Bagi kita yang sering melalui jalur Padalarang-Bandung Jawa Barat tentu sering melihat begitu banyak

tungkutungku berukuran raksasa yang berjejeran di tepi jalan. Agak jauh dari tungku-tungku tersebut tampak lalu lalang truk-truk mengangkut batu-batu kapur berukuran besar. Truk-truk tersebut membawa batu kapur yang diangkutnya ke tungku-tungku raksasa di sekitarnya. Proses Pembuatan Kalsium Karbonat Tapi apa ya hubungan antara tungku-tungku raksasa tersebut dengan batu kapur? Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar bahan kimia dengan nama kalsium karbonat dengan rumus kimia CaCO3. Nah di tungku-tungku itulah terjadi salah satu proses pembuatan kalsium karbonat secara komersil atau skala industri. Batu kapur memang merupakan sumber utama kalsium karbonat. Di pasaran, kalsium karbonat dijual dalam dua jenis yang berbeda.Yang membedakan kedua jenis produk tersebut terletak pada tingkat kemurnian produk kalsium karbonat di dalamnya. Kedua jenis produk kalsium karbonat atau CaCO3 yang dimaksud adalah heavy and light types. Kalsium karbonat heavy type diproduksi dengan cara menghancurkan batu kapur hasil penambangan menjadi powder halus, lalu disaring sampai diperoleh ukuran powder yang diinginkan. Selanjutnya tepung kalsium karbonat hasil penyaringan disimpan dalam silo-silo atau tempat penyimpanan yang berukuran besar sebelum dikemas. Sedangkan kalsium karbonat light type diperoleh setelah melalui proses produksi yang agak rumit, dibandingkan dengan heavy type. Pertama-tama batu kapur dibakar dalam tungku berukuran raksasa, untuk mengubah CaCO3 menjadi CaO (oksida kalsium) dan gas karbon dioksida atau CO2.

CaO + H2O --> Ca(OH)2 Ca(OH)2 yang telah disaring kemudian direaksikan dengan CO2 untuk membentuk CaCO3 dan air. Industri yang menggunakan kalsium karbonat antara lain: 1. Industri ban mobil dan motor 3. CaO yang terbentuk kemudian dicampur dengan air dan diaduk. Industri pulp dan Kertas 2. Industri pembuatan pasta gigi. Maka terbentuklah senyawa kalsium hidroksida atau Ca(OH)2. seperti ditunjukkan oleh persamaan reaksi berikut: Ca(OH)2 + CO2 --> CaCO3 + H2O Endapan CaCO3 hasil reaksi di atas kemudian di saring dan dikeringkan. Salah satunya adalah PT Indonesia Kalsium Karbonat Agung. Industri Cat 4. dan 5. Industri pembuatan pipa PVC. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1977 dan merupakan . yang terletak di Padalarang.CaCO3 --> CaO + CO2 Proses selanjutnya. Jawa Barat. Selanjutnya Kalsium hidroksida dihaluskan menjadi powder CaCO3. Saat ini ada sekitar 7 perusahaan yang memproduksi kalsium karbonat di Indonesia. Kalsium hidroksida yang telah terbentuk kemudian disaring untuk memisahkan senyawasenyawa pengotor. Penggunaan Kalsium Karbonat di Industri Banyak industri yang telah memanfaatkan kalsium kabronat.

marmer. http://ratna-wati-chemistry.yahoo. dan ikatan ini ikatannya lebih longgar dari ikatan antara karbon dengan kalsium pada satu senyawa.com/2009kalsium karbonat dapat digunakan untuk pembuatan berbagai bahan bangunan. marmer. sama saja dengan bahan mentahnya. reaksinya akan berjalan dengan sangat kuat dan cepat apabila dalam bentuk serbuk. kalsit. serbuk kalsium karbonat akan melepaskan kalor. dalam proses pelepasan besi dari biji besi. karena kalsium karbonat yang terbentuk kembali tidak terbentuk dalam tekanan yang tinggi di dalam bumi.com/question/index?qid=200903080408CALCIUM CARBONATE . kalsium karbonat ini terdiri dari 2 unsur kalsium dan 1 unsur karbon dan 3 unsur oksigen.answers.com/2009/03/kaKalsium Karbonat (CaCO3) Ciri-ciri dan Sifat Kalsium Karbonat Kalsium karbonat umumnya bewarna putih dan umumnya sering djumpai pada batu kapur. Hal ini terjadi karena pada reaksi tersebut setiap molekul dari kalsium akan bergabung dengan 1 atom oksigen dan molekul lainnya akan berikatan dengan oksigen menghasilkan CO2 yang akan terlepas ke udara sebagai gas karbon dioksida. dan batu gamping.blogspot. Industri minyak sebagai bidang yang banyak bersentuhan dengan alam juga memanfaatkan kalsium karbonat untuk meningkatkan kepadatan minyak saat dilakukan pengeboran dengan mengendalikan tekanan. seperti semen. zat yang lunak seperti pasta. dengan reaksi sebagai berikut: CaCO3 --> CaO + CO2 Reaksi ini akan berlanjut apabila ditambahkan air. Kalsium karbonat bila dipanaskan akan pecah dan menjadi serbuk remah yang lunak yang dinamakan calsium oksida (CaO). Reaksinya dapat ditunjukkan sebagai berikut: Ca(OH)2 + CO2 --> CaCO3 + H2O secara kimia. tidak akan dapat dilakukan tanpa bantuan kalsium karbonat.perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi kalsium karbonat secara komersil. Selain itu kalsium karbonat juga banyak dijumpai pada skalaktit dan stalagmit yang terdapat di sekitar pegunungan. Setiap unsur karbon terikat kuat dengan 3 oksigen. Seperti namanya. Manfaat Kalsium Karbonat Dalam industri manfaat dari kalsium karbonat adalah sebagai pembuat pasta gigi dan obat anti asam lambung. Molekul dari CaCO3 akan segera mengikat molekul air (H2O) yang akan menbentuk kalsium hidroksida. Karbonat yang terdapat pada skalaktit dan stalagmit berasal dari tetesan air tanah selama ribuan bahkan juataan tahun. (CIC) http://anekailmu.blogspot. namun kalsium karbonat yang terbentuk kembali tampak berbeda dari CaCO3yang semula sebelum bereaksi. Sebagaimana ditunjukkan pada reaksi sebagai berikut: CaCO3 + H2¬O --> Ca(OH)2 + CO2 Pembuatan Kalsium Karbonat Pembuatan kalsium karbonat dapat dilakukan dengan cara mengeringkan Ca(OH)2 hingga molekul H2O dilepaskan ke udara sedangkan molekul CO2 diserap dari udara sekitar sehingga Ca(OH)2 dapat berubah kembali menjadi CaCO3. Kegunaan lainnya./05/kalsium-karbonat-caco3-ciricirhttp://id. atau kapur.

dimana ia digunakan sebagai bahan yang umum bagi banyak tukang kaca dalam bentuk bubuk putih. siput. Kalsium karbonat adalah bahan aktif dalam kapur pertanian. namun konsumsi yang berlebihan dapat membahayakan Kalsium karbonat memunyai beberapa sifat khas khususnya : Bereaksi dengan asam yang kuat. dan kulit telur.com/index. mutiara. Ia melepaskan karbondioksida pada pemanasan (diatas 840 C dalam kasus CaCO3). kapur sirih bertindak sebagai fluks material http://saribumisidayu. dengan reaksi 178 KJ/ Mol CaCO3 à CaO + CO2 Kalsium karbonat dikenal sebagai kapur sirih di keramik / aplikasi kaca. Ini adalah zat yang umum ditemukan dibatuan disemua bagian dunia. dan melepaskan karbon dioksida CaCO3(s) + 2HC1(aq) à CaC12(aq) + CO2(g) + H2O(1) 2. Ketika lapisan yang mengandung bahan ini dibakar dalam sebuah tungku. Hal ini biasanya digunakan secara medis sebagai kalsium suplemen atau sebagai antisida. dan merupakan komponen utama dari cangkang organisme laut.com/index.php? option=com_content&view=article&id=52&Itemid=58http://saribumisidayu.Kalsium karbonat adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CaCO3. dan biasanya merupakan penyebab utama air keras. untuk membentuk kalisum oksida. yang biasa disebut kapur.php? option=com_content&view=article&id=52&Itemid=58 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful