangkan jus mangga ke dalam lima gelas! oo. ] oo. sesuai dengan program yang telah disepakati mari ikuti kegiatan ini. A. (2) Masukkan ke dalam blender! (5) Beri air matang dingin secukupnya! B. Perhatikan petunjuk berikut! I C321 SMPIMTs BAHASA INDONESIA Downloaded from http://pak-anang. Bapak Ibu dan teman-teman. Saudara/Saudari sekalian yang terhomat. C. ] Kalimat yang tepat untuk bagian rumpang petunjuk tersebut adalah . Teman-teman yang saya sayangi.blogspot. Saudara yang terhormat. B. para undangan sekalian. oo' Perbaikan penggunaan kalimat sapaan yang tepat adalah A. nara sumber. Perhatikan kutipan teks pidato berikut! oo I Hadirin sekalian.com Cara membuat jus mangga. Saudari yang terhormat. Hadirin. dan mendatangkan narasumber. para undangan sekalian. Bagian isi pidato Rehan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah A. Bapak dan Ibu guru.. Hadirin sekalian. dan terjebak dalam dunia narkoba. Hadirin/Hadirat. sehingga bisa melaksanakan program ini. kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar kita bisa menjaga diri. dengan tema penanggulangan penyalahgunaan narkoba.18 42. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya. undangan. Perhatikan ilustrasi berikut! sekalian yang OSIS SMP Pembina melaksanakan program penyuluhan. Saudara/Saudari terhormat. dalam mengawali penyuluhan Rehan menyampaikan pidato yang berisi tujuan kegiatan tersebut. tidak terjerumus. Hadirin yang terhormat. Teman-teman. dan teman-teman yang telah hadir pada acara ini. B.

)Hak. dan teman-temanmu juga! Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut adalah . membuang sapu. 47. melemparkan sapu. Le! Petunjuk A.. lakuan pergi pergi pergi pergi pada dialog nomor (2) yang benar adalah . larik yang tepat untuk melengkapinya adalah . meletakkan sapu. dan memeluknya C.19 45. menoleh. Agar menjadi pantun yang baik. apa tiap musim hujan rumah kita bocor seperti ini terus? 4) Emak (Menata ata rumah Maksudmu a a..blogspot.. memandang dengan senang D. C. Perhatikan kutipan pantun berikut! Hendak sekolah makan ketupat Makan di bawah pohon randu [ ] I C32 I SMP/MTs BAHASA INDONESIA Downloaded from http://pak-anang.. Nekl (keluar mobil dan berlari dan berteriak) Nenek Hai cucuku! [.com [. B. Janganlah engkau malas-malas Pasti akan menyesal nanti B. Nekl (membenamkan kepala dalam pelukan hangat) Nenek Ya. mendekati mobil. D. Jangan sia-siakan waktu muda Menyesal di kemudian hari 46. ya.. bersalaman B. membentangkan tangan. Indra . Belajarlah engkau dengan giat Supaya dapat juara satu D. memegang sapu. (pergi menuju kamar tamu) (3) Ali Mak. Jika kamu giat belajar Cita-citamu pasti kan tercapai C. Sang nenek sedang menyapu... memegang P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 (. ke kamar tidur ke kamar simbok ke kamar mandi ke kamar anak Bacalah kutipan naskah drama berikut! Mobil yang dinaiki Indra mulai berjalan lambat dan akhirnya berhenti di depan rumah neneknya. A. Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikall-BALITBANG-KEMDIKBUD ...] Indra Bapak dan Kak Ani ikut juga. berlari menuju mobil. A.. Cermati naskah drama berikut! Seting saat musim hujan di rumah yang bocor (1) Ali Kita tidur di mana Mak? (2) Emak Kita tidur bertiga di kamar simbok.

[ .. Bacalah kutipan naskah drama berikut! Gelandangan Pemuda Gelandangan Pemuda Gelandangan (masih ragu-ragu) Tapi aku tidak boleh menerima sesuatu dari orang lain yang belum aku kenal. api yang berkobar-kobar P-BIN-ZF-MI5-2011/2012 "Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALlTBANG-KEMDlKBUD ..] hujan dan badai yang melintang Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut agar bermakna padu adalah . Bacalah kutipan puisi berikut! Tuhan telah menegurmu dengan menahan kesusahan lewat gempa bumi yang mengguncang [ ... ] (2) Iya sudah dua hari ini aku belum makan nasi. (I) menderita. (I) Siapa yang melarangmu? (2) Kakakmu benar.. (I) Ada yang melarangmu? (2) Tidak apa-apa. tidak apa-apa.. (2) gembira D. (I) mengapa kamu dilarang? (2) Ambillah. (I) gembira..] (2) Kami tetap mencintai-Mu. Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang drama tersebut adalah . (2) bahagia C.20 Downloaded from http://pak-anang. air yang mengalir deras . C. Perhatikan kutipan puisi berikut! Di dalam suka di dalam duka Waktu bahagia waktu [...] (I) Masa tertawa masa [... A. kamu lapar kan? C. Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar memiliki kesamaan rima adalah . awan yang melintas cepat B.. (I) senang.. A. (I) senang.. biar kamu nggak lapar. angin yang meraung-raung D... agar kamu hati-hati..blogspot. 49. B. ] (I) Kakakku [ . (2) nestapa 50. Tapi kamu lapar kan? D. (I) Mengapa begitu? (2) Kakakmu benar. A... (2) duka B. terima kasih.com I C32 I BAHASA INDONESIA SMPIMTs 48. mungkin agar kamu hati-hati..