BAHAYA MERKURI (BINA MULAYANA Amd.

Kep)

A. Definisi Merkuri Merkuri dilambangkan dengan Hg, akronim dari Hydragyrum yang berarti perak cair. Merkuri merupakan salah satu unsur logam yang terletak pada golongan II B pada sistem periodik, dengan nomor atom 80 dan nomor massa 200.59. Merkuri (air raksa, Hg) adalah salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu - batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik. Umumnya kadar dalam tanah, air dan udara relatif rendah. Berbagai jenis aktivitas manusia dapat meningkatkan kadar ini, misalnya aktivitas penambangan yang dapat menghasilkan merkuri sebanyak 10.000 ton / tahun. Pekerja yang mengalami pemaparan terus menerus terhadap kadar 0,05 Hg mg/m3 udara menunjukkan gejala nonspesifik berupa neurastenia, sedangkan pada kadar 0,1 – 0,2 mg/m3 menyebabkan tremor. Dosis fatal garam merkuri adalah 1 gr. Logam merkuri yang dihasilkan digunakan dalam sintesa senyawa senyawa anorganik dan organik yang mengandung merkuri. Dalam kehidupan sehari-hari, merkuri berada dalam tiga bentuk dasar, yaitu: 1. Merkuri elemental (Hg): terdapat dalam gelas termometer, tensimeter air raksa, amalgam gigi, alat elektrik, batu batere dan cat. Juga digunakan sebagai katalisator dalam produksi soda kaustik dan desinfektan serta untuk produksi klorin dari sodium klorida. 2. Merkuri inorganik: dalam bentuk Hg++ (Mercuric) dan Hg+ (Mercurous) Misalnya: a. Merkuri klorida (HgCl2) termasuk bentuk Hg inorganik yang sangat toksik, kaustik dan digunakan sebagai desinfektan b. Mercurous chloride (HgCl) yang digunakan untuk teething powder dan laksansia (calomel)

tidak berbau dengan berat molekul 200. Merkuri merupakan logam yang dalam keadaan normal berbentuk cairan berwarna abu-abu. Hg akan memadat pada tekanan 7.640 Atm. B. eter. galium. dan brom serta sifatnya mudah menguap. Misalnya memakan ikan yang tercemar zat tersebut dapat menyebabkan gangguan neurologis dan kongenital. Bentuk fisik dan kimianya sangat menguntungkan karena merupakan satu-satunya logam yang berbentuk cair dalam temperatur kamar (25°C).59.l. Selain itu merkuri mempunyai kecenderungan untuk menguap yang lebih besar. : a. merkuri adalah konduktor yang baik. Sifat-sifat Merkuri Unsur golongan logam transisi ini berwarna keperakan dan merupakan satu dari lima unsur yang berbentuk cair dalam suhu kamar. fransium. b. Tidak tercampurkan dengan . karena ia reaktif dengan suhu tinggi. Tidak larut dalam air. dan titik bekunya paling rendah (-39°C). hydrogen bromida dan hidrogen iodide. asam hidroklorida. Sifat lainnya adalah. a. 3. Larut dalam asam nitrat. Mercurous fulminate yang bersifat mudah terbakar. yaitu cesium. Di samping itu. Merkuri organik: terdapat dalam beberapa bentuk. karena dapat mengalirkan arus listrik dengan baik baik tegangan arus listrik tinggi maupun tegangan arus listrik rendah.c. Merkuri juga mudah bercampur dengan logam-logam lain dan menjadi logam campuran (Amalgam/Alloy). Metil merkuri dan etil merkuri yang keduanya termasuk bentuk alkil rantai pendek dijumpai sebagai kontaminan logam di lingkungan. asam sulfurik panas dan lipid. alkohol. Merkuri dalam bentuk alkil dan aryl rantai panjang dijumpai sebagai antiseptik dan fungisida.

merupakan bentuk logam dari merkuri. asam hidroklorida. Merkuri merupakan logam yang dalam keadaan normal berbentuk cairan berwarna abu-abu. meski hanya dengan 20 persen volumenya yang terendam. Larut dalam asam nitrat. Toksisitas merkuri berbeda sesuai bentuk kimianya. asam. logam ini berwarna perak. Senyawa Hg akan tersimpan dan terakumulasi secara permanen di dalam tubuh. Secara umum logam merkuri memiliki karakteristik sebagai berikut: 1. Di antara berbagai macam logam berat yang ada. logam. tidak berbau dengan berat molekul 200. Tidak larut dalam air. Merkuri metalik dikenal juga dengan istilah merkuri unsur (mercury element). Merkuri memiliki densitas yang tinggi. Tidak tercampurkan dengan oksidator. termostat. sehingga apabila benda-benda padat dan berat seperti bola biliar akan menjadi terapung jika diletakkan di dalam cairan raksa. merkuri dan turunannya disebut sebagai bahan pencemar paling berbahaya. alkohol. barometer dan lainya.59. halogen. logam. Semua senyawa Hg bersifat toksik untuk makhluk hidup bila memajan makhluk hidup dalam jumlah yang cukup dan dalam waktu yang lama. bahan-bahan yang mudah terbakar. eter. Berwujud cair pada suhu kamar (250C) dengan titik beku (-390C) 2. sedangkan merkuri organik seperti metil merkuri bersifat toksis pada sistim syaraf pusat. asam sulfurik panas dan lipid. asam. spignometer. yaitu terjadi inhibisi enzym dan kerusakan sel sehingga kerusakan tubuh dapat terjadi secara permanen. halogen. Merupakan logam yang paling mudah menguap . misalnya merkuri inorganik bersifat toksik pada ginjal. hydrogen bromida dan hidrogen iodide.oksidator. bahan-bahan yang mudah terbakar. logam carbide dan amine. logam carbide dan amine. Jenis merkuri ini digunakan pada alat-alat laboratorium seperti termometer raksa.

Merkuri metalik ini masuk dalam sistem peredaran darah manusia dan dengan bantuan hidrogen peroksidase merkuri metalik akan dikonversi menjadi merkuri anorganik. Uap merkuri tersebut akan di serap oleh akar gigi. Dapat membentuk alloy dengan logam lain (disebut juga dengan amalgam) Merkuri metalik digunakan secara luas dalam industri. selaput lendir dari mulut dan gusi. Amalgam gigi mengandung 50 % unsur merkuri. sebagian dari merkuri menguap ke udara. Kegiatan mengunyah dan meminum makanan dan minuman yang panas menaikan frekuensi lepasnya tambalan gigi. Tambalan amalgam melepaskan partikel mikroskopik dan uap merkuri. terutama ekstraksi emas dari bijihnya digunakan juga sebagai katalis dalam industri kimia serta sebagai zat anti kusam dalam cat. Termometer merkuri yang pecah merupakan salah satu contohnya. Merkuri metalik dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui saluran pernapasan. lalu sampai ke kerongkongan dan saluran cerna. diabsorbsi oleh alveoli paru-paru. Memiliki tahanan listrik yang sangat rendah sehingga digunakan sebagai penghantar listrik yang baik 4.3. Penggunaan merkuri metalik yang lain dan paling umum adalah pada amalgam gigi. Merkuri metalik dalam saluran gastrointestinal akan dikonversi menjadi merkuri sulfida dan diekskresikan melalui feces. Logam ini juga digunakan proses ektraksi logam mulia. 35 % perak. Merkuri metalik tersebut dapat terhirup oleh manusia yang berada di dekatnya. Ketika termometer pecah. dan ditelan. Amalgam ini digunakan sebagai penambal gigi berlobang. Delapan puluh persen (80%) dari merkuri uap yang terhirup. Para peneliti dari University Of . diantaranya sebagai katoda dalam elektrolisis natrium klorida untuk menghasilkan soda kautik (NaOH) dan gas klorin. 9 % timah 6 % tembaga dan seng.

Senyawa merkuri anorganik terjadi ketika merkuri dikombinasikan dengan elemen lain seperti klorin (Cl ). Pada suhu kamar kelarutannya dalam air sekitar 60mg/L dan 5-50 mg/L dalam lipida. Senyawa kimia lain yang mengandung merkuri masih digunakan sebagai anti bakteri. sulfur atau oksigen.2003) Merkuri metalik larut dalam lemak dan didistribusikan keseluruh tubuh. Uap merkuri hadir dalam bentuk monoatom yang apabila terserap ke dalam tubuh akan dibebaskan ke dasar alveoler. Merkuri chlorida (HgCl2) adalah sebagai antiseptic atau disinfektan. Setelah menembus Blood-Brain Barier. Pada waktu lampau. Produk ini termasuk mercurochrome . Bila ada oksigen. kecuali merkuri sulfida (HgS) yang biasa disebut Chinabar adalah berwarna merah dan akan menjadi hitam setelah terkena sinar matahari. Bentuk kimia merkuri mempunyai pengaruh terhadap pengendapannya. merkuri metalik akan terakumulasi dalam otak. obat cacing dan bahan penambal gigi. Secara umum ada tiga bentuk merkuri. Merkuri anorganik. Senyawa-senyawa ini biasa disebut garam-garam merkuri. Garam-garam merkuri anorganik termasuk amoniak merkurik klorida dan merkuri iodide digunakan untuk cream pemutih kulit. Sedangkan merkuri yang menembus Placenta Barier akan merusak pertumbuhan dan perkembangan janin.Calgari melaporkan bahwa 10 % merkuri yang berasal dari amalgam pada akhirnya terakumulasi di dalam organ-organ tubuh (McCandless. 2. Senyawa merkuri anorganik berbentuk bubuk putih atau kristal. merkurous klorid digunakan dalam dunia kedokteran untuk obat penjahar (urus-urus). yaitu: 1. merkuri diasamkan langsung ke dalam bentuk ionik. Senyawa Hg anorganik digunakan sebagai fungisida. Keduanya merupakan selaput yang melindungi otak atau janin dari senyawa yang membahayakan. Unsur merkuri mempunyai tekanan yang tinggi dan sukar larut di dalam air. Merkuri metalik dapat menembus Blood-Brain Barier (B3) atau Plasenta Barier.

bahan cat. contohnya metal merkuri. 3. Merkuri klorida juga digunakan sebagai katalis. Ion merkuri dapat membetnuk garam tersebut sangat mudah larut dalam air dan sangat toksik. industri baterai kering. Merkuri asetat digunakan untuk sintesa senyawa organomerkuri. baterai kering. sedangkan merkuri sulfida digunakan pula sebagai pewarna merah pada tattoo. berjalan terlihat kaku dan hilang keseimbangan serta hilangnya daya ingatan. yang kemudian merambat ke jari-jari tangan. Bila keracunan berlanjut maka tremor akan terjadi pada lidah. Pada waktu yang lampau. antiseptik. Gejala berlanjut dengan tremor toto muka. photografi. sebaliknya garam merkuro yang terbentuk dari ion merkuro tidak larut dalam air dan kurang toksisk.(mengandung 2% merkuri sulfida) dan merkuri oksida digunakan untuk zat warna pada cat. berbicara terbata-bata. Senyawa-senyawanya banyak digunakan sebagai disinfektan. Gejala tremor yang muncul pada abad ke 18 disebut ‘hatter’s shakes’ (topi bergoyang) karena pada saat itu banyak pekerja di pabrik topi dan wol menderita gejala tersebut. toksisitas merkuri anorganik ternyata telah dikenal sejak abad ke-18 dan ke-19 dengan gejala tremor pad aorang dewasa. tetapi yang paling populer adalah metilmerkuri (dikenal dengan monometilmercuri) CH3 — Hg — COOH. Merkuri organic merupakan bentuk senyawa organologam dimana logam merkuri berikatan langsung dengan unsur karbon. dan fungisida dalam pengawetan kayu. Saluran . Pada akhirnya keracunan kronis akan mengakibatkan kematian. senyawa organomerkuri yang dikenal adalah fenilmerkuri yang digunakan dalam beberapa produk komersial. di pabrik kayu dan pabrik tekstil. Banyak jenis organomerkuri. pestisida. Kendati demikian. sebagai katalis dalam reaksi-reaksi polimerisasi organik dan sebagai reagen dalam kimia analisa2. Organomerkuri lainnya adalah dimetilmerkuri (CH3 — Hg — CH3) yang juga digunakan sebagai standar referensi tes kimia. Spesies ion merkuri merupakan hasil dua tahapan oksidasi dari logam merkuri.

3. dan relatif terkonsentrasi pada beberapa daerah vulkanik dan endapanendapan mineral biji dari logam-logam berat. Menurut Irvingetal. dan beberapa penggunaan industri termasuk untuk proses penambangan emas. Karena sifatnya yang larut dalam lipida. Merkuri digunakan pada berbagai aplikasi seperti amalgam gigi. C. Metil merkuri dapat diserap secara langsung melalui pernapasan dengan kadar penyerapan 80%. jumlah merkuri yang terserap ke dalam akar rambut adalah berbanding lurus dengan konsentrasi metil merkuri di dalam darah. 4.6. Uapnya dapat menembus membran paru-paru dan apabila terserap ke tubuh. sebagai fungisida.pernapasan merupakan jalan utama penyerapan merkuri dalam bentuk unsur. Bentuk racun dari air raksa pada proses masuk pada tubuh manusia adalah methyl mercury (CH3Hg+ dan CH3-Hg-CH3) dan garam organik. 2. maka pengendapan dan akumulasinya dapat mencapai sekitar 80 % dan merkuri memungkinkan melintasi kulit pada tubuh manusia. Senyawa merkuri organik adalah merupakan senyawa merkuri yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena beberapa alasan. Elemen air raksa relatif tidak berbahaya kecuali kalau menguap dan terhirup secara langsung pada paru-paru. Dapat larut dalam lapisan lemak pada kulit yang menyelimuti korda saraf. Merkuri merupakan unsur yang sangat jarang dalam kerak bumi. Dari kegiatan penambangan tersebut menyebabkan tingginya konsentrasi merkuri dalam air tanah dan air permukaan pada daerah pertambangan. diantaranya: 1. ia akan terikat dengan protein sulfuhidril seperti sistein dan glutamin. Dampak Merkuri Bagi Kesehatan Merkuri atau air raksa (Hg) merupakan golongan logam berat dengan nomor atom 80 dan berat atom 200. partikel mercuric . Sekitar 90% dari metil merkuri diserap ke dalam sel darah merah dan metil merkuri juga dijumpai pada jala rambut.

khlor (HgCl2). Ion merkuri anorganik adalah bersifat racun akut. dan efek karsinogenik. misalnya melalui inhalasi. sistemik. Dari survei efek bahaya. Intermediet (15-364 hari). Methyl mercury beracun 50 kali lebih kuat daripada merkuri anorganik. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan. istilah ― metalik merkuri‖ akan digunakan sebagai ganti ― . Methyl mercury dapat dibentuk oleh bakteri pada endapan dan air yang bersifat asam. kadar merkuri maksimum di dalam air adalah 0. sebagai contoh adalah merkuri bisa masuk ke dalam tubuh manusia dengan mengkonsumsi ikan yang hidup pada perairan yang tercemar merkuri. kulit seingga menyebabkan efek kesehatan yaitu kematian. ginjal.001 mg/l. Elemen merkuri mempunyai waktu tinggal yang relatif pendek pada tubuh manusia tetapi persenyawaan methyl mercury tinggal pada tubuh manusia 10 kali lebih lama merkuri berbentuk metal (logam) dan menyebabkan tidak berfungsinya otak. genotoxik. Karena alasan ini. Methyl mercury terakumulasi pada rantai makanan. dan bersifat lambat untuk dikeluarkan dari tubuh manusia. neurology. dan kronis (365 hari atau lebih). Senyawa phenyl mercury (C6H5Hg+ dan C6H5-Hg-C6H5) bersifat racun moderat dengan waktu tinggal yang pendek pada tubuh tetapi senyawa ini berubah bentuk secara cepat pada lingkungan menjadi bentuk merkuri anorganik. perkembangan. merkuri ini adalah bersifat racun bagi semua bentuk kehidupan. D. dan kerusakan liver pada kelahiran (cacat lahir).imunologi. Unsur ini mempunyai tiga periode paparan: periode akut (14 hari atau lebih sedikit). 1. reproduksi. gelisah/gugup. makanan. Bagaimana Kita Bisa Terpapar? Untuk membantu kesehatan masyarakat yang hidup atau bekerja dekat dengan tempat pembuangan yang berbahaya perlu mengetahui rute paparan dari suatu unsur. Melalui Inhalasi Kebanyakan penelitian melalui paparan inhalasi uap metalik merkuri.

Beberapa uap metalik merkuri yang dipadatkan (Milne et al.‖ Bentuk lain dari inorganic merkuri tidak beresiko melalui jalan nafas. a. 1970). sukar menentukan apakah efek yang diamati berhubungan langsung dengan paparan merkuri. Kematian dalam semua kasus dihubungkan dengan gagal nafas. Organik merkuri. atau uap logam dari amalgam yang mengenai gigi.inorganik merkuri. informasi efek yang berhubungan dengan paparan inhalasi uap metalik merkuri berasal dari penelitian beberapa dekade yang lalu. Beberapa penelitian melaporkan kematian pada manusia dengan paparan yang tinggi pada durasi akut. tingginya level uap metalik merkuri yang dihasilkan dengan volatilizing metalik merkuri dengan cara pemanasan. Target organ yang utama dari toksisitas induced metalik merkuri adalah di ginjal dan system saraf pusat. Konsentrasi uap mercury di lingkungan pekerjaan bisa jadi lebih rendah dari lingkungan mikro disekitar pekerja oleh karena itu. Studi kasus paparan dari pekerjaan. Uap yang memadat dapat masuk melalui pencernaan di bandingkan pernafasan (menghasilkan dosis serapan yang lebih rendah dibanding konsentrasi yang terdapat di udara). campuran merkuri dengan alkyl dilaporkan adanya kematian akibat inhalasi uap organic . Dalam semua kasus. Melalui inhalasi akan didapati level yang cukup untuk terjadinya efek toksik sistemik pada manusia dan binatang. metoda yang dipakai untuk menentukan tingkatan paparan lebih sedikit dibanding metoda sekarang. dan gastrointestinal. Dalam banyak kasus. tetapi tidak dapat diketahui konsentrasi uap metalik merkuri nya. juga akan terjadi efek pada pernapasan. Kematian Metalik mercury. Sebagai tambahan. Pada tingkatan paparan yang tinggi. cardiovaskuler. perkiraan tentang jumlah merkuri di udara tempat kerja harus dievaluasi secara hati-hati agar tingkatannya selalu dijaga lebih rendah. dapat larut dalam air liur dan dicerna.

Tapi belum jelas apakah efek pada pernafasan berhubungan langsung dengan efek phenilmerkuri asetat atau akibat neurotoksisitas dari efek unsur tersebut.1 mg/m3) selama 4–5 bulan mengakibatkan kematian 2 wanita ( Bukit 1943). dan obstruksi pernapasan akibat mucus diamati pada petani yang diterapi dengan phenylmerkuri assetat untuk beberapa musim. Penyebab kematian bukanlah seperti yang dilaporkan.merkuri. depresi respiratori. Pada otopsi ditemukan bronchopneumonia purulent. Dyspnea. Penyebab kematian tidaklah dilaporkan. c. Gejala yang dilaporkan berupa batuk. Seorang laki-laki 41 tahun yang terpapar 3–4 tahun campuran merkuri dan alkil yang digunakan pada pembalut lukanya. meninggal dalam kira-kira 3 bulan setelah pembalut luka dibersihkan dari kontaminasi merkuri –alkil. bagaimanapun. Fungsi paru mungkin juga menjadi lemah. restriksi. Efek Respirasi Mercury Metalik. Pada manusia. tetapi kebanyakan meninggal setelah ditemukan neurotoksisitas. hiperinflasi dan berkurangnya kapasitas paru juga dilaporkan. dan tertekan atau nyeri terbakar pada dada. gejala yang berhubungan dengan pernafasan merupakan efek durasi akut dengan paparan yang tinggi dari uap metalik merkuri. Organik merkuri. b. pengalaman gejala dari wanita tersebut dipastikan toksisitas dari merkuri dan dari otopsi terungkap adanya gangguan gastrointestinal. Efek Cardiovasculer . Paparan uap diethylmerkuri (perkiraan level paparan = 1–1. Jalannya udara menjadi terhambat karena obstruksi. Belum jelas diketahui apakah efek pada gastrointestinal berhubungan langsung dengan paparan merkuri. Analisa dengan sinar X pada paru menunjukkan infiltrate yang difus atau pneumonitis. dyspnea.

Paparan jangka waktu yang lama akibat cipratan atau karena pekerjaan telah dilaporkan meningkatkan tekanan darah. Tidak ada efek cardiovasculer yang dilaporkan pada empat laki-laki yang diopname dengan neurotoksik setelah terhirup debu methylmerkuri dengan konsentrasi yang tidak diketahui dalam beberapa bulan. Seorang petani 39 tahun sewaktu menyebar benih terpapar phenylmerkuri asetat tampak mulut membengkak. Efek klasik dari intoksikasi adalah stomatitis (radang mukosa mulut). dua wanita meninggal setelah terpapar 3–5 bulan uap diethylmerkuri dari pekerjaannya dan tampak . Meningkat dalam hati dan meningkatkan tekanan darah telah dilaporkan melalui paparan inhalasi metalik merkuri. Adakalanya.. Sejumlah penelitian kasus melaporkan adanya stomatitis setelah terpapar durasi akut dengan konsentrasi tinggi uap metalik merkuri. Banyak efek gastrointestinal yang dilaporkan pada manusia karena paparan inhalasi akut uap metalik merkuri. infeksi dan membengkak pada dinding pharing posterior. stomatitis diikuti oleh saliva yang berlebihan atau kesullitan menelan. Dengan cara yang sama. Efek gastrointestinal yang lain setelah paparan durasi akut konsentrasi tinggi adalah sakit pada abdomen. Tekanan darah yang meningkat dilaporkan akibat pekerjaan yang terpapar methylmerkuri (dosis yang tidak diketahui). d. memerah dan mengeluarkan ludah. Inhalasi paparan akut dengan konsentrasi tinggi uap metalik merkuri dengan memanaskan metalik merkuri mengakibatkan tekanan darah meningkat.Metalik merkuri. Efek gastrointestinal dilaporkan pada beberapa penelitian pada manusia yang terpapar campuran organomerkuri. Hanya dua kasus yang mengenai efek kardiovaskuler dengan paparan melalui inhalasi. caries gigi. Efek Gastrointestinal Metalik merkuri. Organik merkuri. Organik merkuri. dan terdapat garis biru tipis pada gusi.

Sejumlah penelitian melaporkan adanya peningkatan tremor. rasa dingin. saliva berlebihan. Tidak ada penelitian mengenai pengaruhnya terhadap hematology pada manusia dan hewan setelah terpapar inhalasi organic merkuri. Metalik merkuri. terjadi penurunan hemoglobin dan hematokrit yang signifikan dan peningkatan konsentrasi hemoglobin korpuskuler dibandingkan dengan control tanpa menggunakan amalgam pada gigi. Sukarelawan dengan amalgam pada gigi. Organik merkuri. Terpapar dengan konsentrasi tinggi uap merkuri menyebabkan sindrom yang berupa " demam uap metal. dan jumlah lekosit meningkat. Efek musculoskeletal. Paparan campuran merkuri dengan alkyl yang tidak spesifik menyebabkan efek muscular (contohnya fasikulasi otot.peradangan pada mulut dan gusi. myoklonus." yang ditandai dengan kelelahan.Penurunan tersebut berhubungan dengan meningkatnya merkuri di dalam air kencing. atau nyeri otot akut setelah terpapar uap metalik merkuri. Organik merkuri. reflek babinski). g. f. Aktivitas б-asam aminolevulinik dehydratase menurun di eritrosit pada pekerja yang terpapar pada unsur merkuri pada pembuatan tangkai tungsten. e. dan gangguan gastrointestinal yang tidak diketahui penyebabnya. Efek Hematologik Metalik merkuri. demam. Bukti tingginya lekosit terutama netrophil dilaporkan pada paparan inhalasi akut uap metalik merkuri. tidak adanya reflek pada siku. Efek pada hepar . fasikulasi otot.

Metalik merkuri. Ginjal adalah suatu target organ yang sensitive terhadap paparan inhalasi metalik merkuri. gagal ginjal akut dengan degenerasi atau necrosis tubulus convolute proximal. dan serum bilirubin) dan bukti adanya penurunan sintesis dari faktor koagulan hepatik. Efek pada ginjal Metalik merkuri. dan tingkat hormon stimulating thyroid . pembengkakan granula protoplasma dan nucleus nonstainable di ginjal. Efek endokrin Metalik merkuri. Sensitifitas ini mungkin sebagian karena akumulasi dari merkuri yang tinggi di ginjal. Suatu studi kasus menguraikan adanya keracunan akut pada seorang anak muda yang terpapar uap merkuri akibat pemanasan sejumlah merkuri yang tidak diketahui. Efek hepatoseluler ditandai adanya perubahan biokimia (contohnya peningkatan serum alanine aminotransferase [ALT]. Organik merkuri. Nekrosis midzonal di dalam hati diamati sewaktu otopsi seorang petani yang meninggal setelah terkena butiran phenylmerkuri asetat untuk beberapa musim. h. Seorang anak laki-laki 13 tahun terpapar uap merkuri selama 2 minggu terjadi pembesaran gondok dengan peningkatan triiodothyronine dan thyroxine. Tidak ada kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini. Pada otopsi seorang laki-laki yang meninggal setelah terpapar uap merkuri alkyl konsentrasi tinggi terjadi nekrosis pada epitel tubulus. Organik merkuri. faktor lain yang mungkin menyebabkan efek pada hepar pada subyek ini. Paparan inhalasi akut dengan konsentrasi yang tinggi pada manusia menyebabkan efek proteinuria sementara atau kekeruhan ringan dan perubahan keasaman urin. i. bagaimanapun. tingkatan dari ornithine carbamyl transferase.

Efek sistemik lainnya Metalik merkuri. Reaksi imun pada manusia yang terpapar merkuri menjadi idiosyncratic. Efek imunologi dan limphoretikular Metalik merkuri. Paparan konsentrasi tinggi uap merkuri menyebabkan sindrom seperti " demam uap metal. Serum thyroxine bebas (T4) dan perbandingan antara thyroxine bebas dengan 3. Selanjutnya. terjadinya peningkatan maupun penurunan aktivitas imun tergantung predisposisi genetic individu. tidak . Oleh karena itu. terbakar pada mata dan conjunctivitis.rendah. Reaksi kullit lainnya akibat paparan merkuri termasuk keringat yang berlebihan dan memerahkan dan atau pengelupasan kulit pada telapak tangan dan kaki. j.tetapi sangat signifikan. SerumT3 bebas kebalikannya dihubungkan dengan paparan kumulatif merkuri. Efek pada kulit Metalik merkuri. Efek pada mata Metalik merkuri. Efek pada mata tampak pada paparan yang akut yaitu kemerahan. l.5. Beberapa studi melaporkan demam dan atau rasa dingin setelah terpapar konsentrasi tinggi uap merkuri. peningkatan pada para pekerja dengan paparan konsentrasi tinggi. rasa dingin.3'-triiodothyronine bebas (T3) ditemukan sedikit. mungkin mempunyai efek penghambat dari merkuri 5'-deiodinases. dan peningkatan jumlah leukocyte. k. Paparan melalui inhalasi uap unsure merkuri secara akut dan durasi intermediet yang mengakibatkan eritematous dan ruam kulit pruritic. m. Para pekerja yang terpapar kronik merkuri memperlihatkan gambaran coklat keabu-abuan yang aneh atau kabut kuning tipis pada permukaan luar lensa mereka. demam." yang ditandai oleh kelelahan.

dan pencapaiannya deficit pada test fungsi kognitif . perasaan malu berlebihan. dan khronik menimbulkan efek yang serupa yaitu efek neurologik. atropi otot.mengherankan pada beberapa studi. velositi konduksi syaraf motor). Efek neurologic Metalik merkuri. sensorik lambat. kejang otot). polyneuropathy (paresthesia. kehilangan memori. dan gelisah). Organik merkuri. Gejala yang menghebat dan mungkin irreversible seperti durasi paparan dan peningkatan konsentrasi. tidak percaya diri. para pekerja yang terpapar uap unsur merkuri tidak terdapat perubahan tanda yang dapat digunakan sebagai parameter pada populasi yang besar. emosi labil (yang ditandai oleh sifat lekas marah. Gejala yang paling umum yaitu tremor (yang diawali dari tangan dan kadang-kadang menyebar ke bagian tubuh lainnya). n. reflek tendo hiperaktif. Sistem syaraf pusat mungkin menjadi target organ yang paling sensitip terpapar uap merkuri. Pada manusia. Menyebabkan gangguan. stockingglove. . Paparan durasi akut. Beberapa studi tidak menemukan efek pada kesuburan paparan intermediet inhalasi kronik metalik merkuri pada manusia. insomnia. kehilangan sensorik. Gangguan system syaraf terjadi bila terpapar uap metalik merkuri yang terus menerus. o. Tidak ada paparan durasi akut pada data. intermediate. mengenai efek reproduksi pada menusia setelah terpapar inhalasi metalik merkuri. Efek Reproduktif Metalik merkuri. perubahan neuromuscular (lemah. sensori dan gangguan motorik telah dilaporkan. kognitif personality. Paparan organik merkuri melalui inhalasi sangat jarang. sakit kepala. beberapa studi kasus melaporkan efek neurologik yang kurang baik paparan inhalasi akut uap merkuri konsentrasi tinggi.

ginjal. atau oleh limbah produk-produk yang mengandung merkuri. rasa logam di dalam mulut. kejang otot. Tidak menunjukkan hubungan antara terpapar inhalasi pada bapak denganmeningkatnya kecacatan pada janin atau penyakit pada masa anak-anak yang serius. Menyebabkan kesemutan di bibir. dan denyut nadi sangat lemah atau sangat . Menghirup atau menyerap merkuri dalam jumlah yang sangat sedikit dapat merusak syaraf. pikun. dan otak dan bayi yang lahir cacat.p. pembakaran batu bara. sendi dan otot kaku dan sakit. Masalah Kesehatan Karena Merkuri. Efek genotoksik Ada bukti yang belum jelas dari paparan akibat pekerjaan dengan metalik merkuri dan campuran merkuri organic dan inorganic. paru-paru. E. 1. Masalah kesehatan ini membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum dapat terlihat. Bahaya Merkuri Pada Manusia Merkuri adalah logam berat yang dapat menimbulkan sakit parah bila dilepaskan ke lingkungan oleh usaha pertambangan. Keracunan Merkuri Ringan. jari-jari. Dalam beberapa kasus tanda-tanda ini akan terasa lama sesudah terpapar.Keracunan Merkuri yang Tergolong Berat menyebabkan sakit kepala. lidah. yang terutama melalui inhalasi menyebabkan struktur dan numerical abrasi kromosom pada limphosit manusia. dan gemetar pada tangan dan kaki. berdebar-debar. pusing. Efek perkembangan Metalik merkuri. masalah dalam koordinasi gerak dan penglihatan. 2. q.

Merkuri yang terpapar pada perempuan. Bagi wanita hamil. 4. serta ke dalam tubuh kita. dan tanaman. tubuh ikan. Menyebabkan terhambatnya datang bulan dan dapat membuat anak-anaknya dikemudian hari ada masalah dalam pertumbuhan mereka. Menyebabkan hilangnya kemampuan hubungan kelamin.Logam berat bergerak melalui udara. tanah. 5. 3. masuk ke dalam air. dan sterilitas (mandul). .kuat. Merkuri yang terpapar pada laki-laki. Merkuri dalam jumlah sedikit saja akan menyebabkan masalah perkembangan pada bayi-bayi mereka.