UJI VALIDITAS ISI DAN UJI VALIDITAS KONSTRUKSI TES SUB-SUMATIF 2 FISIKA (UTS) KELAS XI SEMESTER GENAP

SMA NEGERI 5 SURAKARTA

Disusun untuk Memenuhi Tugas Evaluasi Pengajaran Fisika Dosen Pengampu Ibu Rini Budiarti S. Pd., M. Pd.

Disusun oleh: Desy Ermia Putri Didik Eko Saputro Dina Nur Adilah Rezki Alif Pambudi Yosan Setyo Utomo (K2311016) (K2311018) (K2311019) (K2310066) (K2311087)

PROGAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2013

Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik 3. Menformulasikan hubungan antara konsep torsi. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Kompetensi Dasar: 2.Mata Pelajaran Jenjang Sekolah Kelas/ Semester Kurikulum Acuan Jenis Tes Bentuk Tes Jumlah Soal Alokasi Waktu : Fisika : SMA : XI/2 : KTSP : Tes Sub-Sumatif 2 : Tes Objektif : 40 Soal : 120 menit Standar Kompetensi : 2. dan momen inersia. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah 3. Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3.1.2. momentum sudut.1. Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika .2. berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar 2.

39 C3 5. Energi Kinetik Gas Ideal Kelajuan Efektif Gas Ideal Teorema Ekipartisi Energi Energi Dalam Gas Usaha dan Proses Termodinamika Hukum I Termodinamika Kapasitas kalor 12 3 - 23 27 29 33 - - Fluida 0% 0 32.11.1 8.26. 13.38.1 0.8. 17 21 25.9.2.19 22 31.30.TABEL SPESIFIKASI KISI-KISI SOAL Jenjang Sub-Materi Dinamika Rotasi C1 7 C2 1.32 24.5 % Total 23 Keseimbangan Benda Tegar Titik Berat Macam-Macam Keseimbangan Fluida statis Fluida mekanis Persamaan Gas Ideal Tekanan.5 % Teori Kinetik Gas 13 - Termodinamika - 10 % 4 .35 36.37 40 C4 C5 Pokok Materi Kesetimbangan Benda Tegar Presentase 57.20 15.14. 34 28.6. Suhu.16.4.

5 % 37.Siklus Termodinamika Hukum II Termodinamika Persentase 7.5 % 45 % 10 % 0% 100 % Jumlah 3 15 19 4 0 40 .

Kekurangan yang lain yaitu dalam satu sub materi pokok tata urutan nomer penempatan soal yang terpencar (tidak urut) begitu pula jenjangnya. Serta distiribusi soal tiap jenjang kurang merata.Standar Kompetensi 2. yaitu bisa dilihat pada jenjang C3 soal terlalu banyak. Kurang memenuhi .8 .Menformulasikan hubungan antara konsep torsi.2 .1 dan sub materi pokok dinamika rotasi Kesetimbangan Benda Tegar 12 - 13. . padahal sub materi pokok ini dapat dimungkinkan terdapat C4.1. kontruksi soal dimunculkan hanya pada soal jenjang C1. karena pada sub materi pokok dinamika rotasi. kontruksi soal dimunculkan hanya pada soal jenjang C1.C3 dan C4 saja.4.18 - - Keterangan Validitas Isi Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah sesuai dengan SK 2 KD no 2. 17 5.1 9 - - Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah sesuai dengan KD 2. berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar Materi Pokok Keseimbangan Benda Tegar Sub Materi Pokok Nomor Soal C1 C2 C3 C4 C5 Dinamika Rotasi 7 1. dan momen inersia.6.2 0 23 - Titik Berat - - 15. karena pada sub materi pokok kesetimbangan benda tegar. padahal sub materi pokok ini dapat dimungkinkan terdapat C2.1 6. kontruksi soal hanya terdapat pada jenjang C3.1 dan sub materi pokok keseimbangan benda tegar Sudah memenuhi karena rumusan butir Validitas Kontruksi Kurang memenuhi . 14.11.10 .9. Tidak memenuhi . Kekurangan yang lain yaitu urutan nomer dari 13 langsung ke 20. momentum sudut. karena pada sub materi pokok titik berat. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah Kompetensi Dasar 2.C2 dan C3 saja.

2. 32 31. Sedangkan untuk jenjang C4 tidak dimungkinakan untuk materi macam-macam keseimbangan karena lebih bersifat hafalan dan pemahaman.2 pada butir soal untuk setiap materi /sub materi pokok Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah walaupun keluasan materinya sempit. kontruksi soal tidak dimunculkan sama sekali baik pada butir soal jenjang C1.Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Teori Kinetik Gas Persamaan Gas Ideal - 25.3 5 27 - Kurang memenuhi karena sub materi pokok persamaan gas ideal dapat dimungkinkan adanya soal jenjang C1 karena pada sub materi tersebut .Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Fluida Statis - Fluida Dinamis - - - - - 3.1 dan sub materi pokok macammacam keseimbangan Tidak memenuhi. karena pada sub materi pokok macam-macam keseimbangan sudah mencakup jenjang C1.C2.Macam-Macam Keseimbangan 3 21 22 - - soal sudah sesuai dengan KD 2.1 dan sub materi pokok titik berat Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah sesuai dengan KD 2. dan C3.C3 maupun C4. karena penyusun soal tidak menjabarkan KD 2. Fluida 2. Menerapkan konsep termodinamika 3.1. karena pada materi/sub materi. Tetapi urutan soal kurang memenuhi karena urutan nomer dari 3 langsung ke 21. tetapi konsep titik berat dapat dimunculkan pada jenjang C1 Sudah memenuhi . Tidak memenuhi. C2. Padahal pokok materi fluida dapat dimunculkan semua jenjang.

1 dan sub materi pokok Tekanan. Sedangkan pada jejang C1 dan C4 tidak ada sama sekali sehingga distribusinya tidak merata. dan Energi Kienetik Gas Ideal Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah sesuai dengan K3. karena hanya ada 1 soal pada jenjang C4. Suhu. 30. 26.3 7 - - Kelajuan Efektif Gas Ideal - - - 29 - Teorema Ekipartisi Energi - - - - - sesuai dengan KD 3.dalam mesin kalor Tekanan.1 dan sub materi pokok Kelajuan Efektif Gas Ideal Tidak memenuhi. karena pada materi/sub materi. Pada soal ini memungkinkan pula di tambahkan jenjang soal C3 yang bersifat aplikasi. 34 36. Suhu. karena penyusun soal terdapat unsure hafalan dan pemahaman dasar serta berdasarkan keluasan materi. persamaan gas ideal ini cukup luas. Tidak memenuhi. kontruksi soal tidak dimunculkan sama sekali baik . Kurang memenuhi karena terlalu banyak soal pada jenjang C2. dan Energi Kinetik Gas Ideal - 24. Tidak memenuhi.1 dan sub materi pokok Persamaan Gas Ideal Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah sesuai dengan KD 3.

1 pada butir soal untuk sub materi pokok Teorema Ekipartisi energi Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah sesuai dengan KD 3. 38.2.1 dan sub materi pokok Energi Dalam Gas Ideal Sudah memenuhi karena rumusan butir soal sudah sesuai dengan KD 3. akan tetapi tidak sesuai untuk menerapkan pada jenjang C1 karenan pada sub materi ini bersifat aplikasi. 39 40 - - Hukum I Termodinamika - - - - - tidak menjabarkan KD 3.Energi Dalam Gas Ideal - - - 33 - Termodinamika 3.Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika Usaha dan Proses Termodinamika - 28. Tidak memenuhi karena pada butir soal jenjang C1. Kurang memenuhi . Padahal sub materi pokok ini dapat dimunculkan C2 dan C3 Memenuhi karena pada soal ini hanya mungkin pada dua jenjang ini yaitu C3 dan C4. Namun bisa juga di tambahkan soal dengan jejang pemahanan yaitu C2 Kurang memenuhi karena dalam materi ini hanya di memunculkan soal dengan jenjang C2dan C3 saja. Padahal pada sub materi ini masih memungkinkan memunculkan soal dengan variasi perbandingan untuk jenjang C4. karena konstruksi soal tidak dimunculkan sama sekali pada .C3 maupun C4.2 dan sub materi pokok Usaha dan Proses Termodinami ka.C2.

karena pada materi/sub materi. karena pada materi/sub materi. karena penyusun soal tidak menjabarkan KD no 3. Padahal pada sub materi ini dimungkinkan untuk konstribusi pada jenjang C1. karena penyusun soal tidak menjabarkan KD no 3.C2. Tidak memenuhi .C3 maupun C4. Pada sub materi pokok ini dapat dimungkinkan terdapat C3 dan C4 ataupun C2 pula.2 pada butir soal untuk sub materi pokok setiap jenjang.C3 dan C4.2 pada butir soal untuk sub materi pokok Kapasitas Kalor. Tidak memenuhi.Kapasitas Kalor - - - - - rumusan butir soal tidak membahas KD no 3. Siklus Termodinamika - - - - - Tidak memenuhi . kontruksi soal tidak dimunculkan sama sekali baik pada butir soal jenjang C1. .C2. kontruksi soal tidak dimunculkan sama sekali baik pada butir soal jenjang C1.C2.C3 maupun C4. Pada sub materi pokok ini dapat dimungkinkan terdapat semua jenjang soal C3 dan C4. Tidak memenuhi.2 dan sub materi pokok Hukum Pertama Termodinami ka.

C2.C3 maupun C4. karena penyusun soal tidak menjabarkan KD no 3. kontruksi soal tidak dimunculkan sama sekali baik pada butir soal jenjang C1. Hukum II Termodinamika - - - - - . karena pada materi/sub materi. Pada sub materi pokok ini dapat dimungkinkan terdapat semua jenjang soal C3 dan C4 .Siklus Termoidinami ka. Tidak memenuhi . Tidak memenuhi.2 pada butir soal untuk sub materi pokok Hukum II Termodinami ka.

dan C4. Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika 3. Dari penjabaran tabel di atas dapat disimpulkan bahwa penyebaran materi dari soal juga tidak merata perbandingan dan proporsi masing-masing materi tidak merata. momentum sudut.Keterangan tabel diatas dapat diketahui bahwa: 1. berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar) b. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah b. Dalam distribusi/penyebaran jenjang soal kurang merata kerena proporsi dan perbandingan soal tidak sama. soal tersebut hanya mencakup 9 sub materi pokok saja. Terdiri dari 4 materi pokok 4. dan termodinamika. Materi dan sub materi belum semuanya di berikan. Terdiri dari 16 sub materi pokok Dari 16 sub materi pokok tersebut. Namun biasanya penyebaran soal mempunyai perbandingan yaitu: C1 : C2 : C3 : C4 adalah 1:2:2:1. C2. Terdiri dari 4 kompetensi dasar: a. Dari penjelasan guru SMA 5 yang menyusun soal tersebut. Jadi pokok materi yang sudah diajarkan yaitu kesetimbangan benda tegar. Karena berdasarkan dari penjelasan guru. Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik d. C3. materi fluida memang diajarkan pada pokok materi terakhir sehingga disini tidak di munculkan tentang materi tersebut. atau sesuai dengan kebijakan guru atau sekolah. sehingga di soal tersebut hanya ada 4 soal dengan . Dari soal UTS ini jenjang soalnya memang hanya C1. Menformulasikan hubungan antara konsep torsi. teori kinetic gas. memang guru tidak pernah memunculkan soal dengan jenjang C5 karena disesuaikan dengan kemampuan siswanya. Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari c. hal ini mungkin karena perbandingan dengan alokasi waktu yang ada dan pula ada materi yang memang belum diajarkan. Sedangkan pada soal UTS ini perbandingan antara C1:C2:C3:C4 yaitu 3:15:19:4 atau apabila dibulatkan kurang lebih 1:5:6:1 dimana dari perbandingan itu dapat dilihat bahwa jumlah soal C3 lebih dominan. Terdiri dari 2 standar kompetensi: a. masih seperempat bagian. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor 2. tidak ada C5. Materi termodinamika pun belum sepenuhnya selesai diajarkan. dan momen inersia.

Misalnya pada soal no. Dari tabel juga dapat dilihat bahwa jumlah soal yang mencakup sub materi dinamika rotasi lebih banyak. sehingga dapat membingungkan siswa dan membuat tingkat kepercayaan dirinya goyah. kemudian nomer3 sub materi macam-macam keseimbangan. Contohnya pada soal no. Kelemahan yang lain ada juga nomer soal yang tidak urut. 8. padahal seharusnya huruf pertama dalam opsi dalam bentuk huruf kecil karena merupakan lanjutan dari kalimat soal. dan 17. Seharusnya soal diurutkan mulai dari KD awal hingga KD akhir dan dari materi awal sampai akhir materi (tidak meloncat-loncat).sub materi pokok usaha dan persamaan termodinamika. Pada soal tersebut juga soal sudah sistematis (urut) sesuai urutan KD. lalu no. ada yang diawali huruf kecil dan ada pula yang diawali dengan huruf capital. Selain itu terdapat kesalahan-kesalahan teknis dalam penulisan soal karena pada opsi jawaban ada yang hanya 4 opsi. 6. Ada bebarapa soal yang tidak ada jawabannya (hasil jawaban yang benar tidak ada dalam opsi).4 dinamika rotasi lagi. padahal seharusnya ada 5 opsi jawaban. padahal seharusnya hanya ada 3 titik setelah soal.1 dan 2 yang merupakan sub materi dinamika rotasi. tetapi dalam satu KD penyusunan soal berdasarkan materi tidak urut sesuai urutan materi. tidak seragam pula dalam penulisan opsi. sehingga tidak membigungkan siswanya. Hal ini dimungkinkan memang karena sub materi ini cukup luas. . seperti pada soal nomor 4.5. Tata penulisan soal tidak seragam. misalkan pada materi usaha dan proses termodinamika soal muncul pada no 5 lalu 15 yang mungkin dapat membingungkan siswa. seperti tidak seragamnya titik titik setelah soal ada yang jumlahnya 3 dan ada yang jumlahnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful