Medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik Di sekitar kawat yang berarus listrik terdapat medan yang

dapat mempengaruhi posisi magnet lain. Magnet jarum kompas dapat menyimpang dari posisi normalnya bila dipengaruhi oleh medan magnet. Percobaan ini pertama kali dilakukan oleh Oersted pada tahun 1820. Untuk melihat model percobaan ini lihat bagian kerja ilmiah. Berdasarkan percobaan ini dapat disimpulkan bahwa arus listrik (muatan yang bergerak) dapat menimbulkan medan magnetik. Pada pembahasan listrik statis telah dibahas bahwa muatan listrik statis tidak berinteraksi dengan batang magnet. Penemuan Oersted telah membuka wawasan baru mengenai hubungan listrik dan magnet, yaitu bahwa suatu muatan listrik dapat berinteraksi dengan magnet ketika muatan itu bergerak. Penemuan ini membangkitkan kembali teori tentang “muatan” magnet, yaitu bahwa magnet terdiri dari muatan listrik. Ampere mengusulkan bahwa sesungguhnya batang magnet yang statis (diam) itu terdiri dari muatan-muatan listrik yang senantiasa bergerak dan kemagnetan itu adalah suatu fenomena. Konsep muatan magnet dari Ampere ini akan kita bahas nanti (lihat konsep Ampere). Dengan Aturan Tangan Kanan Genggam kawat dengan tangan kanan Anda sedemikian sehingga ibu jari Anda menunjukkan arah arus. Arah putaran genggaman keempat jari Anda menunjukkan arah medan magnetik. Perhatikan Gambar 4.2.3.

http://qodriazis.blog.com/2010/12/13/medan-magnet-induksi/ Michael Faraday (1791-1867), seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, membuat hipotesis (dugaan) bahwa medan magnet seharusnya dapat menimbulkan arus listrik. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis Faraday. Berdasarkan percobaan, ditunjukkan bahwa gerakan magnet di dalam kumparan menyebabkan jarum galvanometer menyimpang. Jika kutub utara magnet digerakkan mendekati kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kanan. Jika magnet diam dalam kumparan, jarum galvanometer tidak menyimpang. Jika kutub utara magnet digerakkan menjauhi kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kiri. Penyimpangan jarum galvanometer tersebut menunjukkan bahwa pada kedua ujung kumparan terdapat arus listrik. Peristiwa timbulnya arus listrik seperti itulah yang disebut induksi elektromagnetik. Adapun beda potensial yang timbul pada ujung kumparan disebut gaya gerak listrik (GGL) induksi. Terjadinya GGL induksi dapat dijelaskan seperti berikut. Jika kutub utara magnet didekatkan ke kumparan. Jumlah garis gaya yang masuk kumparan makin banyak. Perubahan jumlah garis gaya

Hukum . Adapun yang dimaksud fluks nmgnetik adalah banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang. Maka timbulah pertanyaan. Bila kecepatan muatanmuatan positif adalah v dan jumlah muatan yang mengalir adalah q selama waktu t. arah simpangan jarum galvanometer berlawanan dengan penyimpangan semula. makin besar GGL induksi yang timbul.B dengan v = R   = 2f = 2/T  PENGARUH MEDAN MAGNET TERHADAP KAWAT BERARUS Melalui kawat lurus yang terletak di sumbu-y mengalir arus I. Menurut Faraday. perubahaan luas kumparan yang dipengaruhi oleh medan magnet.0  PENGARUH MEDAN MAGNET TERHADAP MUATAN BERGERAK Sebuah partikel bermassa m bermuatan listrik q yang bergerak dengan kecepatan v di dalam medan magnet dengan induksi magnetik B.itulah yang menyebabkan terjadinya penyimpangan jarum galvanometer.edu/index. Fenomena ini disebut induksi elektromagnetik. Medan listrik dan medan magnet telah diketahui dihasilkan oleh muatan stasioner (diam) dan muatan bergerak (arus listrik). maka Gaya Lorentz F: F = l I B sin  bahwa GGL induksi dapat terjadi melalui tiga cara yaitu perubahan medan magnet. Artinya. Kemudian diketahui pula bahwa medan listrik pada konduktor dapat menghasilkan medan magnet. Michael Faraday membuat sebuah percobaan sederhana. serta perubahan sudut antara luas kumparan terhadap medan magnet.ac. Dengan demikian. (http://um. akan mengalami Gaya Lorentz F sebesar F = q v B sin    = sudut yang dibentuk oleh arah gerak muatan dengan arah induksi magnetik Bila  = 90º (v  B) maka F = q v B. Hal yang sama juga akan terjadi jika magnet digerakkan keluar dari kumparan. dapat disimpulkan bahwa penyebab timbulnya GGL induksi adalah perubahan garis gaya magnet yang dilingkupi oleh kumparan. hasilnya adalah bahwa perubahan medan magnet terhadap waktu dapat menghasilkan medan listrik.php?topic=14425. maka pada tahun 1931. maka lintasan partikel bermuatan merupakan lingkaran dengan jari-jari R sebesar: R = mv/q. apakah medan listrik juga dapat dihasilkan dari medan magnet? Untuk menjawab hal ini.id) http://forum. Akan tetapi.upi. besar GGL induksi pada kedua ujung kumparan sebanding dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi kumparan. makin cepat terjadinya perubahan fluks magnetik. Karena F selalu tegak lurus terhadap v.

induksi Fraday dapat ditulis sebagai “ GGL induksi pada suatu lilitan adalah sebanding dengan rata-rata negatif perubahan fluks magnetik .

com/2010/12/13/medan-magnet-induksi/ . Konsep muatan magnet dari Ampere ini akan kita bahas nanti (lihat konsep Ampere). Ampere mengusulkan bahwa sesungguhnya batang magnet yang statis (diam) itu terdiri dari muatan-muatan listrik yang senantiasa bergerak dan kemagnetan itu adalah suatu fenomena. Penemuan ini membangkitkan kembali teori tentang “muatan” magnet.blog. yaitu bahwa magnet terdiri dari muatan listrik. Dengan Aturan Tangan Kanan Genggam kawat dengan tangan kanan Anda sedemikian sehingga ibu jari Anda menunjukkan arah arus. yaitu bahwa suatu muatan listrik dapat berinteraksi dengan magnet ketika muatan itu bergerak. Untuk melihat model percobaan ini lihat bagian kerja ilmiah.3. Arah putaran genggaman keempat jari Anda menunjukkan arah medan magnetik. Pada pembahasan listrik statis telah dibahas bahwa muatan listrik statis tidak berinteraksi dengan batang magnet. Perhatikan Gambar 4.2. Berdasarkan percobaan ini dapat disimpulkan bahwa arus listrik (muatan yang bergerak) dapat menimbulkan medan magnetik.NAMA NIM KELOMPOK : Sehati : M0211069 :19 (Sembilan Belas) ARTIKEL INDUKSI MEDAN MAGNET OLEH KAWAT BERARUS Medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik : Di sekitar kawat yang berarus listrik terdapat medan yang dapat mempengaruhi posisi magnet lain. Sumber : http://qodriazis. Percobaan ini pertama kali dilakukan oleh Oersted pada tahun 1820. Magnet jarum kompas dapat menyimpang dari posisi normalnya bila dipengaruhi oleh medan magnet. Penemuan Oersted telah membuka wawasan baru mengenai hubungan listrik dan magnet.

html .com/2010/08/medan-magnet. Sumber : http://fisika12. Berikut ditampilkan beberapa gambar yang menunnjukkan arah arus dan arah medan magnet.Medan Magnet di Sekitar Kawat Lurus Besarnya medan Magnet disekitar kawat lurus panjang berarus listrik.blogspot. sehingga apabila suatu titik dipengaruhi oleh beberapa medan magnet maka di dalam perhitungannya menggunakan operasi vektor.Tanda silang menunjukkan arah medan menembus bidang menjauhi pengamat. Berdasarkan perumusan matematik oleh Biot-Savart maka besarnya kuat medan magnet disekitar kawat berarus listrik dirumuskan dengan :     B = Medan magnet dalam tesla ( T ) μo = permeabilitas ruang hampa = I = Kuat arus listrik dalam ampere ( A ) a = jarak titik P dari kawat dalam meter (m) Arah medan magnet menggunakan aturan tangan kanan : Medan magnet adalah besaran vector. semakin jauh jaraknya terhadap kawat semakin kecil kuat medan magnetnya. Tanda titik menunjukkan arah medan menembus bidang mendekati pengamat. Arah medan magnet didaerah titik P ( diatas kawat berarus listrik ) menembus bidang menjauhi pengamat sedang di daerah titik Q di bawah kawat berarus listrik menembus bidang mendekati pengamat. Tanda anak panah biru menunjukkan arah arus listrik. Dipengaruhi oleh besarnya kuat arus listrik dan jarak titik tinjauan terhadap kawat. Semakin besar kuat arus semakin besar kuat medan magnetnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful