You are on page 1of 2

Pertemuan Ke-6

02 Mei 2013

Ruang Metrik Lengkap

Denisi Suatu ruang metrik (X, ) dikatakan lengkap jika setiap barisan Cauchy di dalam X konvergen ke suatu titik dalam X . Proposisi Jika [a, b] selang tertutup dan terbatas, maka C[a, b] dengan metrik yang dihasilkan oleh norma maksimum ( f max = max{|f (x)| |x [a, b] }), merupakan ruang metrik lengkap. Bukti Ambil {fn } barisan Cauchy dalam C[a, b]. Ditunjukkan {fn } konvergen.

Misalkan ada deret konvergen


k=1

ak sehingga
max

fk+1 fk
n+k1

ak ,

k N

Karena fk+n fn =
j =n

(fj +1 fj ) ,
n+k1

n, k , maka

fn+k fn

max

j =1

fj +1 fj

max

j =n

aj , n, k

mengingat
k=1

ak konvergen, maka barisan {fn (x)} merupakan barisan Cauchy

bilangan-bilangan real. Karena R (himpunan semua bilangan real) lengkap, maka barisan {fn (x)} konvergen, katakan : fn (x) f (x), sehingga untuk

k diperoleh: f (x) fn (x)


j =n

aj , untuk semua n dan x [a, b]. Ini 1

berarti {fn } konvergen seragam ke f pada [a, b]. Karena fn kontinu pada [a, b] maka f kontinu pada [a, b] yang berarti f C[a, b]. Karena sembarang barisan Cauchy {fn } di C[a, b] konvergen ke f C[a, b] maka C[a, b] lengkap. Proposisi Diketahui (X, ) ruang metrik lengkap. Jika E X , maka (E, ) subruang lengkap E tertutup. Bukti Diketahui (E, ) lengkap. Dibuktikan E tertutup. Ambil {xn } barisan dalam E yang konvergen ke x X . Ditunjukkan x E . Karena {xn } konvergen, maka {xn } barisan Cauchy dalam E . Karena E lengkap, maka {xn } konvergen ke suatu titik y X . Karena limit barisan itu tunggal maka x = y yang berarti barisan {xn } dalam E konvergen ke suatu titik x E . Jadi E tertutup. Diketahui E tertutup. Dibuktikan bahwa E lengkap. Ambil {xn } barisan Cauchy dalam E . Ditunjukkan {xn } konvergen ke x E . Karena {xn } barisan Cauchy dalam E , maka {xn } barisan Cauchy dalam X . Mengingat X lengkap maka {xn } konvergen ke x X . Karena E tertutup maka x E . Jadi setiap barisan Cauchy dalam E konvergen ke x E yang berarti E lengkap. Denisi Diketahui (X, d) ruang metrik, E X, E = . Diameter E ditulis diam E , yang didenisikan sebagai berikut: diam E = sup {d(x, y )|x, y E } Himpunan E dikatakan terbatas jika diam E < . Suatu barisan turun {En } dengan En X, En = disebut Contracting sequence, bila lim diam En = 0.
n