KODE ETIK PENELITIAN

CONTOH
KODE ETIK PENELITIAN
yang diadaptasi oleh Komisi Ilmu Alaska Native dari yang Kahnawake Sekolah Diabetes Pencegahan Proyek Copyright 459.302 (22 Januari 1997) ( www.ksdpp.org / code.html )

PENDAHULUAN The [Nama Proyek] merupakan suatu kemitraan antara orang-orang dari [Nama Komunitas] dan peneliti dari [Nama Organisasi Penelitian]. Dalam dokumen ini kelompok-kelompok ini disebut sebagai Mitra. Masyarakat diwakili oleh [Nama (s) Organisasi Masyarakat dan Peneliti Masyarakat] dan peneliti oleh [Nama (s) Peneliti]. Para mitra akan bekerja secara kooperatif dan kolaboratif dalam, implementasi desain, analisis, interpretasi, pelaporan kesimpulan, dan publikasi dari pengalaman proyek. Setiap mitra menyediakan ide-ide dan sumber daya yang berasal dari pengetahuan, pengalaman dan kemampuan dari semua anggotanya. Bersama-sama, melalui konsultasi menghormati satu sama lain,, dan kolaborasi, mereka secara signifikan memperkuat proyek dan hasil-hasilnya. Semua mitra dari pangsa proyek pemahaman bahwa komunitas riset berbasis adalah alat yang ampuh untuk belajar tentang masyarakat dengan kontribusi kepada masyarakat di mana ia sedang dilakukan. Penelitian kolaboratif mengakui bahwa harus ada penghormatan terhadap integritas ilmiah dan sosial dari proyek. Setiap kelompok memiliki kewajiban terhadap mitra lainnya.

TUJUAN KODE ETIK: Tujuan dari kode etik adalah untuk menetapkan seperangkat prinsip dan prosedur untuk memandu mitra untuk mencapai tujuan dan sasaran dari proyek ini. Kode menguraikan kewajiban dari masing-masing mitra melalui semua tahapan proyek, mulai dari desain penelitian melalui publikasi dan komunikasi dari pengalaman proyek.

PERNYATAAN KEBIJAKAN

Untuk tidak merugikan masyarakat. Untuk melakukan penelitian yang akan menyumbangkan sesuatu yang berharga kepada masyarakat di mana penelitian sedang dilakukan. Penelitian harus memberdayakan masyarakat untuk mendukung tujuan komunitas kesehatan dan kesehatan. 9. Untuk memastikan desain. analisis. publikasi dan distribusi dari penelitian ini adalah budaya yang relevan kepada masyarakat dan sesuai dengan standar penelitian yang kompeten. pelaporan. Untuk menjadi wali dari data sampai akhir proyek dan mengembalikan data ke masyarakat pada akhir proyek. Untuk memberikan keahlian untuk menjawab pertanyaan ilmiah yang muncul dari masyarakat. termasuk peneliti masyarakat dan staf serta sumber daya material.Kedaulatan masyarakat untuk membuat keputusan tentang penelitian di masyarakat diakui dan dihormati. Masyarakat harus menyetujui pelepasan informasi. Masyarakat harus dilibatkan sebagai mitra penuh dalam semua aspek penelitian. 9. PRINSIP: 1. 3. 5. 4. Izin tertulis harus diperoleh dari mitra sebelum memulai proyek penelitian. Untuk melibatkan masyarakat dalam partisipasi aktif daripada penerimaan pasif. Para mitra semua harus terlibat dalam pengambilan keputusan tentang publikasi dan distribusi dari semua atau bagian dari hasil penelitian. 8. Jika perlu. 4. untuk memperbaiki kondisi dan untuk memenuhi tanggung jawab tradisional untuk merawat generasi yang akan datang. Untuk memberikan keterampilan baru untuk anggota masyarakat. KEWAJIBAN DARI MITRA KEWAJIBAN PENELITI: 1. 2. . Ini termasuk dokumentasi dari usaha proyek dan hasil. analisis dan interpretasi harus terlebih dahulu ditinjau oleh para mitra untuk memastikan akurasi dan menghindari kesalahpahaman. 7. Kekuatan dan budaya masyarakat. implementasi. harus dihormati dan dimanfaatkan bila memungkinkan. Para peneliti harus memaksimalkan manfaat bagi masyarakat sebagai relawan keseluruhan dan masyarakat individu. masyarakat yang terlibat dapat memilih untuk tetap anonim ketika melaporkan hasil. 3. 8.Konsultasi berkelanjutan dan kolaborasi harus mencirikan kemitraan. 5. 6. Semua hasil penelitian. 6. Kerahasiaan semua individu harus dihormati. Izin dari semua individu yang berpartisipasi harus diperoleh sebelum mengumpulkan informasi pribadi. 2. 7. interpretasi. Semua data yang dikumpulkan milik masyarakat dan harus dikembalikan kepada masyarakat. Untuk membantu mengatasi masalah apapun yang diangkat sebagai hasil penelitian. Untuk mempromosikan difusi akademik pengetahuan melalui publikasi tertulis dan presentasi lisan.

Untuk diperbarui oleh Staf Proyek secara bertekad untuk mendukung analisis pengembangan dan menawarkan kegiatan untuk memastikan kompatibilitas dengan tujuan dan tujuan proyek. peneliti masyarakat wajib: 1. Untuk mempertahankan hubungan jangka panjang kepercayaan dalam peran ganda dari pengasuh. Untuk alasan ini perlu untuk berbagi pengalaman proyek dengan penonton terbesar yang mungkin manfaat darinya. 5. AUTHORSHIP PEDOMAN PENDAHULUAN Tujuan dari proyek ini adalah untuk menyelidiki pertanyaan penelitian yang dijelaskan dalam protokol. Untuk memfasilitasi pertemuan pengawasan dari Intervensi dan tim Evaluasi. Karena proyek ini adalah unik. hasilnya akan menarik bagi banyak masyarakat lain. KEWAJIBAN DARI MASYARAKAT PENELITI: Peneliti masyarakat dianggap sebagai Staf Proyek dan mereka Co-peneliti yang bekerja dalam masyarakat. 2. 4. meninjau semua hasil penelitian. Untuk berkomunikasi dengan perwakilan dari masyarakat lain untuk berbagi ide dan pengembangan program untuk kepentingan dan keterlibatan. Untuk melayani sebagai wali dari semua data evaluasi setelah selesainya proyek. Untuk berpartisipasi dalam semua tahapan proyek. Untuk berkomunikasi dengan peneliti selama semua tahap penelitian. 3. 2. 6. Untuk bertemu dengan Proyek Co-peneliti untuk mempertahankan kesadaran dan menawarkan rekomendasi mengenai aspek penelitian proyek. 7.10. Untuk menyetujui atau menulis perselisihan dengan interpretasi analisis data. 5. analisis dan interpretasi untuk akurasi dan menyajikan informasi kepada masyarakat. Untuk mengatur peneliti untuk bertemu dengan Komite mitra dan / atau Direksi. Untuk menjadi terlibat dalam analisis masa depan dari data setelah data telah dikembalikan kepada masyarakat. Untuk mewakili masyarakat melalui organisasi masing-masing. pendidik. dan peneliti: ini hanya akan mungkin jika kebutuhan masyarakat selalu dianggap sebagai prioritas pertama dalam keputusan apapun. Selain kewajiban yang tercantum bagi para peneliti. . dan setiap organisasi lokal lainnya untuk menerapkan dan mempromosikan proyek. 3. KEWAJIBAN MITRA MASYARAKAT: 1. Untuk menerima semua permintaan untuk penggunaan data oleh peneliti lain setelah selesainya proyek. Bagian dari proses penelitian meliputi komunikasi hasil penelitian kepada orang lain dan organisasi di bidang yang sama penelitian. 4.

Semua komunikasi yang berkaitan dengan proyek ini akan mengikuti standar yang berlaku umum etika. 2. Kerahasiaan: Semua informasi pribadi yang diberikan oleh individu akan dibuat anonim bila memungkinkan dan tetap rahasia kecuali ditentukan lain oleh individu. pendidikan dan lainnya pejabat adalah orang-orang yang menyediakan jasa atau bekerja pada pemrograman dan perencanaan. dampak diukur. Kesehatan. titik-titik ini juga harus berlaku untuk komunikasi ke masyarakat. 3. 4. Kesehatan. Para ilmuwan dan peneliti akan tertarik pada metode yang digunakan. Prioritas Masyarakat Terlibat: Masyarakat yang berpartisipasi akan menjadi yang pertama untuk meninjau dan menerima hasil dan yang pertama diundang untuk memberikan masukan dan umpan balik pada hasil. dan jawaban yang diberikan kepada pertanyaan penelitian. PRINSIP Semua aspek dari proyek dapat dianggap sebagai layak komunikasi. Menghormati: Pertimbangan untuk masyarakat dan semua peserta harus diamati dalam semua komunikasi. Oleh karena itu mungkin untuk menguraikan langkahlangkah dari ide untuk komunikasi akhir dan garis tanggung jawab bagi mereka yang terlibat dengan kepengarangan. disebut sebagai "kertas". Mereka akan tertarik pada bagaimana proyek ini dikembangkan dan dilaksanakan serta hasil dari upaya proyek. Oral presentasi "kertas" pada konferensi ilmiah atau pertemuan.Dari sini pada komunikasi word akan digunakan untuk . Artikel dalam jurnal ilmiah. Prinsip-prinsip termasuk: 1. 4. 2. Pendidikan dan pejabat Ilmuwan dan Peneliti Komunitas Dewan atau badan Masyarakat. 3. 4. Mengajar contoh. pada umumnya. 5. Oral presentasi kepada masyarakat luas. Anonimitas: Hasil yang akan disajikan dengan cara yang dikelompokkan bukan individual. proses program. Masyarakat pada umumnya adalah semua orang yang berpartisipasi dalam proyek serta orang-orang yang umumnya tertarik pada tujuan proyek. 3. PROSES Hasil dari proyek penelitian biasanya disajikan dengan cara berikut: 1. Dokumen tertulis kepada masyarakat pada umumnya.HADIRIN Komunikasi akan diarahkan pada empat khalayak umum: 1. 2. Namun. Untuk jurnal ilmiah dan presentasi lisan pada konferensi ilmiah dan pertemuan ada proses standar yang terlibat.

Ketika seseorang ingin menyajikan sebuah makalah pada sebuah konferensi. Ini adalah orang-orang yang telah bekerja secara langsung pada proyek. Mengirimkan Komunikasi a: Semua penulis di atas kertas harus menyetujui versi final sebelum kertas disampaikan kepada jurnal. Bagian ini membahas berikutnya dengan komunikasi khusus 5. abstrak akan dikirim ke penyelenggara konferensi. Perintah ini akan bergantung pada kontribusi yang dibuat untuk subyek komunikasi dan persiapan dan penulisan komunikasi. 1. 2. Ide ini: Semua ide untuk komunikasi harus disampaikan kepada mitra sebelum menulis dimulai. Hal ini akan dilakukan oleh sebuah surat kepada editor ditandatangani oleh semua penulis. Ini akan menjadi tanggung jawab mitra proyek untuk memastikan bahwa staf dan peneliti yang telah membuat kontribusi yang signifikan bagi proyek ini dapat memenuhi syarat untuk penulis. para mitra harus dihubungi sesegera mungkin. menjadi terlibat hanya dalam pengumpulan data atau penyampaian program tidak akan cukup untuk kepenulisan. konferensi. Mempersiapkan Komunikasi: Penulis pertama dari sebuah artikel (yaitu orang yang namanya muncul pertama kali pada artikel) akan memikul tanggung jawab utama untuk mempersiapkan artikel. Mereka yang memiliki lebih dari suatu kepentingan mereka secara tepat akan mempersiapkan komunikasi bagi masyarakat: juga untuk komunikasi dengan komunikasi ilmiah. Jika tidak ada keberatan. versi akhir dari semua kertas harus disetujui oleh mitra sebelum penyerahan. EVALUASI PANDUAN: . dalam tubuh dokumen dan bagian penulis. Semua penulis komunikasi harus menyetujui setiap perubahan yang dibuat dalam review. dll Selain itu. Ini proses peer review dapat mengakibatkan perubahan yang disarankan komunikasi dalam rangka untuk menerbitkan artikel dalam jurnal bunga. 4. Namun. 3. Rekan Ulasan: Komunikasi dapat ditinjau oleh orang-orang ilmiah dan masyarakat dianggap luas dalam subjek komunikasi. Abstrak kemudian akan digunakan untuk memutuskan apakah komunikasi akan diterima untuk presentasi. Abstrak: Abstrak adalah ringkasan singkat dari isi komunikasi. abstrak harus segera dikirim. Tanggung Jawab Komunikasi oleh Partners: Ini adalah bagian dari tanggung jawab bersama dari para mitra untuk mempersiapkan komunikasi bagi masyarakat dan komunitas ilmiah. Penyusunan komunikasi akan melanjutkan mengikuti langkah-langkah sebelumnya. Penulis lain berkontribusi terhadap komunikasi akan muncul dalam urutan. termasuk pemburu dan orang tua. 6. Hal ini seharusnya tidak membatasi penulis untuk satu atau yang lain.Penulis pertama akan menganggap sebagian besar tanggung jawab penulisan.menggambarkan baik presentasi lisan dan makalah yang ditulis. Dalam kasus panggilan terlambat untuk abstrak.

Sebuah file yang berisi nama dan nomor identifikasi akan disimpan untuk masa depan tindak lanjut. Penerima permintaan bertanggung jawab untuk: mendistribusikan materi kepada mitra lain dalam satu minggu kerja penerimaan surat. 3. pelaporan. pembelot bertanggung jawab untuk menulis dan menyajikan tanggapan tertulis pada pertemuan ini.Nama-nama peserta harus dihapus sebelum data coding. 5. 2. dan mengirim salinan Kode Etik Penelitian kepada pemohon untuk memungkinkan untuk persiapan. Surat ini adalah untuk menyertakan deskripsi ringkasan dari penelitian yang diusulkan. Sebuah nomor identifikasi akan diberikan dan nama-nama peserta akan dihapus. dan praktek ilmiah yang kompeten. dan kesimpulan yang diharapkan. kerangka waktu untuk penelitian. Kegiatan yang diselenggarakan oleh proyek harus memastikan bahwa proses pengumpulan data sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma masyarakat tuan rumah. Perbedaan pendapat itu harus disertakan dengan pengajuan dokumen penelitian (s) . Untuk alasan kerahasiaan. Untuk memenuhi tujuan ini. Dalam hal terjadi keberatan.Proposal akan ditolak jika peneliti menolak untuk mematuhi aspek apapun. Koordinator bertanggung jawab untuk kontrol kualitas pengkodean data dan entri. Jika tidak ada keberatan dari salah satu anggota mitra untuk proposal penelitian. DATA ENTRY DATA DAN PEMBERSIHAN 1. Hanya Koordinator Proyek akan memiliki akses ke file ini. Orang-orang yang menyatakan keinginan untuk menarik akan dapat melakukannya setiap saat. membuat pertemuan dengan mitra dan peneliti. Semua mitra akan meninjau dan membahas dokumen penelitian selesai (s) sebelum penerbitan. Peneliti harus setuju untuk mematuhi semua aspek dari Kode Etik Penelitian proyek. PROSES UNTUK APLIKASI UNTUK PENELITIAN BERSAMA DENGAN PROYEK: Peneliti dan masyarakat perlu bertemu untuk tujuan diskusi dan persetujuan dari ide penelitian dan protokol yang terlibat. Semua informasi atau data yang dikumpulkan pada individu akan dijaga kerahasiaannya. Jika ada perbedaan pendapat apapun. langkah-langkah berikut ini akan diikuti untuk membuat aplikasi:        Surat yang dikirim kepada salah satu mitra untuk meminta pertemuan untuk membahas proposal penelitian. Ulasan ini adalah untuk mengambil tempat tiga puluh (30) hari setelah diterimanya dokumen penelitian (s). persetujuan tertulis resmi yang akan dikirim dalam waktu tiga puluh (30) hari dari pertemuan tersebut. Partisipasi dalam kegiatan evaluasi bersifat sukarela bagi orang-orang di kedua komunitas. 4. pertemuan kedua dengan peneliti yang diusulkan yang akan diadakan dalam waktu dua minggu bekerja untuk diskusi mengenai keberatan.KODIFIKASI. orang yang bertanggung jawab untuk pengkodean informasi yang dikumpulkan tidak harus memiliki akses ke nama-nama peserta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful