MAKALAH ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR

MANUSIA DAN PERADABAN

Nama: 1. Andri Wasis Handoko 2. Archi Yana 3. Rafika Rahmawati (M0211062)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta Program Studi Fisika 2013

Selain itu munculnya norma. Peradaban merupakan tahap tertentu dari kebudayaan masyarakat tertentu pula. Dalam pengertian lain. Perkembangan IPTEK menjadi salah satu adanya perkembangan peradaban. Manusia memiliki akal. Akal untuk berfikir bagaimana memanfaatkan dan menciptakan segala sesuatu yang berguna dan bermanfaat dan dapat meringankan pekerjaannya. teknologi. Kebutuhan manusia yang semakin kompleks pun menjadi salah satu penyebab perkembangan peradaban.MANUSIA DAN PERADABAN 1. nilai dan estetika juga menjadi bentuk peradaban dalam ranah budaya yangmemiliki fungsinya masing-masing. Jasmani untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan fungsinya serta tidak mentimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. Kenyamanan. Tenaga manusia yang terbatas mulai terbantukan oleh adanya mesin-mesin yang mulai menggantikan fungsi manusia. Adapun masyarakat beradab adalah masyarakat yang sopan santun dan memiliki kebaikan budi pekerti. Oleh karena itu. Peradaban akan berkembang seiring perkembangan pemikiran manusia saat itu. Peradaban tidak akan lepas dari peran manusia sebagai pencipta dan pelaksana peradaban itu sendiri. yang telah mecapai kemajuan tertentu yang dicirikan oleh tingkat ilmu pengetahuan. sehingga pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dan mudah. ketentraman dan kedamaian menjadi makna hakiki adanya manusia yang beradab. jasmani dan rohani yang dapat mendukung perannya sebagai khalifah di muka bumi. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan mempengaruhi peradaban sebuah bangsa dan menjadi bangsa itu dianggap lebih muju dari bangsa-bangsa lain pada zamannya. PENDAHULUAN Manusia diciptakan sebagai makhluk yang sempurna. manusia beradab juga dikatakan merupakan kombinasi ideal antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum. . Sebagai pembatas dan pengawalan manusia dalam bertingkah laku di tengah kemajuan teknologi yang ada. Peradaban muncul karena adanya faktor-faktor pemikiran manusia. peradaban juga bisa disebut mengalami evolusi karena pengaruh adanya modernisasi. ketenangan. dan seni yang telah maju. etika. Rohani yang akan menuntun manusia menemukan kebenaran berupa kepercayaan atau agama yang dengannya manusia dituntut untuk melaksanakan setiap kewajiban dalam bentuk peribadatan.

teknologi. Kebudayaan berasal dari kata culture. PEMBAHASAN A. Peradaban merupakan tahap tertentu dari kebudayaan masyarakat tertentu pula. Istilah kebudayaan ada pula istilah peradaban. Sementara bagi Paulo Freire. yang telahmecapai kemajuan tertentu yang dicirikan oleh tingkat ilmu pengetahuan. Hal ini adalah sama dengan istilah dalam bahasa Inggris civilization yang biasanya dipakai untuk menyebutkan bagian atau unsur dari kebudayaan yang harus maju dan indah. mulia. Koentjaraningrat (1990) berusaha memberikan penjelasan sebagai berikut. Kemampuan rasa manusia melalui alatalat indranya menghasilkan beragam barang seni dan bentuk-bentuk kesenian. Pengertian Adab dan Peradaban Peradaban memiliki kaitan yang erat dengan kebudayaan. Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat adab . Orang yang cultured adalah yang juga lettered dalam hal ini tidak sekedar hanya bisa membaca dan menulis hal yang sederhana. Selah satu ciri yang penting dalam definisi peradaban adalah berbudaya. yang semuanya menunjuk pada sifat yang tinggi dan mulia. kebudayaan merepresentasikan pengalaman hidup. Kebudayaan pada hakikatnya adalah hasil cipta. B. yakni kelompok-kelompok yang berbeda sudah terbentuk dengan sendirinya selama kurun waktu tertentu. Yang dalam bahasa ingris disebut Cultured. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan mempengaruhi peradaban sebuah bangsa dan menjadi bangsa itu dianggap lebih muju dari bangsa-bangsa lain pada zamannya. luhur. dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan karsa manusia menghendaki kesempurnaan hidup. Peradaban berasal dari kata adab. Huntington (2001) mendefinisikan perdaban (civilization) sebagai the highest social grouping of people and the broadest level of cultural identity people have short of that which distinguish humans from other species. dan seniyang telah maju. berakhalak. berbudi pekerti. kemuliaan. rasa. hasil karya manusia dalam bentuk kehidupan yang ditempa dalam hubungan social yang tidak adil dan dialektis. Kemampuan cipta (akal) manusia menghasilkan ilmu pengetahuan. istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. dan kebahagiaan sehingga menghasilkan berbagai aktivitas hidup manusia untuk memenuhi kebutuhannya.2. yang dapat diartikan sopan.

Adab artinya sopan. penegakan hukum dan keadilan. keterbukaan. kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara. Toleransi dan pluralisme. dan benda-benda. Nurcholish madjid juga mengindonesiakan civil society (inggris) dengan masyarakat madani. Evolusi Budaya dan Tahapan-tahapan Peradaban Pendapat Service. keswasembedaan (self generating). Pada mulanya. antara lain egalitarianisme. Manusia adalah makhluk beradab karena. berahlak dan berbudi pekerti yang luhur menuju pada prilaku pada manusia. Kebudayaan merupakan keseluruhan dari budi daya manusia. Adalah datao answer ibrahim(mantan wakil perdana mentri malaysia)yang pertama kali memperkenalkan istilah masyarakat madani sebagaia istilah lain dari civil society. dari asal kata society civilis. Elman R(1971) sejalan dengan pendapat Spencer. karsa. C. H seorang ahli filsafat Inggris (1820-1903) menjelaskan bahwa seluruh alam itu. Muhamad A. masyarakat warga. organis maupun yang superorganis akan berevolusi karena didorong oleh kekuatan mutlak yang . toleransi dan pluralisme. atau masyarakat madani. Hikam (1990) didalam bukunya demokrasi dan civil society memberikan defenisi civil society sebagai wilayah kehidupan social yang terorganisasi dan bercirikan antaralain bersukarelaan (Voluntari). dan karsa Kaelan (2002) menyatakan manusi yang beradab adalah manusi yang mampu melaksanakan hakikatnya sebagai manusia.istilah masyarakat adab dikenal dengan kata lain masyarakat sipil. seperti barang. Manusia beradab adalah manusia yang bisa menyelaraskan antara. Manusia sebagai makhluk beradab artinya pribadi manusia itu memiliki potensi untuk berlaku sopan. rasa.S. dan rasa.Peradaban tidak hanya menunjuk pada hasil-hasil kebudayaan manusia yang sifatnya fisik. menghargai prestasi. keswadayaan (self sporting). Nurcholis majid menyebut masyarakat madani sebagai masyarakat yang berkadaban memiliki ciri-ciri. baik yang berwujud monoorganis. Kenyamanan. serta keterbukaan dan penegakan hukum dan keadilan. baik cipta. manusia dianugerahi harkat martabat dan potensi yang tinggi yang mengangkat derajatnya menjadi lebih tinggi disbanding dengan makhluk lain. Konsep masyarakat adab berasal dari konsep civil society. ketentraman. civil society berasal dari dunia barat. dan keterikatan dengan norma atau nilai hukum yang diikuti oleh warganya. kedamaian dan ketenangan menjadi bukti adanya keberadaan manusia beradab. serta musyawarah. cipata. bangunan.

1 masyarakat Hal ini juga terjadi pula pada tiap kebudayaan dan yang ada di dunia. menurutnya secara khusus. 1981). yang masih tetap mempertahankan holim (koteka) sebagai busana sehari-hari mereka5. kondisi sosial budaya masyarakat-masyarakat suku-suku bangsa di PapuaIrian Jaya sudah banyak berubah. Ketika di tahun 1960-an. Bila bicara penggunaan istilah peradaban yang lebih akurat. sedangkan di wilayah lain di Indonesia. Kamanto. temuan fossilnya (kerangka manusia) dikaji oleh sub bidang paleoantropologi. Perubahan struktur ini.000 . Tetapi. kemudian diikuti dengan perubahan fungsi. Artefak adalah istilah untuk menyebutkan sisa-sisa peninggalan budaya suatu masyarakat prasejarah. wilayah Pegunungan Tengah Jayawijaya. di distrik Kurulu. Di Indonesia arkeologi dan antropologi sub bidang yang terpisah. Biasanya artefak ini dikumpulkan dan direkonstruksi oleh para arkeologi. yang mengacu pada perbedaan antara manusia yang beradab terhadap mereka yang biadab. Koentjaraningrat. Y. tiap bagian masyarakat atau sub-sub kebudayaan bisa mengalami proses evolusi pula melalui tingkat-tingkat yang berbeda. pada saat ini setelah lebih kurang 46 tahun. kemajemukan dan kepastian sehingga terjelma suatu bangsa yang beradab2. Di sini pemikiran Spencer dapat diklasifikasi sebagai pemikiran yang bersifat unilinear dengan salah satu karyanya yang menjelaskan bahwa struktur sosial berkembang secara evolusioner dari struktur yang homogen menjadi heterogen. Kelompok suku-suku yang sederhana hidupnya bergerak maju secara evolusioner ke arah ukuran lebih besar. Sebenarnya. sudah ada beberapa ribu tahun yang lampau. acuannya pada 1Tulisan Spencer ini ada dalam bukunya yang bernama 2 3 Principles of Sociology (1876-1896) Lihat Sunarto. Papua Irian Jaya.200. terkecuali di wilayah-wilayah tertentu yang masih tetap mempertahankan adat dan tradisi masyarakat setempat. hal 214. 1992. temuan artefak yang berupa sisa-sisa teknologi yang hampir sama.000 tahun yang lampau oleh para arkeolog dan para pakar paleoantropologi4 (Lihat Garna. yaitu Eropa dan Amerika. Tetapi. 5 Lihat Kompas 2007. keterpaduan. seperti di pulau Jawa. . serta perkembangan mereka di masa prasejarah melalui fossil yang ditemukan di suatu situs tertentu. 2000. Hal ini diketahui dengan adanya temuan artefak3 dan fossil manusia purba di daerah lembah sungai Bengawan Solo dan di desa Trinil. di mana Spencer melihat perkembangan masyarakat dan kebudayaan dari tiap bangsa di dunia ini telah atau akan melalui tingkatan-tingkatan evolusi yang sama.ia sebut sebagai evolusi universal. Jawa Timur lebih kurang 800. Sedangkan. seperti pada masyarakat suku Dani. Peradaban dapat diartikan sebagai perkembangan budaya yang menjadi ciri khas dan milik manusia sesuatu masyarakat. 4Ilmu ini merupakan salah satu sub disiplin dari Ilmu Antropologi yang mempelajari manusia dan makhluk lainnya. 20 Agustus. di negara asal di mana dua ilmu itu ditemukan. Peradaban juga dapat berarti tahapan yang tinggi dalam skala evolusi kebudayaan. arkeologi adalah salah satu sub bidang ilmu yang merekonstruksi kehidupan masyarakat pada masa lampau (baik masa parasejarah maupun sejarah) melalui artefak yang ditemukan. Contoh masyarakat Papua-Irian Jaya mengalami proses perubahan sosial dan budaya yang dapat dikatakan sangat lambat. hal 1 & 15. sebagian besar masyarakat Papua Irian Jaya masih hidup dengan menggunakan teknologi batu.

perbandingan antara manusia atau yang lebih beradab terhadap mereka yang kurang beradab. Zaman Liar Muda Mulai memiliki kepandaian membuat tembikar 6 7 Lihat Koentjaraningrat. Dalam melihat proses evolusi tersebut. yang dicirikan oleh kualitas tertentu dari unsur budaya yang menonjol. 1980. dari uraian sebelumnya bahwa evolusi kebudayaan dan peradaban merupakan jalur yang sejalan yang dilalui oleh proses perkembangan budaya yang bersangkutan. seni. dimulai dari tahapan yang paling sederhana sampai ke tahapan masyarakat dan kebudayaan yang terkompleks. kedua. Buku TheThird Wave (1981:10-11) karya Alvin Toffler. tulisan serta gambar yang memperlihatkan tahap budaya. adalah gelombang yang merupakan tahap peradaban pertanian. Dengan demikian. 3. 2. Di sini mereka mencari akar2an dan tumbuh2an liar . Contoh dalam peradaban Mesir kuno tercermin tahap hasil budaya yang tinggi dari sosok bangunan (pyramid. Kharateristik utama acuan tersebut pada perbedaan tingkat intelektual. 44-46 Meramu adalah mengambil segala sesuatu dari alam untuk menjadi makanan dan tanpa diolah sedikitpun. Morgan tidak mengabaikan kekhususan dan keistimewaan dari perkembangan tiap masyarakat ataupun pengaruh-pengaruh dari luar masyarakat. Zaman Liar Tua Di zaman ini manusia hidup dari meramu7 dan mulai ditemukannya api. Zaman Liar Madya Di zaman ini. mengatakan bahwa evolusi kebudayaan terjadi dalam tiga gelombang dalam kehidupan umat manusia : pertama. ketiga. bahwa proses evolusi masyarakat dan kebudayaan apapun di dunia akan atau telah mengalami 8 tahapan. cita rasa keindahan. sphinx) yang terkait dengan ilmu bangunan. hal 41. Kedelapan tahapan dalam proses evolusi tersebut adalah :6 1. Peradaban merupakan tahapan dari evolusi kebudayaan yang telah berjalan bertahap dan berkesinambungan yang memperlihatkan karakter yang khas pada tahap tersebut. adalah gelombang yang merupakan tahap peradaban industri. yang akan mempengaruhi proses evolusi tersebut di dalam tiap masyarakat dan kebudayaannya. manusia sudah menemukan alat untuk menangkap hewan buruan. yang meliputi tingkat ilmu pengetahuan. adalah gelombang yang merupakan tahap peradaban informasi. Pendapat Toffler hampir menyerupai temuan L Henry Morgan yang muncul beberapa dekade sebelumnya. api dan mulai melakukan kegiatan matapencaharian yang baru yaitu berburu dan menangkap ikan. teknologi dan spritual yang bersangkutan. penguasaan teknologi dan tingkat spiritual yang dimiliki. seperti busur panah.

seperti kota Harrapa dan Mohenjo Daro 8.4. Zaman Barbar Tua Mulai beternak dan bercocok tanam 5. Adapun tahapan peradaban adalah: Tahap-Tahap Peradaban Manusia Tahap mistis adalah tahap cara berpikir manusia yang masihterkungkung oleh kekuatankekuatan alam di sekitarnya. Orang barat memiliki peradaban yang tinggi dengan teknologi canggih belum tentu berkebudayaan tinggi jika semua itu hanya akan membinasakan umat manusia. Contohnya terdapat dalam kehidupan masyarakatmodern. Tahap fungsional adalah tahap cara berpikir manusia yang sudahmenempatkan konsep manfaat dan kegunaan dalam melihat segala halyang terjadi di muka buni dan tidak lagi terpengaruh oleh kekuatanalam di luar dirinya. Zaman Barbar Muda Mulai mengenal tulisan 7. Peradaban dan Perubahan Sosial Perwujudan budaya dapat menekankan pada akal (rasio) saja atau menekankan pada unsur akal. D. muncul pernyataan ada peradaban tinggi dan ada peradaban rendah karena diukur dengan tingkat berfikir manusia. kausalitas dan tidak lagi terkungkungoleh alam sekitar. Dengan penekanan pada akal. Zaman Peradaban Purba Di zaman ini kota-kota mulai berdiri. Zaman Peradaban Masa Kini Di zaman ini di mulainya industrilisasi. Zaman Barbar Madya Sudah memiliki kepandaian membuat benda-benda dari logam 6. Perubahan tersebut bisa dikatakan sebagai . Contohnyaadalah cara berpikir dalam masyarakat tradisional. nurani dan kehendak sebagai satu kesatuan utuh. Tahap ontologis adalah tahap cara berpikir manusia yang mulaimempertanyakan asal muasal. Contohnya adalah dalam kehidupan masyarakatyang benar-benar sudah menjadi madani. Dalam dinamika masyarakat dan kebudayaan. perubahan sosial senantiasa terjadi dan harus terjadi karena berkembangnya pemikiran manusia.

ketika traktor masuk desa. ditandai oleh adanya suatu proses pembangunan dalam masyarakat. Dalam hal ini. Teori Perubahan Sosial Teori sebab akibat (Causation problem) o Analisis Dialektis Analisis yang bisa dilaksanakan dngan metod dialktika. .evolusi sosial. Perubahan sosial berdasarkan lamanya • Perubahan secara cepat (Revolusi). Misalnya. Proses ini dapat dianalisa dengan hanya memperhatikan atau dapat juga dipadang seolah olah dari jauh dengan hanya memperhatikan perubahan-perubahan yang tampak saja. Perubahan ini terjadi sangat drastis. Bentuk perubahan sosial dapat dikatakan sebagai kemajuan. Berikut ini adalah perubahan sosial berdasarkan perkembangannya. yaitu sebagai berikut. sehingga perbedaannya dapat segera diketahui bahkan dirasakan. • Perubahan sebagai suatu kemunduran (Regress). • Perubahan sebagai suatu kemajuan (Progress). Contoh dari perubahan yang sifatnya progres ini di antaranya ketika jaringan listrik sudah masuk ke suatu desa. adanya sarana transportasi di suatu desa. atau masuknya sarana komunikasi modern di desa tersebut yang memberikan kemudahan bagi masyarakat. Bentuk perubahan sosial yang dianggap kemunduran ialah ketika perubahan tersebut membawa pengaruh yang kurang menguntungkan bagi masyarakat. Perubahan-perubahan besar akan tampak pada interval waktu yang besar. apabila perubahan itu membawa kemajuan atau keuntungan bagi masyarakat. di mana keberadaan traktor ini justru menghilangkan kebiasaan gotong royong dalam masyarakat desa. 2. o Teori Tunggal mengenai Perubahan sosial Teori Proses atau Arah Perubahan Sosial o o Teori Evolusi Uniliner (garis lurus tunggal ) Teori Multiliner Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial 1. dialog sehingga muncul pertukaran fikiran dan mlahirkan suatu hal yang brmanaat. Revolusi ini sering kali diawali oleh adanya konflik atau ketegangan yang terjadi dalam masyarakat. tidak dikehendaki atau dilakukan perencanaan sebelumnya. Perubahan sosial berdasarkan perkembangannya Bentuk-bentuk perubahan sosial berdasarkan perkembangannya dibagi menjadi dua.

etika secara etimologiberasal dari bahasa Yunani ethos yang berarti watak kesusialaan atau adat.4). Demikian bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. maka masyarakat akan merasa puas atau senang. sistem mata pencaharian. 3.• Perubahan secara lambat (Evolusi). hubungan kerja. Oleh karena itu. Apabila kita menanggapi perubahan sosial tersebut dengan positif. norma. Dengan demikian etika berarti ilmu akhlak. Untuk itu. maka konflik sosial tidak akan terjadi. dan lain-lain. 4. dan juga stratifikasi dalam masyarakat. E. berarti sifat yang terpuji. etika dan estetika) a. Contohnya. Bentuk perubahan sosial yang berpengaruh besar biasanya berdampak perubahan pada struktur kemasyarakatan. ketika perubahan ini terjadi. dan akhlak (Arab). . namun tidak berdampak terhadap masyarakat secara langsung. Perubahan ini terjadi dengan sangat lambat. • Perubahan yang tidak dikehendaki. Perubahan sosial berdasarkan keinginan masyarakat • Perubahan yang dikehendaki. Wujud-wujud Peradaban (nilai. model rambut. Istilah lain yang identik dengan etika adalah susila (Sanskerta). prinsip. Perubahan terjadi sedikit demi sedikit. Contohnya. aturan hidup atau sila yang lebih baik. Bentuk perubahan sosial ini adalah perubahan yang memang diinginkan atau didambakan oleh masyarakat. sehingga ketika terjadi. kita sebagai makhluk sosial selalu menjaga perdamaian dan persaudaraan. • Perubahan berpengaruh kecil. Perubahan kecil yang satu diikuti perubahan kecil lainnya. perubahan mode pakaian. yaitu perubahan masyarakat agraris menjadi industrialis. sehingga sulit untuk dirasakan perbedaannya dan diperlukan penelitian untuk mengetahuinya. perubahan masyarakat berburu ke masyarakat meramu pada zaman prasejarah. Contohnya. Etika Menurut Bertens (1993. Perubahan sosial berdasarkan ruang lingkupnya • Perubahan berpengaruh besar. Bentuk perubahan sosial yang berpengaruh kecil adalah perubahan yang terjadi pada struktur sosial. maka tidak ada suatu kepuasan dalam masyarakat. yang lebih merujuk pada dasar. Bentuk perubahan ini adalah perubahan yang tidak diinginkan oleh masyarakat. moral.

aturan. c. Moral Moral adalah nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok masyarakat dalam mengatur tngkah lakunya.b. Nilai adalah kata benda abstrak yang artinya keberhargaan atau kebaikan. disadari atau tidak. keindahan adalah sejalan dengan kehidupan manusia itu sendiri. Nilai Nilai merupakan salah satu dasar yang dipakai oleh manusia untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan. atau kaidahbagi pertimbangan dan penilaian. Pada hakikatnya. d. norma berarti ukuran. e. . Nilai yang menjadi milik bersama dalam suatu masyarakat dan telah tertanam dengan emosi yang mendalam akan menjadi norma yang disepakati bersama. Estetika setiap manusia secara naluri selalu mencari apa yang dimanakan estetis. Norma Menurut Achmad Charis Zubair (1987:29). estetika dapatlah dipandang sebagai bagian dari tujuan hidup manusia. Artinya. garis pengarah. Sedangkan moralitas suatu perbuatan berarti segi moral suatu perbuatan atau baik buruknya.

DAFTAR PUSTAKA Aris. Diakses secara online dihttp://kliksorminlab. Ansy. Jakarta: Gramedia Tim MKU ISBD UMS. 2007. 26 Maret 2013 pukul 08. 2005. Yogjakarta: pustaka Pelajar Magnis. Komunikasi antar Budaya dan keharmonisan.2001.wordpress. Franz. Senin. Politik Pendidikan. 2012.com/social-sciences/communication-media-studies/1828869-komunikasiantar-budaya-dan-keharmonisan/pada hari Senin.shvoong. Antropologi Sosial Budaya. 2012. Diakses secara inline di http://id. Ismail. Abdurrahman. Paulo.45 WIB Fathoni. Etika Sosial. Surakarta: Muhmmadiyah University Press . Jakarta: Rineka Cipta Freire. 1993.com/2012/10/24/manusia-dan-peradaban/pada hari.50 WIB Baso. 26 maret 2013 pukul 08. Manusia dan Peradaban. Ilmu Budaya Dasar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful