PENCEMARAN TANAH

Pendahuluan Tanah merupakan media utama dimana manusia bisa mendapatkan bahan pangan, sandang, papan, tambang, dan tempat dilaksanakannya berbagai aktivitas. Penghargaan manusia terhadap tanah sudah berlangsung sejak manusia menghuni bumi ini, hingga saat ini manusia masih mengandalkan berladang secara tradisional untuk memproduksi makanan. Selama tanah masih digunakan sebagai sumber utama tempat berkembangnya vegetasi, manusia masih bergantung pada tanah sebagai lokasi perolehan sumber makanan.

Tanah dapat dijabarkan berdasarkan komponen, tipe dan kandungan didalamnya. Berdasarkan lapisannya, yaitu:

Gambar 1, lapisan-lapisan tanah (Sumber: http://www.factmonster.com/dk/encyclopedia/soil.html)

1

pencemaran tanah akan terjadi. dimana lapisan ini adalah lapisan tak tembus air. 6. Sulit untuk mendefinisikan pencemaran tanah karena banyaknya opini dalam bagaimana untuk mengkarakteristik polutan. Porositas dan permeabilitas tanah berfungsi membantu pergerakan air di dalam media tanah. apabila air yang tercemar masuk ke dalam tanah. Lapisan Subsoil (Horizon B). Lapisan permukaan tanah (Humus). yang merupakan akumulasi material besi. hujan asam. Horizon C). alumunium. Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. luruh dan tersuspensi ke bawah. dan sulit terpenetrasi. 2 . adalah lapisan dimana terdapat banyak kumpulan material anorganik dari lapisan atas. lanau. 2. 3. organisme hidup dan mineral anorganik. dan luruhan lempung dari atas.1. dan lain sebagainya. Lapisan dekomposisi. akar tanaman. 4. Namun. lempung. dan kerikil. Lapisan tanah keras (Horizon D). Tanah juga berfungsi sebagai media penyimpan air. tempat adanya humus. Biasanya menjadi dasar perletakan dari pondasi bangunan. Pencemaran tanah juga disebabkan karena tambahan bahan kimia xenobiotik yang dibuat manusia yang masuk ke dalam tanah seperti limbah B3. 5. dimana disini adalah lapisan tempat jatuhnya daun dan organik lain. dimana material-material dari tanah lapisan atas. Lapisan Topsoil (Horizon A). Lapisan induk material (parent material. lapisan ini adalah lapisan dimana materi-materi anorganik terpecah menjadi bebatuan yang berbeda berupa pasir.

Gambar 2. Pembuangan limbah padat skala besar 4.com/Re-Sy/SoilPollution. Pestisida 4. Russia. baik secara langsung masuk ke dalam tanah atau melalui kontak kimia dengan zat pencemar yang telah ada di dalam tanah sehingga menyebabkan perubahan struktur kimia di dalam tanah. Penggunaan pupuk yang berlebihan 2. Penggundulan hutan dan erosi Bahan-bahan kimia yang umum sebagai penyebab pencemaran tanah antara lain: 1. Logam Berat 3. dan cadmium.pollutionissues. Pelarut 3 . Ada banyak cara masuknya zat-zat polutan ke dalam tanah. & herbisida 3. Terkontaminasi tinggi oleh of lead. insektisida. arsenik. Penggunaan berlebihan dari pestisida. Hidrokarbon 2.html) Penyebab Pencemaran Tanah Pencemaran tanah terjadi saat bahan-bahan kimia masuk ke dalam tanah. cobalt. Sebuah lokasi di Karabache. diantaranya: 1. (Sumber: http://www. nickel.

masalah dari kontaminasi dapat menjadi masalah kesehatan. paparan bahan kimia di dalam tanah dapat mengakibatkan sakit kepala. Hal ini berdampak pada masalah-masalah perkembangan anak (pada masa depan anak-anak) atas risiko kanker. Dampak Ekosistem Bahan pencemar tanah akan mengubah susunan tanah dan jenis mikroorganisme yang akan hidup di dalamnya. Nitrogen lolos melalui penguapan amonia dan denitrifikasi. atau lautan. Hal ini terutama begitu ketika tanah yang ditemukan di taman. 2. Beberapa kontaminan tanah meningkatkan risiko leukemia. binatang pemangsa yang lebih besar juga harus pindah atau mati karena mereka telah kehilangan 4 . Dalam jangka pendek. atau jika kontaminan yang melimpas mencapai sungai. dan ruam kulit di lokasi pemaparan. 1. Dampak Kesehatan Walaupun tanah tidak digunakan untuk makanan. sedangkan yang lain dapat menyebabkan kerusakan ginjal. kelelahan. Dampak kesehatan yang ditimbulkan berbeda berdasarkan polutan yang ada di dalam tanah. Logam berat dan unsur beracun lain yang mungkin adalah yang paling serius dalam polutan tanah. masalah hati dan perubahan dalam sistem saraf pusat. Hal-hal di atas hanya efek jangka panjang dari pencemaran tanah. Dampak Pencemaran Tanah Sejak industri mulai bermunculan. Jika organisme tertentu mati di daerah. mual. lingkungan atau tempat lain di mana orang menghabiskan waktu. efek-efek jangka panjang dari pencemaran tanah menjadi masalah di seluruh dunia. jika bahan kimia beracun masuk ke dalam air tanah. danau. Dekomposisi bahan organik di dalam tanah dapat melepaskan sulfur dioksida dan senyawa sulfur lainnya.Pencemaran tanah juga dapat disebabkan oleh pencemaran air. Pencemaran tanah juga secara alami memberikan kontribusi terhadap polusi udara dengan melepaskan senyawa yang mudah menguap ke atmosfer ataupun sebaliknya. yang menyebabkan hujan asam.

tanah biasanya akan menghasilkan hasil yang lebih rendah daripada tanah yang tidak terkontaminasi. from Pollution Issues: http://www. Soil. from Fact Monster: http://www. D. 2009. pencemaran tanah berdapak pada keseimbangan ekosistem. Jika tanah yang tercemar digunakan untuk menanam tanaman pangan. Remediasi. Fitoremediasi.com/Re-Sy/Soil-Pollution.pollutionissues. (2008).com/dk/encyclopedia/soil. (2007).factmonster. B. yaitu membersihkan lahan tercemar dengan bantuan DAFTAR PUSTAKA Bollag. tanaman.html Kindersley.suplai makanan mereka. Oleh karena itu. yaitu membersihkan dengan bantuan mikroorganisme untuk mendegradasi zat pencemar 3. Dampak Pertanian Tanah yang telah tercemar tidak lagi digunakan untuk menanam tanaman pangan. Retrieved December 20. Soil Pollution. karena bahan kimia dapat masuk ke dalam makanan dan membahayakan orang yang memakannya. teknik untuk merehabilitasi tanah dapat dilakukan dengan: 1. Retrieved September 9. Hal ini dapat menyebabkan tidak mampunya tanaman untuk tumbuh sehingga tanah menjadi gersang dan akan menyebabkan lebih banyak erosi. Penanganan Pencemaran Tanah Saat ini. yaitu kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar secara membersihkan lokasi yang tercemar. 3. dan pemindahan tanah tercemar ke lokasi lain. B. 2.-M. Bioremediasi.html 5 . 2009. juga menyebarkan kontaminan ke tanah yang mungkin tidak pernah tercemar sebelumnya.

Jakarta: PSIL UI. and Remediation.com/wiki/Long_Term_Effects_of_Soil_Pollution 6 . (2009). White. Yogyakarta: ANDI. T. Mirsal. Belmont: USA: Wadsworth Publishing Company. Suripin. (2004).lovetoknow. (1994). Toksikologi Lingkungan. Sutamihardja.-d. Springer: Berlin. S. from Love to Know: http://garden. R. G. (1997). 2009. (2009. A. (2001). I. Tanah. Long Term Effects of Soil Pollution. I. Monitoring. Jakarta: Erlangga. D. Henry D Forth. Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. Retrieved December 20. Soil Pollution: Origin. December 6). Environmental Science.Miller.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful