SATUAN ACARA PENYULUHAN ( SAP

)
Masalah Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Sasaran Waktu Tanggal Tempat : Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi : Diet dan Nutrisi : Diet dan Nutrisi pada Penderita Kanker : Klien di ruang 17 C RS Hasan Sadikin Bandung : 15 menit : 26 November 2004 : Ruang 17 C RS Hasan Sadikin Bandung

I. Tujuan Intruksional Umum ( T I U ) Setelah dilakukan penyuluhan, diharapkan klien mampu memahami tentang pentingnya diet dan nutrisi pada penderita kanker II. Tujuan Intruksional Khusus ( T I K ) Setelah diberi penyuluhan selama 15 menit, diharapkan klien dapat : 1. Menyebutkan pengetrian nutrisi 2. Menyebutkan efek potensial kanker terhadap gizi 3. Menyebutkan zat-zat gizi untuk memenuhi kebutuhan individu dalam ketahanan tubuh dan anabolisme 4. Menyebutkan diet bagi penderita kanker karena anoreksia III.Materi Penyuluhan a. Definisi nutrisi b. Efek potensial kanker terhadap gizi c. Pentingnya zat-zat gizi untuk memenuhi kebutuhan individu dalam ketahanan tubuh dan anabolisme d. Diet bagi penderita kanker karena anoreksia IV. Kegiatan Pembelajaran a. Metode : Ceramah dan diskusi

1997 Penutup Melakukan post test ( memberi pertanyaan lisan ) Menyimpulkan materi Memberi salam . media dan tempat  Kontrak waktu 2. Sebutkan pentingnya zat-zat gizi untuk memenuhi kebutuhan individu d. Media dan Sumber Media Sumber VI. Sebutkan diet bagi penderita kanker karena anoreksia : Leaflet : Pedoman Terapy Diet dan Nutrisi Edisi 2. Kegiatan Inti  Penyuluh menyampaikan materi  Sasaran menyimak materi  Sasaran mengajukan pertanyaan  Penyuluh menjawab pertanyaan 4. Sebutkan efek potensial kanker terhadap gizi c. Evaluasi Prosedur : Post test Jenis tes : Pertanyaan secara lisan Butir – butir pertanyaan : a. Sebutkan definisi nutrisi b. Kegiatan Pra Pembelajaran  Mempersiapkan materi.    V. Langkah – langkah kegiatan : 1. Mary Courtney Moore.b. Kegiatan membuka Pelajaran  Memberi salam  Perkenalan  Menyampaikan pokok bahasan  Menjelaskan tujuan  Apersepsi 3.

Sekitar 70 % dari individu dengan kanker mengalami keengganan atau tidak suka terhadap makana tertentu. cepat kenyang. 2. Penurunan sintesis tubuh “ Kaheksia kanker “ adalah bentuk malnutrisi berat yang ditandai dengan anoreksia. 3. hanya terapi kanker yang sukses yang dapat memperbaiki atau mengembalikan sindrom kaheksia kanker ini. penurunan berat badan. Kehilangan berat badan.MATERI PENYULUHAN  Pengertian Nutrisi Nutrisi adalah semua makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk memepertahankan keseimbangaan metabolisme ataupun sabagai pembangun. anemia. peningkatan kadar asam laktat yang diproduksi oleh metabolisme anaerob. b. kehilangan otot. metode metabolisme yang disenangi oleh kanker . stress psikologis.  Efek Potensial Kanker Terhadap Gizi a. Berkurangnya makanan yang masuk.  Pentingnya Zat-zat Gizi Untuk Memenuhi Kebutuhan Individu Dalam Ketahanan Tubuh dan Anabolisme . disguesia (perubahan dalam pengecapan) . mungkin diinduksi oleh perubahan kadar neurotransmitter (serotonin) pada sususnan saraf pusat . Meningkatnya kecepatan metabolisme basal. Walaupun dukungan gizi yang adekuat dapat membantu mencegah kehilangan otot dan berat badan. lemah. rupanya karena perubahan ambang pengecapan terhadap beberapa komponen bau dan rasa. akibat : 1. lemak dan protein tubuh ) yang disebabkan oleh ketergantungan kanker kepada metabolisme anaerob. Meningkatnya glukoneogenesis ( produksi glukosa dengan pemecahan glikogen. dan tidak suka terhadap makanan tertentu.

Pemberian makan yang sering dalam porsi kecil.a. Ayam dan ikan dapat diterima individu yang tidak suka makan daging. Vitamin dan Mineral d. Protein c. dan sayuran berdaun hijau. dan individu yang tidak menyukai makanan tertentu. Kalsium Intoleransi laktosa sering terjadi sebagai akibat kerusakan usus yang disebabkan radiasi atau kemotrapi.  Diet Bagi Penderita Kanker Karena Anoreksia Diet adalah makanan biasa yang disajikan dengan menarik dengam variasi baik dalam tekstur dan warna. Zat Besi Anemia sering terjadi sebagai akibat dari kehilangan darahb atau tidak suka makanan yang kaya akan zat besi. ini dapat menambah zat besi. atau susu yang sudah ditambah enzim lactase (lactasid atau lactrase). dapat membatasi masuknya seng. e. Masuknya kalsim mungkin rendah jika tidak minum susu. f. keju. karena cairan dapat mengenyangkan Masalah makanan :  makanan besar dapat mengenyangkan pasien. dan biji-bijian atau roti dan sereal yang sudah diperkya dengan zat besi. Pada individu dengan intoleransi dapat makan yogurt. . Anjuran :  hindari minum-minuman ringan sampai pasien selesai makan. sehingga menekan nafsu makan. Kalori Kalori dapat kita temukan pada makanan yang mengandung karbohidrat. keju lembut. b. Seng Seng dijumpai pada makanan yang sama dengan zat besi. buttermilk (cairan yang tinggal setelah membuat mentega dari susu).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful