KELUARGA SAKINAH A. Dasar Pembentukan Keluarga: 1. Aspek Ibadah, Hadits Rasulullah SAW.

‫النكاح سنىت فمن رغب عن سنىت فليس مىن‬
“Nikah itu sunnahku, barang siapa yang tidak menyukai sunnahku, maka tidak termasuk golonganku” Juga Hadits Rasul : “Wahai para pemuda, barang siapa di antara kamu mampu menikah, segeralah menikah; sebab yang demikian itu merupakan upaya paling baik untuk menjaga mata dan kemaluan” 2. Aspek yuridis: a. UU Perkawinan No. 1 Tahun 1974 pasal. 29. b. Al-Qur’an Surat An-Nuur:33 c. Hadits Rasul: ” Menikahlah kalian dengan wanita-wanita yang romantis dan banyak keturunan, karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan jumlah kalian yang banyak dan jangan seperti para pendeta Nasrani”. d. Hukum Nikah: Wajib, Sunnah, Haram, Makruh dan Mubah. 3. Aspek Sosial: Keluarga merupakan masyarakat kecil B. Tujuan Pernikahan: 1. Untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Firman Allah SWT.

karena hartanya. Jangan berduaan dengan wanita bukan muhrim. Hadits Rasulullah : “Wanita dinikahi karena empat perkara. Wali (dari mempelai wanita) .Memperoleh keturunan yang sah . Dua orang saksi 3. . Kedua mempelai 2. Al-Isra’: 32: Rasul …‫وال تقربوا الزنا‬. Pra Nikah 1. .Menenteramkan jiwa . S.Mencegah kemaksiatan . keturunannya.Menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal . Rukun Nikah: 1. Memilih Calon isteri/suami. Hitbah (lamaran).Menyempurnakan ibadah .Hadits :‫بامرأة اال مع ذى حمرم‬ ‫ال خيلون احدكم‬ “Janganlah seorang di antara kamu berduaan dengan wanita kecuali disertai muhrimnya” 3.)13:‫ومن ايته ان خلق لكم … (الروم‬ 2. Tetapi prioritaskanlah agamanya. niscaya kamu akan selamat dari bencana” 2. Hadits Rasul: ‫الخيطب احدكم على خطبة اخيه‬ “Janganlah seseorang melamar lamaran orang lain” D.Membina kehidupan yang harmonis C.Al-Qur’an. wajahnya dan agamanya.

Macam-macam Wali: 1. Wali Mujbir * Masalah: 1.4. Nikah Syihgar ( nikah barter) 4. Macam-macam Nikah 1. Nikah Muth’ah (kawin kontrak) 3. Nikah gantung F. Talak Raj’i RUJUK: 1. Tanpa dengan nikah baru? 2. Nikah Sirri (di bawah tangan) 2. Talak Bain 2. TALAK: 1. Pernikahan Muslim dengan non Muslim? A. Wali Adhal 2. Nikah melalui alat komunikasi? 2. Harus dengan nikah baru? . Ijab Kabul 5. Mahar Hadits Rasul : ‫النكاح اال بويل وشاهديه عدل‬ “Tidak sah nikah kecuali dengan adanya wali dan dua orang saksi yang adil” ‫خري النساء ايسرهن مهرا‬ “Sebaik-baik wanita adalah yang paling murah mas kawinnya” E. Wali Hakim 3.

IDDAH 1. Yang ditinggal mati: 4 bulan 10 hari (al-Baqarah:234) 3.B. Wanita yang dicerai: 3 kali Suci (al-Baqarah: 228) . Wanita hamil: sampai melahirkan 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful