BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Di era globalisasi seperti saat ini, segala aspek kehidupan dituntut untuk semakin maju dan berkembang. Hal tersebut juga disesuaikan dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat. Memasuki abad ke-21 ini pemanfaatan teknologi sudah tidak asing lagi bahkan menjadi sesuatu yang wajib dalam semua aspek kehidupan, salah satunya pada aspek pendidikan dan ekonomi. Pada abad 21 ini, teknologi informasi dan komunikasi bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer. Dimana teknologi informasi dan komunikasi itu sudah menjadi konsumsi masyarakat umum dari berbagai kalangan dan jenjang usia. Pergerakan teknologi yang semakin berkembang memang memberikan pengaruh kepada manusia untuk merubah gaya hidupnya agar lebih dapat menyesuaikan dengan keadaan teknologi yang ada. Hal tersebut juga berdampak dalam dunia pendidikan. Dimana pemanfaatan perangkat teknologi (elektronik) saat ini menjadi hal penting, salah satunya diteapkan dalam pembelajaran yang dikenal dengan istilah E-learning. Oleh karena itu, sistem pembelajaran menggunakan elektronik pun semakin dikembangkan, hal tersebut dilakukan agar dapat disesuaikan dengan tuntutan zaman yang semakin canggih. Salah satu pemanfaatan teknologi adalah pemanfaatan telepon genggam atau yang biasa dikenal dengan istilah handphone. Mengapa handphone? Handphone merupakan perangkat teknologi yang paling praktis dan bisa dibawa kemana saja, dan tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini hampir semua orang dari berbagai usia memilikinya. Handphone merupakan sebuah alat komunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Handphone atau telepon genggam bisa dijadikan sebagai media pembelajaran sederhana. Hal tersebut mungkin akan memunculkan pertanyaan, Handphone sebagai media pembelajaran? Seperti apa? Bagi sebagian orang mungkin hal tersebut akan menjadi pertanyaan yang dilontarkan. Karena sebagian dari mereka beranggapan bahwa handphone atau telepon genggam hanyalah sebuah alat yang

1

Jadi. Dalam hal ini. jika kita melihat kembali akan fungsi dari handphone itu sendiri. akan tetapi dalam sebuah proses komunikasi bisa memunculkan sebuah informasi. kegiatan pembelajaran tidak hanya bersifat konvensional saja. Apa saja jenis-jenis Handphone? 5. Media pembelajaran merupakan alat atau perantara yang membantu dalam proses belajar mengajar dalam hal menyampaikan sebuah informasi. Salah satunya. RUMUSAN MASALAH Setelah menyimak latar belakang yang dijelaskan di atas. sehingga proses belajar dapat dilakukan kapan dan dimana saja. bahwa media merupakan sebuah alat atau perantara. Bagaimana cara kerja Handphone? 2 . Bagaimana sejarah Handphone? 3. handphone berperan sebagai media pembelajaran. Handphone berfungsi sebagai alat atau media komunikasi. B.digunakan untuk keperluan komunikasi saja. Apa saja fungsi dan fitur pada Handphone? 4. Apa pengertian Handphone? 2. Kata media bahasa latin yaitu jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Handphone memang sebuah alat komunikasi. dengan dimanfaatkannya perangkat teknologi seperti handphone ini. sehingga dari fungsinya tersebut bisa kita manfaatkan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik atau e-learning yaitu untuk mengatasi batas ruang dan waktu. maka rumusan masalah yang diangkat dalam tulisan ini adalah : 1. baik bagi guru maupun siswa. Seperti yang kita tahu. Media dirancang dan diciptakan untuk mempermudah proses belajar. Kemajuan teknologi menjadi salah satu pemicu utama semakin banyaknya inovasi yang diciptakan dalam dunia pendidikan. bagaimana bisa sebuah handphone bisa dijadikan sebagai media pembelajaran? Pertanyaan itu akan bisa dijawab. Dimana handphone atau telepon genggam merupakan salah satu perangkat teknologi yang paling praktis dan bisa digunakan untuk membantu proses belajar.

6. Untuk mengetahui sejarah Handphone 3. Untuk mengetahui jenis-jenis Handphone 5. TUJUAN PENULISAN Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah: 1.6. MANFAAT PENULISAN Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah: 1. D. Untuk mengetahui efisiensi Handphone sebagai media pembelajaran. Untuk mengetahui pengertian Handphone. 2. Sebagai referensi untuk penulisan makalah atau artikel lain yang berhubungan dengan tema pada makalah ini. Untuk mengetahui cara kerja Handphone. 2. Bagaimana efektivitas Handphone sebagai media pembelajaran? C. Sebagai usaha untuk mengkaji teknologi dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran. Untuk mengetahui fungsi dan fitur pada Handphone 4. 3 .

Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia. 12 Maret 1918.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel. walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973. Pengertian Handphone Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap. setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia. namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel. wireless). Setelah berhasil memproduksi telepon genggam. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) 4 . Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983. mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel. B. Sejarah Handphone Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper. tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum. telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta). ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Untuk memproduksinya.

GPRS. perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video. Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone. biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar (smartphone). seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. SMS). sebagai alat pembayaran. kamera digital. ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service. kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur. Jenis-jenis Handphone berdasarkan fungsi 1. 3G).dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. C. Amos E Joel Jr. Selain fitur-fitur tersebut. game. telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi. maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang. Mengikuti perkembangan teknologi digital. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman. membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Jadi di ponsel tersebut. Fungsi dan Fitur Handphone Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon. orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis. fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat. Ponsel bisnis Ponsel jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda. Beragai aplikasi bisnis terdapat dalam 5 . ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories. khususnya di bidang switching. dan layanan internet (WAP. D. Tidak lama setelah studi. ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer.

dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik. Setiap sel menggunakan sekumpulan frekuensi radio atau saluran-saluran untuk memberikan layanan di area spesifik. dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan sederhana. 3. sekumpulan teknologi tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan atau bertukar data dengan telepon lain atau dengan komputer. mikrofon. terdapat sebuah pengeras suara. Ponsel hiburan Ponsel jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia. fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti. papan tombol. Ketika berhubungan dengan jaringan nirkabel. 2. Cara Kerja Didalam ponsel. Tetapi dibalik itu semua. tanpa teknologi baru yang disematkan. bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah. Ponsel fashion Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya. sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki variannya tersendiri. foto. dan powerful circuit board dengan mikroprosesor yang membuat setiap telepon seperti komputer mini. sebuah ponsel fashion dapat berharga berkali-kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Jaringan nirkabel beroperasi dalam sebuah jaringan yang membagi kota atau wilayah kedalam sel-sel yang lebih kecil. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan. dan ponsel jejaring sosial. tampilan layar. E. Kekuatan 6 . Ponsel standar Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel. seni. ponsel kamera. Satu sel mencakup beberapa blok kota atau sampai 250 mil persegi.ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel. 4. seperti ponsel musik.

Panggilan dari Ponsel ke Ponsel Ketika melakukan panggilan dari ini. gelombang radio akan berjalan melalui udara hingga menemukan penerima di stasiun dasar terdekat. dan nomor telepon. panggilan akan dirutekan melalui jaringan landline kepada pengantar nirkabel penerima atau akan dirutekan dalam jaringan nirkabel' ke tempat sel terdekat dengan orang yang menjadi tujuan panggilan. Maka banyak orang dapat melakukan percakapan secara simultan dalam sel yang berbeda di seluruh kota atau wilayah. telepon akan mencari sinyal untuk mengkonfirmasi bahwa layanan telah tersedia. internet. Antena nirkabel mentransimiskan sinyal. sehingga jaringan dapat melakukan verifikasi informasi konsumen. Stasiun dasar kemudian akan mengirimkan panggilan tersebut melalui jaringan nirkabel hingga sampai pada orang yang menjadi tujuan telepon. 3. frekuensi yang sama dapat digunakan kembali di sel terdekat. meskipun mereka berada dalam satu saluran. 2.radio ini harus dikontrol untuk membatasi jangkauan sinyal geografis. ataupun jaringan nirkabel lain. maka telepon genggam akan menangkap suara dan mengubah suara menjadi energi frekuensiradio (gelombang radio). Dalam setiap sel. Ketika ponsel dinyalakan. Panggilan tersebut kemudian akan langsung diarahkan ke jaringan telepon tradisional dan ke orang yang menjadi tujuan panggilan. 1. Antena nirkabel dalam setiap sel akan menghbungkan penelepon ke jaringan telepon lokal. Panggilan jarak jauh 7 . Kemudian telepon akan mentransmisikan nomor identifikasi tertentu. panggilan tersebut akan berjalan-jalan di melalui antena nirkabel terdekat dan akan diubah oleh penghantar nirkabel' ke sistem telepon landline tradisional. Panggilan dari telepon genggam ke telepon rumah Ketika melakukan panggilan dari ponsel ke telepon rumah biasa. Pada saat berbicara di ponsel.seperti penyedia layanan nirkabel. Oleh Karena itu. terdapat stasiun dasar yang berisi antena nirkabel dan perlengkapan radio lain.

mulai dari handphone biasa hingga smartphone yang terkenal canggih. seperti mengalihkan perhatian siswa dari kegiatan belajar dengan bermain game atau mengirim SMS. executive vice president Qualcomm Incorporated dan president of global market yang menyampaikan pada Mashable tentang bagaimana teknologi wireless dapat meningkatkan pendidikan di Amerika dan luar negeri. Salah satu program dari Wireless Initiative membantu siswa di beberapa sekolah North Carolina untuk mencapai nilai tes yang lebih tinggi. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah media massa berikut: REPUBLIKA. Sebagian besar meyakini jika ponsel kerap membawa pengaruh buruk. dan berkeadilan. Para siswa diharapkan dapat mengakess kontenkonten pendidikan di ponsel mereka di mana saja dan kapan saja. Salah satu yang paling popular saat ini adalah handphone. damai. YOGYAKARTA--Keberadaan ponsel bisa sebagai media pembelajaran (mobile learning). Selanjutnya Direktur Pemberdayaan Telematika. panggilan akan dirutekan pada pusat pertukaran jarak jauh. perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era globalisasi ini memegang peranan penting sebagai salah satu pilar pembangunan. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Pemanfaatan TIK mampu meningkatkan efektivitas perubahan paradigma pelayanan publik dan mendorong transformasi sosial secara tertib. Bambang Soepriyanto. yang menyambungkan panggilan antar negara atau seluruh dunia melaui kabel fiber optic. mengatakan.CO. F.ID. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Peggy Johnson. Handphone sebagai Media Pembelajaran Sepertinya bukan rahasia lagi jika ponsel dilarang penggunaannya di banyak sekolah.Ketika melakukan panggilan terhadap seseorang yang berada sangat jauh. Namun rupanya teknologi mobile untuk siswa di kelas tidak selalu merupakan halangan untuk belajar dan meraih nilai yang baik. Nilai 8 .

dapat digunakan langsung ataupun dipakai sebagai modem dengan dihubungkan ke komputer atau laptop sesuai kebutuhan kita”. para siswa yang memiliki ponsel menunjukkan peningkatan 30% pada hasil tes mereka. Menyusun perangkat pembelajaran. Hal itu dibuktikan oleh peningkatan hasil belajar siswa mencapai KKM > 70 dengan SKM > 75%. maka juga bisa digunakan untuk internet. Kabupaten Paniai. “Project K-Nect” menyediakan smartphone bagi siswa kelas 9 yang bisa mereka gunakan untuk mengakses petunjuk tambahan dan berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka setiap hari. 3.matematika sekolah berada di bawah standar nasional. seorang guru SMA Negeri 1 Paniai Timur. Metode yang coba kami terapkan untuk proses belajar mengajar di kelas dengan media HP adalah sebagai berikut: 1. menu yang ada pada semua jenis handphone adalah layanan SMS (Short Message Service). Praktik lainnya tentang penggunaan handphone dilakukan oleh Setya Budi. Indikator dan tujuan pembelajaran yang akan diterapkan. mungkin karena banyak siswa tidak memiliki akses internet di rumah. Sekarang kita sudah bisa mengunduh soal-soal dari server-server penyimpanan on line seperti 4shared atau ziddu. Selain dengan smartphone dan memanfaatkan wireless. Jika HP itu mempunyai fasilitas facebook atau twitter. Dalam menggunakan HP untuk media internet. Dengan dana hibah dari Qualcomm. 2. browsing atau googling. kemudian kita susun menjadi paket-paket soal. selanjutnya digandakan dan dibagikan ke tiap-tiap siswa. Dalam praktik ini disebutkan “Hampir semua HP sekarang bisa digunakan untuk facebook ataupun twitter. Provinsi Papua. Siswa mengerjakan latihan-latihan dengan menggunakan diktat ringkasan materi yang sudah disiapkan sekolah. 9 . Dalam sebuah penelitian disebutkan Keterbatasan media pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas rendah ternyata berhasil diatasi setelah pembelajaran tersebut menerapkan “SMS” sebagai medianya. Mengumpulkan soal-soal yang relevan dengan SK. Setelah satu tahun. KD.

untuk saatnya belajar. Sebagai alat bantu menterjemah bahasa secara digital. Adapun manfaat lain dari handphone (dengan spesifikasi khusus) sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut :    Sebagai alat hitung (menggantikan kalkulator). Diskusi kelas untuk membahas jawaban yang benar. Kesimpulan hasil diskusi. Beberapa uraian dan hasil penelitian yang diambil dari sebuah jurnal seperti yang diuraikan di atas.  Para guru bisa membuat blog (web log.4. Ponsel kini bisa disamakan dengan komputer kecil – bisa mengecek email. Para siswa bisa melakukan riset lewat SMS atau internet di ponsel Para siswa bisa memakai kamera ponsel untuk mengambil foto dan memasukkannya pada tugas sekolah. diantaranya: 10 . dan merekam podcast. seperti persamaan dan pertidaksamaan linear. Ponsel menjadi salah satu alternative. Materi ajar dalam matematika yang cocok adalah materi yang banyak hubungannya dengan soal-soal cerita. Sebagai alat permainan perburuan kosa kata bahasa secara digital. catatan di situs internet) lewat ponsel. Sebagai sarana bimbingan siswa ( sms mengingatkan siswa untuk mengerjakan PR. 5. maka penulis menyimpulkan bahwa penggunaan handphone sebagai media pembelajaran dapat membantu peningkatan hasil belajar siswa khususnya dalam berbagai bidang ilmu seperti bahasa Indonesia. 6. dsb)    Sebagai alat mengambil gambar/foto untuk bahan belajar. Tugas dikoreksi oleh murid sesuai kunci jawaban yang diberikan guru. Namun tidak dapet dipungkiri bahwa handphone juga memiliki beberapa kekurangan dalam hal penggunaannya sebagai media pembelajaran. Sementara kebanyakan sekolah di daerah tak mampu memberikan komputer untuk tiap murid.    Para siswa bisa mencari informasi pembelajaran di internet lewat ponsel. melakukan pencarian on-line. dan lain-lain. kimia dan matematika.

Memanfaatkan Handphone untuk menyontek saat ujian. 11 . Mengalihkan siswa dari memperhatikan pelajaran karena bermain game Handphone. 3. 2.1. Cenderung menganggu proses belajar mengajar terlebih jika Handphone tidak dimatikan.

Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap. wireless). handphone merupakan teknologi yang efisien dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel. Saran Adapun saran yang penulis ajukan dalam makalah ini adalah: 1. ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service. SMS). maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon. penulis menyimpulkan beberapa hal seperti berikut: 1. mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel. sebagai alat pembayaran. 2. 12 . Jika melakukan penulisan makalah atau artikel lain yang mempunyai tema yang sama. Dalam penggunannya sebagai media pembelajaran. Simpulan Dari pembahasan di atas.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. B. Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone. 3. sebaiknya menggunakan lebih banyak sumber.

com/2012/10/gunakan-smartphone-nilai-tes-siswanorth-carolina-meningkat-30.com/2009/12/07/ponsel-sebagai-alat-pembelajaran/. Diakses pada tanggal 1 Maret 2012. diakses pada tanggal 3 Maret 2013.35. Gunakan smartphone nilai test siswa north California meningkat 30%. 20. Sumardi.republika. dkk. 1 April 2011 Pemanfaatan ”Sms” sebagai Media Pengajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Rendah (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar) 13 .REFERENSI Anonim1. Ponsel sebagai alat pembelajaran.31. http://gadget.co.id/berita/pendidikan/berita/10/07/30/127414ponsel-bisa-sebagai-media-pembelajaran-yang-lebih-menarik. http://wyw1d.wikipedia. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. Anonim3. diakses pada tanggal 1 Maret 2013. Telepon Genggam.org/wiki/Telepon_genggam.03.36 Anonim2. 20. diakses tanggal 1 Maret 2013. 14. http://www. Ponsel sebagai media pembelajaran yang menarik. 15. http://id. Rachmad Widodo.wordpress.gopego. 12 No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful