You are on page 1of 2

PEMBAHASAN Percobaan kali ini adalah inokulasi bakteri dalam media padat.

Sebelum melakukan percobaan, tempat penanaman bakteri harus bersih dan dalam keadaan steril. Semua pekerjaan pada praktikum ini dilakukan dengan memperhatikan prosedur teknik aseptik. Kerja aseptik dilakukan dengan cara bekerja dekat nyala api bunsen. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengamatan atau percobaan. Kesalahan yang mungkin terjadi apabila bekerja tidak dalam keadaan aseptik adalah terkontaminasinya media padat dengan organisme lain yang ada dalam ruangan, hal itu dapat menyulitkan pengamatan bakteri yang akan dilakukan. Pada percobaan ini bakteri yang diharapkan tumbuh adalah flora normal rongga mulut yang terdapat pada poket gigi yaitu bakteri gram negative A. actinomycetemcomitans. Bakteri A.

actinomycetemcomitans ini diinokulasi pada media pertumbuhan padat yaitu Luria Berthani (media LB). Pengamatan bakteri A. actinomycetemcomitans Gambaran secara umum dari bakteri A. actinomycetemcomitans ini adalah bentuknya yang kecil dan berupa batang serta tidak mempunyai alat pergerakan (non motile), fakultatif anaerob serta merupakan bakteri gram negative. Sampel berupa plak yang diambil dari poket orang coba menggunakan alat yang steril, hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi bakteri lain yang dapat menyulitkan pengamatan. Plak yang telah diambil dimasukkan dalam medium cooked meat dengan keadaan tertutup, hal itu untuk menjaga bakteri dalam keadaan anaerob karena bakteri A. actinomycetemcomitans merupakan bakteri fakultatif anaerob. Setelah itu bakteri ditanam pada media LB dalam keadaan anaerob. Pada praktikum kali ini tidak ditemukan adanya koloni bakteri A.

actinomycetemcomitans pada permukaan media padat, dalam hal ini adalah media LB, hal itu ditandai dengan tidak adanya beberapa koloni di permukaan agar yang translucent, mengkilat, pada struktur lebih dalam tampak seperti bintang dan melekat sangat kuat pada agar. Pada permukaan agar juga tidak ditemukan bercak hitam yang merupakan tanda kehadiran black pigmented anaerob bacteria. Hal ini membuktikan bahwa orang coba bukan merupakan

penderita penyakit periodontal karena tidak ditemukan adanya bakteri periodontopatogen pada sampel dari poket giginya.