Tugas Referat

PROPOFOL

Disusun oleh : RIANTI KAMA RATIH (111.0221.138)

Pembimbing : Letkol. CKM. Dr. A. B Lubis, SpAn

KEPANITERAAN BAG. ANESTESI PERIODE 18 JUNI – 20 JULI 2012 RS TK. II MOH RIDWAN MEUREKSA KESDAM JAYA

Fungsi pernafasan dan jantung harus dipantau terus menerus. dll. Sediaan : Amp 1% x 20 ml. sehingga beberapa detik sebelumnya dapat diberikan lidokain 1-2 mg/kg intravena.5 – 6 mcg per ml ( 8.5mg/kgbb (berikan secara lambat dalam 30 detik dalam 2-3 dosis bagi. prefilled syringe 1% x 50m Page | 2 . DOSIS DAN SEDIAAN Dewasa Induksi Maintenance : 2 – 2. 2% x 50ml. totrasi lambat hingga efek yang diinginkan. Vial 1% x 50ml.PROPOFOL Propofol biasanya menggunakan merk dagang Diprivan. Kurang dari 1% dieksresikan dalam bentuk utuh. : 25 – 50 mg diberikan bolus IV Infuse 100 – 200 µg/kg/menit Anti emetic IV 10 mg Sedasi : bolus IV.42 – : Distribusi cepat ( 2 – 4 menit ) 33.Metabolisme : cepat dimetabolisme di hati dengan konyugasi glukoronid dan sulfat -Eksresi : melalui urin.25 – 50 mg (0. Propofol dikemas dalam cairan emulsi lemak berwarna putih susu bersifat isotonic dengan kepekatan 1% (1 ml = 10mg). Atau nama lain yang biasa digunakan adalah disopropol repovol. FARMAKOLOGI PROPOFOL Data Farmakokinetik -Protein Binding : 95 – 99 % -Konsentrasi Plasma -Waktu Paruh : 1.66 micromoles per liter ) dan Lambat ( 30 – 60 menit ) serta waktu paruh pembuangan propofol kira-kira 1-3 jam . Suntikan intravena sering menyebabkan nyeri.5 – 1 mg/kg).

INDIKASI Propofol merupakan obat golongan short acting. dan pada prosedur colonoscopy. dan kapasitas fungsi residu. seperti pada Intensive Care Unit (ICU). tergantung dari beberapa faktor seperti premedikasi. konsumsi oksigen metabolisme cerebral. dosis. ventilasi mekanik dewasa. mean inspiratory flow rate base. intravena. nonbarbiturate sedativa / hipnotik intravena yang digunakan untuk menginduksi anastesi umum pada dewasa dan pasien anak-anak yang berusia lebih dari 3 tahun. dan adanya hyperventilasi atau hiperoxia. Propofol dapat menurunkan tekanan darah selama induksi anastesi terutama karena peningkatan tahanan perifer .5 mg/kg BB adalah 3 – 5 menit. Propofol tidak ditujukan pada Pasien pediatric untuk perawatan monitor anestesi (MAC) sedasi atau sedasi dalam perawatan intensif. Tekanan darah sistemik kembali normal dengan intubasi trakea. Mula kerja (OOA) : Kehilangan kesadaran terjadi cepat dan lembut. Depresi ventilasi dapat diredakan oleh nyeri stimulasi bedah. tidal volume. dan inhalasi anestesi pada dewasa dan pasien anak yang berusia lebih dari 2 bulan. tingkat administrasi. dan endoskopi.Propofol menurunkan tekanan arteri sitemik kirakira 30% tetapi efek ini lebih disebabkan oleh vasodialtasi perifer ketimbang penurunan curah jantung. Propofol juga sering di gunakan untuk sedasi pada keadaan medis. EFEK UTAMA • Efek Hemodinamik : Efek hemodinamik propofol secara umum lebih tegas dibanding obat anestesi intravena lainnya. • Efek Pernapasan : Seperti tiopental sesudah pemberian IV yakni terjadi depresi napas sampai apnea selama 30 detik. • Efek Cerebral : Propofol menurunkan aliran darah cerebral. biasanya 40 detik Lama Kerja (DOA) : rata – rata durasi single bolus 2 – 2. Toleransi dapat terjadi pada pemakaian jangka panjang. Propofol juga menurunkan nilai pernapasan. Propofol juga di indikasikan dalam memelihara anestesi yang menggunakan tehnik seimbang dengan obat lainnya seperti opioid. Propofol dapat digunakan dalam “Day Surgery’ tidak ada efek kumulatif atau lambatnya kembali sadar. juga pada operasi gigi. sedasi untuk mengintubasi. tekanan intrakranial. Page | 3 . dan meningkatkan resistensi cerebrovaskular. perawatan dokter.

• Page | 4 . kejang. : pancreatitis akut : nyeri pada tempat suntikan (Nyeri ini bisa di cegah dengan pemberian lidokain). gerakan klonik. terbakar. urtikaria.mioklonik. produk telur. phlebitis : eritema. kedelai atau kedelai produk. SSP Renal Hepar Local Alergi : nyeri kepala. opistotonus. Pasien dengan alergi telur. : urine berwarna hijau (pada penggunaan propofol jangka panjang).EFEK SAMPING LAIN Postoperative infeksi dan setelah kematian telah dilaporkan setelah penggunaan propofol administratif yang tidak menggunakan teknik aseptic ketat. KONTRA INDIKASI • Propofol Injectable emulsi adalah kontraindikasi pada pasien yang dikenal dengan hypersensitivity Propofol Injectable emulsi atau komponennya. pruritus.

Edisi II.from science to practice 6. 2. B. dkk. 5. Jakarta: Bagian Anastesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.S. Esensial anesthesia. Jakarta : EGC. Farmakologi dan Terapi Edisi 5. dr. 2001. Mary J. Tim Departemen Farmakologi FKUI. Katzung. 1998. Petunjuk Praktis Anastesiologi Edisi Kedua. Mycek. Ed. Farmakologi Dasar Dan Klinik.T. 2011. Buku Saku Obat – obatan Anastesi. Latief Said. Jakarta. EGC. Gravenstein. Ed 6.2 Page | 5 . Melfiawati Setio. Euliano.Y. 4.DAFTAR PUSTAKA 1. Farmakologi : ulasan bergambar. J. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful