MAKALAH BIOFISIKA

TERMOREGULASI PADA TUBUH MANUSIA

Dosen Pembimbing: Dr. Ratnawulan, M.Si

Oleh: Kelompok 7 Junika Wulandari Maisa Fitri

JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012

ii

untuk itu kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun sangat diharapakan. Makalah ini sangat jauah dari kesempurnaan. Ibu Dr. penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu. untuk perbaikan di masa yang akan datang. Padang. Mei 2012 Penulis i .KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa atas karunia yang telah diberikan. M. dosen pembimbing mata kuliah Bio Fisika. Dalam penyelesaian makalah ini penulis tidak terlepas dari berbagai bantuan dari banyak pihak.Si yang telah memberikan banyak bimbingan selama perkuliahan berlangsung. Untuk itu penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk kedua orang tua yang telah memberi bantuan materi dan moril. Makalah ini berjudul Termoregulasi Pada Tubuh Manusia. teman-teman seperjuangan yang telah memberikan semangat dan motivasi di dalam masa perkuliahan serta pihak-pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu dalam makalah ini. Ratnawulan. Makalah ini disusun setelah presentasi kelompok dan sebagai objek penilaian Ujian Tengah Semester pada mata kuliah Bio Fisika.

. Mekanisme tubuh saat suhu tubuh berubah 1.............................................................................. Penyebab tubuh manusia berfluktuasi setiap saat .................................................................. Aplikasi dari Hipotalamus ................................... BAB III PENUTUP A............ Mekanisme tubuh ketika suhu tubuh menurun .................... G...................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ...................................................................................................................... F. Proses Tubuh kehilangan panas melalui kulit 1................. SARAN ............. Latar Belakang ........ B............................................... Hipotalamus ....... Suhu tubuh tetap konstan .............. 14 15 8 9 10 11 12 5 5 6 6 4 1 1 1 i ii DAFTAR PUSTAKA ii .... 2................................................................ Tujuan ... Evaporasi............................................................................... BAB II PEMBAHASAN A............................. 3................................................................................................ C......................................................... Radiasi......................... Radiasi pada tubuh manusia.................. B. B........ C...................................................................................................................................................................... E............. DAFTAR ISI.. Mekanisme tubuh ketika suhu tubuh meningkatkan ................................................................................................................................ BAB I PENDAHULUAN A................................ KESIMPULAN .......... 2.......................... Konduksi .............. D................ Rumusan Masalah ...........................................................

Apa yang menyebabkan tubuh manusia berfluktuasi setiap saat? 2. Mengetahui aplikasi dari hipotalamus C. pergantian siang dan malam saja tidak terlalu mempengaruhi kondisi kesehatan tuuh seseorang. Mengetahui tentang hipotalamus 5. Mengetahui proses tubuh kehilangan panas melalui kulit 7. suhu di setiap daerah selalu berbeda. Mengetahui cara kerja tubuh dalam mempertahankan suhu tubuh tetap konstan 4. Jika hal ini terus berlanjut. ketinggian. 2. Selain itu. RUMUSAN MASALAH 1. Mengaa demikian? Pada makalah ini. Bagaimana tubuh dapat mempertahankan suhu tetap konstan? 1 . LATAR BELAKANG Suhu permukaan bumi selalu berubah sesuai intensitas cahaya matahari yang sampai ke permukaan bumi. dan faktor lain yang data memengaruhi suhu suatu daerah. kami akan mencoba membahas system pengaturan suhu tubuh manusia sehingga dapat beradapatasi dengan baik terhadap perubahan suhu dan cuaca. B. terutama demam dan flu. Namun demikian. maka manusia rentan diserang penyakit. seseorang akan sulit beradaptasi dengan adanya siang dan malam. TUJUAN Tujuan dari penulisan makalah ini adalah: 1. sementara malam harinya cenderung dingin. sesuai dengan kelembapan.BAB I PENDAHULUAN A. Pada siang hari suhu sangat tinggi. Mengetahui penyebab tubuh manusia berfluktuasi setiap saat. Mengetahui ada atau tidaknya radiasi yang dikeluarkan oleh tubuh manusia 6. Mengetahui mekanisme tubuh saat suhu tubuh berubah 3. Bagaimana mekanisme tubuh saat suhu tubuh berubah? 3. Dengan keadaan demikian.

Bagaimana aplikasi dari cara kerja hipotalamus? 2 .4. Mengapa tubuh dapat kehilangan panas melalui kulit? 7. Apa itu hypothalamus? 5. Apakah benar tubuh mengeluarkan radiasi? 6.

2. 5. 4. sangat terkait dengan laju metabolisme. rangsangan saraf simpatis dapat mencegah lemak coklat yang tertimbun dalam jaringan untuk dimetabolisme. Faktor yang mempengaruhi suhu tubuh adalah sebagai berikut: 1. Suhu tubuh manusia cenderung berfluktuasi setiap saat. Penyebab tubuh manusia berfluktuasi setiap saat. Sebagaimana disebutkan pada uraian sebelumnya. menyebabkan peningkatan produksi panas.BAB II PEMBAHASAN A. Hormon pertumbuhan Hormone pertumbuhan ( growth hormone ) dapat menyebabkan peningkatan kecepatan metabolisme sebesar 15-20%. produksi panas tubuh juga meningkat. Pada perempuan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan fluktuasi suhu tubuh. Hormone kelamin Hormone kelamin pria dapat meningkatkan kecepatan metabolisme basal kira-kira 10-15% kecepatan normal. Kecepatan metabolisme basal Kecepatan metabolisme basal tiap individu berbeda-beda. Hamper seluruh metabolisme lemak coklat adalah produksi panas. Akibatnya. 3. rangsangan saraf simpatis ini dipengaruhi stress individu yang menyebabkan peningkatan produksi epineprin dan norepineprin yang meningkatkan metabolisme. fluktuasi 3 . Hormone tiroid Fungsi tiroksin adalah meningkatkan aktivitas hamper semua reaksi kimia dalam tubuh sehingga peningkatan kadar tiroksin dapat mempengaruhi laju metabolisme menjadi 50100% diatas normal. Disamping itu. Hal ini memberi dampak jumlah panas yang diproduksi tubuh menjadi berbeda pula. Umumnya. Rangsangan saraf simpatis Rangsangan saraf simpatis dapat menyebabkan kecepatan metabolisme menjadi 100% lebih cepat.

Begitu juga sebaliknya. mengakibatkan gesekan antar komponen otot / organ yang menghasilkan energi termal. Selain itu.3 – 0. Aktivitas Aktivitas selain merangsang peningkatan laju metabolisme. Dengan demikian. dalam arti lemak menyalurkan panas dengan kecepatan sepertiga kecepatan jaringan yang lain. 9. Berbagai zat pirogen yang dikeluarkan pada saai terjadi infeksi dapat merangsang peningkatan suhu tubuh. dapat menyebabkan mekanisme regulasi suhu tubuh mengalami gangguan. Kelainan kulit berupa jumlah kelenjar keringat yang sedikit juga dapat menyebabkan mekanisme pengaturan suhu tubuh terganggu. lingkungan d 4 .3 – 40. individu dengan lapisan lemak tebal cenderung tidak mudah mengalami hipotermia karena lemak merupakan isolator yang cukup baik. 7. Lingkungan Suhu tubuh dapat mengalami pertukaran dengan lingkungan. Status gizi Malnutrisi yang cukup lama dapat menurunkan kecepatan metabolisme 20 – 30%. 10. 6. Hal ini terjadi karena di dalam sel tidak ada zat makanan yang dibutuhkan untuk mengadakan metabolisme.6°C di atas suhu basal. Demam ( peradangan ) Proses peradangan dan demam dapat menyebabkan peningkatan metabolisme sebesar 120% untuk tiap peningkatan suhu 10°C. 8. artinya panas tubuh dapat hilang atau berkurang akibat lingkungan yang lebih dingin. Gangguan organ Kerusakan organ seperti trauma atau keganasan pada hipotalamus. orang yang mengalami mal nutrisi mudah mengalami penurunan suhu tubuh (hipotermia).suhu lebih bervariasi dari pada laki-laki karena pengeluaran hormone progesterone pada masa ovulasi meningkatkan suhu tubuh sekitar 0. Latihan (aktivitas) dapat meningkatkan suhu tubuh hingga 38.0 °C.

1. Mekanisme tubuh saat suhu tubuh berubah. pengeluaran keringat menyebabkan peningkatan pengeluaran panas melalui evaporasi. Vasodilatasi ini disebabkan oleh hambatan dari pusat simpatis pada hipotalamus posterior yang menyebabkan vasokontriksi sehingga terjadi vasodilatasi yang kuat pada kulit. B. Peningkatan suhu tubuh sebesar 1°C akan menyebabkan pengeluaran keringat yang cukup banyak sehingga mampu membuang panas tubuh yang dihasilkan dari metabolisme basal 10 kali lebih besar. yang memungkinkan percepatan pemindahan panas dari tubuh ke kulit hingga delapan kali lipat lebih banyak. Penurunan pembentukan panas Beberapa mekanisme pembentukan panas.apat mempengaruhi suhu tubuh manusia. Vasokontriksi kulit di seluruh tubuh 5 . Mekanisme tubuh ketika suhu tubuh menurun a. Vasodilatasi Vasodilatasi pembuluh darah perifer hampir dilakukan pada semua area tubuh. Kelenjar keringat juga dapat mengeluarkan keringat karena rangsangan dari epinefrin dan norefineprin. Mekanisme tubuh ketika suhu tubuh meningkat a. c. 2. Perpindahan suhu antara manusia dan lingkungan terjadi sebagian besar melalui kulit. seperti termogenesis kimia dan menggigil dihambat dengan kuat. Pengeluaran keringat dirangsang oleh pengeluaran impuls di area preoptik anterior hipotalamus melalui jaras saraf simpatis ke seluruh kulit tubuh kemudian menyebabkan rangsangan pada saraf kolinergic kelenjar keringat. Pengeluaran keringat merupakan salh satu mekanisme tubuh ketika suhu meningkat melampaui ambang kritis. yaitu 37°C. b. Berkeringat Pengeluaran keringat melalui kulit terjadi sebagai efek peningkatan suhu yang melewati batas kritis. yang merangsang produksi keringat.

Hipotalamus Hipotalamus (bahasa Inggris: hypothalamus) adalah bagian dari otak yang terdiri dari sejumlah nukleus dengan berbagai fungsi suhu. tubuh akan melakukan mekanisme umpan balik. diperlukan regulasi suhu tubuh. Suhu tubuh manusia diatur dengan mekanisme umpan balik (feed back) yang diperankan oleh pusat pengaturan suhu di hipotalamus. Piloereksi Rangsangan simpatis menyebabkan otot erektor pili yang melekat pada folikel rambut berdiri. b. Suhu tubuh tetap konstan Untuk mempertahankan suhu tubuh manusia dalam keadaan konstan. D. yang disebut titik tetap (set point). Apabila suhu tubuh meningkat lebih dari titik tetap. c. fungsineuroendokrin yang berpengaruh terhadap sistem syaraf otonomi sehingga dapat 6 . Apabila pusat temperatur hipotalamus mendeteksi suhu tubuh yang terlalu panas. Peningkatan pembentukan panas Pembentukan panas oleh sistem metabolisme meningkat melalui mekanisme menggigil. hipotalamus akan merangsang untuk melakukan serangkaian mekanisme untuk mempertahankan suhu dengan cara menurunkan produksi panas dan meningkatkan pengeluaran panas sehingga suhu kembali pada titik tetap. pembentukan panas akibat rangsangan simpatis. Mekanisme umpan balik ini terjadi bila suhu inti tubuh telah melewati batas toleransi tubuh untuk mempertahankan suhu.Vasokontriksi terjadi karena rangsangan pada pusat simpatis hipotalamus posterior. tetapi pada binatang tingkat rendah. C. glukosa dan hipotalamus yang paling penting karena terhubung dengan sistem syaraf dan adalah kelenjar hipofisis yang merupakan salah satu homeostasis sistem endokrin. yang Salah satu sangat di antara peka fungsi terhadap steroid dan glukokortikoid. berdirinya bulu ini akan berfungsi sebagai isolator panas terhadap lingkungan. Titik tetap tubuh dipertahankan agar suhu tubuh inti konstan pada 37°C. serta peningkatan sekresi tiroksin. Mekanisme ini tidak penting pada manusia.

suhu tubuh dan perilaku konsumsi dan emosi. Hipotalamus juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem limfatik. Hipotalamus mengirim suatu signal ke kelenjar adrenal yaitu epinephrine dan neropinephrine. memastikan keseimbangan cairan.mengendalikantekanan darah. Sel tidak dapatmengambil keputusan terbaik berdasarkan informasi yang ada. seperti menjaga kemantapan suhu tubuh. Suatu sel yang tidak mengetahui berapa lamamanusiaharus tidur. GnRH pada area preoptik GHIH oleh neuron perventrikular GHRH oleh neuron infudibular pada area mediobasal Hipotalamus adalah pemimpin umum sistem hormon ia memiliki tugas pentingyaitu memastikan kemantapan dalam tubuh manusia. hipotalamusmengkajipesan-pesan yang datang dari otak dan dari dalam tubuh. dan bahkan pola tidur yangtepat.Informasi ini disampaikan ke sana dari setiap titik dalam tubuh.memelihara homeostasis tekanan darah. Setiap saat. Sejumlah besar informasi sehubungan dengan keadaan tubuh dikirim kehipotalamus. sertamembuat sel-seltertentu menjalankan keputusannya.memutuskan tindakanyang harus diambil dan perubahan yang harus dibuat dalam tubuh. dan regulatory hormones. Namun. Hipotalamus berfungsi sebagai monitoring dan mengontrol berbagai aktivitas dari tubuh yang sangat banyak. denyut jantung. oksitosin. Setelah itu. sel-seldalamhipotalamus 7 . Kemudian hipotalamus menguraikan informasi yang diterimanya. Hal mendasar yang harus diperhatikan di sini adalah hipotalamus itusebuahorgan yang terdiri dari sel-sel tak sadar. Hipotalamus terletak langsung di bawah otak dan ukurannya sebesar bijikenari. dan tidak dapat membuatsellain yang berjauhan letaknya dalam tubuh menjalankan keputusan itu. ia tidak dapat menghitung berapa seharusnya suhu tubuh. dan merupakan konektor sinyal dari berbagai bagian otakmenuju ke korteks otak besar. Sekresi yang lain berupa:     antideuretic hormone (ADH). Akson dari berbagai sistem indera berakhir pada hipotalamus (kecuali sistem olfaction) sebelum informasi tersebut diteruskan ke korteks otak besar. termasuk pusatindra dalamotak.hipotalamusmenjalankan beberapa fungsi.

b. 8 . Radiasi merupakan mekanisme kehilangan panas paling besar pada kulit (60%) atau 15% seluruh mekanisme kehilangan panas. Pengaturan suhu tubuh. Mengontrol hipotalamuskemudian melalui pembuluh darah dihubungkan dengan kelenjar hipofise anterior. f. Fungsi afektif sensoris a. Peningkatan atau penurunan denyut jantung dan tekanan darah. d. Pusat-pusat ganjaran atau motivasi. b. termasuk nyeri dan doronganuntuk melarikan diri. Mengontrol sistem saraf otonom dan sistem endokrin serta mengatur beberapa perilaku yang berhubungan dengan fungsi-fungsi vegetatif untuk kehidupan : a. c. Tubuh manusia memancarkan gelombang panas ke segala penjuru tubuh. Hipotalamus lateral anterior menghambat SAR. e. Pengaturan rasa lapar dan haus. marah. Dorongan untuk bereproduksi. E. Sekresi air lewat ginjal (pengeluaran ADH) Pengaturan kontraksi rahim dan pengeluaran ASI. Pengaturan tidur dan jaga Hipotalamus dorsal berhubungan dengan Sistem Aktivasi Retikularis (SAR). e. Pusat-pusat menyakitkan seperti takut. c.bertindak dalam cara yang luar biasa sadar demi menjamin bahwakeseimbanganyang dibutuhkan dalam tubuh terjaga. Radiasi Radiasi adalah mekanisme kehilangan panas tubuh dalam bentuk gelombang panas inframerah. 2. Beberapa fungsi penting hipotalamus 1. d. Gelombang inframerah yang dipancarkan dari tubuh memiliki panjang gelombang 5 – 20 mikrometer. Proses Tubuh kehilangan panas melalui kulit 1.c. sistem endokrin melalui hormon-hormon yang dihasilkan 3.

Biasanya proses kehilangan panas dengan mekanisme konduksi sangat kecil.m.C. H = kA(T2-T1)/L Dengan: H =konduktivitas kalor A =luas daerah bahan k =koefisien konduktivitas termal T = suhu (dalam kelvin atau celsius) L = panjang logam (dalam meter). Sentuhan dengan benda umumnya memberi dampak kehilangan suhu yang kecil karena dua mekanisme. Sebagian besar energi pada gerakan ini dapat di pindahkan ke udara bila suhu udara lebih dingin dari kulit. Sekali suhu udara bersentuhan dengan kulit. Semakin besar nilai koefisien konduktivitas termal atau konduktivitas termal berarti semakin cepat suatu bahan mengalami konduksi. suhu udara menjadi sama dan tidak terjadi lagi pertukaran panas. Cepat tidaknya konduksi berlangsung pada bahan dikhususkan lagi dalam pembahasan konduktivitas termal.Panas adalah energi kinetic pada gerakan molekul. Satuan k adalah J/s. yaitu kecenderungan tubuh untuk terpapar langsung dengan benda relative jauh lebih kecil dari pada paparan dengan udara. 9 . dan sifat isolator benda menyebabkan proses perpindahan panas tidak dapat terjadi secara efektif terus menerus. Konduksi Konduksi adalah perpindahan panas akibat paparan langsung kulit dengan bendabenda yang ada di sekitar tubuh. 2. jika T menggunakan celsius. yang terjadi hanya proses pergerakan udara sehingga udara baru yang suhunya lebih dingin dari suhu tubuh. Istilah ini merupakan suatu kostanta pada persamaan konduktivitas kalor sebagai berikut.

Jadi. Hal ini merupakan perhitungan matematis. Bahan Stereofom Udara Wol Lemak tubuh Air k (J/s.026 0.58 kilokalori. Energi dalam tubuh yang berasal dari makanan. 10 .m. Evaporasi Evaporasi ( penguapan air dari kulit ) dapat memfasilitasi perpindahan panas tubuh. Darah berfungsi untuk mengeluarkan kalor ke bawah permukaan kulit secara konveksi.80 1.1 79 240 4240 2420 Dari hal di atas. Jika suhu badan 37°C dan suhu kulit pada lingkungan yang nyaman 33°C sampai dengan 35°C. bahwa udara merupakan konduktor kalor yang buruk daripada air.010 0. maka terjadi konduksi kalor pada tubuh. mekanisme evaporasi berlangsung sekitar 450 – 600 ml/hari. air memiliki konduktivitas termal sebesar 23 kali daripada udara. sendainya manusia bisa hidup pada suhu 15°C selama 2 jam di udara terbuka tampa pakaian.20 0. Karena beda suhu yang cukup kecil dan konduktivitas termal jaringan tubuh kecil.040 0. 3.2 menit. Berapa lama manusia bisa hidup di air dalam suhu yang sama? Jawabannya adalah sebagai berikut: Lihat tabel di atas. muncul pertanyaan.Berikut tabel konduktivitas termal beberapa bahan.C) 0.60 Bahan Gelas Beton Besi Aluminium Perak Intan k (J/s. 20% digunakan untuk kerja selebihnya merupakan energi kalor. Setiap satu gram air yang mengalami evaporasi akan menyebabkan kehilangan panas tubuh sebesar 0. Pada kondisi individu tidak berkeringat. manusia tadi dapt hidup 120 menit/23 = 5.m. maka sedikit sekalikalor yang dikeluarkan.C) 0.

Prinsip terjadinya radiasi adalah perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Memperhatikan pengaruh lingkungan terhadap suhu tubuh. Evaporasi ini tidak dapat dikendalikan karena evaporasi terjadi akibat difusi molekul air secara terus menerus melalui kulit dan system pernafasan. Pada keadaan ini. maka di tubuh kita pasti terjadi radiasi. sebenarnya suhu tubuh actual ( yang dapat diukur ) merupakan suhu yang dihasilkan dari keseimbangan antara produksi panas oleh tubuh dan proses kehilangan panas tubuh dari lingkungan. panas hilang melalui radiasi dan konduksi. satu-satunya cara tubuh melepaskan panas adalah melalui evaporasi. Namun ketika suuhu lingkungan lebih tinggi dari suhu tubuh. Gambar Keseimbangan antara produksi panas dan pengeluaran panas (Tamsuri Anas. Cara menghitungnya adalah dengan menggunakan persamaan radiasi buatan Stefan-Boltzman. Dengan H =radiasivitas kalor 11 . Jika kalor berada dalam tubuh. yaitu H = eδAT4. 2007) Selama suhu kulit lebih tinggi dari pada suhu lingkungan. tubuh memperoleh suhu dari lingkungan melalui radiasi dan konduksi. Radiasi pada tubuh manusia Tubuh manusia mengeluarkan radiasi.Hal ini menyebabkan kehilangan panas terus menerus dengan kecepatan 12 – 16 kalori per jam. F.

e = emisivitas (0-1) δ = konstanta Stefan-Boltzman (5. dimana sensor suhu PT100 dan sensor kelembapan diletakkan di dalam boks tidur bayi (di luar boks kontrol). G. yang digunakan untuk meletakkan heater .5 m2 T = 37°C = 310 K H = eδAT4.67 x 10-8 J/s. rangkaian elektronik.67 x 10-8 J/s. H = (0. terdapat sebuah boks kontrol yang dibagi menjadi 2 bagian (bagian atas dan bagian bawah).m2.5 m2)(310 K)4 = 550 J/s = 550 watt Nilai ini setara dengan 5 buah lampu bohlam 10 watt.k4) A = luas daerah T = suhu (dalam kelvin) Menghitung radiasi pada tubuh manusia: Jika suhu tubuh manusia normal adalah 37°C atau 340 K dengan emisivitas tubuh 0. Inkubator bayi merupakan salah satu alat medis yang berfungsi untuk menjaga suhu sebuah ruangan supaya suhu tetap konstan /stabil. kontroler . yaitu menjaga suhu incubator tetap stabil.m2. Sensor yang digunakan adalah sensor suhu (PT100) dan sensor kelembapan .67 x 10-8 J/s.5 m2 berapakah radiasivitas kalornya? Jawab: e = 0. Hal yang ditiru oleh incubator bayi dari hipotalamus adalah cara kerja dari hipotalamus.m2. Aplikasi dari Hipotalamus Aplikasi dari hipotalamus adalah inkubator bayi.k4 A = 1. 12 . tempat / wadah air dan kipas.7 dan perkiraan luas tubuh manusia adalah 1. Pada modifikasi manual-otomatis inkubator bayi . Sedangkan pada boks bagian bawah dibagi menjadi 3 ruangan yang dibatasi dengan sekat .k4)(1. Boks bagian atas digunakan untuk meletakkan sensor .7 δ = 5. display sensor .70)( 5.

Sebagai kontrolernya . Yang menjadi actuator dari alat ini adalah heater dan kipas. digunakan sebuah PIC Microchip 16F877A. 13 .Pada sensor suhu PT100 dan sensor kelembapan terdapat display yang sekaligus sebagai driver sensor yang digunakan untuk mengetahui serta memberikan setting suhu dan kelembapan dalam ruangan boks tidur bayi sesuai yang dikehendaki. sedangkan kipas berfungsi untuk menyalurkan udara panas yang dipancarkan heater menuju ruangan tempat air dan menuju boks tidur bayi melalui selang. Heater berfungsi sebagai pemanas ruangan . Dimana PIC tersebut juga berfungsi untuk menghubungkan boks kontrol dengan komputer (CPU) secara serial supaya dapat memberikan tampilan serta dapat memberikan setting suhu sesuai dengan yang dikehendaki melalui komputer.

prinsipnya adalah perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Rangsangan saraf simpatis c.BAB III PENUTUP A. Konduksi 3. Gangguan organ j. Radiasi 2. yaitu menjaga suhu incubator tetap stabil. 5. Kecepatan metabolism basal b. yaitu: a. Hipotalamus adalah bagian dari otak yang terdiri dari sejumlah nukleus dengan berbagai fungsi yang sangat peka terhadap steroid dan glukokortikoid. diperlukan regulasi suhu tubuh 3. Evaporasi 6. glukosa dan suhuAda atau tidaknya radiasi yang dikeluarkan oleh tubuh manusia 4. Ada beberapa faktor penyebab tubuh manusia berfluktuasi setiap saat. Lingkungan 2. Hal yang ditiru oleh incubator bayi dari hipotalamus adalah cara kerja dari hipotalamus. Hormon pertumbuhan d. Untuk mempertahankan suhu tubuh manusia dalam keadaan konstan. KESIMPULAN 1. Terdapat tiga proses tubuh kehilangan panas melalui kulit 1. Aplikasi dari hipotalamus adalah inkubator bayi. Status gizi h. Tubuh manusia mengeluarkan radiasi. Aktivitas i. Hormone kelamin f. Demam ( peradangan ) g. Hormone tiroid e. 14 .

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. SARAN Demikian yang dapat penulis paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini. tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. 15 .B.

wordpress.com. http://masdiisya. Diakses pada 20 Februari 2012 Prasetyo. Redy Joko. Termoregulasi Manusia. http://digilib. http://yohanes-jp. Di akses tanggal Yohanes.id/ITSpada 20 Februari 2012 NonDegree-3100011042015/13524 2011.com. Diakses pada tanggal 20 Februari 2012 Rika. 2009.DAFTAR PUSTAKA Masdiisya. Kalor Dalam Tubuh Manusia. Di akses pada tanggal 20 Februari 2012 16 .2011.2010.ac. dkk.its. http://www. 2010. Inkubator Bayi.inforedia.blogspot.com. Pengaturan Suhu Pada Inkubator Bayi Dengan Kontol On/OF.

Slide 1 Termoregulasi Pada Tubuh Manusia Oleh: Maisa Fitri Junika Wulandari Slide 2 Pendahuluan DINGIN PANAS DIPERTAHANKAN MELALUI: . diperlukan regulasi suhu tubuh. 17 .Otot rangka Slide 3 Pendahuluan    Suhu tubuh manusia cenderung berfluktuasi setiap saat.Hipotalamus KONSTAN .Kelenjar keringat .Asupan makan . Suhu tubuh manusia diatur dengan mekanisme umpan balik (feed back) yang diperankan oleh pusat pengaturan suhu di hipotalamus.Pembuluh darah . Untuk mempertahankan suhu tubuh manusia dalam keadaan konstan.

seperti menjaga kemantapan suhu tubuh. Kemudian hipotalamus menguraikan informasi yang diterimanya. sertamembuat sel-seltertentu menjalankan keputusannya. memastikan keseimbangan cairan.Informasi ini disampaikan ke sana dari setiap titik dalam tubuh. 18 . Sejumlah besar informasi sehubungan dengan keadaan tubuh dikirim ke hipotalamus. dan bahkan pola tidur yang tepat. Slide 5 HIPOTALAMUS dan KELENJAR PITUITARI nukleus hipotalamus hypothalamico Hypophysealis tract infundibulum Sistem portal adenohipofisis neurohipofisis Slide 6 Hipotalamus Hipotalamus terletak langsung di bawah otak dan ukurannya sebesar biji kenari. mengendalikan tekanan darah. termasuk pusat indra dalam otak.Slide 4 Apa itu hipotalamus? Hipotalamus (bahasa Inggris: hypothalamus) adalah bagian dari otak yang terdiri dari sejumlah nukleus dengan berbagai fungsi yang sangat peka Hipotalamus memiliki tugas pentingyaitu memastikan kemantapan dalam tubuh manusia.memutuskan tindakan yang harus diambil dan perubahan yang harus dibuat dalam tubuh.

05 Ttangan + 0.09 Tpaha + 0.Slide 7 Slide 8 Mekanisme Kehilangan Panas Melalui Kulit  Energi panas akan penetrasi kedalam jaringan kulit dalam bentuk radiasi atau konduksi  Energi panas menghilang didalam jaringan yang lebih dalam berupa panas kemudian diangkut ke jaringan lain dengan cara konveksi  energi panas akan dikeluarkan melalui evaporasi (keringat) Slide 9 Sistem Pengaturan Suhu Tubuh Lokasi pengukuran temperatur tubuh : ketiak (aksila).35 Tbatangtubuh Temperatur tubuh rata-rata : Mean Body Temperatur = (0.67 x temp rektal) + (0. sub lingual (dibawah lidah) atau rektal (dubur)   Temperatur rata-rata kulit : 0.33 x temp kulit rata-rata)  19 .07 Tkepala + 0.07 Tkaki + 0.14 Tlengan + 0.13 Tbetis + 0.

Aktivitas 9. bila suhu tubuh berkisar antara 36 . Demam ( peradangan ) 7. bersantai Kegiatan ringan (makan. Status gizi 8. Rangsangan saraf simpatis 3. Lingkungan Slide 12 Tabel kecepatan metabolisme Kegiatan Kecepatan metabolisme (perkiraan pendekatan) Kkal/jam Watt 70 Tidur Duduk tegak.7 37.5 .7 36.5 37. Hormon pertumbuhan 4.2 5 tahun 7 tahun 9 tahun 11 tahun 13 tahun Dewasa > 70 tahun 37.5°C • Febris / pireksia.0 36.8 36.Slide 10 Tabel Perbedaan derajat suhu normal pada berbagai kelompok usia Usia 3 bulan 6 bulan 1 tahun 3 tahun Suhu (oC) 37. berjalan) Berlari (15 km/jam) Bersepeda (balap sepeda) 400 1000 1100 460 1150 1270 20 .37. Hormon kelamin 6.6 36. Hormon tiroid 5. 2007) Slide 11 Faktor Yang Mempengaruhi Suhu Tubuh 1.0 • Hipotermi.40°C • Hipertermi.7 37.4 36. Kecepatan metabolisme basal 2. Gangguan organ 10.7 36. pekerjaan rumah tangga) 60 100 115 200 230 Kegiatan sedang (bermain tenis. bila suhu tubuh lebih dari 40°C (Tamsuri Anas. bila suhu tubuh kurang dari 36°C • Normal. bila suhu tubuh antara 37. bekerja di meja. berpakaian.

1 Carrot. 11 jam bekerja di meja atau bersantai ? Slide 14 Penyelesaian : Q total = { 8 jam x 60 kkal/jam + 1 jam x 400 kkal/jam+ 4 jam x 200 kkal/jam + 11 jam x 100 kkal/jam} x Q total = 2780 kkal Catatan : orang ini memerlukan asupan makanan dengan nilai energi total 2780 kkal atau jika orang ini ingin menurunkan massa badan harus mengurangi energi sebesar 2780 kkal dan sebaliknya jika ingin menambah berat badan. 1 cup Apple Doughnut Total energi (cal) 75 245 45 70 135 21 . 1 jam melakukan pekerjaan fisik sedang.1 Hamburger. Slide 15 Komposisi dan konten energi dari makanan Food Egg. 4 jam kegiatan ringan.Slide 13 Contoh Kasus : Berapa besar energi yang diubah dalam 24 jam oleh seseorang yang massanya 65 kg dengan menghabiskan waktu 8 jam untuk tidur.

Darah berfungsi untuk mengeluarkan kalor ke bawah permukaan kulit secara konveksi.m. manusia tadi dapt hidup 120 menit/23 = 5. Jadi. Berapa lama manusia bisa hidup di air dalam suhu yang sama? Jawabannya adalah sebagai berikut.d) : memakai minyak panas untuk memijat Faure (1774) : mempergunakan “Hotsbrichs” dalam pengobatan nyeri yang disebabkan rheumatik Roebereiner (1816) : Pemakaian sinar dalam bidang pengobatan Reyn (1913) : Menggunakan sinar ungu ultra dalam irradiasi tubuh Langevin (1917) : mempergunakan ultrasonik dalam pengobatan Slide 18 Tabel konduktivitas termal Bahan k (J/s.2 menit.1 79 240 4240 2420 Sendainya manusia bisa hidup pada suhu 15°C selama 2 jam di udara terbuka tampa pakaian.20 0. Karena beda suhu yang cukup kecil dan konduktivitas termal jaringan tubuh kecil.m. 22 .60 Gelas Beton Besi Aluminium Perak Intan 0. maka sedikit sekalikalor yang dikeluarkan. air memiliki konduktivitas termal sebesar 23 kali daripada udara.010 0. Slide 17 Energi panas dalam bidang kedokteran      Romans (600 a.Slide 16 Energi Tubuh Energi dalam tubuh berasal dari makanan.80 1.026 0. Jika suhu badan 37°C dan suhu kulit pada lingkungan yang nyaman 33°C sampai dengan 35°C.C) Stereofom Udara Wol Lemak tubuh Air 0. 20% untuk kerja selebihnya merupakan energi kalor.040 0. maka terjadi konduksi kalor pada tubuh.C) Bahan k (J/s. Lihat tabel di atas.

Bagaimana menghitungnya? Kita gunakan persamaan radiasi buatan Stefan-Boltzman.5) (310)4 watt.425x H0.Slide 19 Tubuh mengeluarkan radiasi Prinsip terjadinya radiasi adalah perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Nilai ini setara dengan 5 buah lampu bohlam 10 Slide 21 Energi yang di butuhkan manusia Bergantung kepada berat dan tinggi manusia tersebut  Energi yang di konsumsi oleh manusia dalam melakukan aktifitas tertentu di bagi dengan luas permukaan tubuhnya hampir sama untuk semua orang  Secara empirikluas tubuh manusia : Luas = 0.5 m2.202xW0. maka di tubuh kita pasti terjadi radiasi.k4) A = luas daerah T = suhu (dalam kelvin)  Slide 20 Contoh Jika suhu tubuh manusia normal adalah 37°C atau 310 K dengan emisivitas tubuh 0.m2. yaitu H = eδAT4.7 dan perkiraan luas tubuh manusia adalah 1. maka H = (0. ADVE = 550 watt.725  W dan H menyatakan berat (kg) dan tinggi manusia (m) 23 . Dengan H =radiasivitas kalor e = emisivitas (0-1) δ = konstanta Stefan-Boltzman (5.67 x 108 J/s.70)( 5.67 x 10-8)(1. Jika kalor berada dalam tubuh.

rangkaian elektronik. 24 .Slide 22 Penerapan Inkubator Bayi berfungsi untuk menjaga suhu sebuah ruangan supaya suhu tetap konstan/stabil. display sensor. kontroler. Boks bagian bawah * heater(pemanas ruangan). Cara kerja alat ini meniru cara kerja hipotalamus di dalam tubuh Slide 23 Bagian Inkubator  Terdapat 2 boks kontrol Boks bagian atas * sensor (suhu dan kelembapan). tempat/wadah air dan kipas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful