You are on page 1of 13

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

Media Komunikasi Berbasis WEB 1. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan. Twitter juga dikenal sebagai microblogging, yakni sebuah jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan pesan singkat hingga 140 karakter. Pesan tersebut disebut dengan “tweet post”, yang dapat dibaca oleh “followers” yakni orang-orang yang „mengikuti‟ akun Twitter tertentu (Lenhart & Fox, 2009). Evans, Twomey, dan Talan (2011) melakukan penelitian mengenai Twitter sebagai Alat Public Relations. Mereka mencoba mengeksplorasi tentang penggunaan Twitter dalam sebuah „kampanye‟ perusahaan melalui wawancara dengan beberapa eksekutif profesional PR. Dari penelitian tersebut didapatkan penemuan bahwa praktisi PR menganggap Twitter (microblogging) menjadi aset berharga sebagai media dalam melakukan strategi kampanye. Twitter menawarkan bentuk komunikasi yang tidak ditawarkan oleh aplikasi lain dan akan terus menjadi bagian penting dari kampanye komunikasi yang terintegrasi. Namun, dalam penelitian ini juga didapatkan fakta bahwa Twitter mampu menumbuhkan efek negatif jika Twitter tidak dikelola dengan tepat karena sangat berkaitan erat dengan citra perusahaan. Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.

Logo

Sejarah
Twitter berawal dari suatu diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012. Twitter merilis beberapa proyek open source yang dikembangkan sementara mengatasi tantangan teknis dari layanan mereka. proyek Terkemuka adalah Gizzard Scala kerangka kerja untuk menciptakan datastores didistribusikan dan grafik database terdistribusi FlockDB . Kelebihan dan Kelemahan twitter Kelebihan Twitter:           Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll) Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya Kelemahan Twitter:        Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung Dibatasi sampai 140 karakter per update Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya Lebih menekankan pada penghitungan follower Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

2. YouTube
YouTube adalah video-sharing website, yang diciptakan oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005, di mana pengguna dapat meng-upload, melihat dan berbagi video. Perusahaan ini berbasis di San Bruno , California, dan menggunakan Adobe Flash Video dan HTML5 teknologi untuk menampilkan berbagai user-generated konten video, termasuk film klip ,

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A klip TV, dan video musik , serta konten amatir seperti video blogging , video asli pendek, dan video pendidikan. Sebagian besar isi di YouTube telah di-upload oleh individu, meskipun termasuk perusahaan media CBS , para BBC , Vevo , Hulu , dan organisasi lainnya menawarkan beberapa materi mereka melalui situs tersebut, sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. terdaftar pengguna dapat menonton video, sedangkan pengguna terdaftar dapat meng-upload jumlah yang tidak terbatas video. Video dianggap mengandung konten yang berpotensi ofensif yang tersedia hanya untuk pengguna terdaftar setidaknya 18 tahun. Pada bulan November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google untuk US $ 1,65 miliar, dan sekarang beroperasi sebagai anak perusahaan dari Google.

Logo

Sejarah
YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.

Dampak Sosial
Sebelum peluncuran YouTube tahun 2005, terdapat beberapa metode sederhana yang dapat digunakan oleh pengguna komputer awam yang ingin mengunggah video secara daring. Dengan antarmuka yang sederhana, YouTube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dari seluruh penjuru dunia dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Keanekaragaman topik yang ada di YouTube membuat berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet. Di Indonesia Di Indonesia, dampak sosial dari YouTube terlihat dari munculnya artis dadakan. Seperti contohnya: Briptu Norman dengan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya, dan Shinta dan Jojo dengan lipsync lagu keong racun. Menurut Funco Talipu, sosiolog dari Universitas Negeri Gorontalo, video lip sync Briptu Norman mendadak menjadi bahan perbincangan karena momentumnya pas di saat citra Polri terpuruk. Ini menarik karena dia pakai baju polisi, mungkin kalau tidak pakai baju polisi tidak akan menarik perhatian. Sementara itu, kepopuleran video lip sync Shinta dan Jojo dikarenakan syair lagu Keong Racun yang menggelitik, serta gaya Shinta dan Jojo yang kepala dan tangannya bergoyang mengikuti irama musik. Banyak stasiun TV terkenal menggunakan YouTube sebagai source spot, bisa dilihat dengan banyaknya video yang ditayangkan memberi keterangan video-video tersebut dengan "Courtesy of YouTube".

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

3. Facebook
Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada bulan Januari 2011 Facebook telah memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk ada pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Bahkan sekarang ini Facebook sudah menyediakan fitur untuk video chat yang bekerja sama dengan skype. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya serta sesama mahasiswa ilmu komputer yakni Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja. Namun kemudian situs ini secara perlahan membuka diri untuk publik dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Logo

Sejarah
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi". Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

4. WeChat
WeChat adalah komunikasi mobile dan aplikasi jejaring sosial yang lengkap, gratis, crossplatform, dan berfitur lengkap, WeChat merupakan solusi terbaik untuk tetap berhubungan dengan orang-orang dalam lingkungan sosial kita.

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A WeChat memberikan fleksibilitas dan kenyamanan komunikasi multimedia dengan pesan teks, terus-to-talk pesan suara, siaran (satu-ke-banyak) pesan, foto / video sharing, berbagi lokasi, dan kontak pertukaran informasi. WeChat juga mendukung jejaring sosial melalui feed konten streaming dan berbagi berbasis lokasi plug-sosial ('Goyang', 'Look Around', dan 'Drift Bottle') untuk chatting dengan dan pengguna lokal dan internasional WeChat berteman. Pendaftaran dilakukan melalui Facebook Connect , ponsel SMS / VM, atau Tencent QQ . Aplikasi ini awalnya diluncurkan sebagai Weixin di Cina pada bulan Januari 2011, dengan dukungan bahasa internasional pada bulan Oktober 2011, dan kembali dicap sebagai WeChat pada April 2012. Hal ini sedang dipromosikan di India melalui situs game ibibo , di mana Tencent memegang taruhan. Fitur      Cross platform individu dan group messaging dengan kata-kata, suara, gambar, video, data lokasi dan lain-lain secara gratis Video call HD gratis TIDAK ADA IKLAN! Jejaring sosial untuk mengirim dan menerima foto untuk grup dan individu Sangat mudah untuk menambahkan teman-teman dengan cara menggoyangkan ponsel, scanning kode QR, berbagi identifikasi, atau menggunakan layanan berbasis lokasi Dalam 17 bahasa termasuk Inggris, Cina, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Portugis.

Logo

Sejarah
Pada Maret 2012, WeChat memiliki lebih dari 200 juta pengguna menurut Tencent CEO Ma Huateng . Pada Januari 2013, ia memiliki 300 juta. Aplikasi ini tersedia di App Store untuk iTunes , Google Play Store untuk Android, BlackBerry App World dan Marketplace untuk Windows Phone. Kepemilikan merek WeChat saat subjek sengketa antara Hong Kong pendiri berbasis Admart.Asia Wayan Chan yang telah menggunakan merek WeChat pada kedua www.Admart.Asia dan situs WeChat.Asia. Ahli Media Sosial menjelaskan aplikasi mobile memiliki potensi besar untuk pemasaran merek, game, dan mobile commerce meskipun WeChat berbeda dari Weibo. Dalam perkembangannya, saat ini WeChat memiliki pengguna sekitar 200 juta jiwa di seluruh dunia. Penggunaan WeChat saat ini terbatas pada pengguna smartphone dan android saja,

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A sehingga pada perkembangannya WeChat bermaksud untuk menghadirkan aplikasi ini kepada pengguna BlackBerry. Kelemahan dan kelbihan weChat Kelemahan:      Grup hanya dibatasi 40 anggota Fitur goyang dan lemar botol selalu tertuju ke pengguna di Cina Suara pesan suara tersimpan di handphone Belum adanya fitur untuk melakukan copy dan paste Semua anggota grup dapat mengganti sendiri nama grupnya

5. Skype
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S. Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

Logo

Sejarah
    

23 April 2003 Nama domain Skype.com dan Skype.net didaftar 29 Agustus 2003 Versi beta publik pertama dikeluarkan 15 Juni 2004 Rilis beta versi 0.98.0.28 27 Juni 2004 Credit SkypeOut dapat dibeli untuk pertama kalinya melalui situs web Skype 27 Juli 2004 Rilis versi 1.0 untuk Windows

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A
      

20 Oktober 2004 Pertama kalinya 1 juta pengguna Skype online bersamaan 14 Februari 2005 Pertama kalinya 2 juta secara online 10 Maret 2005 SkypeIn Public Beta dimulai 11 Maret 2005 Software telah didownload 84 juta kali dan 5.98 milyar menit bicara 15 April 2005 Didownload lebih dari 100 juta kali 18 Mei 2005 Tiga juta pengguna Skype online bersamaan 12 September 2005 Skype diakusisi situs lelang online, eBay.

Keunggulan
 Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit [2] sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit [3]. Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirimpenerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.

Kekurangan
 Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak meggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10-15 MB. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia. Tidak ada panggilan darurat dengan Skype. Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat.

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

6. Myspace
Myspace adalah layanan jejaring sosial dengan penekanan musik yang kuat yang dimiliki oleh LLC Media. Myspace diluncurkan pada Agustus 2003 dan bermarkas di Beverly Hills, California. Pada bulan Juni 2012, Myspace memiliki 25 juta pengunjung unik AS. MySpace memiliki pengaruh yang signifikan dalam budaya pop dan musik dan menciptakan sebuah platform game yang diluncurkan keberhasilan Zynga dan Rock You, antara lain. Situs ini juga mulai tren menciptakan URL untuk perusahaan dan seniman. Pada bulan Juni 2009, Myspace mempekerjakan sekitar 1.600 pekerja. Sejak saat itu perusahaan telah mengalami beberapa putaran PHK dan pada bulan Juni 2011, Myspace telah mengurangi stafnya menjadi sekitar 200. Pada bulan Juni 2011, khusus Media Group dan Justin Timberlake bersama-sama membeli perusahaan untuk sekitar $ 35 juta.

Logo

Sejarah
Awal: 2003-2005 Fox Interactive Media markas, 407 North Maple Drive, Beverly Hills , California, di mana Myspace juga ditempatkan. Pada bulan Agustus 2003, beberapa karyawan euniverse dengan Friendster melihat potensi dalam fitur jejaring sosialnya. Kelompok ini memutuskan untuk meniru fitur yang lebih populer dari situs web. Dalam waktu 10 hari, versi pertama dari Myspace siap untuk diluncurkan, dilaksanakan dengan menggunakan ColdFusion . Sebuah infrastruktur lengkap keuangan, sumber daya manusia, keahlian teknis, bandwith , dan kapasitas server yang tersedia untuk situs. Proyek ini diawasi oleh Brad Greenspan (Pendiri euniverse itu, Ketua, CEO), yang berhasil Chris DeWolfe (CEO MySpace mulai), Josh Berman, Tom Anderson (Presiden MySpace mulai), dan tim programmer dan sumber daya yang disediakan oleh euniverse. Domain MySpace.com awalnya dimiliki oleh YourZ.com, Inc, dimaksudkan sampai 2002 untuk digunakan sebagai penyimpanan data online dan situs berbagi. Pada tahun 2004, ia beralih dari layanan penyimpanan file ke situs jejaring sosial. Seorang teman, yang juga bekerja di bisnis penyimpanan data, mengingatkan Chris DeWolfe bahwa ia telah sebelumnya membeli MySpace.com domain. DeWolfe menyarankan mereka mengenakan biaya untuk layanan dasar Myspace. Brad Greenspan serial ide, percaya bahwa menjaga Myspace gratis itu diperlukan untuk membuat sebuah komunitas yang sukses.

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

7. Blogger
Web blog merupakan sarana eanylektronik yang biasanya dimiliki oleh individu, yang digunakan berbagai macam aktivitas seperti berbagi informasi dan cerita tentang pengalaman pribadi. Serta dapat juga dikatakan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Telah banyak penyedia blog gratis, seperti Blogger dan Wordpress. Menurut Rouf dan Sopyan (2007), blog adalah suatu laman (situs) online yang berfungsi sebagai media jurnal/diari bagi seseorang. Jovan (2007) menambahkan bahwa blog adalah “a personal diary, a daily pulpit, a collaborative space, a political soapbox, a breaking-news outlet, a collection of links, one‟s own private thoughts, and memos to the world.” Graham (2005) menyatakan bahwa membuat blog tidaklah sulit karena hanya memerlukan pemahaman sederhana mengakses internet, sama mudahnya untuk membuat dan mengirim e-mail. Membuat blog tidaklah memerlukan pemahaman akan bahasa pemrograman atau sintaks-sintaks pemerograman yang rumit karena semua sudah dikerjakan oleh sistem. Yang harus dilakukan hanya menulis dan mempublikasikannya langsung.

Logo

Sejarah
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaanperusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

Kelemahan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Kelebihan
 Blog mampu meningkatkan rasa saling percaya, mandiri, dan kerjasama antara blogger karena adanya aktivitas saling memberi komentar, saling mengisi informasi, dan hal-hal lainnya yang menarik

Blog mampu memotivasi seseorang yang pemalu dan kurang percaya diri untuk berpartisipasi. Hal ini sering terjadi dimana orang pendiam bia sanya bisa „berani‟ untuk mengungkapkan ide dan perasaannya ketika diberikan kesempatan melalui blog.

8. Flickr
Flickr adalah hosting gambar dan video hosting situs, web layanan suite, dan komunitas online yang diciptakan oleh Ludicorp pada tahun 2004 dan diakuisisi oleh Yahoo! pada tahun 2005. Selain menjadi situs populer bagi pengguna untuk berbagi foto pribadi dan menanamkan, layanan ini banyak digunakan oleh blogger untuk meng-host gambar yang mereka menanamkan dalam blog dan media sosial . Yahoo melaporkan pada bulan Juni 2011 bahwa Flickr memiliki total 51 juta anggota terdaftar dan 80 juta pengunjung unik. Pada Agustus 2011 situs melaporkan bahwa itu hosting lebih dari 6 miliar foto dan jumlah ini terus berkembang terus sesuai dengan sumber pelaporan. Foto dan video dapat diakses dari Flickr tanpa perlu mendaftar account tapi account harus dilakukan untuk meng-upload konten ke situs web. Mendaftarkan account juga memungkinkan pengguna untuk membuat halaman profil yang berisi foto dan video yang telah diunggah pengguna dan juga memberikan kemampuan untuk menambahkan pengguna lain Flickr sebagai kontak. Untuk pengguna ponsel, Flickr memiliki aplikasi resmi untuk iOS , Android , dan Windows Phone 7 sistem operasi.

Logo

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

Sejarah
Flickr dikembangkan oleh Ludicorp, sebuah perusahaan yang berbasiskan di Vancouver, Kanada yang dibangun pada tahun 2002. Ludicorp meluncurkan Flickr pada Februari 2004. Layanan ini dikembangkan pada awalnya untuk membuat Game Neverending, sebuah MMORPG. Flickr dianggap sebagai sebuah proyek yang lebih masuk akal dan Game Neverending ditunda pembuatannya. Bentuk awal dari Flickr difokuskan sebagai chat room dengan banyak pengguna dengan nama FlickrLive dengan kemampuan berbagi foto secara langsung (real time). Yang lebih banyak terjadi adalah membagi foto atau gambar yang ditemukan di web daripada foto yang dibuat oleh para pengguna sendiri. Eveolusi berikutnya lebih ditekankan untuk uploading dan chat room menghilang dari peta situsnya. Pada tahun 2005, Yahoo! Inc. mengambil alih Ludicorp dan Flickr. Pada 28 Juni 2005, semua daftar isi dari server Kanada dipindahkan ke server yang berada di Amerika Serikat, yang menyebabkan semua data yang ada berada di bawah hukum federal Amerika Serikat.[2] Pada 16 Mei 2006, Flickr memperbaharui layanannya dari Beta ke "Gamma" dengan perubahan pada desain dan struktur. Berdasarkan FAQ pada situsnya, maksud dari "gamma", yang jarang digunakan dalam tahap perkembangan perangkat lunak, adalah bahwa layanan ini selalu dicoba oleh para penggunanya dan dalam kondisi pengembangan secara berkelanjutan. [3] Secara keseluruhan, layanan ini berada dalam tahap stabil.

9. LinkedIn
LinkedIn Corporation ( NYSE : LNKD ) (pron.: / . ˌ l ɪ ŋ k t ɪ n / ) adalah situs jejaring sosial bagi orang-orang dalam pekerjaan profesional. Didirikan pada bulan Desember 2002 dan diluncurkan pada tanggal 5 Mei 2003, hal ini terutama digunakan untuk jaringan profesional . Pada Januari 2013 , LinkedIn laporan lebih dari 200 juta diperoleh pengguna di lebih dari 200 negara dan teritori. Situs ini tersedia dan Melayu . Quantcast laporan LinkedIn memiliki 21,4 juta pengunjung unik bulanan AS dan 47,6 juta secara global. Pada Juni 2011, LinkedIn memiliki 33,9 juta pengunjung unik, naik 63 persen dari tahun sebelumnya dan melampaui MySpace. LinkedIn mengajukan untuk penawaran umum perdana pada bulan Januari 2011 dan diperdagangkan saham pertamanya pada tanggal 19 Mei 2011, di bawah simbol NYSE "LNKD".

Logo

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

Sejarah
CEO LinkedIn adalah Jeff Weiner , sebelumnya Yahoo! Inc eksekutif. Perusahaan ini didirikan oleh Reid Hoffman dan anggota tim pendiri dari PayPal dan Socialnet.com (Allen Biru, Eric Ly, Jean-Luc Vaillant, Lee Hower, Konstantin Guericke, Stephen Beitzel, David Eves, Ian McNish, Yan Pujante, dan Chris Saccheri ). Pada tahun 2010, LinkedIn membuka kantor pusat Eropa di Dublin , Irlandia, menerima investasi $ 20 juta dari Global Tiger Management LLC pada valuasi sekitar $ 2 miliar, dan mengumumkan akuisisi pertama, Mspoke, [20] dan ditingkatkan 1% premium ratio berlangganan.

10. Plurk
Plurk merupakan situs social networking yang cukup unik karena memadukan microblogging dengan timeline. Anda bisa meng-update status dengan jumlah karakter terbatas yang akan ditampilkan dalam timeline yang terletak di bagian atas layar. Tidak hanya itu saja, Plurk juga menyediakan beragam theme dan layout menawan yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik halaman Plurk Anda. Plurk dirancang untuk untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang dilakukan agar bisa diketahui oleh orang yang lain. Salah satu kelebihan dari Plurk ini adalah kemampuannya untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang ia lakukan saat itu. Pengguna juga dapat melihat aktivitas orang lain berdasarkan timeline tersebut. Setiap pengguna dapat memberikan tanggapan atas postingan dari Plurker lainnya. Dalam komunitas Plurk dikenal sebuah status yang disebut "karma", yaitu suatu penilaian tertentu terhadap aktivitas anggotanya. Semakin tinggi poin karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Sistem inilah yang mendorong para Pluker untuk terus aktif di Plurk.

Logo

Nama : Agam Saeful NIM : 11140021 Kelas : Internet/A

Daftar pustaka Kadir, Abdul. (2008). Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP (Revisi), Yogyakarta: Andi.

Internnet: Cahyaningsih, Aviana dan Nora Nailul Amal. Twitter Di Tengah Persaingan Pasar (Studi Penggunaan Twitter oleh Hotel Bintang Empat di Solo) Anwar, Syahrul. Kajian Penggunaan Kriptografi pada Skype. (Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung). Jl. Ganesha 10, Bandung E-mail : if13061@students.if.itb.ac.id Made, I Andhika. Majalah Ilmiah UNIKOM. DAMPAK GAME BERBASIS CLOUD COMPUTING
(GAME FACEBOOK) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA. Vol.10, No. 2 Doanta, Aldi Kurnia.( 2012). Makalah IF2091 Struktur Diskrit – Sem. I. Sistem Rekomendasi Konten Pada Media Sosial Menggunakan Graf. Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia 13511031@std.stei.itb.ac.id ______( 2012). Global Mediacom Tencent Berkolaborasi Dalam Memperkenalkan Produk & Layanan “New Media” Di Indonesia. Global media Com. Jakarta, Indonesia – 29 Oktober Laily, Dewi Purnamasari. (2012). PALASTREN Study Gender. Mencari Model Perempuan Pemimpin Di Era Wikinomics. Vol. 5, No. 2, Desember. Kudus Social networks www.Linkedin.com ______. Social Media. Jurus Maut Berinternet.

Santosa, M. H. 2005. Pengembangan Model Pembelajaran Diktatori Berbasis Multimedia (Multimedia-Based Dictatory Learning) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dictation pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Negeri Singaraja. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.