BAB 1. PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Semakin canggih teknologi yang ada di dunia ini, semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Setiap hari manusia selalu sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga terdapat kemungkinan besar manusia mengalami stress. Karena hal tesebut, terdapat kecenderungan adanya peningkatan minat penduduk untuk melakukan atau mendapatkan hiburan. Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya tidak hanya kebutuhan jasmani saja, melainkan juga kebutuhan rohani. Pemenuhan kebutuhan rohani dapat diwujudkan dengan berbagai cara misalnya dengan beribadah, rekreasi dan menikmati keindahan. Karena manusia terlalu sibuk dengan kegiatannya, maka sedikit sekali yang masih sempat untuk melakukan rekreasi atau sekedar melihat keindahan alam untuk memenuhi kebutuhan rohaninya. Arsitektur Lansekap diartikan sebagai suatu ilmu dan seni yang mempelajari perancangan dan perencanaan serta pengelolaan tata ruang luar. Taman merupakan suatu tempat dimana seseorang dapat memandang, memahami, ataupun melepaskan diri dari persoalan-persoalan dalam kehidupan. Taman berfungsi sebagai penghubung antara manusia dan alam lingkungannya yang dikreasikan guna dapat meningkatkan serta memuaskan keinginan dan aspirasi sang penikmat taman. Dalam membuat sebuah taman, sebaiknya dilakukan dengan perencanaan yang matang. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan sehingga tampilan taman secara keseluruhan bisa dinikmati. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merencanakan sebuah taman yaitu tema yang akan digunakan, ketersediaan lahan (ruang), jenis tanaman (elemen lunak) yang hendak dipakai, warna taman yang ingin dimunculkan, aroma apa yang ingin diciptakan, dan terakhir dilengkapi dengan pembuatan sketsa. Elemen penyusun taman merupakan hal-hal yang digunakan untuk menyusun taman sedemikian rupa sehingga tercipta keselarasan dan bisa dinikmati. Elemen penyusun taman sangat beragam, tetapi untuk memudahkan

dalam pengenalan, dikelompokkan menjadi 2, yaitu elemen keras dan elemen lunak. Elemen keras yaitu tampilan penyusun taman yang bersifat keras. Salah satu bentuk taman yang dapat didesain ialah taman wisata atau taman rekreasi. Pada taman wisata/rekreasi ini, cakupan sumber daya alamnya cukup luas, karena dapat memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada baik hewan, maupun jenis tanaman yang akan digunakan. Jenis tanaman yan digunakan cenderung lebih besar, lebih heterogen daripada pemilihan tanaman pada rumah tinggal. Hal ini disebabkan karena lahan yang digunakan cukup luas, sehingga sangat memungkinkan jika pemanfaatan pepohonan yang memiliki tajuk lebar dipilih untuk digunakan sebagai naungan pada tempat-tempat tertentu. Bentuk dari taman rekreasi sendiri dapat berupa jalan berkelok-kelok yang tepinya dihiasi dengan bunga-bunga, terdapat kolam air mancur, pada tempat-tempat tertentu diberi bangku permanen, terdapat tempat bermain anak-anak dan lain-lain. Salah satu taman wisata yang ada di Indonesia ialah taman wisata Mekarsari. Taman Mekarsari merupakan salah satu taman buah tropis terbesar di dunia dengan lebih dari 100.000 tanaman. Taman ini berolakasi di Jalan Raya Jonggol Bogor. Obyek wisata seluas 264 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah dan ditumbuhi aneka jenis buah-buahan. Lokasi wisata ini juga cukup strategis sehingga mudah dijangkau pengunjung dari berbagai arah. Taman Mekarsari ini dibangun pada tahun 1990 dan merupakan pusat budidaya tanaman buah terlengkap di Indonesia. Setelah lima tahun masa pembangunannya, akhirnya taman ini diresmikan pada tahun 1995 oleh Presiden Suharto. Taman yang didirikan oleh Ibu Tien Suharto ini pada mulanya bernama Taman Buah Mekarsari. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2004 taman ini kemudian direnovasi dan berubah nama menjadi Taman Wisata Mekarsari. Taman wisata Mekarsari menjadi favorit bukan hanya karena fasilitasnya yang mengaacu pada alam, juga karena harganya yang lumayan murah. Ada berbagai macam fasilitas yang ada disana, diantaranya ialah wisata air, family garden, greendland tour, dan fasilitas-fasilitas lain yang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjung yang datang mengunjunginya.

4 Manfaat Manfaat dari pembuatan makalah mengenai taman wisata Mekarsari ini adalah : 1. . Untuk mengetahui fasilitas-fasillitas yang ada pada taman wisata Mekarsari. 1. Bagaimana kondisi analisis swot dari taman wisata Mekarsari ? 1. 3. Bagaimana keadaan dan keindahan dari taman wisata Mekarsari ? 3. Untuk mengetahui definisi dari taman wisata.Berdasarkan hal diatas. 2. 4. Untuk mengetahui keadaan dan keindahan dari taman wisata Mekarsari. dalam penyusunan makalah ini akan dibahas mengenai keindahan dan analisis swot dari keberadaan taman wisata Mekarsari ini. Bagi Pembaca Pembaca dapat mendapatkan manfaat antara lain mengetahui keindahan dan keadaan dari taman wisata Mekarsari serta pemanfaatannya. Untuk mengetahui dan memahami kondisi analisis swot dari taman wisata Mekarsari.3 Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini ialah sebagai berikut : 1.2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam makalah ini ialah sebagai berikut : 1. 1. Bagi Penulis Dengan adanya makalah ini penulis dapat menambah wawasan mengenai pertamanan dan dapat mengevaluasi serta menganalisis swot kondisi/fasilitas yang ada di taman wisata Mekarsari. Apa yang dimaksud dengan taman wisata ? 2. 2. Apa saja fasilitas-fasillitas yang ada pada taman wisata Mekarsari ? 4.

Produk apa yang harus dikembangkan. dan daerah tujuan wisata serta unsur ekonomi. mengapa dan bagaimana cara pengembangannya. Taman rekreasi masih . dkk. dan kebudayaan (Tim Insan Pariwisata. Yang artinya. Peluang untuk melibatkan masyarakat lokal dalam proses pengembangan pariwisata menjadi lebih terbuka. pola atau konsep. tiga unsur geografis : negara asal wisatawan. Dibutuhkan perencanaan yang matang sebagai langkah strategis dalam upaya pengembangan keragaman potensi wisata di daerah (Umardiono. Proses dan mekanisme pengambilan keputusan menjadi lebih sederhana dan cepat. dan pengelolaan pariwisata di daerah. 2013). 2011). Otonomi daerah memberikan kewenangan bagi daerah untuk melakukan perencanaan. Banyak daerah berambisi menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor andalan. TINJAUAN PUSTAKA Pariwisata merupakan suatu sistem terbuka dari unsur-unsur yang saling berinteraksi dalam suatu lingkungan luas. apakah akan dibuat sebagai taman bermain atau bahkan sebagai taman laut. pariwisata. negara yang dijadikan tempat transit. yaitu perusahaan-perusahaan industri pariwisata (Ismail. pengembangan. baik keindahan untuk tumbuh-tumbuhan maupun satwa serta keindahan alamnya sendiri mempunyai corak khas untuk di manfaatkan bagi kepentingan rekreasi. Salah satu perencanaan awal adalah bagaimana mendesain sebuah tempat pariwisata tersebut agar berfungsi seperti yang diharapkan. 2008). Hal tersebut juga merupakan tantangan yang dapat dijadikan patokan untuk melihat sejauh mana daerah mampu melakukan pengelolaan terhadap sumber daya pariwisata untuk kemakmuran masyarakatnya. 2011). Taman Wisata ialah hutan wisata yang memiliki keindahan alam. tetapi dalam kenyataan mereka tidak mempunyai kemampuan yang memadai untuk mengembangkan pariwisatanya.BAB 2. mulai dari unsur manusia seperti wisatawan. desain taman memiliki arti pengelolaan dalam suatu ruang atau di dalam ruangan (Tim elhaqstudio. Dan yang dimaksud dengan design taman adalah bagaimana cara merancang sebuah taman. Kata “Design” memiliki arti rancangan. Design taman merupakan bagian dari disiplin ilmu tata ruang atau planologi.

hiking. Potensi semacam itu dapat pula dimanfaatkan bagi kepentingan kepariwisataan yang dapat mnghasilkan devisa bagi Negara.menjadi tujuan utama pada waktu liburan. Pada saat sekarang ini peranan kawasan konservasi tersebut tidak hanya berfungsi untuk pengembangan ilmu pengetahuan.seperti pada masa awal pertumbuhannya. Bagi kesejahteraan manusia sangat penting artinya agar dapat memberi manfaat dalam hidupnya. pendidikan. maka kebutuhan akan daerah atau tempat tersebut menjadi urgent. Tidak hanya taman rekreasi yang menyediakan berbagai wahana / permainan untuk anak – anak. Suatu keadan alam yang istimewa dapat berfungsi bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan kebudaayaan . Taman Nasional yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia tidak dimaksudkan selamanya tertutup bagi umum. mengandung potensi bagi perkembangan pariwisata baik ilmuan dalam dan luar negeri dengan mengadakan penelitian langsung keadaan alam setempat beserta isinya. Ini berarti bahwa suatu kawasan konservasi tidak selamanya tertutup tetapi dapat dikunjungi oleh masyarakat ramai dalam baats-natas tertentu.Adalah suatu kewajiban bagi kita juga . bahwa suatu kawasan konservasi ysng dapat . melainkan juga memegang peranan penting untuk pengembangan rekreasi dan pariwisata. kerja keras setiap hari membuat kita memerlukan relaxasi dengan acara-acara rekreasi dan pariwisata seperti camping. sightseeing dll. kebudayaan dan perlindunagan alam semata-mat. mempunyai kemampuan berfungsi bagi perlindungan dan bagi fungsi rekreasi atau pariwisata. Dengan meningkatnya perkembangan industri urbanisasi. pertambahan penduduk dewasa ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan wilayah-wilayah alami untuk menampung orang-orang yang berdarma wisata. taman rekreasi untuk orang dewasa yang miskin permainan pun pasti dikunjungi demi penyegaran psikis dan fisik (Goenawan. Hutan Wisata. 2008). Kawasan konservasi sebagai salah astu sumber kekayaan alam yang dibutuhkan manusia tidak kalah pentingnya dengan sumber-sumber alam lainnya.Adanya pohon-pohon yang tumbuh dalam kesatuan areal yang luas mempunyai pengaruh terhadap iklim sekitarnya dan dapat menciptakan suatu suasana dalam memberikan ketenangna hidup dari unsure-unsur yang terdapat didalamnya.Adanya kawasan konservasi dalam bentuk suaka Alam.

Kekayaan alam yang indah dengan beraneka ragam atwa liar yang menarik perhatian. Taman laut khusus digunakan sebagai kawasan laut untuk dibina dan dipelihara gun perlindungan ekosistem laut. Pengertian objek dan daya tarik wisata menurut Undang-undang Nomor 9 Tahun 1990 yaitu yang menjadi sasaran perjalanan wisata meliputi : 1. peninggalan sejarah. seni budaya. yang berwujud keadaan alam serta flora dan fauna. taman rekreasi. serta binatang-binatang langka. Taman Wisata Laut di Sulawesi. industri dan kerajinan. seperti : berburu. dan kebudayaan. mendaki gunung. Taman Wisata Laut Teluk Kupang. rekreasi. pariwisata. sebagai wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan dan keunikan. tempattempat ibadah. antara lain Pulau Kembang di Kalimantan. seperti : pemandangan alam. Danau Lebu. 2. wisata petualangan. pantai-pantai dan gugusan batu karang yang merupakan Taman laut dengan laut yang berwarna warni yang dipadukan dengan keindahan alma daratan disekitarnya merupakan daya tarik yang kuat bagi para pencinta alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik luar maupun dalam negeri (Tim Insan Pariwisata. dan Taman Wisata Laut Teluk Maumere di Nusa Tenggara (Ibayati. hutan rimba dengan tumbuhan hutan tropis. Danau Matano dan Mahalono di Sulawesi. . sungai air deras. Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. 2009). Sasaran wisata minat khusus. Pemerintah juga menetapkan taman laut. pendidikan.menghasilkan manfaat dalam bentuk materi sebagai sumber devisa. dan tempat hiburan. tempat perbelanjaan. gua. dan Pulau Menipo di Nusa Tenggara. wisata tirta (air). Contoh taman wisata alam. Contohnya Taman Nasional Laut Bunaken. Danau Towuti. 2008). 3. wisata agro (pertanian). Karya manusia yang berwujud peninggalan purbakala. kita pelihara pula manfaatnya sesuai dengan fungsi perlindungan dll. panorama indah. tempat-tempat ziarah dan lain-lain.

Jalur Aksesibilitas ke Taman Wisata Mekarsari 3. Kondisi topografi kawasan ini relatif cukup datar dengan kemiringan 8%. dari Bekasi 20 km ke arah selatan.BAB 3. tepatnya di Jalan Raya CileungsiJonggol Km 3 Cileungsi. Taman Wisata Mekarsari memiliki luas sekitar 264 ha meliputi empat desa. yaitu Desa Mekarsari. dari Bogor 40 km ke arah timur laut.2 Kondisi 3.2. Curah hujannya tinggi.1 Iklim Taman Wisata Mekarsari memiliki suhu rata-rata 27°C. Jalan untuk menuju lokasi mudah dijangkau. Desa Dayeuh. 3.2 Tanah Dan Topografi Taman Wisata Mekarsari terletak pada sudut elevasi 70-80 m dpl. PEMBAHASAN 3.000 mm/tahun. dan dari Cibubur 10 km ke arah tenggara. yaitu 3. yaitu dari Jakarta 30 km ke arah tenggara. Bogor. letaknya berada di Kabupaten Bogor. Desa Kidul. Secara administratif.2. Kecamatan Cileungsi. Gambar 1. dan Desa Mampir. Jenis tanah di . Kelembabannya berkisar antara 80% dan 90%. Taman Wisata Mekarsari terletak di garis lintang 6°30‟ LS dan garis bujur 106°52‟ BT.1 Letak dan Luas Kawasan Secara geografis.000-4.

Tujuan beliau membangun Taman Buah Mekarsari adalah untuk meningkatkan kualitas dan popularitas buah-buahan Indonesia agar dapat bersaing di pasar nasional dan internasional serta mengangkat harkat dan martabat para petani Indonesia.2. Selain tiga danau tersebut. kerbau.) selaku ketua Yayasan Purna Bhakti Pertiwi (YPBP).000 pohon.4 Vegetasi Dan Satwa Saat ini Taman Wisata Mekarsari mengoleksi lebih dari 100. Taman Wisata Mekarsari memiliki 8 buah deep well (sumur bor dalam) yang tersebar untuk menyimpan air dengan kedalaman rata-rata 150 meter setiap sumurnya. Danau Wiratama. sapi. Melihat keadaan tersebut.6 hektar). 3. Sayangnya. sebagai pusat penelitian dan pendidikan bagi masyarakat luas. yaitu Danau Cipicung (20 hektar). 1438 varietas. sebagai sarana lapangan . dan burung. warna. 1995).Taman Wisata Mekarsari adalah latosol yang berwarna coklat kemerahan (Yayasan Purna Bhakti Pertiwi. Untuk kebutuhan air di Taman Wisata Mekarsari.000 tanaman yang terbagi dalam 78 famili. monyet ekor panjang. dan 37. 400 spesies.2. kuda poni. 3. dan cita rasa khas tropis. Satwa tersebut adalah jenis mamalia dan aves seperti rusa totol. pengelola memanfaatkan tiga danau tersebut. buaya. potensi sumber daya alam tersebut belum dimanfaatkan serta dikembangkan secara optimal sehingga kelestarian dan usaha dalam peningkatan pendapatan bagi masyarakat dan petani belum diperoleh maksimal. pada awal tahun 1990 dibangunlah Taman Buah Mekarsari atas prakarsa Ibu Tien Soeharto (Alm.3 Sejarah Singkat Taman Wisata Mekarsari Indonesia menghasilkan aneka buah tropika dengan berbagai bentuk.3 Hidrologi Taman Wisata Mekarsari memiliki tiga danau yang tersebar di Family Zone dan Water Zone. kambing. Taman Buah Mekarsari berperan sebagai kebun koleksi dan percontohan tanaman hortikultura dan buah-buahan tropis Indonesia. dan Danau Baru (7. Taman Wisata Mekarsari pun memiliki satwa yang dibudidayakan dan sangat beragam jenisnya. 3.

Dalam Yayasan Purna Bhakti Pertiwi (1995).” 3. lamtoro gung menjadi simbol tanaman serba guna yaitu pelestari lingkungan hidup. PT. Penggantian nama ini menjadi simbol dari komitmen PT MUS untuk mengembangkan Taman Wisata Mekarsari menjadi objek wisata agro pilihan masyarakat selain untuk menyaksikan kekayaan jenis buah-buahan Indonesia maupun buah-buahan dari negara lain. . Namun. Bertepatan dengan hari pangan sedunia pada tanggal 14 Oktober 1995.kerja dan sebagai alternatif obyek tujuan wisata pertanian yang menarik bagi seluruh kalangan masyarakat. serta memiliki keunikan dan manfaat lainnya. serta pusat pelestarian plasma nutfah tanaman hortikultura. api. tahan terhadap genangan singkat. Hal tersebut sesuai dengan motto yang diusung Taman Wisata Mekarsari yaitu “Berwisata di Tengah Taman Buah. sebagai tanaman pelindung. dan Bermain. Melihat keunikan serta manfaat yang begitu banyak dari tanaman lamtoro gung.) yang dibangun di atas lahan bekas perkebunan karet yang sudah tidak produktif seluas 264 ha. kekeringan. yaitu sebagai pakan ternak. pusat pendidikan dan penelitian. dapat ditanam di lereng-lereng guna mencegah erosi dan longsor. pada tahun 2004 manajemen PT MUS melakukan repositioning dengan mengganti nama Taman Buah Mekarsari menjadi Taman Wisata Mekarsari. sebagai tanaman pupuk hijau.4 Desain Kawasan Pembangunan Taman Wisata Mekarsari sebagai tempat agrowisata memiliki konsep desain yang sangat unik dengan mengambil falsafah daun lamtoro gung. dan salinitas. tahan terhadap hama dan penyakit tumbuhan. angin. Exotica mengambil pola daun tanaman tersebut untuk membagi ruang serta sirkulasi di Taman Wisata Mekarsari. Taman Buah Mekarsari resmi dibuka oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia Bapak Soeharto (Alm. pemenuh kebutuhan jasmaniah maupun rohaniah. sebagai tanaman penghijauan kota/desa. Pengelolaannya sendiri dilakukan oleh PT Mekar Unggul Sari (MUS) sejak tanggal 14 April 1994 untuk menjaga tujuan awal berdiri serta pengembangannya sebagai objek agrowisata pilihan. Belajar.

dan panggung musik. .Tata ruang dibagi berdasarkan konsep daun lamtoro gung. memiliki sembilan wahana. Country Side berupa wahana rekreasi bernuansa perdesaan. Melon Park. Setiap blok memiliki zona rekreasi dengan keunikan tersendiri. Kids Fun Valley berupa sarana permainan anak. festival. Blok A terdapat Green Land Zone. D. Kebun Koleksi berupa wahana kebun koleksi tanaman buah tropis Indonesia yang berada di sepanjang jalur wisata. bazaar. dan E. tempat pengunjung dapat berinteraksi dengan memberi makan rusa. dan Taman air berupa koleksi tanaman air di dekat kebun Salak. Taman Ziarah yang terdapat sebuah makam dengan panjang ±17 meter. Taman Paradiso berupa taman bunga yang dilengkapi dengan gazebo bernuansa tradisional. Namun secara garis besar pembagian ruangnya terbagi menjadi dua jenis kebun yaitu kebun koleksi yang ditanami dengan tanaman langka (Blok B. Peta Taman Wisata Mekarsari dapat dilihat pada Lampiran 1. Blok B terdapat Family Zone. kesenian daerah. C. Danau Wiratama dengan pemandangannya yang indah. B. D. Terdapat lima daun yang menunjukkan pembagian blok yaitu Blok A. C. E) dan kebun komersial yang ditanami dengan tanaman bernilai jual di pasaran (Blok A). Di Blok B juga terdapat Festival Point yang merupakan tempat diselenggarakannya pameran. memiliki tujuh wahana yaitu Kebun buah komersial berupa tanaman pilihan yang bernilai komersial. The Pongo Show berupa pertunjukan empat dimensi. Family Garden berupa areal perkebunan sayuran dataran rendah dengan nuansa perdesaan. berupa rumah plastik dengan teknik budidaya hidroponik. Nursery yang merupakan pusat pembibitan semua tanaman di Taman Wisata Mekarsari. yaitu Garden Center yang terletak di bagian depan dan merupakan pusat penjualan bibit tanaman. Zonasi di Taman Wisata Mekarsari mengikuti desain pola daun lamtoro gung (Lampiran 2). Menara Pandang untuk menikmati pemandangan alam Taman Wisata Mekarsari. Masingmasing blok tersebut memiliki jumlah anak daun dan jenis tanaman yang berbedabeda. Konservasi Rusa Tutul. Wisata Kanal berupa petualangan menyusuri sebuah kanal dan dapat melihat koleksi tanaman buah-buahan tropis Indonesia.

Area taman parkir. Taman Wiratama. yaitu Taman Lotus merupakan taman air dengan koleksi bunga Lotus. Setiap taman memiliki kekhasan tersendiri dengan desain yang menawan. Taman Lotus. Taman air. yaitu Taman Bambu. 4. yaitu Taman Mediteran. yaitu Taman Semenanjung Barat dan Timur. yaitu Taman Labirin. merupakan area untuk berkemah ataupun untuk acara gathering yang terletak di depan kantor pemasaran dan informasi. Water park merupakan tempat bermain dan rekreasi air outdoor. dan Taman Hibiscus. Area Taman Danau. Danau Cipicung dengan wisata air yang menarik. dan Taman Hidroponik. Taman Semenanjung. Bangunan Air terjun. Taman yang ada di kawasan Taman Wisata Mekarsari adalah sebagai berikut : 1. 3. Area main enterance.1 Taman Landskap taman tersebar di seluruh kawasan Taman Wisata Mekarsari. 3. Pulau Mekarsari terletak di tengahtengah Danau Cipicung dengan pemandangan yang indah. Taman Ziarah. Taman Rusa. Area Blok C dan D. Pada area Blok D terdapat Mediteran Exotic Zone yang memiliki dua wahana yaitu rumah Pohon Leo merupakan tempat menginap bagi pengunjung yang bernuansa alami dikelilingi kebun buah dan Taman Mediteran berupa taman bernuansa Timur Tengah Pada Blok E terdapat Water Zone dengan lima wahana.5 Landskap 3. Taman Gathering merupakan areal outdoor yang luas di dekat danau dan di antara kebun buah-buahan. dan Camping Ground. Sabut Kelapa Outbond merupakan arena outbond di tengah-tengah taman kelapa.Antara Blok A dan B terdapat Central Park Zone yang memiliki tiga area.5. yaitu Taman Paradiso. 2. Zonasi kawasan pada Taman Wisata Mekarsari menghadirkan beberapa lanskap dengan ciri khas masing-masing. Area Blok A. Plaza Air Mancur. merupakan kantor pemasaran dan informasi Taman Wisata Mekarsari. 5. yaitu Plaza air Mancur yang merupakan daya tarik Central Park Zone dengan latar belakang Bangunan Air Terjun. . Taman Belimbing. terletak di titik tengah Taman Wisata Mekarsari.

Areal kebun koleksi merupakan lahan dengan tanaman perkebunan yang sifatnya menjadi koleksi di Taman Wisata Mekarsari. Pola tanam tanaman di area kabun komersial dan koleksi ada yang zig-zag. wahana. Taman Wisata Mekarsari memiliki taman-taman kecil di dekat bangunan.5. Gambar 3. ataupun jogging track. disesuaikan dengan bentuk dan kondisi lahan. C. dan E. persegi empat.2 Kebun Kebun di Taman Wisata Mekarsari merupakan areal yang berisi tanaman perkebunan baik yang bersifat komersial dan koleksi.Selain area-area yang disebutkan di atas. dan kotak. sedangkan areal kebun koleksi terdapat di Blok B. D. Landskap Kebun Tanaman tersebut adalah buah Melon dengan bentuknya yang unik seperti bintang. dan persegi panjang. Areal kebun komersial berisi tanaman yang memiliki nilai jual dan salah satunya Taman merupakan Wisata ikon di Mekarsari. Taman Mediteran 3. hati. Gambar 2. Areal kebun komersial terdapat di Blok A. Jarak tanam masing-masing tanaman pun berbeda disesuaikan dengan tinggi . Tanaman tersebut merupakan tanaman tropis langka yang sebagian besar berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Areal kebun di Taman Wisata Mekarsari dilengkapi dengan saung atau tempat berjualan buah hasil dari kebun yang terletak di beberapa tanaman kebun komersial.tanaman dan lebar tajuk. .3 Sawah Sawah merupakan hamparan padi yang ditanam di areal seluas ±1 ha di sebelah kiri dan kanan jalan areal Blok B. Untuk areal kebun koleksi. Selain itu. 3. terdapat irigasi yang alirannya menuju danau. terdapat kolam untuk memandikan kerbau dan menangkap ikan.5. Pembagian areal tanam untuk padi disesuaikan dengan bentuk lahan yang ada sehingga memberi kesan alami. membuat suasana seolah-olah berada di Gambar 4. Air danau ini dimanfaatkan untuk penyiraman tanaman. Landskap Sawah 3.4 Danau Danau Cipicung merupakan danau alami seluas 20 ha dengan kedalaman terdalam 30 m. sebuah saung dan jembatan yang terbuat dari bambu. pada beberapa kebun tanaman komersial. Begitu pula dengan air danau Wiratama dan danau Baru digunakan untuk penyiraman tanaman sekitar baik tanaman lanskap maupun perkebunan. Landskap Danau perdesaan. pengunjung juga dapat memetik buah secara langsung(wahana Melon). Gambar 5. tetapi dapat membelinya di bursa buah yang letaknya di dekat Garden Center.5. pengunjung tidak dapat menikmati secara langsung buah yang dipanen di area tersebut. Semua elemen baik soft material dan hard material tersebut menciptakan kesatuan. Hal tersebut bertujuan agar pengunjung dapat membeli dan menikmati langsung buah yang baru dipanen. Sawah dikelilingi pohon kelapa.

. 3. Di sekitar danau terdapat gazebo dan bangku-bangku taman. Landskap jalan ada yang terbentuk secara alami. ataupun percabangan yang tidak mudah patah.). Beberapa sarana yang disediakan di Taman Wisata. jakaranda (Jacaranda sp. dan lampu. sutra bombay (Portulaca sp. ada juga yang buatan manusia. tentu menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan mampu menampung kepentingan para pengunjung. Landskap jalan diperuntukkan terutama bagi kenyamanan pemakai jalan serta fungsi keamanan dan diusahakan menciptakan lingkungan jalan yang indah dan serasi. Tanaman yang dipakai untuk landskap jalan biasanya tanaman yang perakarannya tidak merusak konstruksi jalan.).). dan pohon. dan palem botol (Mascarena lagenicaulis). Di taman ini pengunjung dapat duduk bersantai dan menikmati pemandangan alam danau yang indah sekaligus sebagai tempat gathering outdoor yang nyaman.5. soka (Ixora sp. Taman ini mampu menampung hingga 10.000 orang. bogenvil (Bougenvilea sp. Tanaman tersebut antara lain adalah kacangkacangan (Arachis pintoi).).Taman Kelapa Danau yang terletak sepanjang pinggir danau merupakan rest area yang sangat nyaman dan indah. Tanaman jalan merupakan tanaman yang dipakai dalam landskap jalan yang pemeliharaannya mudah. beringin (Ficus benjamina).5 Jalan Landskap jalan merupakan media untuk mendistribusikan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan fasilitas pendukung seperti shelter. Jalur inspeksi ditanami oleh pohon jati (Tectona grandis) dan bambu krisik (Bambusa multiplex). semak. Taman Wisata Mekarsari didukung oleh sarana jalan yang cukup memadai baik jalan utama maupun jalan inspeksi luar. rambu lalu lintas.6 Sarana dan Prasarana Taman Wisata Mekarsari sebagai objek wisata yang baik. 3. pisang hias (Heliconia sp. Jalan utama ditanami tanaman groundcover.).

tempat pelatihan menanam tanaman . Nursery melon. Sarana Fungsi Luas (m2) 1. Gerbang Lamtoro Bapak H. Laboratorium Biosari lamtoro gung melengkung ke atas.6. dan 50000 pusat membudidayakan tanaman di Taman Wisata Mekarsari. Gedung Graha Krida Gedung penerimaan pengunjung yang 2592 2. Tempat penjualan oleh-oleh dan 254 cendera mata khas Taman Wisata 4. Sistem budidaya dengan sistem wawasan tanaman tanaman hidroponik tentang dengan melon 2880 dan tabulampot dan sebagai tempat untuk belajar sistem hidroponik tanaman 9. 5. Sarana pendidikan yang dapat 3100 dimanfaatkan masyarakat baik umum maupun institusi pendidikan untuk meningkatkan pembudidayaan 8. Pusat penjualan bibit tanaman buah.3. Gerbang Bentar 6. Soeharto (Alm. Green House teknologi canggih.). 160.1 Sarana No. dan sayuran unggul yang 3.M. Sari (GKS) Garden Center memiliki 3 lantai. Prasasti Mekarsari Mekarsari Prasasti peresmian Taman Buah 19 Mekarsari oleh Presiden ke-2 RI. didesain menyerupai daun 7. Candi Gerbang masuk utama Taman Wisata 330 Mekarsari yang didesain bentuk pintu masuk candi Bali Gerbang kedua setelah gerbang Candi 49 Bentar. Tempat memperbanyak tanaman.5 bunga. Toko dihasilkan Taman Wisata Mekarsari.

Rumah Pohon Leo Kantor serangga dan kupu-kupu.2 Sari Sumber : Pengelola Taman Wisata Mekarsari 3. Fasilitas penginapan yang disediakan 155. pengairan. . komunikasi. sertajalan pada tiap taman. D. contohnya jalan. Terdapat 5 unit mushola yaitu mushola Ar-roza. mushola di area nursery.6 Taman Wisata Mekarsari Kantor pengelolaan PT. dsb). Mekar Unggul 963. 11. Instalasi listrik dibuat didalam tanah. SPBU Menara Pandang) Taman Wisata Mekarsari memiliki SPBU dgn luas 2600 m2. dan area danau. proyek. Lebih lengkap prasarana tersebut disajikan dalam tabel berikut ini : No. dilengkapi rumah 10.sayur maupun buah. pembangunan. Prasarana 1. jalan batang daun. 7. dan sistem perhubungan. Beberapa penangkal petir yang terdapat di atas tiga gedung (Graha Krida Sari. area 3. serta jalan inspeksi luar maupun jalan-jalan setapak yang terdapat di dalam daun-daun pada blok 2. Mushola A. Penangkal Petir unit dengan kedalaman tiap sumur 150 meter. Jalan Keterangan Terdapat jalan utama. Instalasi Listrik Air Bersih Wisata Mekarsari. B. Laboratorium Biosari. 5. Toilet kebun salak. Terdapat 19 unit toilet permanen dan 18 unit portable yang kesemuanya tersebar di seluruh kawasan Taman 4. area kebun belimbing.2 Prasarana Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha. C. dan E. jalan anak daun.6. Berasal dari danau yang ada di kawasan Taman Wisata Mekarsari dan juga berasal dari deep well yang tersebar di kawasan tersebut dan dibuat sebanyak 8 6.

Kegiatan Operasional 2. RAB 1.850. 3. Pengelolaan Limbah Taman Wisata Mekarsari menyediakan tempat sampah yang tersebar di seluruh kawasannya untuk menampung sampah baik organik dan inorganik.524. 5. pupuk. dan tetap. 6. 4. Adapun rancangan biaya pemeliharaan Taman Wisata Mekarsari Pada Tahun 2011 disajikan pada tabel berikut ini : No.7 Anggaran Biaya Pengelolaan Taman Menurut Arifin dan Arifin (2005). Kelengkapan dan efektivitas peralatan pemeliharaan taman.8. Untuk rencana anggaran biaya peralatan selama 1 tahun sejumlah Rp 57. Desain taman dan penggunaan elemen-elemen taman (intensif atau tidak intensif).000. Luas areal taman.678. dan bahan tanaman.000.00 Periode 1 tahun rencana anggaran pemeliharaan Taman Wisata Mekarsari pada tahun 2011 untuk biaya operasional selama 1 tahun sejumlah Rp 69.524.850. biaya pemeliharaan taman perlu dianggarkan secara teliti dan terinci.8 Analisis SWOT Taman Wisata Mekarsari .00 . bahan kimia. Biaya tenaga supervisor dan tenaga ahli. Kedua rencana anggaran biaya pemeliharaan tersebut belum termasuk rencana anggaran biaya karyawan dan anggaran biaya rupa-rupa. Standar biaya tenaga kerja harian. Penyusunan anggaran biaya tersebut tergantung pada beberapa hal berikut : 1. material. 3. Peralatan Jumlah Pada tersebut dapat dilihat Jumlah Keterangan Rp 69.00 Periode 1 tahun Rp 127.00 Periode 1 tahun Rp 57. media. Bahan habis pakai. 2.850.00 yang meliputi kebutuhan pestisida. honorer. 3.202.678.

penyiangan gulma. gazebo. penyulaman. atau acara lain yang memerlukan panggung.9 Perawatan Taman Wisata Mekarsari Seksi Kebersihan dan Tata Lingkungan bertanggung jawab dalam kegiatan pemeliharaan dua elemen lanskap. Tim . seperti saung. antara lain sebagai berikut : 1. Dekorasi tersebut misalnya pada gathering. Dimana dengan kelebihan tersebut membuat tempat Mekarsari dapat bersaing dengan tempat rekreasi yang lain dan terus berkembang. : Produksi buah tidak menentu karena kendala musim yang tidak menentu dan organisme pengganggu tanaman yang kemungkinan dapat mengganggu tanaman lainnya. event. patung.Strenght : Secara keseluruhan taman Mekarsari tertata rapi temperatur sejuk dengan banyaknya tanaman-tanaman di sekitar. serta pengendalian hama dan penyakit tanaman. Pemeliharaan soft material dimulai dari penyapuan. 2. pembersihan kolam. Opportunity Thread : Taman rekreasi ini bisa terus berkembang. penyentikan. 3. gua. yaitu soft material dan seluruh kawasan Taman Wisata Mekarsari. Dekorasi tanaman Dekorasi tanaman meliputi dekor indoor dan outdoor sebagai penunjang pelayanan wisata. penyiraman. memiliki tim khusus yang menangani pembuatan alat/ bahan dan elemen taman yang sifatnya artistik. seksi Kebersihan dan Tata Lingkungan juga memiliki job tambahan. pemupukan. dilihat dari usia taman dan perbaikan serta perawatan taman yang terus dijaga. Seksi Kebersihan dan Tanaman Lanskap dalam membantu pelayanan wisata. Kemudian drainase sangat baik. Selain pemeliharaan yang menjadi tugas utama. Pemeliharaan hard material berupa pengecatan ulang. batu. sarana dan prasarana lengkap yang ada di sana. Weakness : Untuk akses menuju ke Mekarasari pada jalannya cukup jauh dari kota bogor sehingga menimbulkan kemacetan menuju ke lokasi dan banyaknya polusi di hasilkan dari kemacetan tersebut. pemangkasan. dan bangku taman.

khusus juga menangani pembuatan taman maupun perbaikan taman di Taman Wisata Mekarsari. .

BAB 4. produksi buahnya tidak menentu dan adanya OPT . 4. 2. Peluangnya ialah taman Mekarsari merupakan salah satu taman yang bisa terus berkembang dan bersaing dengan taman wisata yang lainnya. 7. 5. diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1. PENUTUP 4. kebun. Zona yang ada di taman Mekarsari antara lain Green Land Zone. Central Park Zone dan Water Zone. sawah. Kondisi iklim. Festival Point. Taman wisata Mekarsari merupakan salah satu taman wisata yang didisain sedemikian rupa dengan perpaduan antara komponen lunak dan komponen keras yang dapat dinikmati keindahannya. jalan yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang memberikan kenyamanan terhadapn para pengunjung. Taman wisata Mekarsari merupakan taman dengan luas areal sekitar 264 ha dan terletak dikawasan yang sangat strategis yakni di daerah Bogor. Hasil Analisis Swot taman wisata taman Mekarasari antara lain : Kekuatan dari adanya taman ini ialah taman tertata dengan rapi. kondisi hidrologi serta vegetasi dan satwa kawasan taman Mekarsari sangat mendukung untuk pengembangan wisata yang dapat dinikmati pengunjung yang datang. 6. 3. Desain taman wisata Mekarsari merupakan desain taman agrowisata yang mengambil falsafah daun lomtoro gung dan didisain dengan segala keunikannya. tanah dan topografi. Pendiri taman wisata Mekarsari ialah Ibu Tien Soeharto (Alm) selaku Ketua Yayasan Purna Bhakti Pertiwi (YPBP). Sedangkan hambatan yang ada di taman Mekarsari ini ialah pada taman buah. kondisi alam mendukung dan dilengkapi dengan sarana prasarana untuk kenyamanan pengunjung yang datang berkunjung.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil pembahasan dan tinjauan teori yang telah dipaparkan. Landskap kawasan taman wisata Mekarsari meliputi landskap taman. Family Zone. Kelemahannya ialah jarak tempuh cukup jauh dari kota Bogor dan sering timbul kemacetan dijalan. danau. 8.

2 Saran Sebaiknya pengembangan taman wisata yang ada di Indonesia terus dilakukan dan menjaga taman wisata yang telah ada melalui perawatan-perawatan yang lebih intensif.pada suatu tanaman sehingga pengunjung tidak mesti dapat menikmati taman buah di Mekarsari ini. sehingga dapat menjadikan taman wisata yang ada di Indonesia sebagai taman wisata yang tidak hanya dikunjungi dan diminati oleh masyarakat lokal tetapi juga dapat dinikmati oleh pengunjung mancanegara. 4. 9. . Perawatan taman Mekarsari dilakukan dengan menjaga dekorasi tanaman baik indoor maupun outdoor dan menjaga kebersihan dari taman tersebut.

blogspot.com/2008/12/fungsi-dan-peranan-tamanwisata-alam. 2009. 2013.DAFTAR PUSTAKA Goenawan. Kepariwisataan. http://insanpariwisata.org/mw/PELESTARIAN_MAKHLUK_HIDUP_6. Umardiono. 2008. 1990. Jurnal Wisata Lansekap 24 (3) : 192 – 201. Yayat. 2011. Yogyakarta : Pustaka Grahatama.dkk. Kian. Nomor 9. Pelestarian Makhluk Hidup. Analisis Pemintaan dan Nilai Ekonomi Taman Wisata Waduk Selorejo Sebagai Tempat Rekreasi dengan Metode Biaya Perjalanan.com/2013/01/29/konsep-desain-tamanminimalis/ (Diakses tanggal 1 Maret 2013). Jurnal Ekonomi Lingkungan 15 (1) : 69 – 90. Tim Elhaqstudio. Undang-Undang Republik Indonesia. . Izin Beres Bisnis Sukses. Andy.crayonpedia.html (Diakses tanggal 2 Maret 2013). Pengembangan Obyek Wisata Taman Nasional Laut Kepulauan Karimun Jawa. 2011. Fungsi Dan Peranan Taman Wisata Alam / Cagar Alam Patengan Sebagai Kawasan Konservasi.1 _YAYAT_IBAYATI (Diakses tanggal 2 Maret 2013). http://elhaqstudio. Tim Insan Pariwisata. 2008. http://www. Ibayati.blogdetik. Ismail. Konsep Desai Taman Minimalis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful