LAPORAN OBSERVASI BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI 5 SURAKARTA Laporan ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Akhir

Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) Semester V Tahun Ajar 2011-2012 Dosen Pengampu : Dra. Chosiyah

DI SUSUN OLEH: KELOMPOK 8

ISMA MALIKAH PANDU JATI L RATNA ROSIDAH TW SUDARWATI WILDANISNAINI

K33090 K3309066 K3309068 K33090 K33090

visi. mekanisme layanan. program layanan. dan pola organisasinya. B. Visi dikonsepsikan sebagai gambaran menantang tentang keadaan masa depan berisi cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh organisasi atau lembaga. serta renstra sekolah. pengelolaan layanan. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan : .masing sekolah tingkat kualitas. kondisi fisik ruang BK. Dalam merencanakan program bimbingan dan konseling di sekolah harus mengacu pada tujuan institusi. Misi sebagai penjabaran dari visi untuk merealisir tujuan visi yang telah dirumuskan. Dalam observasi ini akan ditinjau Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 5 Surakarta yang terdiri dari visi misi. job deskripsi. Masing. upaya menanganinya. Latar belakang Bimbingan dan konseling merupakan komponen dari sistem pendidikan formal yang programnya merupakan bagian dari program di sekolah. peranan Kepala Sekolah dan Guru.PROGRAM STUDI KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. visi misi serta renstra yang tidak harus sama. hambatan dan masalah yang sering muncul.

jenis layanan. Bagaimana peran Kepala Sekolah dan Guru di SMA Negeri 5 Surakarta? 7. dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling di SMA Negeri 5 Surakarta . dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling di SMA Negeri 5 Surakarta? 3. Untuk mengetahui apa saja program kegiatan. Bagaimana pengelolaan program layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta? 5. Bagaimana jenis kegiatan dan administrasi layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta? 4. Apa visi dan misi SMA Negeri 5 Surakarta dan visi dan misi Bimbingan dan konselingnya? 2. Bagaimana personal dan JobDeskripsi SMA Negeri 5 Surakarta ? 6. Masalah apa saja yang sering muncul pada siswa? 10. Apa saja hambatan yang ada dalam pelaksanaan layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta dan baimana upaya menghadapinya ? C.1. Apa saja program kegiatan. jenis layanan. Bagaimana Kondisi fisik ruang BK di SMA Negeri 5 Surakarta ? 9. Tujuan 1. Untuk mengetahuin apa visi dan misi SMA Negeri 5 Surakarta dan visi dan misi Bimbingan dan konselingnya 2. Bagaiman catatan layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta ? 11. Bagaimana struktur Organisasi SMA Negeri 5 Surakarta ? 8.

Untuk mengetahui bagaimana peran Kepala Sekolah dan Guru di SMA Negeri 5 Surakarta 7. Untuk mengetahui apa saja jenis kegiatan dan administrasi layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta. Sudarwati k33090 k33090 Ratna Rosidah TW k3309068 4. Untuk mengetahui bagaimana bagaimana struktur Organisasi SMA Negeri 5 Surakarta 8. Untuk mengetahui Apa saja hambatan yang ada dalam pelaksanaan layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta dan baimana upaya menghadapinya D. Pandu Jati L 3. Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta 5. 11. Untuk mengetahui bagaimana personal dan Job Deskripsi SMA Negeri 5 Surakarta 6. Isma Malikah k33090 2. Wildanisnaini k33090 Telah melakukan survey Bimbingan dan Konseling pada : .3. Untuk mengetahui apa masalah apa saja yang sering muncul pada siswa 10. 4. Untuk mengetahui bagaimana catatan layanan BK di SMA Negeri 5 Surakarta. Kondisi fisik ruang BK di SMA Negeri 5 Surakarta 9. Waktu Pelaksanaan Kami yang menyusun laporan ini Ketua : Anggota : 1.

Tanggal : 15 November 2011 Tempat : SMA Negeri 5 Surakarta .

Visi : Berprestasi. Terwujudnya nilai kelulusan yang tinggi 4. misi serta tujuan pendidikan. penggunaan metode pembelajaran. yaitu : a. berbudaya berdasarkan iman dan takwa Indikator-indikator visi dari SMA N 5 Surakarta : 1. Visi. Terwujudnya kelembagaan sekolah yang bermutu 8. Terwujudnya dalam sarana dan prasarana pendidikan yang memadai 5. Terwujudnya proses pembelajaran yang memicu kurikulum KTSP 3. SMA Negeri 5 Surakarta bertumpu pada visi. Terwujudnya siswa yang iman dan takwa b. Terwujudnya media pendidikan yang memadai 6. Terwujudnya pengembangan kurikulum 2. Melakukan inovasi dalam Melaksanakan pengembangan Kurikulum Terpadu Satuan Pendidikan (KTSP). Misi 1. 4. Melaksanakan pengembangan perangkat pembelajaran silabus. Terwujudnya prestasi akademik dan non akademik 9. pengembangan sistem penilaian. Terwujudnya peningkatan SDM 7.BAB II PEMBAHASAN A. VISI dan MISI I. Melaksanakan . dan Misi SMA Negeri 5 Surakarta Dalam meningkatkan mutu pendidikan. 5. 2. 3. Melaksanakan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

. pembiayaan) sekolah. keluarga dan masyarakat. Visi dan Misi Bimbingan dan Konseling di SMA N 5 Surakarta a. sumber Melaksanakan pengembangan fasilitas: sarana prasarana. OSN. kesenian. II. Inggris. mandiri dan bahagia. 7.6. Mengadakan bahan. b. 2. administrasi. yaitu memfasilitasi pengentasan masalah peserta didik mengacu pada kehidupan efektif sehari-hari. kesiswaan. MIPA. Misi pengentasan masalah. Melaksanakan pengembangan managemen (pengelolaan: SDM. yaitu memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi peserta didik di dalam lingkungan sekolah. Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang olahraga. 3. media pendidikan. 10. pembelajaran. Misi pengembangan. yaitu memfasilitasi pengembangan pengembangan peserta didik melalui pembentukan perilaku afektif-normatif dalam kehidupan keseharian dan masa depan. Misi pendidikan. 9. pembelajaran. Pramuka. 8. sarpras. penilaian. kurikulum. Bahasa Melaksanakan pengembangan bidang agama dan tata krama. Visi Terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar peserta didik berkembang secara optimal. Misi 1.

DAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN dan KONSELING di SMA N 5 SURAKARTA Aspek – aspek pengelolaan atau manajemen program layanan bimbingan dan konseling meliputi : a. . Manajemen dan penggunaan data di dalam layanan BK SMA N 5 Surakarta sangat terprogram dengan baik. karyawan maupun siswa bahwa program BK bagian terpadu dari kesuluruhan program sekolah. Selain mengembangkan diri menjadi lembaga yang bebas dari kekerasan. c. Pentingnya layanan BK di SMA N 5 Surakarta telah dipahami dan diakui oleh Komite Sekolah yang berwenang sehingga tugas dan kewajiban BK didukung sepunuhnya oleh Komite Sekolah. Kesepakatan manajemen Kesepakatan manajemen atas program bimbingan dan konseling sekolah diperlukan untuk menjamin implementasi program dan strategi peluncuran dalam memenuhi kebutuhan siswa dapat dilakukan secara efektif. Manajemen dan Penggunaan Data Penggunaan data di dalam layanan bimbingan konseling akan menjamin setiap siswa memperoleh manfaat dari layanan BK. JENIS LAYANAN.prestasi maupun data terkait siswa yang lain sudah teradministrasi dengan baik dan cermat.B. guru. BIDANG LAYANAN. Data siswa yang didasarkan atas kebutuhan. Keterlibatan Stakeholder Komite sekolah sebagai representasi masyarakat atau stakeholder memerlukan penyadaran dan pemahaman atas keberadaan dan pentingnya layanan BK. BK di SMA N 5 Surakarta juga berperan sebagai lembaga pelopor kedisiplinan dan pusat informasi pendidikan baik formal maupun ekstrakulikuler. BK telah mengembangkan komitmen semua pihak sekolah baik dari Kepala Sekolah. b. Kesepakatan manajemen BK di SMA N 5 Surakarta sudah berlangsung cukup baik.

Banyak waktu yang tersita untuk kegiatan sekolah yang lain b. Kalender kegiatan layanan BK di SMA N 5 Surakarta sudah terprogram baik mencakup kalender kegiatan tahunan. BK hanya terkonsentrasi memberikan konseling pada siswa – siswa bermasalah saja c. Tanpa kontak langsung dengan siswa h. dan mingguan. semesteran. Jadwal Kegiatan Program Bimbingan dan Konseling di SMA N 5 Surakarta dilaksanakan dalam bentuk : a. Pengaturan Waktu Manajemen waktu diperlukan untuk melaksanakan layanan BK dalam setiap komponen sehingga perlu dirancang dengan cermat. g. Perencanaan waktu layanan BK di SMA 5 Surakarta didasarkan pada isi program dan dukungan manajemen yang telah dilakukan oleh konselor dan sudah berjalan dengan baik. Kalender Kegiatan Program BK sekolah yang telah dituangkan kedalam rencana kegiatan perlu dijadwalkan ke dalam bentuk kalender kegiatan. pada kenyataan program atau rencana ini tidak seluruhnya berjalan sesuai jadwal. bulanan. Namun. Mata pelajaran BK hanya 1xjam pelajaran dalam seminggu e. Hal ini dikarenakan beberapa faktor : a. Rencana Kegiatan Rencana kegiatan diperlukan untuk menjamin peluncuran program BK dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk memfasilitasi siswa mencapai tugas perkembangan dan kompetensi Rencana kegiatan BK di SMA N 5 Surakarta diprogramkan menjadi rencana kegiatan tiap semester dan tahunan yang telah diagendakan dalam buku kegiatan. Anggaran . f.d. Kontak langsung dengan siswa b.

Penyiapan Fasilitas Fasilitas yang ada pada sekolah adalah ruangan tempat bimbingan yang khusus dan teratur . Lemari untuk berkas 5. koordinator sebagai pemimpin lembaga atau unit bimbingan dan konseling di sekolah memiliki sifat kepemimpinan dan komunikasi yang baik terhadap staf-stafnya . Namun. Meja kerja 7. Fasilitas yang tersedia pada lembaga BK di SMA N 5 Surakarta antara lain adalah : 1. i. serta perlengkapan lain yang memungkinkan tercapainya proses layanan BK yang berkualitas. Ruang tamu 4. Ruang kerja 2. Papan catatan kegiatan 6. Anggaran dalam lembaga BK di SMA N 5 Surakarta bersifat rahasia sehingga besar anggaran yang digunakan tidak dapat dilaporkan.Komputer j. Meja tamu 10. Ruang konseling yang dilengkapi dengan komputer 3. Dalam pengendalian progam BK di SMA N 5 Surakarta.berdasarkan hasil wawancara menyebutkan bahwa anggaran yang digunakan telah tertuang ke dalam Anggaran dan Belanja Sekolah. Pengendalian Pengendalian adalah salah satu aspek penting dalam manajemen program BK.Perencanaan anggaran merupakan komponen penting dalam manajemen BK. Kursi 8. Sofa 9.

.sehingga manajemen program BK berjalan dengan baik karena dapat terkontrol optimal. k. Organisasi dan Personel Layanan BK di SMA N 5 Surakarta dilaksanakan dibawah tanggungjawab Kepala Sekolah dan seluruh staf.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful