Bukti pelanggaran sila ketiga Pancasila 1.

Gerakan Aceh Merdeka

GAM pertama kali di deklarasi pada 4 Desember 1976. Gerakan ini mengusung nasionalisme Aceh secara jelas. Nasionalisme yang dibangun sebagai pembeda dengan nasionalisme Indonesia yang sebelumnya telah ada

2. Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan nasionalis yang didirikan tahun 1965 yang bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat dari pemerintahan Indonesia. Sebelum era reformasi, provinsi yang sekarang terdiri atas Papua dan Papua Barat ini dipanggil dengan nama Irian Jaya.

OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah dengan bagian Indonesia yang lain maupun negara-negara Asia lainnya. Penyatuan wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka, Indonesia. Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain.

3. Lepasnya Timor Timur dari NKRI

Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Sebagai sebuah negara sempalan Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis "Timor Leste" sebagai nama resmi negara mereka.

Penjelasan pancasila sila ke 3 Bentuk nyata pengamalan sila ketiga Pancasila yang dapat kita lakukan untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah dengan menjunjung tinggi bahasa persatuan bangsa Indonesia . Salah satu unsur penyatu bangsa kitaadalah penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa kita. maksudnya adalah kita selalu konsisten untuk menggunakan bahasa Indonesiasesuai dengan situasi pemakaian dan sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam bahasa Indonesia . menggunakan bahasa Indonesia adalah bentuk nyata pengamalan kitaterhadap sila ketiga Pancasila . terbentuklah bangsa Indonesia yanglebih kuat daripada sebelumnya yang masih tercerai-berai. kita sudah mengamalkan sila ketiga . tetapi sebenarnya dengan berbahasa Indonesia . Dari Sabang sampaiMarauke seluruh warga negara Indonesia dapat berkomunikasi antarbudaya. Mengamalkan sila ketiga dari Pancasila dengan berbahasa Indonesia secara baik dan benar. danantaragama satu sama lain dengan menggunakan bahasa Indonesia .Bangsa Indonesia sudah bersatu padu sejak tanggal 28 Oktober 1928 silam. walaupun berbahasa Indonesia terkesan tidak modern. Hal ini membuktikan bahwadengan menggunakan bahasa Indonesa. Dengan kata lain. Dengan SumpahPemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 tersebut. antarsuku.Jadi. kita dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsakita.

ras. kita sudah berusaha memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa kita dan sekaligus kita sudah ikut membangun bangsa ini ke arah kemajuan.Pancasila . Halini dengan mengamalkan sila sila pancasila . Berdasarkan paparan di atas. Sila . Kita harus bersatu untuk kesatuan bangsa Indonesia yangmerupakan Negara yang memliki banyak suku bangsa. menurut saya alangkah baiknya kita peringati hari lahirnya nama Pancasila padatanggal 1 Juni 2007 ini dengan semangat kita untuk tetap konsisten menggunakan bahasaIndonesia secara baik dan benar sebagai bentuk nyata pengamalan sila ketiga Pancasila . agama.Bagaimana menurut Anda? • ANALISIS Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. maka harus kita jaga bersama. dengan berbahasa Indonesia . terutama sila ketiga yang memiliki maknauntuk persatuan Indonesia. Bentuk pengamalan ini berarti.

Disebutkan bahwa sila ketiga yang merupakan sila penting untuk mengamalkan persatuan dapat diartikan sebagai upaya untuk membuat satu. dan gaya hidupnya.ketiga sangatlahtercermin dari adanya sikap kita untuk saling menghargai dan menhormati sesama warga Negara. dan budaya Sehingga dapat disatukan memlalui sila ini berbeda-beda tetapi tetep satu atau disebut dengan Bhineka Tunggal Ika. Hal yang dimaksudkan adalah sangat mencintai tanah air Indonesia dan bangga mengharumkan nama Indonesia. suku. sekarang banyak budaya Indonesia yang sudah mulai terlupakan di kalangan muda. Karena itu hakikat sila ini ialah sifat-sifat dan keadaan yangsesuai dengan hakikat satu. Tanpa disadari mereka lebih banyak menggunakan budaya asing dalam kehidupannya. . Sila ke -3 ini mempunyai maksud mengutamakan persatuan atau kerukunan bagi seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai perbedaan agama. Hal itu juga merupakan ancaman tersendiri bagi suatu negara untuk menghadapi suatu konflik perpecahan di dalam Negara. sebaiknya bangsa Indonesia tetap menjaga persatuan yang ada dalam negara ini. tidak menutup kemungkinan adanya budaya luar yang masuk ke dalam negara ini dan melebur dalam kebudayaan bangsa. Perlu untuk memulihkan kesadaran dari makna sila ketiga “persatuan Indonesia” dalam pribadi masyarakat Indonesia agar masyarakat Indonesia menyadari betapa pentingnya persatuan dalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara demi tetap menjaga persatuan . yang akhirnya menuju pada persatuan dan kesatuan. Persatuan Indonesia mengutamakan kepentingan dan keselamatan negara ketimbang kepentingan golongan pribadi atau kelompok seperti partai. Hakikat satu ialah mandiri yang terpisahkan dan terbedakandari yang lain (dalam buku Pemikiran Tentang Filsafat Pancasila Zaman yang terus berkembang memasuki era globalisasi. Walaupun banyak perbedaan tetapi tetaplah satu kesatuan dalam Negara Indonesia. Oleh karena itu. bahasa.

kelompok. individu. Oleh karena itu nilai-nilai nasionalisme ini harus tercermin dalam segala aspek penyelenggaraan Negara. ras. maupun kelompok agama. Oleh karena itu perbedaan adalah merupakan bawaan kodrat manusia dan juga merupakan ciri khas elemen-elemen yang membentuk Negara. perdamaian abadi. suku. etnis. memajukan kesejahteraan umum (kesejahteraan seluruh warganya) mencerdaskan kehidupan warganya. golongan. Oleh karena itu tujuan negara dirumuskan untuk melindungi segenap warganya dan seluruh tumpah darahnya. Konsekuensinya negara adalah beraneka ragam tetapi satu. Negara merupakan suatu persekutuan hidup bersama diantara elemen-elemen yang membentuk negara yang berupa suku. maupun golongan agama untuk merealisasikan seluruh potensinya dalam kehidupan bersama yang bersifat integral. golongan. Perbedaan bukannya untuk diruncingkan menjadi konnflik dan permusuhan melainkan diarahkan pada suatu sintesa yang saling menguntungkan yaitu persatuan dalam kehidupan bersama untuk mewujudkan tujuan bersama. Persatuan Indonesia adalah satu untuk Indonesia walaupun keadaan dimasyrakat sangat penuh perbedaan tetapi harus menjadi satu darah Indonesia dan rela mengorbankan kepentingan golongan demi negara Indonesia. maupun golongan agama. serta kaitannya dengan pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia untuk mewujudkan suatu ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan social. . ras. suku. dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengatasi dalam arti memberikan wahana atas tercapainya harkat dan martabat seluruh warganya. Walaupun sangat kental dengan berbagai budaya yang berbeda tetap harus rukun menjaga kedamaian Bhineka Tunggal Ika. Nilai persatuan Indonesia didasari dan dijiwai oleh sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Hal itu terkandung nilai bahwa bahwa nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme religious yaitu nasionalisme yang bermoral Ketuhanan Ynag Maha Esa. Negara mengatasi segala paham golongan. Negara memberikan kebebasan atas individu. Nasionalisme yang humanitik yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk Tuhan. ras.Sila ini menanamkan sifat persatuan untuk menciptakan kerukunan kepada rakyat Indonesia Sila yang mempunyai lambang pohon beringin ini bermaksud memelihara ketertiban yang berdasarkan kemerdekaan. mengikatkan diri dalam suatu persatuan yang dilukiskan dalam suatu seloka Bhineka Tunggal Ika. Dalam nilai Persatuan Indonesia terkandung nilai bahwa negara adalah sebagai penjelmaan sifat kodrat manusia monodualis yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk social.

Penanaman kepribadian yang baik harus dilakukan sejak dini. Bidang Pendidikan Pendidikan adalah salah satu piranti untuk membentuk kepribadian. adalah sebagai berikut: 1. Alokasi pemerataan sumber dan hasilnya 3. Sumber ilmiah sebagai sumber nasional bagi warga Negara seluruhanya. Namun penemuan – penemuan baru yang membantu kegiatan manusia dan mempermudah pekerjaan manusia adalah untuk satu tujuan yakni guna kemajuan Negara Indonesia. dsan pengamalannya. pengajaran. masa depan. Persaingan IPTEK tidak untuk saling menjatuhkan satu sama lain. berakhlak mulia. penerapan. Tujuan pendidikan nasional adalah menciptakan manusia yang beriman. Nilainilai pancasila harus ditanamkan kuat pada generasi-generasi penerus bangsa. demokratis. Kepribadian yang baik para penerus bangsa akan menentukan nasib dan kemajuan Indonesia di masa mendatang. Pentingnya individualitas dan kemanusiaan dalam catur darma ilmu pengetahuan. orang banyak. dan bertanggung jawab Ilmu pengetahuan dan teknologi Iptek harus memenuhi etika ilmiah.Penerapan sila ke 3 di berbagai bidang. sehat. mandiri. hak-hak manusia dan lingkungan hidup. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi harus mendahulukan kepentingan bangsa dan Negara. kreatif. cakap. Nilai-nilai Pancasila sila ketiga bilamana dirinci dalam etika yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. bertaqwa. Di samping itu Ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila karena Iptek pada dasarnya adalah untuk kesejahteraan umat manusia. 2. Terutama penanaman rasa cinta tanah air dan rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia. yang paling berbahaya adalah yang menyangkut hidup mati. berilmu. . yaitu penelitian.

Bagaimana pengaruh budaya negara luar terhadap budaya Indonesia ? 3. 2. politik.Rumusan Masalah Untuk membahas tentang Persatuan Indonesia dengan mengangkat temaKemajemukan Budaya di Indonesia terdapat rumusan masalah sebagai berikut : 1. sosial budaya dan keamanan.Solusi apa yang diberikan Pancasila terhadap konflik keanekaragaman budaya ?5.BAB IPENDAHULUAN 1. serta rasa bangga dankecintaan kepada bangsa dan kebudayaan. Bagaimana keadaan budaya Indonesia saat ini ? .Bagaimana hubungan antara sila ketiga Pancasila dengan keanekaragaman budayaIndonesia ? 2. Nilai persatuan ini dikembangakandari pengalaman sejarah bangsa Indonesia yang senasib.Sila Persatuan Indonesia didasari dan dijiwai oleh sila Kesatuan Yang Maha Esa danKemanusian Yang Adil dan Beradab serta mendasari dan dijiwai sila Kerakyatan yangDipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dan KeadilanSosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. solidaritas tinggi.Apakah muncul konflik dengan adanya keanekaragaman budaya Indonesia? 4. Latar Belakang Nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia tidak dapat dipisahkan dengankeempat sila lainnya karena seluruh sila merupakan suatu kesatuan yang bersifat sistematis.Persatuan dalam sila ketiga ini meliputi makna persatuan dan kesatuan dalam artiidiologis. Nilai persatuan itu didorong untukmencapai kehidupan kebangsaan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka danberdaulat. Perwujudan Persatuan Indonesia adalah manifestasi paham kebangsaan yangmemberi tempat bagi keberagaman budaya atau etnis yang bukannya ditunjukkan untukperpecahan namun semakin eratnya persatuan. ekonomi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful