SOAL 1. Jelaskan unsur-unsur pengendali suhu udara ! 2. Jelaskan cara-cara perambatan panas ! 3.

Jelaskan pengaruh suhu pada tanaman ! 4. Jelaskan laju produksi bahan kering mmenurut 'Van Hoff' ! 5. Jelaskan stress suhu pada tanaman ! 6. Jelaskan definisi tekanan udara dan peranan tekanan udra bagi makhluk hidup ! 7. Jelaskan terjadinya distribusi tekanan udata secara vertikal dan horizontal ! 8. Jelaskan cara pengukuran tekanan udara ! 9. Jelaskan suhu kardinal terhadap proses fisiologi tanaman ! 10. Jelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap distribusi tekanan udara ! 11. Jelaskan penyebab perubahan dan perbedaan tekanan udara ! 12. Jelaskan tentang gradien barometer ! JAWABAN 1. Unsur-unsur pengendalisuhu udara antara lain:  Insolasi Bagian dari radiasi yang sampai permukaan bumi.  Latitude/ letak lintang Suhu udara akan semakin menurun dengan bertambahnya lintang, dan akan meningkat dengan berkurangnya lintang.  Altitude/ ketinggian Suhu udara akan semakin menurun dengan bertambahnya ketinggian suatu tempat dari atas permukaan laut.  Adanya perairan dan daratan Pemanasan dan pendinginan dratan lebih cepat daripada periran.  Angin Adalah udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan udara tinggi ke daerah yang bertekanan udara rendah.  Kemiringan lereng

mengakibatkan tanaman menjadi layu.  Konveksi. yaitu sebuah proses dimana protein atau asan nukleat kehilangan struktur tersier dan struktur sekundernya karena panas tinggi. 2. 3.  Radiasi. adalah proses pemansan atmosfer secara mendatar (horizontal). meningkatnya pembentukan senyawa yang dapat memantulkan energi radiasi. adalah suatu proses pemindahan panas secara gerak vertical ke atas. Denaturasi protein. Cara penghindaran ini dapat dilakukan dengan mengurangi laju respirasi. Cara-cara perambatan panas:  Konduksi.35º C) 5. Stress suhu pada tanaman  Stress suhu tinggi • • • Dehidrasi (kekurangan air). Pengaruh suhu pada tanaman:     Fotosintesis Respirasi Transpirasi Permeabilitas dinding sel    Absorbsi air dan unsur-unsur hara Aktivitas enzim Koagulasi protein 4. meningkatnya transpirasi. dan cara lainnya. Laju produksi bahan kering menurut ‘Van Hoff’ Hukum Van Hoff : setiap 10ºC peningkatan suhu.  Turbelensi. adalah perpindahan panas melalui udara dalam bentuk gelmbang elektromagnetik.  Adveksi. adalah gerakan udara yang berputar putar karena adanya daerah yang bertekanan rendah di tengah tengah daerah bertekanan tinggi.Kemiringan lereng akan mempengaruhi intensitas cahaya yang diterima suatu tempat. adalah pemindahan panas antar dua bendayang bersentuhan. Tanaman dapat berubah . laju produksi bahan kering atau pertumbuhan meningkat 2 x (pada kisaran 5º . Malformasi Tanaman dapat merespon stress panas dengan merubah toleransinya terhadap panas itu sendiri.

tekanan udara semakin ke atas semakin berkurang. Faktor yang menyebabkan tekanan udara berkurang adalah:  Persebaran suhu udara  Komposisi gas penyusunnya  Gaya tarik bumi  Distribusi horizontal Tempat tempat di permukaan bumi yang bertekanan uadara sama di hubungkan dengan garis penghubung di sebut isobar. Satuan tekanan selain dengan atm atau mmHg juga dapat dinyatakan dalam satuan kg/m2 Peran tekanan udara bagi makhluk hidup Tekanan udara memiliki peran di berbagai bidang kehidupan manusia misalnnya. Manfaat isobar adalah dapat menggambarkan tekanan udara pada berbagai tempat.dalam toleransinya terhadap suhu tinggi dengan cara merubah komposisi kimianya dan kandungan air. bagi nelayan tekanan udara sangat penting dalam pelayaran mereka. Distribusi tekanan  Distribusi vertikal Secara vertikal.  Stress suhu rendah • • • • • Proses translokasi dan respirasi menjadi menurun Distribusi hasil fotosíntesis menjadi menurun Pembesaran buah menjadi lambat Perluasan daun (daun menjadi lebih lebar) Terjadi embun upas (embun pagi yang membeku). Besarnya tekanan udara tersebut dinyatakan sebagai 1 atm. . embun api 6. Tekanan sebesar 1 atm setara dengan tekanan yang diberikan oleh kolom air raksa setinggi 760 mm. Definisi tekanan udara Tekanan udara adalah tekanan kolom udara setinggi lapisan atmosfer bumi pada garis lintang 450 dan suhu 00 C. Bagi pengendara motor tekanan udara dimanfaatkan duntuk ban mereka. 7.

11.8.45 cm 2 (1 inci persegi) pada permukaan laut sampai puncak atmosfer mempunyai berat ± 6. tekanan udara makin berkurang. Meskipun pada ketinggian tempat yang sama tekanan udara di kutub lebih besar jika dibandingkan dengan di equator. 10. Suhu kardinal Pengaruh suhu terhadap pertumbuhan tanaman dikenal sebagi suhu kardinal yaitu meliputi :  suhu optimum (pada kondisi ini tanaman dapat tumbuh baik)  suhu minimum (pada suhu dibawahnya tanaman tidak dapat tumbuh)  suhu maksimum (pada suhu yang lebih tinggi tanaman tidak dapattumbuh) Suhu kardinal untuk setiap jenis tanaman memang bervariasi satu dengan lainnya. Hubungan antara tekanan udara dengan ketinggian dapat dilihat pada persamaan Laplace. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap distribisi tekanan udara  Latitude/ letak lintang Kerapatan massa udara akan semakin besar ketika makin jauh dari equator.66 kg (setara dengan berat kolom air raksa 760 mm). P juga akan berubah. Hubungan antara tekanan udara dengan ketinggian tempat itu dimanfaatkan dalam merancang alat untuk pengukuran ketinggian tempat yang disebut altimeter. Penyebab perubahan dan perbedaan tekanan udara  Termal ρ dan m udara bervariasi dengan suhu Jika T berubah maka ρ akan berubah. suhu udara akan menurun. Tekanan udara berkurang dengan bertambahnya ketinggian tempat (elevasi atau altitude).  Dinamika .  Altitude/ ketinggian Dengan bertambahnnya ketinggian tempat. Alat untuk mengukur tekanan udara disebut barometer. Cara pengukuran tekanan udara Suatu kolom udara dengan luas penampang 6. 9.

atau pengaruh tekanan yang dikarenakan keinggian statu tempat. Gradien barometer Gradien barometer adalah angka yang menunjukkan perbedaan tekanan udara melalui dua garis isobar yang dihitung untuk tiap-tiap 111 km (=10) di equator.7 mb Jadi.7 mb = 810 mb = 800 mb = 300 km . contoh soal : diketahui: isobar A isobar B jarak A – B jawab: 300 km/111km 300/111 = 810 mb – 800 mb = 10 = 111/300 x 10 = 1110/300 = 3. gradien barometrik A-B = 3.Bisa disebabkan oleh gaya gesek. 12. gaya sentrifugal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful