You are on page 1of 4

TUGAS FISIKA KESEHATAN

APLIKASI HUKUM DASAR FISIKA DALAM BIDANG KEBIDANAN

BIOMEKANIKA “Penerapan Analisa Gaya dalam Terapan Kesehatan”

Oleh : NI NYOMAN ARI UTAMI

1999). Kulit hanya mampu menanggung beban traksi sekitar 5 kg pada dewasa. wire. Jika dibutuhkan lebih dari ini maka diperlukan traksi melalui tulang. pelvis atau tulang belakang dan menarik tahanan yang diaplikasikan pada arah yang berlawanan yang disebut dengan countertraksi. dimana didalamnya terdapat sejumlah penanganan. Akibat traksi kulit yang kelebihan beban di antaranya adalah nekrosis kulit. Tahanan dalam traksi didasari pada hokum ketiga (Footner. Ada dua tipe utama dari traksi : traksi skeletal dan traksi kulit. 1995). tungkai. oedem distal. traksi sementara sebelum operasi. Traksi dapat dilakukan melalui kulit atau tulang. Tujuan dari traksi adalah untuk menangani fraktur. Prinsip Traksi adalah menarik tahanan yang diaplikasikan pada bagian tubuh. dan tongs yang dimasukkan kedalam tulang sebagai traksi skeletal (Taylor. Traksi tulang sebaiknya dihindari pada anak-anak karena growth plate dapat dengan mudah rusak akibat pin tulang. serta peroneal nerve palsy pada traksi tungkai. Indikasi traksi kulit diantaranya adalah untuk anak-anak yang memerlukan reduksi tertutup. Traksi tulang dilakukan pada dewasa . Traksi dapat dicapai melalui tangan sebagai traksi manual. dan berat sebagaimana pada traksi kulit serta melalui pin. dislokasim atau spasme otot dalam usaha untuk memperbaiki deformitas dan mmpercepat penyembuhan. penggunaan talim splint. traksi yang memerlukan beban 5 kg. obstruksi vaskuler. Traksi dalam Praktik Klinik Traksi adalah tahanan yang dipakai dengan berat atau alat lain untuk menangani kerusakan atau gangguan pada tulang dan otot. 1987 and Osmond. 1992 and Dave.Penerapan Analisa Gaya dalam Terapan Kesehatan 1.

Traksi Leher . terdapat kerusakan kulit. Gambar 1. Traksi Tulang Gambar 2. atau untuk penggunaan jangka waktu lama. Traksi Kulit Gambar 3. yaitu misalnya dengan memposisikan tungkai lebih tinggi pada traksi yang dilakukan di tungkai. Kontratraksi diperlukan untuk melawan gaya traksi.yang memerlukan beban > 5 kg.

id/url?sa=t&rct=j&q=aplikasi%20hukum%20dasar%20fisika%20dalam% 20kebidanan&source=web&cd=4&ved=0CC4QFjAD&url=http%3A%2F%2Fwww.com/2008/02/biomekanika.google.wordpress.Referensi : http://www.scribd.co.com %2Fdoc%2F59519725%2FAplikasi-Biomekanika-Dalam-Kebidanan&ei=z-SsTrnuAK4iAeUgr3ODw&usg=AFQjCNF7dnDHpP9dY3y_rU807moG7pSdsw&sig2=a0xCDHbSCJ0sv bDpQdPp7A&cad=rja http://attarisk.files.ppt .